Generals Wife

The General’s Wife Part 1: After Earth

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

projectsairaakira Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat – Project Sairaakira

2,304 votes, average: 1.00 out of 1 (2,304 votes, average: 1.00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...

Perang nuklir itu menghancurkan segalanya, pun dengan keputusan bodoh pihak yang berkuasa untuk meluncurkan senjata biologis yang benar-benar menjadi pemusnah massal….

Banyak sekali penduduk yang tidak bisa bertahan dari amukan kehancuran yang diakibatkannya. Sebagian yang bertahan hidup menderita kelainan fisik akibat radiasi dan cacat fisik, hilang kesempatan untuk menjadi manusia murni lalu memilih mati dan sebagian yang lain jiwanya tak utuh lagi, rusak parah dan tak tersembuhkan dan kemudian mati juga.

Seolah perang nuklir belum cukup menghancurkan, kehausan umat manusia untuk semakin membunuh dipuaskan dengan diluncurkannya senjata biologis yang merusak tubuh manusia, membuat jaringan daging hancur sedikit demi sedikit menjadi debu, prosesnya menyakitkan dan serangannya tak pandang bulu, manusia usia tua, dewasa, anak-anak, bahkan bayi sekalipun semua menjadi korbannya, pun dengan hewan ataupun tumbuhan yang sudah mulai musnah, tak sanggup lagi menahan beban.

Penyebaran virus yang disebarkan dari senjata biologis itu merusak seluruhnya sampai tumpas, membunuh tanpa pandang bulu, melibas musuh berikut penciptanya sendiri, dan pada akhirnya – thanks God – malahan menyelesaikan perang.

Karena untuk apa perang dilakukan jika seluruh penduduk bumi sudah musnah hampir 80 persen banyaknya?

Mereka yang bertahan adalah kaum terselamatkan, yang memiliki kekebalan genetika terhadap virus tersebut, dan cukup beruntung untuk mencapai sebuah daratan yang tidak terkontaminasi perang. Daratan itu tersisa menjadi satu dataran luas tanpa kepulauan, yang dikelilingi oleh samudera tak terbatas. Semua orang yang ada di sana sudah mencoba mencari tahu, tetapi memang hanya daratan itulah satu-satunya yang tersisa.

Maka berkumpulah semua orang yang terselamatkan dan cukup beruntung untuk bisa mencapai daratan itu, mereka melupakan peperangan, melupakan perbedaan, dan berkumpul dalam satu tempat. Mereka disatukan oleh seorang pemimpin militer yang tegas dan keras, seorang pemimpin militer yang membenci perbedaan, karena perbedaan bisa memicu perang.

Pada akhirnya terbentuklah After Earth, sebuah negara baru yang muncul dari  koloni manusia yang datang dari berbagai belahan dunia,  manusia-manusia yang bertahan hidup dari kehancuran perang, manusia-manusia yang memiliki kekebalan genetika terhadap virus yang mengerikan. Di dalam After Earth, kesamaan adalah kewajiban dan perbedaan adalah hal yang tabu.

Di dalam After Earth, mereka hidup dalam satu bahasa, satu rasa, satu kewajiban, satu tujuan. Saling bahu-membahu untuk bangkit kembali dari pahitnya perang di masa lalu.

Dan disinilah kisah ini dimulai, di sebuah kota yang megah, pusat dari seluruh After Earth, pusat dari pemerintahan, dimana jenderal-jenderal yang paling ditakuti memimpin dengan tangan besi.

……….dan kota itu bernama Marakesh City.

***

“Beliau kehilangan ingatannya, Yang Mulia.”

Suara dokter di ujung ruangan itu samar-samar terdengar sampai ke telinga Asia yang ingin tahu.

Yah, bagaimana dia tidak ingin tahu? Setelah dokter itu memeriksanya, lelaki asing yang mengaku sebagai suaminya itu langsung mengajak sang dokter menjauh dan mereka berbicara berbisik-bisik di ujung sana seolah sedang berahasia.

Apa katanya tadi? Hilang Ingatan? Apakah mereka sedang membicarakan dirinya?

Asia spontan menggerakkan jemarinya ke kepalanya, karena yang namanya ingatan selalu berhubungan dengan kepala. Dan barulah dia sadar bahwa di kepalanya terbalut perban yang tebal, melingkupi di sana. Seketika itulah dia merasakan nyeri yang berdentam.

Tubuh manusia sungguh aneh, ketika kau tidak menyadari bahwa kau terluka, kau tidak merasa sakit. Tetapi begitu kau menyadari bahwa luka itu ada, sakitnya langsung menelusup, bercokol di sana dan tak mau pergi.

Asia mengerutkan keningnya dan berusaha meredakan rasa nyeri di kepalanya, dia mencoba mencuri dengar percakapan lelaki asing itu dengan sang dokter, tetapi mereka berdua berbicara dengan suara rendah yang bahkan tak mampu sampai ke ujung pendengaran Asia.

Beberapa saat kemudian, dokter itu membungkuk hormat kepada si lelaki asing, lalu mengangguk sedikit kepada Asia, dan melangkah pergi meninggalkan ruangan itu.

Meninggalkan Asia kembali, hanya berdua dengan lelaki asing bernama Akira itu… Lelaki yang mengaku sebagai suaminya…. lelaki yang sekarang menatapnya dengan matanya yang tajam dan kemudian melangkah mendekatinya.

Reflek Asia beringsut dan menarik selimutnya sampai ke leher. Lelaki ini membuatnya takut, seolah dia mangsa buruan yang tak punya pertahanan diri.

Apakah mungkin lelaki ini suaminya? Kalau benar kenapa Asia merasa takut? Dan dia tidak mau disentuh lagi oleh lelaki itu, karena sentuhannya menimbulkan rasa aneh seperti tersengat listrik, rasa aneh yang asing dan tak mau dirasakannya lagi.

Akira telah berdiri di samping ranjang, menatap mata Asia seolah mencari sesuatu di kedalaman hatinya, dan kemudian kalimat itu terlontar, tanpa emosi.

“Kau mengalami amnesia.”

Asia mengerutkan kening, “Maksud anda apa? Saya ingat sekali siapa saya, dan semua masa lalu saya, saya bisa mengingatnya dengan jelas…… bahkan panti asuhan tempat saya tinggal masih terpatri jelas di sini.” Asia menyentuh kepalanya untuk menegaskan, “Apakah saya bisa memberi kabar kepada ibu panti asuhan? Beliau pasti cemas mengetahui saya di sini.”

Akira bergeming. Hanya menatap Asia tajam, menelisik dalam-dalam. Suasana ruangan menjadi hening yang tak mengenakkan, menyesakkan dada.

“Panti asuhan tempatmu tinggal sudah terbakar habis dua tahun yang lalu.” Akira kemudian berucap memecahkan keheningan, masih tanpa emosi, “Semua yang kau kenal di sana sudah mati terbakar, tidak ada yang selamat.”

Asia terkesiap dan pucat pasi, mengira bahwa lelaki di depannya ini bercanda, tetapi ekspresi dingin di sana dan bibir yang menipis kejam itu sudah pasti bukanlah ekspresi orang yang sedang bercanda.

