Azhuras Bride

Azhura’s Bride Part 13: Pembalasan Dendam

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

projectsairaakira Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat – Project Sairaakira

3,230 votes, average: 1.00 out of 1 (3,230 votes, average: 1.00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...
Baca Parts Lainnya Klik Di sini

azhuras-bride2

Hari sudah beranjak semakin malam ketika Ruth berjalan dengan riang menelusuri lorong istana itu, hatinya benar-benar senang karena meskipun tidak datang sendiri, sang pendeta Azhura Kahn telah menunjukkan penerimaannya kepada puteri kesayangannya.

Dan sekarang posisi Khaeva telah benar-benar kuat.

Ruth masih tersenyum simpul ketika membuka pintu kamar Khaeva yang tertutup rapat. Ketika masuk dan menutup pintu di belakangnya, Ruth mengerutkan kening karena kamar yang remang-remang itu menguarkan bau semerbak aroma yang menakutkan.

Ini adalah aroma dupa angro mainu…. dupa kematian….

Siapa yang membakar dupa ini?

Mata Ruth terarah kepada kain gorden jendela yang melambai-lambai tertiup angin, dan dalam kegelapan kamar itu, samar-samar dia melihat sosok anak gadisnya terduduk di atas kursi emas di depan jendela.

Segera dia menghampiri,

“Khaeva, kenapa kau duduk di kegelapan seperti ini? Dan kenapa kau tidak menyalakan lilin? Dan… uh…..bau dupa yang menakutkan ini, darimana asal bau dupa angro mainu ini? Wanginya mengerikan….” Ruth menyentuh bahu Khaeva, tetapi kemudian dia terkesiap sehingga hampir terlompat ke belakang.

Tubuh Khaeva dingin sekali seperti es batu…

Dengan tangan gemetar, Ruth meraba-raba di kegelapan, mencari pemantik api dan menyalakan beberapa lilin yang tersedia di meja. Ruangan kamar itu menjadi sedikit terang penuh dengan bayang-bayang yang saat ini terasa menakutkan.

Ruth membawa salah satu lilin itu, dan melangkah sedikit ketakutan ke arah tubuh Khaeva. Jantungnya berdetak penuh antisipasi.

Dan ketika lilinnya menerangi tubuh Khaeva yang terduduk di atas kursi, Ruth langsung menjatuhkan lilin itu ke karpet tebal, lalu menjerit histeris.

***

Yazza duduk diam dalam kegelapan samar-samar yang mencekam di istananya yang diselubungi kabut putih penuh dengan aroma angro mainu. Dia bisa seperti itu dalam waktu yang lama. Duduk diam dan membeku seperti batu. Tetapi tidak dengan kondisi fisiknya yang beku, pikirannya hidup, melayang-layang mencari pembenaran.

Dia harus mendapatkan pengantin Azhura segera, sebelum sang Mahadewa menguasai hati perempuan itu dan membuat semuanya lebih sulit.

Yazza tersenyum sinis, merasa getir karena dia, sang pengusa kematian, penguasa kegelapan yang ditakuti karena kekejaman sekaligus kecerdasannya, bisa dibodohi begitu saja, dengan mempercayai bahwa Khaeva adalah pengantin Azhura Kahn.

Ternyata Azhura Kahn sudah mempersiapkan segalanya terlebih dulu, supaya Yazza tidak bisa mencapai pengantinnya.

Armenia…

Hanya nama itu yang menjadi penunjuk untuknya. Dalam ingatan Khaeva, dia melihat bocah itu, sebagai pengantin sejati Azhura….. masih dalam wujud anak-anaknya yang sangat cantik.

Sekarang bocah itu pasti sudah berumur tujuh belas tahun, siap secara jiwa raga menjadi isteri Azhura Kahn.

Yazza tidak boleh membiarkan semua rencana Azhura Kahn berhasil, dia harus mencegahnya.

Karena Azhura Kahn harus mati. Dan pengantin Azhura adalah satu-satunya mahluk di dunia ini yang bisa membunuhnya….

Nyawa harus di bayar dengan nyawa.

Yazza meringis getir ketika mengenang masa lalu. Masa di mana semuanya masih terang benderang baginya, masa di mana kegelapan belum melingkupinya dan dia belum menjerumuskan dirinya kedalam lubang hitam penuh dendam dan kebencian.

Masa dimana Calamara masih hidup….

Yazza memejamkan matanya, mengenang masa lalu, masa lalu yang membawanya hingga menjadi seperti ini.

Calamara….. hati Yazza masih terasa terbakar ketika membayangkan hari itu, hari dimana Azhura Kahn melayangkan pedangnya dengan sembrono, sehingga menyambar tubuh dewi kesayangannya, dewi perdamaian, saudari kembarnya.

