Vitamins Blog

Oh My Fake Bo(ss)yfriend || Kayak Pernah Kenal

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

28 votes, average: 1.00 out of 1 (28 votes, average: 1.00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...

ChocovadoLoading…

Yang sayang-sayang sama bos tuh, mumpung doi masih ada n masih ngasih lo bonus. Tar giliran ditinggal, lo malah minta balikan kek mantan pacar. Huhuhuu #gagalmoveon #sorryimissu” @ JejenSyah05

Akhir bulan itu, waktunya lepas kepala lo buat mikir sedangkan badan lo milih rebahan di rumah–leye-leye sambil kipasan pake lembaran gajian lo.
Tapi si bos yang tertjintaku ini sedang sensitif sama karyawannya yang leye-leye, akhir bulan adalah waktunya sparta berperang. Bos semakin galak, kerjaan bertambah setiap menitnya, dan teriakan, tangisan, jeritan frustrasi terdengar di setiap kubikel….
Baiklah aku tau itu berlebihan.
Tapi aku tidak berlebihan juga karena seminggu ini kantor benar-benar kacau balau dan hanya satu orang yang harusnya bertanggung jawab atas seluruh kekacauan ini, siapa lagi kalo bukan bos tertjinta.
Meski begitu, menurut primbon Jelita Syahab alias Jeje–yang masih jadi misteri hingga sekarang, bentuk itu primbon. Pasal 32 Ayat Perlambean, menyatakan:
Sesibuk-sibuknya elo sama kerjaan, jangan pernah tinggalin dunia perlambean kalo gak mau jadi orang ter-kudet sejagat kantor.’
Jadi, selagi yang lain masih rungsing  dengan segala bentuk tetek bengek kerjaan, karyawati yang satu ini malah asik bergosip. Di mana lagi tempat gosip selain lapak penjual sayur kompleks, juga acara arisan kalo bukan toilet. Ya, toilet. Tempat sejuta umat wanita untuk berkeluh kesah bahkan berbagi gosip paling hot.
Untuk gosip paling hot yang menghiasi bibir saat ini adalah rumor mutasinya si bos tertjinta kami.
“Usut punya usut, cabang di sana lagi kolaps banget makanya bos dipindah lagi ke sana,” ucap Jeje di satu siang.
“Waduh, pulang kampung dong doi,” timpal Reyhan. Dimana ada bakso bulat di sanalah Reyhan berada.
“Kalo pak bos dipindah siapa dong yang gantiin doi di sini?” komentarku.
“Bener juga,” Jeje mengela napas dramatis. “Yaah, hiburan pagi gue juga ilang dong.”
“Maksud lo apa, Je?”
“Maksud Jeje, enggak ada lagi yang drama pertjintaan amtara babu dan bosnya.”
“Singkatnya lo udah bebas dari perbabuan si bos. Enggak perlu lagi tuh lo buatin kopi, beliin makan, ambilin ini-itu, ngeprint ini-itu, diajakin lembur, sampe diajakin makan malem … upss.”
Aku melotot pada Jeje yang malah cekikikan. Ingin sekali kusumpal mulut bocornya itu dengan bakso mercon dari mangkukku. Satu-satunya yang tahu bahwa si bos pernah satu-dua kali mengajakku makan malam adalah si lemes Jeje–sialnya, aku lupa bahwa mulutnya ini sudah seperti ember bocor yang luber kemana-mana. Untung saja Rayhan tidak begitu memperhatikan ocehan setan, dia malah sibuk membalas pesan di ponselnya.