Lelaki ini bilang apa? Dua tahun yang lalu? Bukankah kemarin dia masih tinggal di panti asuhan itu? Asia masih ingat semuanya dengan jelas!! Bagaimana bisa panti asuhan tempatnya tinggal bisa terbakar dua tahun lalu? Dua tahun lalu??

Lagipula kenapa lelaki itu mengucapkan kata-kata mengerikan tanpa empati sedikitpun? Seolah-olah jiwanya begitu dingin hingga membicarakan kematian tidak bisa menyentuhnya.

Asia mengedarkan pandangannya ke sekeliling ruangan, dengan panik mencari petunjuk, petunjuk apa saja yang bisa memberinya pengetahuan tentang apa yang sedang terjadi, tetapi yang dilihatnya di ruangan ini hanyalah dinding putih yang steril dan tak bersahabat, pada akhirnya dia kembali menatap lelaki itu,

“Anda pasti berbohong kepada saya! Tolong jelaskan apa yang terjadi!”

Pandangan Akira menyala ketika mendengar nada suara Asia yang meninggi, seakan tidak pernah ada seorangpun yang berani meninggikan nada suaranya kepadanya, dan kemudian, dengan mata menyipit kejam, Akira membungkukkan badannya sehingga kepalanya begitu dekat dengan kepala Asia, menantang mata Asia sejajar dengan matanya,

“Yang terjadi adalah…” suaranya berupa desisan pelan, menahan kemarahan, “Kau kehilangan semua ingatanmu selama dua tahun terakhir ini.  Dan ingatanmu seolah-oleh melompat langsung dari usiamu yang ke enam belas tahun langsung ke titik ini.” Akira mengulurkan jemarinya, menekan belakang kepala Asia dengan kasar hingga wajah Asia merapat ke wajahnya, hingga napas hangat mereka menyatu, “Kau sekarang berusia delapan belas tahun, isteriku. Dan anakku sedang bertumbuh di kandunganmu. Jadi segeralah memahami situasi ini dan jangan bertingkah bodoh yang memancing kemarahanku.”

Dengan kasar Akira melepaskan kepala Asia sehingga kepala Asia terjengat ke belakang, lelaki itu lalu menegakkan tubuhnya dan menatap ke bawah, ke arah Asia yang ketakutan mendengar ancamannya,

“Beristirahatlah dan pulihkan kondisi tubuhmu. Aku akan mengurus kepulanganmu ke rumah kita. Di sini terlalu berbahaya, di rumah kita kau akan aman.”

Dan kemudian tanpa mengucapkan permisi, Akira membalikkan badan, membawa dirinya keluar dari ruangan kamar rumah sakit itu, sambil membanting pintu di belakangnya, meninggalkan Asia yang termangu bingung, shock dengan apa yang barusan didengarnya.

***

Ketika ditinggalkan sendirian di ruangan yang hening dan steril itu, barulah Asia menyadari bahwa di sebelah ranjangnya ada jendela, jendela itu tertutup gorden putih, sebuah jendela yang entah kenapa ada di sana, karena ditutup oleh lapisan kaca tebal tanpa jeda dan teralis-teralis besi yang merapat.

Entah apa fungsi teralis dan kaca yang tebal itu, mungkin untuk mencegah orang jahat masuk… tetapi mungkin juga untuk mencegah penghuni kamar ini keluar…. layaknya penjara.

Asia melongokkan kepalanya. Jendela itu memang berada tepat di samping ranjangnya yang bersandar di dinding sehingga hanya dengan melongokkan kepalanya dia bisa melihat ke luar. Disingkirkannya tirai putih yang menutup di sana, tirai putih yang tadi membuatnya tidak menyadari keberadaan jendela itu.

Matanya sedikit mengernyit melihat cahaya yang menerobos dari luar, masih tak terbiasa dengan cahaya terang yang bukan berasal dari lampu. Dipejamkannya matanya untuk menyesuaikan diri lalu dibukanya lagi dengan penuh rasa ingin tahu.

DI luar langit mendung menggelap, meski matahari masih berusaha sedikit melongok dari balik awan. Dan buliran-buliran salju meluncur turun, bagaikan tirai-tirai putih yang berkejaran dan berlomba untuk mencapai bumi terlebih dahulu. Butiran-butiran itu telah menumpuk begitu tebal, hingga seluruh benda yang disentuhnya menjadi putih. Pucuk-pucuk pepohonan yang kering, seluruhnya dihuni oleh butiran salju yang memberati dahan-dahannya, pun dengan setiap jengkal tanah yang ada di bawah, semuanya berwarna putih.

Asia mengukur jarak pandangnya ke bayangan tanah di bawah sana. Posisi kamarnya sepertinya berada di lantai yang tinggi, paling tidak lima lantai dari permukaan tanah.

Dan saat ini sedang musim salju di After Earth.

Musim di After Earth berubah menjadi ekstrim sejak bencana ledakan nuklir di belahan dunia yang lain. Ketika semua kepulauan dan unsur hidup di sekeliling After Earth hancur, ketika itu pulalah semua pengaturan yang ada di bumi pada masa dahulu kala berubah menjadi tak terkenali lagi.

Dan untunglah, manusia-manusia yang ada di After Earth adalah manusia tangguh yang bisa bertahan dan menyesuaikan diri dengan cuaca apapun.

Ada tiga musim di After Earth dan kesemuanya berlangsung sepanjang tahun tanpa jeda.

Yang pertama adalah musim Kemarau yang berlangsung setahun penuh, ditandai dengan cuaca ala gurun di masa lampau, panas menghujam di siang hari dan dingin mencekam di malam hari. Titik hujan sangat rendah, bahkan hujan hampir tidak ada di musim ini. Manusia di koloni bertahan dengan air yang ditampung dari musim sebelumnya dalam sebuah dam raksasa dan pengairan yang terinstalasi secara modern, memberikan jatah air yang sama dan adil kepada seluruh penduduk sepanjang tahun tanpa kecuali. Badai gurun kadang terjadi di siang hari sehingga rumah-rumah yang ada memasang perlindungan anti pasir di musim ini.

Yang kedua adalah musim hujan, yang berlangsung setahun penuh juga. Ditandai dengan hujan yang turun tanpa henti sepanjang hari, sepanjang malam, setiap detiknya tanpa kecuali. Semuanya basah dari titik dedaunan yang menghijau sampai debu di ujung jalan, tidak ada yang luput dari curahan air hujan yang mengujam. Pada musim inilah air melimpah, dam-dam terisi penuh dan manusia tidak kekurangan air pun dengan tanah-tanah yang semakin subur.

Dan yang ketiga. Yang juga berlangsung setahun penuh, adalah musim dingin. Di musim ini salju turun sepanjang hari, tumbuhan-tumbuhan meranggas dan semuanya membeku,  seluruh titik pandang dipenuhi warna putih akibat tumpukan salju yang menggunung. Musim salju di After Earth adalah musim paling dingin sepanjang sejarah ingatan manusia.

