Sharing About Us : Apa itu Admin, Moderator, Admin IT, Admin Office dan Author
Vitamins Blog

Sharing About Us : Apa itu Admin, Moderator, Admin IT, Admin Office dan Author

Bookmark

No account yet? Register

Hai karena banyak member yang bingung tentang apa itu admin, apa itu moderator, apa itu author dst,  kami di sini akan menjelaskan mengenai peran Admin IT, Admin forum dan Moderator di website ini. Mudah-mudahan bisa menambah ilmu kalian ya

Jabatan Administrator Forum&Blog sebagai berikut :

Tugas seorang administrator forum dan blog tentunya selalu berhubungan dengan me-maintain sebuah forum. Berbeda dengan pekerjaan web maintenance  normal yang melakukan maintenance pada website normal (seperti company profile), yang isinya ditentukan oleh pemilik web. Forum dan blog sebagian besar kontennya datang dari pengguna. Dan kita sendiri tahu pengguna di Internet sangatlah beragam dimulai dari yang suka membantu, yang suka usil, yang suka memanasi suasana sampai yang sekedar nge-junk alias melakukan posting-posting tidak berguna.

Oleh karena sifat website forum dan blog sendiri yang berbeda dengan website normal, melakukan maintenance di forum dan blog perlu keahlian tersendiri. Umumnya administrator forum diharapkan dapat menjalankan fungsi maintenance dasar seperti melakukan backup pada isi forum, menghapus thread-thread yang sudah sangat lama untuk menghemat kapasitas, menjaga keamanan forum. Tetapi selain itu, seorang admin juga haruslah ahli dalam mendelegasi. Mendelegasi?

Yup, mendelegasi dalam artian menunjuk anggota-anggota yang kompeten untuk menjalankan tugas sebagai seorang moderator. Karena kita tahu, para admin kami tidak mungkin sanggup untuk mengawasi isi forum setiap waktu. Oleh karenanya dia haruslah dibantu oleh moderator-moderator yang selalu mengecek apakah ada anggota forum yang membuat keonaran dan lain sebagainya.

Menjadi admin juga ditekankan untuk memiliki sikap kepala dingin, adil dan memiliki sedikit sense of humor. Tantangan terbesar yang dihadapi seorang admin adalah anggota/ member di dalam website itu sendiri.

Karena berhubungan manusia itulah, maka seorang admin harus bisa memecahkan masalah dengan kepala dingin, hanya melakukan banned terhadap anggota atas dasar yang masuk akal, dan tidak mudah tersinggung dalam suatu perdiskusian.

 

Jabatan Moderator dan Moderator Blog

Dikarenakan admin kami memerlukan bantuan yang tidak bisa dihanddle sendiri, kami memutuskan mengangkat beberapa  moderator dari vitamins. Yap  di website ini kami memiliki beberapa moderator yang menjalankan tugasnya dengan tanpa dibayar. Jabatan moderator ini diberikan dalam bentuk tugas dan tanggung jawab yang berat dan dikerjakan dengan SUKARELA.

Di sini kami sekalian mengucapkan TERIMAKASIH kepada para vitamins yang telah dengan tulus bersedia menjadi moderator kami, perlu diketahui, moderator kami tidak dibayar, mereka melakukan tugasnya dengan sukarela dan menggunakan biaya sendiri untuk menjalankan tugas demi membantu kami ( bandwith, pulsa, quota )

Jadi kalau teman-teman menemukan username vitamins dengan status moderator, harap hormati dan patuhi moderator kami jika diberi nasehat, peringatan atau teguran demi kelancaran website.

Jabatan ini kami berikan bersamaan dengan hak penuh dari kami untuk membantu menjalankan tugas sebagai moderator, harap kalian menghormati mereka sesuai porsinya. Perilaku tidak hormat dan tidak mematuhi himbauan atau nasehat moderator bisa mendapatkan konsekuensi tertentu dari kami.