“Kalo gantinya si bos gue dah denger,” mulai Rayhan. “Katanya dia pindahan dari cabang di Kalbar,” jelas Rayhan.
“Demi apa?! Serius lo?!” seruku dan Jeje berbarengan.
Sambil menyedot es jeruknya, Rayhan menggut-manggut mengiyakan. “Demi sempak gue yang belum dicuci, gue seriusan.”
“Iuuuh, jorok banget sih lo. Pasti sekarang lo pake lagi tuh sempak,” tuduhku dan jawaban Rayhan membuat aku menyesal mengatakannya.
“Iyalah, yang lain belum sempet gue bawa ke tempat londry.”
Aku dan Jeje menganga. Hilang sudah napsu makanku, pemirsa. Sallllut buat lo Ray.
“Tau dari mana lo?”
Nah, kalau sudah keluar kalimat mujarap yang satu ini, artinya radar perlambean Jeje sudah aktif. Sudah dipastikan Jeje memasang telinga dengan baik dan meyakinkan bahwa berita yang didengarnya ini benar-benar fresh asli dari sumbernya.
“Apanya? Sempak gue? Ya gue yang make, ya tau lah.”
Jeje segera melempar gulungan tisu bekas di sebelahnya ke arah Rayhan yang sayangnya meleset.
“Bangkek! Gua enggak peduli ya, masalah lo sama sempak lo, atau penyakit kelamin lo karena lo jorok enggak pernah ganti sempak!” geram Jeje.
Baiklah, lapak bakso ini akan segera berubah menjadi medan pertempuran, pemirsa.
Dikeadaan normal, jika kedua biangkerok ini sudah menunjukan taring dan cakar mereka aku akan menggeser duduk sejauh mungkin dari mereka dan menonton keributan mereka dengan khitmat. Padahal Reyhan ini berbeda dua tahun dari Jeje sedangkan aku dan Rayhan berbeda tiga tahun, terlebih Rayhan lebih senior dibanding kami berdua.
“Bangkek, lu nyumpahin gue!”
“Daripada lu, kunyuk.”
“Duuh, tuh mulut enggak pada punya saringan napa ya,” komentarku. Tapi khusus hari ini, rupanya aku harus berkawan dengan mereka. Bukan apa-apa, hanya saja ini di lapak bakso dan mulai banyak pasang mata yang memperhatikan kami. Berada di antara dua biangkerok ini lama-lama, harga pasaranku bisa jatuh dari langit.
“Tau si Ray nih.”
“Teros aja gue disalah-salahin, kucing lo lahiran gue juga yang disalahin.”
Sebelum mulut pedas Jeje kembali berkicau dengan kalimat kotornya, aku segera menyela. “Guys, bisa gak kita lanjutin ini nanti? Sekarang kita mesti balik ke kantor, sebelum bos tertjinta kita ngamuk dan makan orok orang.”
“Setuju!” seru keduanya berbarengan, tanpa kata mereka keluar dari warung bakso masih bersungut-sungut.
Aku menghela napas frustrasi, lama-lama berkawan sama mereka bisa-bisa aku tua mendadak. Mana aku ditinggalin lagi, kurang kapret apa lagi mereka?
“Mba mba.”
“Iya?”
“Bayar dulu, Mba. Jangan main nyelonong aja.”
Aku mengerut kening. “Saya udah bayar kok, Mang.”
Si Mamang bakso tersenyum. “Iya si mbanya emang udah bayar, tapi kan yang lainnya belum?”
Aku melotot. “Mereka belum bayar?!” sungutku syok.
“Iya, Mba. Ini totalnya.”
Si Mamang bakso menyodorkan secarik kertas, aku menerimanya yang adalah total makanan yang harus dibayar.
Aku melotot, tanpa perlu ditahan aku meraung. “Si kampreeeeeeeet!!!! Weduuuus gembeeeeel!!!! Tak pites koeeeee!!!”