Asia merasakan jantungnya berdetak pelan ketika menyadari kenyataan itu….. Ingatan terakhirnya di panti asuhan adalah ketika musim kemarau sedang berlangsung…. setelah itu dia terbangun di sini, di musim dingin yang memutihkan seluruh dataran After Earth……

Jadi lelaki bernama Akira itu tidak berbohong…. Sudah dua tahun berlalu sejak ingatan terakhir  yang ada di benak Asia.

Kalau begitu…. benarkah? Benarkah panti asuhan tempatnya tinggal terbakar… ibu-ibu perawat di panti asuhan, anak-anak yatim piatu yang tinggal bersamanya… benarkah bahwa mereka semua tidak terselamatkan?

Perasaan sakit yang menggelayut berdenyut di jantung Asia, dia tiba-tiba merasakan sedih yang luar biasa, perasaan sedih yang menyesakkan, perasaan kehilangan…

Jauh dalam hatinya, dia tahu bahwa Akira tidak berbohong, bahwa Asia sebatang kara di dunia ini, dan orang-orang terdekat di dalam hidupnya telah hilang tertelan musibah.

***

Tidak disadari oleh Asia bahwa dia sedang diamati, melalui kamera cctv yang terus memperhatikan setiap gerak-geriknya.

Akira duduk di sana, mengamati layar monitor yang terhubung langsung ke ruang kerja resminya di Benteng Besar Marakesh City. Dia sedikit terkesiap ketika Asia mencondongkan tubuhnya ke jendela, seolah ingin melarikan diri. Tetapi kemudian tersadarkan bahwa kamar perawatan Asia merupakan kamar rumah sakit khusus dengan keamanan tertinggi, jendela-jendelanya berteralis  baja dan seluruh bagiannya ditutup oleh kaca anti peluru yang tidak bisa dihancurkan.

Asia tidak akan melarikan diri.

Bukan hanya karena perempuan itu sedang kehilangan ingatannya, tetapi juga karena Akira tidak akan membiarkan Asia melarikan diri lagi. Tidak dengan calon anaknya yang sedang dikandung di perut Asia.

Baca Parts Lainnya Klik Di sini

KONTEN PREMIUM PSA


 

Semua E-book bisa dibaca OFFLINE via Google Playbook juga memiliki tambahan parts bonus khusus yang tidak diterbitkan di web. Support web dan Authors PSA dengan membeli E-book resmi hanya di Google Play. Silakan tap/klik cover E-book di bawah ini.

Download dan install PSA App terbaru di Google PlayWelcome To PSAFolow instagram PSA di @projectsairaakira

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat – Project Sairaakira

399 Komentar

  1. :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo:

  2. i like it..ok next chapter again

  3. “Anda pasti berbohong kepada saya, tolong jelaskan…” kalimat itu emang bergaris miring kah bang akira? Karena menurut EYD itu gak seharusnya bergaris miring~

    Jangan marah ya bang akira aku komentar kyk gini… aku cuman penasaran.. kali aja emang kaka gak sengaja atau gimana gitu… :heart: :heart: :heart:

  4. Hohoho… walopun blom ada gambaran ttg ceritanya kedepan, kayanya bakalan ruwet plotnya. Banyak intriknya sepertinya

  5. dheniesparks95 menulis:

    Udah baca tinggal kasih vote

  6. Disini asia msh lum tau apa apa ya

  7. Jujur pertama kali baca tokoh utama pake nama Asia, kebayangnya benua …maaf :yes:

  8. Jika after earth itu benaq ada, dan kita adalah bagian dari penduduk after earth. How your feel?

  9. hidup di after earth ada senangnya dan tidak…
    sebenarnya enak juga kalo semua disamaratakan sehingga tidak akan timbul kesenjangan sosial seperti yng sedang marak di ibu kota…
    tpi rakyatnya tidak dapat bebas

  10. ketika pertama baca cerita ini dulu, aku ngira kalau asia sama akira itu nikah karna cinta, dan akira sangaaat menyayangi asia, daku fikir akira bersikap dingin sama asia karna marah gara2 asia melupakan kenangann dan ternyata aku gk nyangka bahwa kisah mereka itu berawa dari pemaksaan kepada asiaa huhu :cry:

  11. aisyah160887 menulis:

    Sukaaaa…bangeeet.. :heart: :heart:

  12. perbedaan itu indah kan om Jen? :yahoo: :yahoo:
    tolong jangan tembak saya hahaha

  13. pratiwi120390 menulis:

    :wacko: :wacko: :good: :good:

  14. akira percaya ga sih klo asia benar2 kehilangan ingatannya. apakah di 2 tahun yg hilang memag asia ingin nhelupain jadi amnesia gtu :scratch:

  15. Israma fitri menulis:

    :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo:

  16. Gak habis pikir punya ide buat cerita kayak gini hahaha.. Entah kenapa mrsa seneng gtu kalo ada iklim yg merata kyk gtu hahaha.. Ini ceritanya kayaknya seruhh dehh dan bakalan byk konfliknya kali yaaa..

  17. OrryelNarsa menulis:

    Kenapa Asia bisa hilang ingatan? Apa ada sesuatu hal yang membuat memori otaknya memaksa harus melupakan kejadian 2 tahun belakangan itu..
    Asiannya masih 18 tahun .. Nah Bang Akiranya umur berapa? Aku suka klok ceritanya tuh si cewek muda dan prianya udah dewasa haha..
    Keren…
    SEMANGAT untuk Team PSA :yahoo:

  18. wow.. krwn bgt crta y :good:

  19. Lanjut baca lagi… yeay…. :good: :good: :good:

  20. pernasaran nih. lanjut baca lagi ah. ;-) ;-) ;-)

  21. :good:

  22. DinarAnggreini menulis:

    Semangat kita baca next part…
    Btw ngasih vote nya gmn ya?? Mohon info nya bagi yg tau…

    1. Setau ku setiap baca partnya kan ada lingkaran hitam dibawah sebelah kiri tinggal diklik trs plh deh excelent, good dll

  23. Next part ahhhhh :yes: :yes: :yes:

  24. Waahh asia nya hilsng ingatan sampe dua tahun begitu yah.. sebenarnya apa yang dialami asia..
    Ohya asia masih muda banget udah punya anak.yah.. kira kira akira nya umur berapa yak.. :scratch:

  25. ini bakal jadi modus bagi jendral akira kayaknya, hohoho
    btw, musim di after world segitunya ya? gen kebal mereka macam gimana ya? mungkin semua penduduknya galur murni kali yak?

  26. Asia semangat… :PETIR p

  27. :LETNANPARIS :HIRO :TABIBZHOU

  28. bunnypuppy23 menulis:

    Tetep bikin deg2an :CESAR :PFFTTT

  29. Vanillatteh menulis:

    blm nemu titik terang/? lanjut bacaaaaa

  30. itsarahill menulis:

    Baru baca cerita ini haha, badai pasirnya kaya di film maze runner kah? Baca ini langsung kebayang sama film tmr soalnya haha:v

  31. SyarifahAlydrus menulis:

    Tetep deg2 an walaupun udah baca
    Team psa emang yg paling top dah

  32. wantiwidia menulis:

    Asia lupa ud punya suami..hamil lg…kasian bnget…

  33. Kok kayak kejam amat yaaa Akira… :SHENKING

  34. Biarpun baca ulang dan udh komen
    Kayakx ga apdol deh kalo ga komen lagi wkkwkwk

    Awal2 kisah ini bkin baper :WELL
    Jendral sayangi yahh asianyaa
    Jangan dgituin lagii yah :SHENKING

  35. Saphie3124 menulis:

    Baru bacaaa.. BUAGUS BUANGEEETTT GEWLAAKKKKK???????????