Pada masa itu, Yazza dan Calamara adalah dewa dewi kembar yang diciptakan dari jaman dahulu kala, mereka adalah dewa yang bahkan usianya lebih tua daripada sang Azhura Kahn sendiri.

Yazza dan Calamara termasuk ke dalam tujuh dewa Utama yang dibagi menjadi dewa penjaga terang dan dewa penjaga kegelapan, Β Calamara adalah dewi perdamaian, dan Yazza dulunya adalah dewa Pemelihara. Mereka adalah saudara kembar yang dilahirkan dari kekuatan alam semesta, mengemban tugas yang mengharuskan mereka harus sering berinteraksi dengan manusia, berada di bumi dunia Ametyst.

Ada empat belas dewa utama yang terbagi menjadi dua. Yang termasuk ke dalam dewa penjaga terang yaitu : Kurejas sang Dewa Pencipta, Saule sang Dewa Matahari, Menuo sang Dewi bulan, Laikas sang dewa penjaga waktu,Β  Pozuda sang dewi kesuburan, Calamara sang dewi perdamaian, dan Yazza yang dulunya bernama Atspere, sang dewa pemelihara.

Sedangkan Dewa-dewa yang menjalankan tugas kegelapan dilahirkan sebagai penyeimbang alam semesta. Karena tidak akan ada terang jika tidak ada gelap, tidak akan ada baik jika tidak ada yang jahat, dan tidak akan ada kebahagiaan jika tidak kesedihan.

Dewa-dewa kegelapan itu di antaranya adalah, Slimiba sang dewi penyakit, Dusmas sang dewa kemarahan, Bailes sang dewa ketakutan, Kars Ulthor sang dewa perang, Vejas sang dewa perusak, Zadza sang dewi nafsu, dan yang terakhir dan paling ditakuti di kalangan dewa kegelapan, adalah Mirtis sang dewa kematian

Empat belas dewa utama ini, mengemban tugas untuk menjaga dunia Ametyst dan mahluk yang tinggal di dalamnya, melindunginya dari segala goncangan yang tidak diinginkan dan menjaga keseimbangan alam semesta supaya berjalan sebagaimana takdirnya.

Di luar ke empat belas dewa tersebut, masih banyak dewa-dewi lain yang jumlahnya ratusan, dengan kedudukan yang lebih rendah dan tugas-tugas serta kekuatan yang lebih sederhana. Semuanya menjalankan tugasnya masing-masing dengan penuh harmoni dan kedamaian.

Empat belas dewa dan dewi utama itu adalah termasuk dewa-dewi terlarang untuk di bunuh di alam semesta, karena mereka memegang peranan penting dalam perputaran dunia Ametyst. Membunuh salah satu dewa tersebut akan menciptakan sebuah konsekuansi kutukan menakutkan dari alam semesta yang harus ditanggung seumur hidup para dewa tersebut.

Di masa lampau, tujuh dewa awal ini menjalankan tugas sendiri-sendiri, sampai kemudian alam semesta memutuskan untuk melahirkan pemimpin dari mereka semua. Maka terciptalah sang Azhura Kahn, dewa dari segala dewa, karena Sang Azhura Kahn memiliki kekuatan yang luar biasa. Azhura Kahn menguasai separuh dari masing-masing kekuatan empat belas dewa utama, baik dewa awal mula maupun dewa kegelapan.

Jadi sang Azhura Kahn adalah satu-satunya dewa yang sempurna, dengan kekuatan terang dan gelap yang berimbang di dalam tubuhnya, dan karena dia menguasai masing masing setengah kekuatan dari 14 dewa utama, maka dia menjadi dewa terkuat di antara yang terkuat…. sehingga tidak ada siapapun yang bisa mengalahkannya.

Dan kemudian, Azhura Kahn menjadi pemimpin di kalangan para dewa. Seluruh dewa, baik empat belas dewa utama, maupun dewa-dewi kecil lainnya, memuja dan menghormatinya sebagai pemimpin mereka. Dia mengambil kekuatan terbesar dewa matahari, dan dibesarkan dalam kasih sayang dewi bulan.

Sayangnya karena menyimpan kegelapan dalam dirinya, di usia mudanya yang belum berpengalaman, sang Azhura Kahn menjadi tak terkendali, sang Mahadewa lebih condong kepada kegelapan dalam hatinya, hingga asyik menciptakan perang, mengadu domba manusia, dan menghancurkan isi bumi. Azhura Kahn membenci manusia, dan kebenciannya itu ditumpahkan tanpa ada yang bisa menghalangi.