***

Hari ini aku ingin pulang lebih cepat, aku menyelesaikan chase in dengan anak lapangan pukul enam. Memastikan antara kas yang diterima bagian lapang sesuai dengan kas yang diterima oleh sistem. Setelah dipastikan balenc, aku mengurus lain-lainnya, setelah itu aku bergegas membereskan barang-barangku sebelum ke-gab si bos.
“Buru-buru amat neng, mau kemana lo?” kulihat Jeje yang masih setia mantengin layar komputernya.
“Pulang dong.”
Alis ulet bulu Jeje berkerut. “Lo enggak ikut acara makan-makan hari ini?”
“Makan-makan? Eh, eh, eh, kok gue enggak dikasih tau sih.”
“Lah, gue belum ngomong ya?”
Ya, begitulah nasib temenan sama orang tulalit. “Acara terakhir bareng si bos ya?”
“Iyee, lo ikut kan? Lumayan kan bisa makan enak, gratis lagi. Gue tau lo enggak bakal nolak, secara lo kalo di kostan makannya cuma mie doang,” kata Jeje penuh percaya diri.
“Sembarangan lo! Siapa bilang gue ikut? Gue mau pulang cepet, mandi, maskeran, leye-leye di kamer sambil nonton drama. Urusan perut, sori gue lagi diet karbo.”
“Halah, gak usah sok-sokan diet deh, acara diet lo tuh paling cuma sejam dua jam, kesananya lo korog-korog dapur buat masak mie sama telor.”
Duuuh, itu mulut gak bisa amat di sumpel gitu ya.
“Lagian ya, kalo lo nggak ikut, nanti si bos nanyain lo mulu. Terus neror gue buat tanya-tanya elo, males lah,” lanjut Jeje.
Aku mengibas sebelah tangan. “Halah, karyawan sebanyak ini, kalo satu ilang gak bakal ketauan. Asal lo jangan ngebacot, beres urusan.”
“Duuuh, lo kayak enggak tau radar si bos aja. Doi tuh peka. Dia bakal mencium bau-bau busuk kebohongan anak buahnya, satu ilang bakal dicarinya. Apa lagi kalo yang ilang lo, Vah.”
“Siapa yang hilang?”
Tuh kan … kalo kayak gini ceritanya, bisa panjang urusan.
“Eh, bapak.”
“Kamu mau ke mana, Rivah? Kok bawa-bawa tas? Acaranya kan nanti jam 8.”
Nah loh, mau ngomkng apa lo sekarang? “Emm, nganu pak….”
“Ivah mau kabur tuh, pak,” adu Jeje.
Kampreeeet!!
“Kabur?” pak Bos mengerut alis seksinya. “Kamu enggak ikut acara saya?”
Ooooh, jangan, jangan, jangan wajah memelas ituuuuu!!! Tuhaaaan, tolooong jelaskan kenapa muka si bos makin ganteng pas lagi memelas gini???
“Kamu enggak mau ikut acara perpisahan saya?”
“Enggak mau pisah sama bos kali, si Arivah ini.”
Bakar terus, Je, bakar. Belum aja ini kompor meledak.
“Apa kamu udah ada janji lain? Sama … pacar kamu, mungkin.”
Duuuh, kenapa si bos jadi mello gini sih? “E,enggak pak….”
“Bapak gimana sih, si Arivah ini jomblo dari lahir mana mungkin punya pacar. Ibaratnya nih, kalo Arivah punya pacar dunia demit juga ikut gempar.”
“Je, kayaknya mulut lo minta disambelin deh. Sini lo.”
Bukannya takut, setan yang satu ini malah cekikikan.
“Di kantor saya yang baru nanti, enggak ada lagi yang buatin kopi buat saya tiap pagi. ”
“Ada OB kali, pak,” celetukku.
Si bos tersenyum manis. “Enggak seenak buatan kamu, Rivah. Mungkin karena kamu buat kopinya dari hati, jadi rasanya enak.”
“UHUUUK!”
Seketika ambyaaaar, pemirsah!
Jeje sudah seperti tersedak bemo di balik kubikelnya. Sedangkan aku melongo ditempat, mendadak strok.
Lama-lama gue curiga sama si hati ini, kayaknya doi gak cuma jualan kopi, kalo si bos minta makan juga dia sediain warteg.