  36. Baca again :KETAWA

  37. dri jdulnya entah knapa saya merasa gmana gtu -.-
    cie ada yg lgi mata”in

  38. Miraclefyn menulis:

    Ngisi waktu luang baca TGW dulu :KETAWA

  39. Umurnya si jenderal berapaaa sii? Lupa aku apa gatau yaa??

  40. Jadi inget waktu dlu baca di wattpad..
    Waktu itu gue gerah dengan cerita kawin kontrak yg menjamur di wattpad, gue kira yang ini bakal sama..
    Tapi ternyata sangat berbeda…
    Cerita fantasi dengan imajinasi super tinggi, ga pernah ketebak dengan alur super menegangkan..
    Udah baca ulang berkali2 masi takjub juga.. :AIKO

  41. Keliatannya bumi bakal kaya after earth bila kita sekarang nggak bijak ama bumi kita ini… :MIKIR

  42. KristinaBakara menulis:

    Suka sama. Ceritnyaaa?

  43. syahrianti menulis:

    Jadi suami kok kasar amat :PEDASS
    Belum tau ini ceritanya kya gimana, tpi kyanya bakal seru sperti cerita2 kakak PSA yg lain, semangat terus kak! :LETNANPARIS

  44. Kerennn.. yg 2 tahun itu pasti berhubungan dengan jendral makanya dilupakan wkwkwk… btw asia kecelakaan apa ya jadi sampai begitu… :AIKO

  45. MeyMeyHime menulis:

    Aduh part terakhirnya sweet moment sekali buat aku nih kak :ASIA
    “Dia sedikit terkesiap bla bla bla..”
    Hm…. Akira takut nih yee Asia terjun lagii tenang aja g bakalan kok.

    Tapi sumpah sbnrnya aku g berani baca lanjutannya apalagi pas yg keguguran :NOHOPE
    gpp tapi Hime harus berani. Iya harus berani :AZHURAKAHN

  46. Tiyan Septiyani menulis:

    kebut lagi… Jendral Akira baik-baik ya sama Asia… kan lagi mengandung calon pewaris after earth. okay !

  47. serem juga After Earth, luar biasa banget orang2 yg bertahan disana..
    Akira aslinya perhatian, tapi ketutup sifat dan sikapnya yg jelek.. tapi berhasil bikin baper T^T

  48. Walaupun kejam, jendral akira sayang sama perhatian banget sama akira. Itu yang bikin baper dan bikin aku suka banget sama ceritanya wkwk

  49. Litarizau20 menulis:

    Entah udah berapa kali berulang-ulang baca TGW , gak ada bosennya. Baper banget sama jenderal akira yg dingin, kejam tapi di sisi lain dia perduli sama asia. Baca sambil ngehayal kalo asia nya itu aku :AZHURA

  50. puputnurul menulis:

    Baca ulang laagiii, bagus bgt ceritanya :ARMENIA

  51. raraagustin menulis:

    Aaa jendral Akira itu misterius banget. Walaupun dia dingin dan kejam tpi ttep perhatian yaa sama Asia.

  52. Makin penasaran dengan kelanjutannya,,,
    Jendral Akira protective banget sama Asia… :AZHURA

  53. Huhuhu menegangkan :YYYCURIGA
    #bacaulang :YYYNGEBET

  54. Makin kesini makin penasaran sm ceritanya

  55. Nggak bosen baca ini

  56. Yah masih dgn ciri khas sang penulis cerita. Menegangkan sekaligus bikin penasaran. Sudah mendarah daking sepertinya. Syukkkaaaaaaa…. oh iya tokoh prianya terus nih yg dibuat kejam sekali2 buat cerita tokoh prianya yg teraniaya thor. #saran Hehehee…

  57. Kereen nih cerita! Baca dari awal kembali?

  58. Mengulang lagi kisah ini… ga bosen2. Pokok na :PELUKRINDU

  59. :inlovebabe

  60. Aaa Jenderal \^O^/ . SERRRRRUUUUUU SANGAAAAAAAAAATT KAKAAAAAAAAKK \^O^/.

  61. Baca dari awal lgi hihihi

  62. andinioktsyarisa menulis:

    Jendral akira itu luarnya aja kejam tapi hatinya lembut untuk asia,, haduhhh auka banget ama jendral akira ini
    Baca paralel lagi

  63. Heyyyy yg baca ulang jangan lupa ngevote ya :DOR!

  64. knp smpe lupa yaa JA didepan2 sini dipanggil yang mulia :ragunih
    salah fokus :GOOOAWAY

  65. Jendral akira emang horor banget di pertemuan pertama dg Asia setelah amnesia..

  66. disini misteri masih banyak yang belum terpecahkan, seru banget

  67. Jadi flashback pengen baca ulang lagi wkwkwk :tepuk2tangan

  68. khamidakhamida menulis:

    Aku kangen jenderal yg garang hahaha

  69. Disini, peran si asia masih kalem gitu ya, dari semua tokoh seriesnya author author, abang jendral akira masih kesayangan, biar pun galak galak jahat gituuu???

  70. Jendral Akira misterius tp protektif gitu ? Asia masih bingung2 gitu gregetan xD

  71. :KISSYOU :KISSYOU :HUAHAHAHAHA

  72. Ceritanya menarik, bikin penasaran…
    Apalagi jendral Akira yg misterius gitu orgnya..

  73. :kelincigemas :tidakks!

  74. Asia yg kebingungan dan Jend. Akira yg bersikap dingin… perpaduan dua pribadi yg disatukan oleh takdir.
    :TERHARUBIRU

  75. aduh…ampyun deh…baru baca part 1 aja jantung aku udah ga kuat…dag dig dug nya itu JA berasa banget galak dan sadisnya…hiiii serem banget…..

  76. bluemoontears menulis:

    Sbnrnya akira sayang ga sih sama asia :(

  77. Nggak bosen baca berkali kali :imutnyaa :imutnyaa

  78. SriRahayuYayuk menulis:

    Penyebaran virus yang disebarkan dari senjata biologis itu merusak seluruhnya sampai tumpas, membunuh tanpa pandang bulu, melibas musuh berikut penciptanya sendiri, dan pada akhirnya – thanks God – malahan menyelesaikan perang.

    salfok aku di bagian pengatar yg ini… entah aku yg dulu kelewat baca pas di watty atau emang baru di tambahkan ketika di web??

  79. SriRahayuYayuk menulis:

    “Beliau kehilangan ingatannya, Yang Mulia.”