Calamara, saudara kembar Yazza menjadi salah satu dewi yang paling sibuk karena ulah Azhura Kahn kala itu, dia selalu menyamar menjadi manusia, mencoba melawan perang yang diciptakan sang Mahadewa Azhura Kahn dengan memberikan berkat perdamaian satu-persatu di hati manusia.

Sampai kemudian, ketika Calamara menyamar menjadi manusia, berusaha menghentikan perang yang diciptakan oleh Azhura Kahn….. tanpa sengaja, pedang yang dibawa oleh sang Mahadewa yang sedang menyamar menjadi manusia menebasnya, membuatnya menjadi debu yang berkerlap-kerlip keemasan nan Β indah di tengah medan perang.

Yazza yang waktu itu juga ada di sana, menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri kematian saudarinya, dia berteriak, hendak menggapai saudarinya…. tetapi yang tergenggam di dalam tangannya, hanyalah gugusan debu yang berkerlap-kerlip keemasan di udara.

Itulah saat terakhir Yazza melihat saudari kembarnya.

Peristiwa itu tentu saja menjadi kehebohan di kalangan para dewa. Hingga kemudian Azhura Kahn yang menyesali perbuatannya, mengambil tugas Calamara sebagai penjaga perdamaian. Hal itulah yang membuat kegelapan yang disebarkan oleh sang Azhura Kahn terhenti, dia tidak lagi menebar perang, dia tidak lagi menebarkan adu domba dan kebencian…. Sang Azhura Kahn menjadi pemimpin tertinggi yang bisa menjaga keseimbangan antara gelap dan terang di hatinya, sekaligus menjaga kembali keseimbangan dunia Ametyst dan seluruh mahluk yang tinggal di dalamnya.

Dan sebagai hukuman dari alam semesta bagi Azhura Kahn, maka dikutuklah dia bahwa sosok anak manusia akan dilahirkan sebagai perempuan, dan anak perempuan itu adalah satu-satunya mahluk di dunia Ametyst yang bisa membunuh sang Azhura Kahn, tetapi tidak bisa dibunuh oleh Azhura Kahn.

Sementara Yazza sendiri, yang menanggung penderitaan tiada bertepi karena saudari kembarnya dibunuh secara keji, tidak bisa menerima itu semua. Seharusnya Azhura Kahn dimusnahkan karena telah menghancurkan aturan semesta yang selama ini dijalankan dengan patuh oleh para dewa lainnya.

Keempatbelas dewa utama tidak boleh dibunuh. Dan siapapun yang melanggar aturan itu seharusnya mati!!

Nyawa harus dibayar dengan nyawa!

Pada suatu malam yang gelap, di tengah kepedihannya yang telah berubah menjadi kebencian dan dendam yang membara, Yazza turun, menuju tempat paling gelap dan kelam di dunia Ametyst, menuju kediaman Mirtis sang dewa kematian. Sang Dewa kematian dikenal sangat menakutkan, buruk rupa dengan wajah mirip tengkorak dan aura membunuh yang kental. Tidak ada satupun dewa yang berani mencari masalah dengannya.

Tetapi Yazza, yang kala itu masih bernama Atspere, sang dewa pemelihara, nekat datang menemui sang dewa kematian untuk memohonkan supaya nyawa saudara kembarnya, Calamara dikembalikan.

Sayangnya Mirtis menolak permintaannya, karena kematian Calamara sudah digariskan. Pengorbanan Calaramara sudah dirancang oleh alam semesta untuk menjadi peredam dari kegelapan yang menyebar di hati Azhura Kahn. Karena itulah mengembalikan nyawa Calamara yang sudah ada di dalam genggaman sang kematian adalah sesuatu yang mustahil, karena sisa-sisa nyawa Calamarapun sudah dilenyapkan dari dunia ini dan tidak dapat dipanggil lagi.

Dan demi mendengar itu semua, Yazza kalap, dia mengeluarkan Machuahuiti, senjata khusus yang dicurinya dari ruang senjata milik Azhura Kahn. Macuahuitl adalah pedang besar berbentuk sepotong kayu yang memiliki potongan tajam obsidian. Obsidian tersebut tertanam di sisi kanan-kirinya membuat senjata tersebut sangat berbahaya ketika digunakan untuk menebas lawannya. Selain itu senjata itu cukup mengerikan, karena senjata itu adalah milik Azhura Kahn. Sudah diketahui bahwa senjata milik Azhura Kahn adalah satu-satunya senjata yang bisa membunuh dewa-dewi utama.