***

Senin pagi, Jakarta macet seperti biasa, jobdesk semakin gila selepas bos tertjinta pergi meninggalkan kacung-kacungnya, sedangkan rekening-rekening masih seret jauh dari kata ‘makmur’. Ngomong-ngomong tentang bos tertjinta, aku tetap tidak ikut acara malam terkhir bersama si bos. Begitu semua rombongan kumpul dan mengantre masuk ke mobil, diam-diam aku menyelinap dari barisan, berpura-pura ke toilet padahal nemuin mamas ojol yang nunggu ganteng di bawah pohon depan jalan.
Sebagai gantinya, si bos terus menghubungiku, tapi tidak sekalipun aku jawab atau kubalas pesannya. Sombong? Masa bodo! Aku hanya ingin menikmati sabtu malamku dengan setumpuk folder anime yang belum sempat aku tonton. Hingga senin pagi, rasanya si bos ini kapok menghubungiku.
Begitu sampai di office, Jeje sudah nangkring cantik di kubikelnya. Kata pak Raji–satpam depan–si Jeje udah dateng dari pukul setengah tujuh. Bau-baunya, ada hubungannya sama spesies baru yang akan menghuni ruangan si bos. FYI, kata pak Iman, bos baru–yang belum jelas wujud dan batang hidungnya, tapi sudah jadi buah perlambean sejagat kantor–ini akan datang hari ini. Gosip punya gosip, dari aliansi lambe di kantor sebelumnya, si calon bos ini ganteng gak ketulungan, badannya bagus kayak om-om binaragawan, bahunya sandareble, senyumnya bahkan mampu menjebol hati kaum bucin.
Tapi aku yakin semuanya hanya ‘hiperbola’ para fans yang ada di sana. Enggak ada manusia sempurna di dunia ini, yang sempurna cuma satu, hanya Tuhan yang Maha Sempurna. Eaaak.
“Pagi, Je.”
“Hmn.”
“Rajin amat, Neng. Kesambet pohon mana lagi lo?”
Jeje mendelik sebal padaku yang mengganggu ritualnya, namun kemudian ia tetep menjawab. “Ini tuh udah mau tahun baru, gue juga mesti punya target baru. Gak mungkin dong tahun baru kali ini gue lewatin lagi sama di Joni.”
Si Joni ini kucing Jeje, yang diambil dari pat shop delapan belas bulan yang lalu. Jangan salah, biar dipanggil Joni, kucing ras Persia ini adalah kucing betina. Dasarnya aja si majikannya sableng, yang harusnya Joanita malah dipanggil Joni.
“Nah, berhubung si bos baru mau dateng hari ini, sekalian aja gue tes make up baru gue, jadi gak sia-sia kan. Pas banget gak sih?” Jeje mengedip centil ke arahku.
“Pas-pas dari Honolulu! Itu mah udah rencana lo dari kemarin! Sok sokan rajin, tapi ternyata ada udah dibalik bakwan.” Kulempar sembarang bolpoin ke arah Jeje namun gagal.
“Apa sih, sirik aja.” Jeje menyipit begitu aku duduk di kubikelku.
“Napa lo liatin gue kayak gitu? Belum aja gue colok mata lo pake tusuk cilok.”
Jeje mencibirkan bibir. “Enak ya sekarang, gak ada pak Yudha bisa leye-leye dulu di kasur terus berangka pas matahari lagi nusuk-nusuknya di mata. Gue yakin notif email sama WhatsApp lo penuh sama omelan anak marketing.”
“Bo-do-am-at!” cebikku tanpa suara. Kemuduan ngeluyur ke bagian pantry. It’s coffee time.
Pukul sembilan pagi, rombongan pak Iman datang diikuti seorang pria asing yang membuat sebagian kubikel yang didominasi kaum hawa ini ramai dan mendadak jadi paduan suara. Bahkan Jeje terang-terangan menggeser kursi ke kubikelku hanya untuk menioel-noel ganjen.
“Pagi semuanya!”
Serentak menjawab sambil pasang senyum malu-malu, aku sampai berpikir kalau-kalau ini bukan lagi bagian backoffice tapi kontes Burung Nuri.
Heran, pada salah makan apa sih pada?
“Pak, nganu … itu mamas yang di belakang bapak siapa?”
Ya, pemirsah. Pertempuran sudah dimulai oleh Hanin si Anak Bawang yang bahenol.
“Elah, ganjen bener ini anak,” cebik Jeje.
Pak Iman tersenyum. “Berhubung Hanin udah kepo sama mamas yang ada di belakang ini. Sekalian saja saya kenalkan pada kakian. Silahkan pak.”
“Selamat pagi….”
“Eeeh, bentar pak. Ulang. Tadi saya cuma foto, sekarang sekalian nge-live.”
Aku melotot.
“Eh, buset ini bocah ya. Alay amat sih lo, dikit-dikit nge-live, bumerang, Tik-Tok,” sembur Jeje sebal.
“Iih, ya biarin sih. Bapaknya juga gak ngelarang iya kan, pa….”
“Hapus,” tukas sebuah suara datar.
Semua orang hening. Semua orang menoleh pada pria berwajah datar di belakang pak Iman. “Gimana pak?” ulang Hanin kali-kali kupingnya mendadak tuli.
“Saya bilang ‘hapus’. Ini bank bukan kantor Google atau Facebook.”
Seketika, seluruh dedemit bersorak.
“Ma-maaf, Pak.” Hanin sesegera mungkin menyimpan kembali phonselnya.
“Terima kasih. Untuk kedepannya, saya tidak mau melihat karyawan di sini lebih sibuk main ponsel di jam kantor. SP 1, buat kalian yang melanggar. Saya mau target setiap bulan Aplus, enggak ada lagi target kurang. Setiap pagi, saya minta nama-nama nasabah lama yang bisa kita tarik lagi untuk menambah target. Datang pukul tujuh tepat, saya enggak mau liat ada yang telat dengan alasan A-PA-PUN. Riasan tidak perlu terlalu tebal, karena kalian di sini kerja bukan mau kondangan. Tinggi sepatu cukup lima centi, terlalu tinggi kemungkunan terlalu berisik….”
Aku tercengang, sampe separu dipermasalahkan?
“Gilaaa, belum apa-apa gue udah ngerasa ada di camp militer tau gak,” bisik Jeje.
“Dan, tidak ada yang bergosip di jam kerja.”
Hump!
Pelan-pelan Jeje menggeser kursinya kembali ke kubikelnya.
Dirasa semuanya kondusif, di bos tersenyum jemawah. “Terima kasih atar perhatiannya, saya harap kedepannya … LEBIH baik lagi. Nama saya Dimas Wirmansyah, manager baru di sini.”
Seperti kata-kata legen Katara, ‘semua berubah setelah Negara Api memyerang.’
“Eh, bentar. Kok diliat-liat mirip….”