    Panggilan awal dokter fendrick ke JA ini juga pada awalnya membuat aku mikir jika mungkin AE adalah sebuah Negara kekaisaran tapi masa iya sih setelah perang nuklir malah balik ke jaman kerajaan, terus juga kayanya JA tipe suami yg kejam menilik dri cara dia mengancam asia di awal… hehe ini pemikiran awal saat aku baca dulu tapi setelah baca keseluruhan lagi2 apa yg aku gambarkan terpatahkan…

  80. Baca ulang sambil makan :ngisiperut
    G bosen bosen baca cerita jendral akira asia

    1. jvevangelistas menulis:

      Aku baca ulangnya sambil kelaparan hahaha bagi makanan kamu sini /eh

  81. :fullinlove

  82. duh duh duh aku Sampai lupa gimana dinginnya JA dlu :panikhati habisnya sekarang dia so sweet banget :malumalusapi

  83. Flashback boleh kali yah wkwk

  84. FuntasticSentences01 menulis:

    kok seingatku part part awal tgw itu bukan kayak gini ya

  85. Perasaan ku liat jendral kaya es begini rasanya gimanaaaaa gitu… soal nya udah terpatri d fikiran ku klo jendral akira itu sweeeeettt kaya gula :NYAMAN :NYAMAN :NYAMAN :IMUT :IMUT :IMUT

  86. tetep seru walau dibaca berulang-ulang :cintakamumuach

  87. Udah berapa kali baca ulang tgw nggak pernah bosen :’)

  88. Kalau baca ulang cerita tgw saat jenderal akira masih garang gini jd gak kebayang akhirnya abang jenderal bakal memiliki sisi manusiawi…
    Alwas love JA

  89. Kalau baca ulang cerita tgw saat jenderal akira masih garang gini jd gak kebayang akhirnya abang jenderal bakal memiliki sisi manusiawi…
    Always love JA

  90. LydiaMarcella_Putri menulis:

    Kak ceritanya terlalu bagus…jadi ngulang lg kan bacanya.

  91. :ELUSELUS

  92. Dan akhirnya saya baca lagi.. hahahah

  93. bangun peradaban yang lebih baik

  94. :freya

  95. :BAAAAAA

  96. Kasian banget Asia di sini. Udah hilang ingatan, tiba-tiba di kasi tau udah menikah dan sedang mengandung. Apalagi suaminya kaya Jenderal Akira yang kejam itu. Awalnya sih. Hihi :BAAAAAA

  97. pertama kali ketika tau after earth :TERHARUBIRU

  98. Ngerasaa gimanaaaa gitu…
    Seneng seneng sedih..

  99. Ga ada bosennya ngulang baca cerita TGW,
    Awal2 emng ngerasa akira jahat banget, tp itu
    Malah yg bkin suka sama karakter dia. :inlovebabe

  100. :PANDAELUS

  101. aishelatsilla menulis:

    lupa kalo dulu jendral Akira nyeremin,soalnya sekarang sweet banget sih

  102. Jendral Akira awal awalnya serem

  103. :CURIGAH

  104. Baca lg dari awal ah…. pengen ngulang cerita ni.. paling suka ma cerita ini

  105. Coba baca2 ulang??
    Tapi kok da yang belom aku kasih ? yaa ??

    :ragunih :happyhappy

  106. :DOR!

  107. Cerita awal2nya pendek2 ya.. tapi seru

  108. MayuriKanzawa menulis:

    :DOR! :ASAHPISAU2

  109. :ragunih :ngupildoeloe

  110. :tidakks!

  111. Ahhhkh…kangen pasangan iniii :PATAHHATI

  112. :inlovebabe

  113. :hipokesamber

  114. :aaaKaboor

  115. :PATAHHATI

  116. Kangen jendral akira :RAKUSS

    1. Salah emot, haduhh..
      Yg brner ini :inlovebabe

  117. Jd terlihat perspektif yng beda ya stlah baca ulang…

  118. Akira masih mengerikan yang ini, meskipun posesifnya udah keliatan bangeeet

  119. fitriartemisia menulis:

    Akira masih kasarr :PEDIHH

  120. kak.. kok aku belum bisa baca semua ya? ???

  121. JA bener-bener bikin takut, nyeremin banget. bukan serem kayak lagi liat hantu sih, tapi lebih ke auranya yang yah begitulah. namanya juga pemimpin ya hehe

  122. gabisa bayangin gimana rasanya jadi asia, bangun dari koma tiba-tiba udah jadi istri orang. eh tapi sebenernya bukan tiba-tiba juga sih .
    cuma karena asia amnesia jadi mungkin berasa aneh gitu ya tiba-tiba ada yang bilang kalo asia udah jadi istrinya

  123. baca ulang lagi :inlovebabe kangen JA yg masih nyeremin. awal ketemu cerita ini langsung suka karena jalan ceritanya favorit aku banget :strawinlove

  124. azzampradipta16 menulis:

    Jenderal akira nyeremin

  125. wihiwwww baca ulanggg lgi :LOONCAT :LOONCAT :LOONCAT

  126. Jenderal akira serem banget… :KAGEET

  127. Jenderal Akira bikin deg-degan

  128. Sistem musimnya menarik banget
    Mereka dari negara mana ya ceritanya,,, biar lebih mudah bayanginnya

  129. Negara khayalan dengan sistem musimnya yang unik

  130. Cerita ny bikin baper.aq biar bc ulang berkali2 ttp g bosen

  131. Sebenermya yang lagi ada di pikiran itu menara tinggi yang kayak punyanya rapunzel yang lagi ditempati sama Asia wkwkwk Akira tujuannya pertama yang utama adalah anak dalam kandungan Asia tapi entar juga berubah hihihi :D udah baca ini berkali” tapi tetep aja terkesima sama si jendral wkwkkw bakal baca pelan” yang kali ini asssaaaaa

  132. Greatttttt

  133. intanrizkiyah menulis:

    amazing :tebarbunga

  134. akiranya kasarrrrr :aaaKaboor

  135. Lagi baca ulang generals wife… awalnya msh bikin greget

  136. :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI

  137. Jaman jaman awal banget

  138. Jendral dulu kejam banget dah :aaaKaboor

  139. :BAAAAAA

  140. part ini, akira masih lucu banget, binggung mau ngadepin asia yang ilang ingatan,
    kangen banget sama kalian :PEDIHH

  141. kasian Asiaaa :aaaKaboor

  142. Yang mulia? Hmm

  143. Baca ulang :ASAHPISAU2

  144. Masih masa masa jendral akira yg meyebalkan …

  145. baca ulang lagi… kangen sama cerita jendral akira dan asia

  146. baca ulang lagi :TERHARUBIRU belum bisa move on dari kisah cinta jendral akira dan asia nda bakal bosen buat baca TGW….

  147. aku suka yg kyk gini ni, kejam2 gmn gitu

  148. Baru sadar kalo di part 1 si Jenderal kita tersayang dipanggil yang mulia… agak aneh sih hihihi

  149. Re read again

  150. Sifat keras dan kejamnya disini masih kerasa banget… :DOR!

  151. LittleLady1803 menulis:

    :NABRAKKACA

  152. Kejamnyaaa Akira uhuhuhu

  153. windaturistiani menulis:

    Kalo dipikir pikir kejam banget jendral akira, bohongnya itu lohhh, masa semuanya kebakar abis g ada yg slamet, enteng bgt gitu ngomongnya g mikirin perasaan asia yg amnesia… :DOR! :DOR!
    Salut saya sama pendiri After eart jendral maroko …, bisa mendirikan sebuah negara dari segala perbedaan jadi asimilasi yang sama dan itu didirikan pada saat kehancuran perang, WOW… prok..prok…prok.. hebat bgtttt

  154. iriienfadiliah menulis:

    Akira kejam bgt ???