Kemudian, ketika Mirtis lengah karena tidak menyangka bahwa sang dewa pemelihara akan menyerangnya, Yazza menghantamkannya tepat di bawah lengan kiri sang Dewa kematian, di titik kelemahannya. Seketika itu juga, Dewa kematianpun lenyap, menyisakan abu hitam di tanah.

Dan Yazza karena juga melanggar aturan telah membunuh salah satu dari keempat belas dewa utama, harus menanggung kutukannya sendiri dari alam semesta. Dia diharuskan mengemban tugas dari dewa yang dibunuhnya, sama seperti sang Azhura Kahn yang mengemban tugas sebagai dewa perdamaian menggantikan Calamara. Sebagai bagian dari kutukannya, Yazza kehilangan kekuatannya sebagai dewa pemelihara, karena dewa pemelihara tidak boleh membunuh, tugasnya digantikan oleh Dadilja yang menjadi dewi pemelihara.

Juga karena Yazza telah berani mencuri Machuahuiti dan membuat senjata itu ternoda oleh darah Mirtis hingga Azhura Kahn tidak bisa menggunakannya lagi, maka senjata itu sekarang dikutuk untuk tertanam selamanya di dalam tubuh Yazza, kadang kala melukai dan menusuknya dari dalam. Tetapi ada keuntungan bagi Yazza dengan kutukan yang terakhir ini, karena dia bisa mengeluarkan senjata itu untuk melindungi dirinya di kala terdesak.

Yazza pun turun ke bagian dunia Ametyst yang paling dalam, tinggal di kuasa kegelapan, dan merubah namanya dari Atspere yang berarti ‘pemelihara’, menjadi Yazza yang berarti ‘iblis kematian’. Dan meskipun dirinya dilingkupi kegelapan, sisa-sisa pesonanya sebgaai dewa perang tidak terhapuskan. Fisiknya masih sama, berambut perak terang dengan mata hijaunya yang indah, dan struktur wajah lembut nan mendamaikan hati. Tetapi jiwanya sudah berubah, Atspere yang lama telah mati, dirinya yang sekarang adalah Yazza, “Sang kematian” yang begitu pekat dan membara oleh dendam, menunggu untuk menuntut balas kepada sang Azhura Kahn.

Satu-satunya cara Yazza bisa membunuh Azhura Kahn adalah dengan memperalat pengantinnya.

Mata hijau Yazza yang membara terbuka.

Armenia….

Dia harus bisa mendapatkan perempuan itu. Nyawa harus dibayar dengan nyawa, dan Azhura Kahn harus mati, setelah itu barulah dia bisa menebus dendamnya akan nyawa Calamara.

 

Baca Parts Lainnya Klik Di sini

KONTEN PREMIUM PSA


Β 

Semua E-book bisa dibaca OFFLINE via Google Playbook juga memiliki tambahan parts bonus khusus yang tidak diterbitkan di web. Support web dan Authors PSA dengan membeli E-book resmi hanya di Google Play. Silakan tap/klik cover E-book di bawah ini.

Download dan install PSA App terbaru di Google PlayWelcome To PSAFolow instagram PSA di @projectsairaakira

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat – Project Sairaakira

216 Komentar

  1. amaterasuyuki menulis:

    jelek banget niatnya

  2. Ciri khas cerita kaka ada bagian revenge yg bikin deg degan

  3. typo disini kak seharunya “dewa Pemelihara” kata2 ( sisa-sia pesonanya sebagai dewa perang tidak terhapuskan”

  4. :yahoo: :yahoo:

  5. :heart: :good:

  6. :mail: :good:

  7. jungsoopark01 menulis:

    :yahoo:

  8. judulnya dendam membara dewa kematian

  9. wooahh ..begitu sejarahnya ternyata.
    kematian calamara membawa Azhura mjd lebih bijak, tp tidak dengan yazza. hatinya diselimuti dendam. bahkan dewa kematian lebih bijak darinya. dia malah membunuhnya dengan sengaja.
    :wacko:

  10. Yazza, dendamnya kebangetan. banyak berkorban bangett

  11. pratiwi120390 menulis:

    Ooo.. I see… :-)

  12. demetra_uniq menulis:

    Yg namanya dendam klo dituruti nggak mungkin bkl ada ujungnya :yes: :yes: :yes:

  13. azzhaurakazumi menulis:

    Dendam itu gak baik… Jangan ditiru loh :bye:

  14. Jadi inti permasalahannya itu toh? :’)

  15. indahsariputrip menulis:

    DENDAM ITU IBARAT SEPERTI BERUSAHA MELEMPAR ORANG DENGAN API, TAPI BELUM SEMPAT MELEMPAR, KITA SUDAH TERBAKAR DULUAN.