Moderator terkoordinasi di bawah administrator forum, mereka memiliki kewajiban untuk melakukan pemantauan dan harus melakukan pelaporan berkala kepada admin.

Moderator adalah seseorang yang bertugas untuk memoderasi dan mengawasi jalannya lalulintas posting di forum, chatting, posting dan komentar serta media sosial  yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan tujuan utamanya adalah agar semua kegiatan di dalam forum dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan topiknya serta berlangsung secara kondusif.

Tugas dan Tanggung Jawab Moderator :
1. Mengawal dan Mengawasi jalannya lalulintas posting di forum yang menjadi tanggung jawabnya agar berjalan sesuai dengan topiknya.
2. Memberikan bantuan jawaban yang diperlukan, moderator harus bisa menjadi tempat bertanya, mengerti sistem dan bisa memberikan penjelasan yang mencerahkan atas pertanyaan member
3. Moderator harus dapat menciptakan ide atau topik baru agar forum yang menjadi tanggung jawabnya menjadi lebih hidup dan dinamis.
4. Memberi penjelasan dan bimbingan terhadap new member yang belum familiar dengan berbagai fitur yang ada di dalam website
5. Memberi peringatan kepada member apabila diskusi diforum dirasa sudah melenceng jauh dari topik bahasannya atau Out-Of-Topic (OOT)
6. Melakukan tindakan menyortir, menghapus, memindahkan, mengunci, membuka maupun memecah topik tertentu apabila diperlukan agar supaya diskusi diforum bisa lebih fokus dan kondusif
7. Memberikan peringatan kepada member yang dianggap menyalahi peraturan dan atau dianggap mengganggu, mengacaukan atau berpotensi menimbulkan hal-hal yang merugikan forum, dengan bahasa yang baik dan sopan.
8. Melaporkan dan atau mengusulkan kepada Administrator untuk melakukan tindakan banned atau daftar black list terhadap member yang dianggap telah menyalahi peraturan forum.
9. Memberikan laporan secara berkala tentang forum yang menjadi tanggung jawabnya kepada Administrator.
10. Menjalankan tugas dan tanggung jawab nya sesuai dengan Peraturan

 

Jabatan Admin IT memiliki tanggung jawab sebagai berikut :

Memastikan keamanan jaringan (security) : Melindungi komputer yang berada di dalam suatu jaringan adalah tugas utama dari admin. Keadaan jaringan komputer yang aman dan berfungsi baik harus dipastikan oleh admin. Komputer dan jaringannya harus terproteksi dari kemungkinan ancaman pihak lain yang tidak memiliki hak akses atau dari ancaman program jahat seperti virus dan malware. Pemilihan antivirus yang tepat dan mengatur hak akses dalam jaringan adalah salah satu hak mutlak yang dimiliki admin untuk menjalankan tugasnya dalam bidang ini.

Mengatur pengguna : Dalam perusahaan yang memiliki jaringan komputer kelas menengah, seorang admin bertugas dalam mengatur pengguna jaringan tersebut. Admin harus tahu dengan baik komputer mana saja dan sumber daya apa saja yang ada dalam jaringan yang ia pimpin. Admin juga merupakan penegak dari aturan atau kebijakan  dalam mengakses jaringan sehingga dapat ditaati oleh seluruh pengguna jaringan tersebut. Umumnya dalam jaringan memiliki akun masing-masing. Akun user ini biasanya dikelompokkan berdasarkan nama, jabatan dan kepentingan dalam mengakses jaringan serta waktu akesenya. Setelah akun dikelompokkan, maka baru diberi hak akses penggunaan resources berupa data dan fitur sesuai dengan porsinya.