  155. masih bingung2 nih di awal cerita :aaaKaboor

  156. Masih bingung euy

  157. KANGENNNN :PATAHHATI

  158. Kangenn

  159. yudithtadamo13 menulis:

    Akira, love you ???

  160. :ASAHPISAU2

  161. Masih awal masih bingung nih..

  162. huhu ykin nih akira ga mw asia kabur krena ank doank
    wkwkwkwk ato takut yg lain, hhhaa genetik ky akira punya persaan ga yah bwt istrinya

  163. Baru ngeh trnyata dulu si om d panggilnya “yang mulia” ya bukan jendral kaya skrg….

  164. Kangen jenderal akira ??

  165. Choco_cone31 menulis:

    ayeee. jenderal kita ketemu lagi.. asiaa haloo

  166. Isyny Khoirul Hayat menulis:

    Aishh si jendrall ?

  167. Aulia Amantasela menulis:

    duh fall in love sama jendral :NGEBETT

  168. Seneng bisa baca ulang :HULAHULA

  169. Akhirnya bisa baca kembali ?

  170. Sri Rahayu Anggraeni menulis:

    Bingung mau ngomong apa :ragunih

  171. laelapuspita menulis:

    Narasinya banyak yg di skip, yg penting dialog akira-asianya :HULAHULA

  172. :NGEBETT

  173. :inlovebabe :inlovebabe

  174. Akira :CURIGAH

  175. Pingkyqueen17 menulis:

    Yeaiyy…Jenderal akira akhirnya aku bisa menelusuri kisahmu lg..#takterlupakan

  176. Mulai menunggu buat jatuh cinta sama akira. Kekeke

  177. Akiraaa :inlovebabe

  178. Deuhh Akira jahat

  179. thank God

  180. Suka bgt sama cerita ini, di publish dalam bentuk ebook gak siy?.. Maw dong

  181. Jendral, bogoshipoyoooo :owlkasihbunga

  182. Akiraa :PATAHHATI

  183. :gulungguling :gulungguling :AKUGAKTERIMA :AKUGAKTERIMA gregetan tiap baca ulang

  184. baca ulang tetap meleleh…. :dragonbaper :nangisgulinggulingan :owljatuhcinta

  185. A k i r a ?????????

  186. Akira kasar amat..
    Gak ada romantis2 an yah disini??
    Penasaran.

  187. Mau tau rasanya baca kisah jendral akira ini lagi setelah tau apa yang diraskan sama si jendral es.
    Dulu tiap kali baca selalu bertanya2 sebenarnya gimana perasaan si jendral ini gitu.

  188. Jendral akira takut kehilangan asia karena cuma asia yg bisa ngelahirin anaknya kelak

  189. fanny Oktavian menulis:

    IIni bukan sequel kan yah?
    Baca ini dulu atau azhura? Plis klo ada yg tau bantu jawab yah, terimakasih sebelumnya.

    1. Bukan. Cerita ini sama itu beda.

  190. Suka alurnyaaa, sedih bgt pas tau akira kyk gituuu

  191. Ijin baca ya author… Sambil nunggu verifikasi, baca ulang lagi… ?

    1. Sama, lagi menunggu verifikasi?

  192. Chisbiya Umi Latifa menulis:

    udah lama gak baca ceritanya.
    jadi lupa jendral akira bisa sekasar itu

  193. Gregetan sama si JA meski ini edisi baca ulang, tetep yeth ngeselin awalnya :BANTING!

  194. gbaru inga inget kalo JA Akira pernah sekasar ini #reread

  195. Waktu JA masih jahat ke asia

  196. Baca ulang dulu dehhh

  197. Akiraa kejam aihh

  198. Baca again 2 :tepuk2tangan .. Masih keras kepala bentar lagi jga cinta :YUHUIII

  199. KEREN LAHH PARAAH

  200. Akira kejam banget :LARIDEMIHIDUP

  201. wina12gamegyu menulis:

    pengen cepet2 baca ini cerita sampe tamat huhuhuhu T.T

  202. Jendral akira ?

  203. amelialusiana menulis:

    Kangen sama cerita ini huhu

  204. wow interesting banget nih!

  205. si jenderal dingin nget :beranilawansaya

  206. Akira dingin bgt poh

  207. Lulu Lailiyah menulis:

    Nyoba baca ulang nih hehehe. Ternyata dari awal dinginnya banget hm Akira

  208. Jendral Akira dinginnya melebihi es

  209. si dingin akira yg bikin kangen. Keren :owljatuhcinta :owlninja :owljatuhcinta :owljatuhcinta

  210. Babang Jejen yg kembaran Ama es kutub, wkwkwk

  211. elisarisca menulis:

    04.05 . 1

  212. hyorimeon menulis:

    si abang jenderal dingin bangeeet…gr2 musim salju yha…jejejeje

  213. jvevangelistas menulis:

    Aku dulu awal baca ini judul dari partnya After Earth mikir .. “hah? Setelah bumi?” Hahahaah setelah dibaca baru paham :’)

  214. jvevangelistas menulis:

    Jenderal Akiran kejam dan dingin bgt, kasihan Asianya ?

  215. Walaupun Jendral Akira memiliki sifat yang dingin, aku tetep suka. Itu semua dilakukan untuk orang yang dicintainya.

  216. Vhiy Zaza menulis:

    Jendral Akira, aku paling suka karakter yg kayak gini??? dingin, tegas, dan kejam, tapi penuh cinta untuk pasangan :NGEBETT

  217. amieranoorlzannah menulis:

    Kenapa tokoh utama cwe nya gak bernama ‘saira’ aja biar cocok… hehe

  218. Suka sama karakter jendral akira :NGEBETT

  219. Scaroline07_ menulis:

    Ngga bosen baca nih, mulai dari wattpad sampai akhirnya pindah sini :wowkerensekali

  220. Jenderal akira dingin banget udah gitu kejam lagi,,tp tetep ngangenin sih hehe

  221. RIFANI DWI AGUVIA menulis:

    akiraaa hihihi :TERHARUBIRU :NYAMAN

  222. kejam tapi sayang wkw

  223. Jendral Akira yg kejam & dingin tapi sayang sama istri…. Sweet banget

  224. Im Not Lara Croft menulis:

    Awal tau Judulnya After Earth, agak ragu, karna film After Earth yg dibintangi Will Smith benar2 Membuatku kecewa, tapi setelah baca Prolog, aku tau this story gonna be awesome ????

  225. Ai Erlinawati menulis:

    Menarik sekali. ?

  226. Akira kezam nih….

  227. wah jendral akira

  228. Keanabizel20 menulis:

    Uh lala.. Degdeg ser sama jenderal akira..