  16. Pikirku calamara ceweknya yazza eh ternyata saudri kmbrny….
    Ternyata ceritanya tidak mudah ditebak

  17. namelessnav menulis:

    RIP Calamara :-(

  18. Dendam bgt yaa

  19. oliphenamiss menulis:

    Ironis banget kisah hidup yazza, dsri dewa pemelihara jadi dewa kematian. Dan karna perasaan dia udah penuh ama amarah dan dendam aura dia juga jadi berubah 100% . Tapi karna muka dia engga mencerminkan ‘dewa kematian’ jadi manusia bakalan buta dan nganggep dia malaikat..

  20. Ganteng2 kenpa jadi penbunuh sayang banget huhu.. kenapa gak di ikhlasi aja heheh

  21. Shin Sooyeon menulis:

    Yah ga bisa sepenuhnya benci sama yazza sih
    Siapa coba yg rela dan ikhlas saudari kembarnya terbunuh didepan mata
    Meskipun itu ketidaksengajaan dan azhura sudah menerima hukumannya tetap ajah pasti rasa dendam ada
    Tapi dendamnya yazza akan menghancurkan dirinya sendiri
    Kasihan juga

  22. funnypa1000 menulis:

    Udah tahu dia bohong, tapi pede aja bilang posisinya kuat…manusia :NGOMEL :NGOMEL :NGOMEL :NGOMEL

  23. #RIPkhaeva

  24. saya smpat mikir dri mana nama” dewa itu diambil ngga gmpang lo plih nama karakter dlam sbuah crita. Sumpah ini keren. Lanjutkan!!! Jayalah azhura-armenia

  25. Ternyata begitu kisah sang kematian..
    Melihat sendiri saudari kembarnya mati ditangan sang mahadewa..
    Hmmm

  26. yudithtadamo13 menulis:

    Kasian jg yazza, menuntut balas akan kematian saudara kembarnya hhmmmmhmm…

  27. Good :AYO :AYO

  28. syahrianti menulis:

    Trnyata yazza itu dulunya dewa pemelihara.. jadi emang kenyataannya sang dewa kematian itu nyeremin dan buruk rupa, cuma posisinya digantiin sma yazza yg ganteng makanya persepsi orang yg ngeliat langsung jadi berubah, trnyata gitu ceritanya :ASIA

  29. Hoho,,akhirnya semuanya terungkap gx nyangka trnyata yazza sblumnya adlh dewa

  30. yazza ganteng tapi kenapa penuh dendam tapi ya gag bisa disalahin sepenuhnya juga soalnya dia ngeliat sendiri gmn saudara kembarnya terbunuh di depan matanta…awalnya aku kira calamara itu pasangan nya ternyata saudara kembarnya toh

  31. Alasan kenapa yazza pengen bgt ngebunuh azhura, krn azhura ngebunuh saudari kembarnya :ASIA , udahlah yazza jgn dendam2an ga baik bulan puasa dendam2an hehhehehe

  32. Ironis yaa, gak bisa nyalahin yazza juga sih.. orang kalau udah dendam susah berdamainya. Penasaran deh itu si khaeva bentuk mayatnya kaya apa yaa

  33. silvyagatha menulis:

    Ternyata mereka kembar….
    Pantesan segitu marah nya

  34. wijayanthileen menulis:

    Aku kira Yazza malah suaminya Calamara eh ternyata saudara kembarnya toh

  35. AnnisaQurani2 menulis:

    Ohh, yazza dan clamara kembaran. Yazza cakep tapi kok pendendam sich.kagak baik

  36. Trnyata ne toh knp dewa kematianx cakep….
    Bang yazza uda tau armenia… bang azhura mesti hati2

  37. Nurul imro'i subekti menulis:

    :ASAHPISAU2

    Dasar mak2 gak tau diriiiii

  38. Ooh balas dendam, yaampun

  39. Gk bisa di slahin jg sih klu yazza marah. :dragonbaper

  40. kakak, wuuaahh keren2 banget nama Dewa Dewinya. Perbuatan si Yazza itu akhirnya sama aja dengan Azhura yaitu membunuh.

  41. Wah makin seruu

  42. andinioktsyarisa menulis:

    Yazza itu sangat mengerikan sekali, gak nyangka walaupun dia rupawan tapi karna bals dendam dia berubah

  43. Dendam membawa Petaka :ASAHPISAU2

  44. Duh dendam2.. :GOOOAWAY

  45. Kangen Azhura sama Armenia :bearhelanapas

  46. Ternyata begitu ceritanyaa

  47. Hmmm……mau jadi orang ketiga,heh…. :KETAWAJAHADD

  48. Dendam membuat sifat seseorang berubah kejam…

  49. Semua karena dendam..

  50. mati kau Khaevaa :KETAWAJAHADD :HUAHAHAHAHA

  51. :PATAHHATI

  52. Ada yang atit hati nih , sakitnya tuh disini #sambil nunjuk ke dada :PATAHHATI
    Azhura tolong jaga pengantinmu jangan sampek di ambil si Yazza :superhero

  53. duh

  54. amaterasuyuki menulis:

    :goyangkaki :DOR!