Mengatur cadangan data : Tugas dari admin yang penting lainnya adalah tanggung jawabnya dalam membuat salinan data sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu jaringan dari website. Backup ini berfungsi sebagai cadangan data saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti bencana alam, terhapus data secara tak sengaja atau kerusakan perangkat keras penyimpanan data. Dengan backup data, maka admin dapat menyelamatkan data penting  dan mengembalikannya seperti semula pada saat tanggal terjadinya backup.

Troubleshooting atau penanganan masalah : Ini adalah pekerjaan wajib dari admin dalam mengatasi masalah di dalam jaringan. Admin wajib menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas secara normal tanpa adanya masalah. Masalah yang timbul umumnya berupa masalah teknis seperti kerusakan pada komputer, gangguan pada koneksi internet, kabel yang terputus, server down dan galat, kapasitas CPU dan Ram yang melebihi normal dan lain sebagainya.

Update atau pemutakhiran : Tugas ini umumnya berkaitan dengan perangkat lunak, namun tidak menutup kemungkinan juga perangkat keras. Update sepertinya adalah hal yang sepele namun memiliki dampak besar dalam jaringan tersebut.

 

Jabatan Admin Office

Jabatan ini bertugas menghanddle segala sesuatu yang berhubungan dengan data administrasi dan member. Admin Office juga bertanggung jawab kepada email yang masuk dan membantu menjawab pengguna yang memiliki kendala dan masalah yang berhubungan dengan sistem keanggotaan.

Tugas dan tanggung Jawab Admin Office :

  1. Menjawab semua email yang masuk di [email protected]
  2. Membuat dan mengevaluasi terhadap list member yang sudah ada/ sudah approve
  3. Melakukan evaluasi membersihip web secara berkala Admin IT berhak menghapus keanggotaan/Member dengan alasan tertentu
  4. Melakukan pemeriksaan data wattpad, pencocokan username sesuai ketentuan website
  5. Melakukan verifikasi berkala baik terhadap anggota/member maupun calon member/subscriber
  6. Mencabut/menghapus keanggotaan member tertentu dan menggantinya dengan member dalam waiting list dengan alasan tertentu
  7. Melakukan verifikasi terhadap Subscriber/ list daftar register mandiri yang masuk, dan kemudian memutuskan apakah bisa masuk atau tidak.
  8. Menutup pendaftaran jika jumlah member sudah melebihi batas quota

 

Jabatan Author

Terakhir tetapi juga yang paling penting dari sini adalah jabatan seorang Author atau penulis cerita. Di atas Author ada koordinator yang bertugas menagih cerita dan memastikan semua cerita masuk sesuai jadwal dan memeriksa semua naskah yang masuk sebelum naik posting

Author sendiri memiliki tugas dan tanggung jawab sbb :

1.memposting cerita secara berkala sesuai dengan kewajiban jadwal masing-masing.

2.Author juga bertanggung jawab pada setiap isi naskah yang dipostingnya. Setiap naskah wajib sudah selesai, diedit dan difinishing dengan rapi sebelum diposting.

3. Author wajib melakukan koreksi pada naskah yang sudah terlanjur di postingnya jika ditemukan typo, kesalahan alur, nama dan sebagainya maksimal 3 haru setelah diposting

4. Author wajib menjawab dan merespon komentar di postingan ceritanya yang berhubungan dengan pertanyaan pembaca mengenai cerita

5. Author juga wajib berperan aktif dalam forum kepenulisan, terutama menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai cerita yang dipostingnya dalam forum “ask the author”.

 

Terimakasih sudah membaca, mudah-mudahan membantu untuk lebih paham. Mari kita jalankan sistem kekeluargaan, saling mendukung, saling menolong, damai, bersahabat dan saling membantu di dalam website ini, selesaikan semua permasalahan dan perselisihan dengan kekeluargaan dan dewasa.

Mudah-mudahan dengan bergabung dalam website ini kalian mendapatkan manfaat, ilmu dan hiburan yang bisa membuat kalian semua lebih bahagia. Terima Kasih.