  229. Sahiba Nova menulis:

    Akira nya dingin banget

  230. Sarie Cang Henecia menulis:

    amnesia si asia…

  231. Itu kata2 asia tentang luka manusia so true parah?

  232. Bisa ngebayangin shocknya Asia yang tiba-tiba saat sadar sudah menikah dan hamil pula tanpa dia tahu kapan terjadinya. :LARIDEMIHIDUP

  233. AimeeCho838 menulis:

    Nih laki gak ada rasa humor nya. Becanda pun nda, senyumpun jarang atau malah nda pernah. Pokoknya kaku banget dah. Nda kayak Kaisar Shen, walaupun sama kejam nya tapi modusnya gak ketulungan. Jadi kita masih bisa ketawa. Nah Jenderal Akira, yg baca pun ikut tegang gara gara dia??

  234. Buset pak jenderal,ngomong ama istri kayak ngomong ama bawahannya,pake ngancem2 segala….serem!!!

  235. kembali ke awal TGW…kembali ke awal kisah cinta penuh warnah…Asia Akira. :inlovebabe

  236. Amelia syhab menulis:

    Shock pasti Asia kabangun ehh malah punya suami lagi hamil pula

  237. :PEDIHH :PEDIHH :PEDIHH

  238. afsyeengrey menulis:

    Duh bapak jendral ini dingin banget kayak balok es brrrrrrr
    pasti Asia shock bangun” udah punya suami terus hamil lagi

  239. sang kyung jung menulis:

    Woaaaaa asia amnesia tohh.. Aduh akira perhatian bangettr makin penasaran ama ceritanya dahh

  240. masih setia sama cerita ini…

  241. Jendral Kesayangan wkwk

  242. Tubuh manusia sungguh aneh,
    ketika kau tidak menyadari bahwa
    kau terluka, kau tidak merasa sakit.
    Tetapi begitu kau menyadari bahwa
    luka itu ada, sakitnya langsung
    menelusup, bercokol di sana dan
    tak mau pergi. Yagitulah manusia wkwk

  243. C R A C I M E L menulis:

    Gak kebayang kalo Bumi betul-betul jadi kayak begitu… Untung ini cuman fiksi, wkwk :BAAAAAA

  244. duh jendral akira…….

  245. :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  246. :dragonbaper

  247. jenigriyani menulis:

    Asia tidak akan melarikan diri.
    Jadi jenderal Akira tenang aja.
    @Projectsairaakira

  248. penasaran banget sama ceritanya

  249. Mardiana AP menulis:

    Ga pernah bosen mau dibaca berkali-kali juga ? parah seru bangettt

  250. Kok kejam bngt ??? tp seruuuu

  251. aureliafirmansyah menulis:

    itulah daya tarik sang jenderal..
    sisi gelap yang dimilikinya justru jadi pesonanya yang mematikan..

  252. asia syok banget tau kalo dia udah punya suami dan panti asuhannya terbakar habis

  253. Ayu Lestari menulis:

    Akira tu gitu ya perhatian tapi ngeselin,nyeremin pula gimana Asia gak takut coba..

  254. mithaprtwi menulis:

    baca ulang lagi ?

  255. Akira itu hmm laki2 yg sbenernya sayang banget sama asia cuma dia gak nyadar karna dari kecil di didik keras sama ortunya/?

    Just my opinion hehehe :’)

  256. Wuih… kangen.. jadi baca ulang.. xixixxi

  257. Ga tau udah keberapa kalinya gue baca ini dari awal sampe akhir (´∀`)ノ♡

  258. :NGEBETT

  259. Entah bagaimana saya kok kesengsem sama si jendral ini padahal kejem ,pemaksa mA lumayan jahat juga?… sampai2 saya terobsesi klo punya anak cowok mo di namain akira.. Alhamdulillah doa saya d dengar jadi lah sekarang saya punya jendral akira junior juga?

  260. Ayu permatasari menulis:

    Dari prolog udh bca d WP trus d lanjut d sni hehehe ? ? ? ?

  261. Akiraa akiraa akiraa, sebenarnya apa yg sedang kau sembunyikan??
    Kok sebegitu takutnya dikau kalo asia melarikan diri.. :ragunih :ragunih :ngupildoeloe :ngupildoeloe

  262. Wah klo aku jd asia aku juga bakalan shock bngun2 udah jd istri orang walaupun ganteng tp kejam kayk gitu… :LARIDEMIHIDUP
    Oke lanjuttt…

  263. Aku sudah baca sampai selesai tapi belum komen, sekarang baca lagi sekaligus nulis komen

  264. Natasya Benson menulis:

    Nyeremin sih tapi orang ganteng mah bebas Wkwk. Penasaran sama masa lalu mereka sampe akira gamau asia “melarikan diri lagi” ??

  265. Kok serem yaa punya suami yang punya aura gelap kek gitu x’D mudah-mudahan Jend. Akira punya sisi manis dichapter berikut-berikutnya.. -entah dichapter yang mana-

  266. dari watty pindah kesini deh karena penasaran sama kelanjutannya, jadi baca ulang deh ?

  267. Usawtun Hasanah menulis:

    Paling banget karakter cowo dingin jadi terkesan misterius gitu hihihi

  268. akhirnya bisa baca lagi :inlovebabe

  269. Jenderal Akira..lophe

  270. Bakal maraton baca ini. Dulu gag berani baca krn takut ketagihan. Skrg krn udah gabung…
    Q bakal menghilangkan rasa dahaga ini dg maraton baca ceritanya

  271. Si akira khayalan para wanita bgt
    Terutama jomblo
    Kalo di film2 amnesia yg kaya gitu krn itu adalah kenangan yg pengen dilupakan krn ada rasa sakit di hati
    Dia kembali ke kenangan dimana dia bahagia

  272. Aku mengulang baca, dan ingin marathon. Tapi besok TO ㅠ.ㅠ

  273. :NGEBETT

  274. fitriartemisia menulis:

    duh, masih kasar nih Akiranyaaa huhuhuuum

  275. fitriartemisia menulis:

    bodolah ya komen masih teratas eh udah baca lagi wkwkwk

  276. Baca versi yang d blog soalnya penasaran beda banget ga ya sama yang versi buku??

  277. Kejem amat HAHAHAA :PATAHHATI

  278. :inlovebabe

  279. Bahagianya diriku hidup di Indonesia. Musimnya cuma dua dan waktunya seimbang. Kagak kebayang setahun penuh kemarau. Hujan. Salju :dragonpingsan masih nerawang siapa akira dan asia. Lanjut. :dragonmuahsanasini lupa deng dah tamat :YUHUIII

  280. Wah awalnya aja udah bikin deg2an gimana lanjutanya :KAGEET

  281. :tepuk2tangan

  282. :HULAHULA

  283. Suka kali sana pasangan yang satu ini

  284. ih kenapa sih, bingung deh… ada apa sebenarnya?

  285. LintangAliyan menulis:

    Kangen makanya dibaca ulang ?

  286. Princessnowhite menulis:

    :wowkerensekali

  287. Pnasaran ma kisah mreka ..

    apa yg ngebuat asia smpe melarikan dri dari suaminya

  288. LilyRosalina9 menulis:

    :TERHARUBIRU

  289. LilyRosalina9 menulis:

    Pengen ke after earth ketemu Jenderal. Ada ngga ya peket liburan ke sana?? Wkwkwk

  290. LilyRosalina9 menulis:

    Hyaaa… Jurus penipuan abang dimulai ?