  55. aishelatsilla menulis:

    :tebarbunga

  56. :owlkagetbanget

  57. Yazza yg penuh dengan dendam

  58. Kasianny yazza ini…

  59. Ah, pantes Yazza dendam sama Azhura Khan, kesalahan di masa lalu ternyata :PATAHHATI

  60. Udah kepikiran kalo Yazza itu ada dendam sama Azhura gara” Calamara, tapi nggak ada bayangan kalo Yazza sama Calamara itu saudara kembar..

  61. :DOR!

  62. sang dewa kematian :PATAHHATI :ASAHPISAU2

  63. :TERHARUBIRU

  64. Putri puji lestari menulis:

    Kak, udah jadi member tp kok gabisa baca cerita part 20 keatas ya:/

  65. Dendam masa lalu banyak membawa rencana2 jahat dan memnfaatkan kepolosan armenia demi satu tujuan melukai sang Mahadewa

  66. Kak saira kak akira jadiin member dong :( pengen baca semuanya, apalagi yg shen king sama aiko :MARAHNANGIS

  67. Ternyata Yazza dulunya adalah dewa Pemelihara ya, baru tahu .

  68. Agak sedih sih saat tau masa lalu yazza, pantesan sang kematian ingin menuntut balas pada mahadewa. Hayati mengerti kok bang yazz :peluksabahat

  69. Dendam masa lalu…gk nyangka lo dewi yg mati itu saudra kembarnya dewa kmatian…

  70. Jangan-jangan armenia itu renkarnasi caramala :ayamtajir

  71. selalu menghadirkan intrik yang tak terduga

  72. :aaaKaboor :aaaKaboor

  73. :PATAHHATI

  74. Ternyata gitu yaa

  75. Wow

  76. Itulah akibatnya Ruth bknnya jd bahagia Khaeva malah mati,jgn jahat2 mangkanya..
    Gara2 itu ternyata Yazza ingin membunuh Azhura..
    Armenia kelemahan Azhura..jgn sampai deh Yazza nemuin Armenia.

  77. :PATAHHATI :LARIDEMIHIDUP

  78. Yazza kasian tp penuh dendam :PATAHHATI :TERHARUBIRU :PEDIHH

  79. Kok aku suka banget sih sama ini cerita….. :nangisgulinggulingan :nangisgulinggulingan

  80. Say_Hanarin menulis:

    Yang baik pun bisa jadi jahat
    :semangatyangmembara :semangatyangmembara

  81. Gara2 azhura khan ngebunuh saudara kembarnya, jadi dia pengen balas dendam

  82. melatiindahwati menulis:

    Makin kesini makin deg degan deh takut knp2 sm Armenia

  83. :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  84. Deg deg kan…..takut Armenia diambil Yazza :PATAHHATI

  85. Ritamerdeka menulis:

    Oh.. ternyata Yazza pernah jadi baik toh..

  86. Wajihah Syarifah menulis:

    Hmm ku rasa nanti yazza malah jatuh cinta sama armenia

  87. perasaan waktu di watty, ada visualisasi para tokoh AB….di sini kok g ada ya :matamata :owlberbinar

  88. raillyarachell menulis:

    Agak gmna gitu sama kematian mirtis-_- gampang bngt apa :ragunih gegara senjata azhura jg sihh.. tp gampang bngt gitu

  89. seandainya yazza…….. :beruraiairmata

  90. Gpp jahat deh.. yaz, asal ganteng wkwkwk :KETAWAJAHADD :KETAWAJAHADD

  91. Dendam yang tak usai

  92. Kasian ma yazza :PATAHHATI

  93. sabar yazza ini ujian

  94. Scaroline07_ menulis:

    Inget lagi itu jodoh lu dulu napa :LARIDEMIHIDUP

  95. Aranima_ss menulis:

    Agak menyesali dengan keputusan Yazza membunuh Mirtis :”

  96. Azhura mesti membuat armenia bener-bener mencintai dia

  97. Sri Rahayu Anggraeni menulis:

    Ah saudara kembar yang dibunuh. Calamara. Nyawa di bayar dengan nyawa.