***

“Gilaaaak, gilaaak. Belum apa-apa udah minta dilemparin kursi ini orang,” sembur Jeje begitu sampai di dalam toilet.
“Ssst, jangan keras-keras lo. Nanti ada yang denger laporan lagi ke si bos.”
“Lo liat gak sih, Vah!! Mukanya pas ngomong ‘dan tidak ada yang bergosip di jam kerja.'”
Aku terpingkal-pingkal begith Jeje meniru pak Dimas.  “Gue udah ngerasa keluar dari kandang kucim masuk kandang dedemit.”
“Mending pak Yudha kemana-mana kali. Jadi kangen pak Yudha.”
Aku mencibir. “Liat siapa yang kangen doi sekarang?”
Jeje manyun. “Yuk lah, nanti si bos macan ngomel lagi.”
Di lorong, kami berpapasan dengan pak bos. Semakin dekat jarak kami, aku semakin mengenal orang tersebut. Aku mendadak berhenti membuat Jeje yang sedang mengapit lenganku keheranan.
“Eh, buset kenapa ini boceh tiba-tiba berenti.”
Aku terus menatap pria yang semakin mendekat ke arah kami.
“Vah, sadar oi. Lo kesambet setan wc ya?”
Lima langkah.
“Vah, ayo dong balik. Ada si bos tuh.”
Tiga langkah.
Dua.
Satu.
“Dimdim!”
Si bos berhenti di belakangku. Aku berbalik untuk melihat lebih jelas. “Lo apaan sih, Vah,” cicit Jeje gemeteran.
“Elo … Dimas kan? Dari SMA Tunas Bangsa?”
Pria tersebut berbalik, alisnya sudah tertarik sebelah. Aku menyeringai, melipat tangan didepan siap menantang.
“Lama ya enggak ketemu.”
“Maaf, Anda….”
“Arivah Inayati, X Iis 3, anak kesayangan pak Omar.” aku maju selangkah lagi cukup sampai Jeje tidak mendengar. “Sekaligus … tetangga lo.”
Begitu mendongak ternyata ekspresi si pak bos ini tidak beribah, pemiersah.
Kemudian dengan datar doi menjawab, “Oh. Pantes … kayak pernah kenal.”
Hmfffft!”
Aku syok di tempat.
What the fuck!

TBC

8 Komentar

  1. Kocak

    1. Makasih udah baca ?

  2. Sukaa

    1. makasih udah mau baca ?

  3. Baru gabung. Nih jg blm baca. Q tuh bingung. Klo mw cari judul gimna..

    1. Clik autornya aja, nanti keluar ke laman autornya ?

    2. Thanks udah baca dan selamat bergabung ??

  4. Indah Narty menulis:

    Salam kenal