  291. LilyRosalina9 menulis:

    Berarti asia shock berat pas nikah sama abang huhu…

  292. LilyRosalina9 menulis:

    Abang kejam aku larii ah biar dikejar wkwkwk…

  293. Wafy Noe Ry menulis:

    pengen baca lanjut belum bisa kebuka jadi balik awal lagi

  294. Kayaknya gue jatuh cinta ama karakter jendral akiranya… ??

  295. Prisma Lincia menulis:

    :PANDAELUS

  296. Baca ulang as always

  297. asia hamil?? wow mantap, agak syok sebenarnya hahaha

  298. aninagustina menulis:

    Melarikan diri “lagi” ?? Wah ada apa ini??? :ragunih

  299. Adevara Zahra menulis:

    Bagaimana cara membaca agar kita bisa ke part selanjutnya.

    terimakasih

  300. Dipertiwie menulis:

    Di Usia 18 tahun , Asia sudah harus merasakan kejamnya kehidupan …
    Dengan tersangka utamanya , Sang Jendral Besar After Earth , Akira … :DOR! :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  301. fitriartemisia menulis:

    hmmmmm…..

  302. Woohooo~~~

  303. mustika lisa amalia menulis:

    18tahun udah ngrasain pahitnya hidup.. Mungkin aku gak tau apa yang terjadi setelah umur 16th asia, sampe akira gg mau asia melarikan diri lagi. Keep strong asia… ❤❤ Hmmm, berat banget cobaanmu

  304. mustika lisa amalia menulis:

    :tepuk2tangan

  305. Baca ulang lgiiiii :NGEBETT

  306. Read ulang, kgn jendral :kisskiss

  307. Lely Damayanti menulis:

    Hubungan mereka sprtinya rumit

  308. baca ulang lagi :kisskiss

  309. baca ulang, kangen sama jendral AKIRA san ASIA :mengintai :kisskiss
    :kisskiss

  310. kangen sama cerita ini dan akhirnya baca lagi hahahaaa :iloveyou :iloveyou :iloveyou

  311. He

  312. choiminrin501 menulis:

    Kangen pen baca lagiiii udah lama ga buka

  313. Itanur Cahyati menulis:

    Sambil nunggu cerita eoni update baca ulang lagi jenderal akira gak ada bos :kisskiss ennnya

  314. Arfan Naendra menulis:

    Gk akan pernah bosen sama cerita kakak yg satu ini ….. akira asia :iloveyou

  315. Baca dari awal lagi untuk kelima kalinya. Favoriiitt!<3

  316. apa jika benar terjadi perang dunia lagi kisah ini akan jadi nyata?? :nyengirlebar

    asia kasian banget ih :nangiskeras

  317. Lilis Herlina menulis:

    Baca berulang-ulang…ga bosen2… nunggu cerita yg lain up..?? semangat untuk para author.

  318. Airaqyoung1215 menulis:

    :kisskiss :kisskiss :kisskiss akira

  319. Stevieputri menulis:

    :berharapindah

  320. Smbil nunggu verifikasi lanjut baca yah kakak author ??

  321. Budi Nurrahman menulis:

    Sambil nunggu verifikasi

  322. Annafi Nur Altisa menulis:

    Kejamny perang tlh mrubh hdp akira&asia knp asia memilih melupakn hbgny dgn akira,,exstrim bgt musimny luar biasa bgt org2 yg msh bs hdp ini

  323. Lita juliani Saputri menulis:

    Gk bisa akses ceritanya lebih lanjut lg,, min tolong verifikasinya plisss..

  324. Akakakakakakkakak :kisskiss :kisskiss

  325. Mashino Max menulis:

    :kisskiss

  326. Read lagi karena kangen jenderal hihihi :bergoyang

  327. Alya Rekha Anjani menulis:

    Baca lagi kangennn

  328. Asia :lovely

  329. aku kangeeeennn bangettt sama Asia :berikamiadegankiss!

  330. Akira😘😘😘

  331. kangen

  332. Atikmissgyu94 menulis:

    Udah beberapa kali sih baca ulang. Nggak ada bosennya, malah kangen terus :berikamiadegankiss!

  333. Akira tetap cinta pertama

  334. Kangen sma bang akira :lovely :lovely :lovely nga ngebayang setiap musim berlaku setahun :khu..khu… :kaget

  335. Asia aku tetap pendukung mu
    Jendral Akira I lope you 😍😍😍 :mimisankarnamu

  336. yasmin cavelli menulis:

    kangen jenderal akira :’)

  337. Masih setia membaca

  338. Aku udah selesai baca novel ini, tapi ternyata belom aku love semua tiap partnya :lovely :bantingkursi

  339. Diah Wardani menulis:

    :lovely

  340. Udah dibaca beberapa kalipun ga pernah bosenn :berikamiadegankiss!

    1. Regindapikoli menulis:

      Udah dibaca berulang-ulang kali tapi tetap gak bosan :berikamiadegankiss!

  341. The best deeh ini author nya :babeinicintaku

  342. Kinky Rain menulis:

    :DUKDUKDUK

  343. Indah Narty menulis:

    Kutunggu bucin mu jendral :luculuculucuih

  344. Ada apa antara akira dan asia?????

  345. Mamita Fatih menulis:

    :sebarcinta

  346. dewantilaraswaty menulis:

    :DUKDUKDUK :DUKDUKDUK

  347. debora sinaga menulis:

    :kumenangismelepasmu :kumenangismelepasmu

  348. dewantilaraswaty menulis:

    Mauu baca ulang lagi rindu perjalanan Asia dan Jenderal Akira bersatu :sebarcinta :sebarcinta

  349. Re-read :DUKDUKDUK

  350. Dewi rohayati menulis:

    Baca ulang karna kangen ceritanya

  351. Asia hanya untuk jenderal akira

  352. Pas awal tau PSA, baca cerita inu sampai 3x berturut-turut. Dan skrg bca ulang lagi, karna se ‘ngena’ itu ceritanya

  353. ZuliaYoung4 menulis:

    Kangen asia sama akira, baca lagi aahhh

  354. Suka banget cerita di sini

  355. Putik Lestari menulis:

    :berikamiadegankiss! :berikamiadegankiss!

  356. Dulu kayaknya udah pernah baca cerita ini deh

  357. Diah Wardani menulis:

    :lovelove :lovelove :lovelove

  358. Akiraaaaaa :berikamiadegankiss! :semangatsemangat!!!!

  359. Kangen Asia..

  360. Baca ulang lagi ke 1000 x saking cintanya sama jendral akira dan asia :lovelove :lovelove :lovelove

  361. Melepas kangen

  362. Bangun-bangun kaget udh jadi istri dan hamil lagi :REBAHANDULU

  363. Syafa'atun Munajah menulis:

    :kudukungkau

  364. Sejarah ttg After Earth. Singkat tapi detail. Aku langsung paham dan bisa ngebayangin gimana dunia di After Earth. Greaat 👍

  365. Yayat hidayat menulis:

    Baca lagi,

  366. Mengawali kisah mereka..