  98. RIFANI DWI AGUVIA menulis:

    Harusnya yazza jangan berubah jadi jahat . Ga sesuai sama tampang :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI

  99. :semangatyangmembara

  100. Kronoligis awal mula dendam tercipta antara Azhura dan Yazza :PEDIHH

  101. Aku kira Yazza itu suka Calamara, eh ternyata saudara kembar??

  102. kasian sih ma yazza tapi mw gmna lagi udh takdir

  103. Yazza di awal2 kelihatan menakutkan… :KAGEET

  104. sang kyung jung menulis:

    Gituuu yaa jd calamara itu sodara yazza dan dulu yazza itu baekk,, lanjootttt ni cerita bikin nagih dari awal baca di waty ampe nyasar ke blognya ehee

  105. gafaham tentang dewa dewa sih tapi demi baca ini mencoba faham wkwk

  106. afsyeengrey menulis:

    Miris sebenernya sama takdir bang Yazza nih kesian juga eh :PATAHHATI

  107. aishelatsilla menulis:

    :PEDIHH :PEDIHH

  108. AimeeCho838 menulis:

    Armenia kira kira bakal menentang melawan Dewa Azhura gak ya??

  109. fitriartemisia menulis:

    kirain Calamara itu gebetannya Yazza, hmm saudara kembarnya ternyata..

  110. jenigriyani menulis:

    Nyawa harus di bayar dengan nyawa. Ngeri..
    @projectsairaakira

  111. Harum Sari menulis:

    Nggak rela deh Atspere berubah jadi dewa kematian Yazza

  112. Aku kasian sebenernya sama Yazza di part ini rasanya pen bgt dlu si yazza balikan sama armenia :PEDIHH

  113. gabygabriella999 menulis:

    :PATAHHATI :PATAHHATI

  114. lighteyegirl menulis:

    :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI

  115. Aku kira ada cinta segitiga
    Eh ternyata ?

  116. Yazza oh Yazza

  117. Tebakan saya salah. Kirain Calamara itu kekasih Yazza, ternyata saudari kembarnya.

  118. Kirain Calamara pacarny yazza, eh ternyata

  119. Yazza? :DOR!

  120. Yazza ❀ walaupun cobaan tiada henti hentinya untuk menghampirimu, tapi aku ttp setia jadi pendukungmu :mauikutan

    1. Datang untuk menghampirimu*

  121. :AKUGAKTERIMA

  122. Ayu Lestari menulis:

    Saudara nya ternyata kirain dia punya dendam sama Azhura karena kekasih nya yg jadi korban..

  123. aureliafirmansyah menulis:

    ternyata saudari kembarnya si yazza, q kira dia dendam karena kekasihnya mati terbunuh si azzura..

  124. Yaampun bener, ternyata aku masih ingat wkwkwk. Yazza itu twinsnya calamara yha ganteng sini sama aku kuy

  125. :PATAHHATI :PATAHHATI

  126. Siti Nurwulan Purnamasari menulis:

    “Nyawa harus dibayar dengan nyawa”,hihi yazza keren deh aq suka?yazza nya buat aq ajj thor,boleh?????

  127. Nuya Nunay menulis:

    Sini aku damaikan hatimu yazza :tepuk2tangan

  128. Maaf kak, diatas ada disebutkan Yazza sbg dewa perang.
    Bukannya Yazza dewa pemelihara ya?.

    1. Kan dia dikutuk :PATAHHATI

  129. Ayu permatasari menulis:

    Hah dendam membawa petaka ????

  130. Yazza :PATAHHATI :PATAHHATI

  131. :KAGEET :KAGEET :KAGEET

  132. ternyata yazza dendam karena saudara kembarnya terbunuh, aku kira tadi kekasihnya yg terbunuh
    jadi ngerti alasan kenapa yazza ingin azhura mati

  133. Kalau ada senjata di dalam dadanya yazza jadi keinget goblin nih wkwk ???

  134. Yazza sudah mendendam sgt kuat ternyata

  135. kehilangan saudara emang bikin sedih apalagi penyebabnya karena dibunuh makin dendam deh…

  136. Dan kejadian inipun sudah ditakdirkan…
    Dan kembar. Lagi :tepuk2tangan

  137. BlueCherry137 menulis:

    Sbenr.a gue jg bakal dndam bgt klau ada di posisi yayang yazza T.T

  138. Kasian juga

  139. Oalahh jadi gitu toh ceritanyaa.. saya kira yazza itu matenya yg dewi itu.. ternyata saudara kembar hmm complicateddd