 

Salam Hangat,

Admin

Team ProjectSairaAkira

488 Komentar

  1. Thanks,Semoga selalu sukses

  2. Terima kasih projectsaikaakira, akhirnya semenjak tgl 14 April kemarin baru hari ini log in… Siap lanjut menikmati karyamu projectsairaakira, sukses selalu

  3. Hai kakak team psa kmrin aku vitamins kok skrng jd gk bisa buka cerita ya? Trus tiba tiba tombol profil di pojok atas gk ada.

  4. putrinurhidayantii menulis:

    kan aku kadang bukanya pake laptop, terus log-in juga di hp. itu gimana?

  5. gak bisa dibaca gara gara belum di verifikasi :GALAU

  6. Woaahhhh KEREN, kerjasama nya gak nanggung2 dalam hal buat project blog yg luar biasa ini, salut buat tim PSA dimana pun berada . KEREN …. Sukses selalu :*

  7. iylaapril22 menulis:

    Amin.. mohon bimbingannya, kadang rada bingung Mungkin blum terbiasa. salam kenal juga untuk semuanya.

  8. Fidi Piemar menulis:

    Terimakasih atas informasinya..
    Tertarik sekali ask author cuma berhubung saya bingung caranya main forum jadi jarang main-main di vitamins forum.
    Hmmmm :ASIA

  9. Wah aku baru baca yang ini…
    Mudah mudahan bermanfaat buat aku yang kadang masih suka bingung.. hehehe..
    Oh ya makasih team PSA yg udah mau berbagi ilmunya…

  10. ReniPuji_14 menulis:

    terima kasih buat info yang bermanfaat ini 😀

  11. wow.. ternyata rumit ya d belakang layar nya.. itu semua demi memuaskan reader. thx a lot.. sumpah satisfied bgt!! keren?

  12. Rumit juga ya.. Tetap semangat kaka. :HULAHULA

  13. Aku baru baca ini.. Thanks author atas infonya.. Awalnya sempet bingung tp setlah baca ini mulai ada pencerahan..
    Ternyata rumit jg jobnya.. Tetap semangat tim psa..

  14. Baru sempetin nyari dan baca. Nice info. Jd ngerti peran masing2 pihak yg terlibat di dalamnya.

  15. errorideasmart menulis:

    Baru ngerti setelah sekian lama. Jadi nyesel kenapa nggak baca-baca info ttg website ini sebelumnya.

  16. Maryama Wulan menulis:

    Woahh rumit jg yaa. Ternyata bnyak org” super yg terlibat. Pasti bnyak yg suka ngeronda buat mantengin semua aktivitas di web ini. Saluut bgt buat Tim PSA.
    Memang ya dalam menjalankan suatu sistem, semua elemen hrs menjalankan tgs sesuai dgn yg diamanatkan.

    Selamat menjalankan tgs masing” ya hehe. Semoga dilancarkan segalanya. Aamiin

  17. . Keren banget… Pokoknya perjuangan kalian dibelakang layar sangat diacungin jempol???..Sehat selalu dan semoga Sukses selalu PSA…

  18. Siiipp kak :KISSYOU

  19. :BAAAAAA :BAAAAAA

  20. Bagus bgt semoga web psa ini bsa menyatukan kta smua yg dr brbeda beda daerah

  21. Baru dapet dan baru baca hihihi
    Ternyata rame yaa yg berperan dalam PSA ini
    Semangat terus kaka2 :KISSYOU

  22. Rukmah Khairiah menulis:

    Wuhhh, jdi pengen mkn coklat ,yg manis2 pahit gitu. Sinopsis nya aja sdh buat dibuat penasaran.
    Semangat berkarya???

  23. :dragonmuahsanasini

  24. :blackpompom

  25. :wowkerensekali

  26. @adedwirilin menulis:

    mantullll….. :kisskiss

  27. Noted. :kisskiss

Tinggalkan Balasan