  140. Syafriska Amelia Nst menulis:

    :PATAHHATI

  141. Kurome Hiyoshi menulis:

    Hoh… Jadi begini asal-usul Yazza jadi Dewa Kematian

  142. Kasian yazza
    Hatinya pasti terluka dalam

  143. fitriartemisia menulis:

    ngeri emang ya kalo dendam mah :PATAHHATI

  144. Yazza bikin ngeri dah karna dendam

  145. Nyawa harus dibayar dengan nyawa :supershock
    Kejam ny kau bang yazza

  146. Dendam kesumat ini mah ??

  147. Dendam oh dendam :ASAHPISAU2

  148. Jd sedih sama kisah nya yazza ?

  149. Ya gimanapun sebenernya salah azhura Khan si, tapi ya gimana ya. aku masih teuteup dukung azhura, tapi kasian si yazza.. bingung dah

  150. aninagustina menulis:

    Waduh istilah & namaΒ² dewanya bikin blibet, jd ksleo lidahnya.. Tp gmnapun juga, namanya bagus sih, unik, keren. Jd tahu juga asal usulnya yazza.. Kasian sih tp ngga bisa nyalahin azhura gitu aja :gulungguling

  151. :PATAHHATI :MARAHNANGIS

  152. :NGEBETT :NGEBETT :NGEBETT :NGEBETT :NGEBETT :NGEBETT :NGEBETT

  153. Yazza kok bikin merinding yahh, jahat banget kayaknya

  154. sayhanarin menulis:

    Gimana ini tegang saya :PATAHHATI :PATAHHATI

  155. ternyata…………….

  156. Lely Damayanti menulis:

    Jd seperti itu kisahnya,,yg mmbuat Sang kematian sgt menginginkan Azhura mati

  157. Ku sih tim Yazzq :kisskiss

  158. Penasaran bunga aro

  159. Konflik mulai terlihat

  160. Ohh jadi gitu ceritanya, pantesan yazza pengen bunuh azhura karena dendam udh bunuh kembaran nya:(

  161. Anggun Palipur menulis:

    Yg tadinya terang menjadi gelap, ???

  162. YAZZA :nangiskeras :nangiskeras :nangiskeras

  163. Airaqyoung1215 menulis:

    Dupaaaaaaaaaaa :habiskata

  164. Bwhh ngeri kali sang dewa kematian??

  165. Feeling sudah mariu…

  166. Cookies_kiss menulis:

    Love it

  167. Dhian Sarahwati menulis:

    OMG…jadi begitu ceritanya.karna dendam terang menjadi gelap….

  168. Ga nyangka alasannya yazza :huhuhu

  169. loveeeitt :ayojadian

  170. Yazzzaaaa :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi

  171. Kirain calamara adl pasangan takdirnya yazza..
    Baca part ini bikin puyeng krn banyakx nama dewa dewi yg mesti dikenal (kayak mw diajak krnalan sj) πŸ˜…
    Itu nama2 dewa dewi dpt inspirasi drmana? Bahasanya asing nanget tp jujur keren banget dah πŸ‘

  172. lemonpinkskyyy menulis:

    :ayojadian

  173. dwioktapia30 menulis:

    :habisakal :wowtakkusangka :wowtakkusangka

  174. shanaya_lee menulis:

    :gakmauahgakmau :gakmauahgakmau :gakmauahgakmau

  175. Indah Narty menulis:

    Jadi ini toh

  176. Azzalea Dian menulis:

    :kutakbisakauginiinbabe

  177. Baca ulang

  178. Regindapikoli menulis:

    :kumenangismelepasmu

  179. Shelli Novianti menulis:

    :grrr

  180. Mamita Fatih menulis:

    :happy

  181. Membaca lagii

  182. Teruzzzz ..

  183. Love it :NGAKAKGILAA

  184. Arfridayusa Dianni menulis:

    J-jadi ini alasannya… :habisakal :habisakal

  185. Harus bagaimana

  186. Oh. Jd mirtis ini yg muncul d cerita the tyran querida

  187. disini gada nama yang ga bagus yaa

  188. Penggambaran Yazza mengingatkanku pada sosok Xavier yg memiliki ketampanan tiada batas tapi memiliki kegelapan di hatinya & bisa membunuh lawannya dg sangat keji dg racun2 nya

  189. terbentuknya yazza menjadi sosok yang jahat karena dendamnyaa.. ngeri uy πŸ‘€

  190. Dera Puspita Dewi menulis:

    Dan ceritaaa dewa mirtis masuk ke cerita selanjutnya…
    Terlahir kembali sebagai manusia Raja jasperr :aw..aw

    1. jasmine cavelli menulis:

      iya juga yaa :berikamiadegankiss!

  191. selamat pagi :lovelove

  192. Andai Atsphere bisa ikhlas..