Reapers Destiny

Reaper’s Destiny Part 1: Membutakan Sang Penuai

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

projectsairaakira Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat โ€“ Project Sairaakira

2,148 votes, average: 1.00 out of 1 (2,148 votes, average: 1.00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...

4380 words


Author’s Playlist – Imagine Dragon – Walking The Wire

Do you feel the same when I’m away from you?
Do you know the line that I’d walk for you?
We could turn around, or we could give it up
But we’ll take what comes, take what comes
Oh the storm is raging against us now
If you’re afraid of falling then don’t look down
But we took the step, and we took the leap
And we’ll take what comes, take what comes

There’s nights we had to just walk away
And there’s tears we’ll cry, but those tears will fade
It’s the price we pay when it comes to love
And we’ll take what comes, take what comes


Anak yang keseratus itu menghilang.

Kegelapan tampak menggantung di kaki langit. Tetapi tidak ada bedanya karena dunia kematian yang terletak di dasar bawah Dunia Ametyst memang selalu diselubungi oleh kabut hitam yang menguasai, karena sinar matahari tidak mampu menjangkaukan sinarnya yang gemerlapan ke tempat ini.

Yazza memang lebih sering menghabiskan waktunya di dunia atas. Tempat dirinya mengabdi kepada Asaka seperti yang telah ditugaskan kepadanya. Tetapi ketika dia ingin merenung dalam ketenangan, maka Yazza lebih memilih menghabiskan waktunya di dunia bawah seperti sekarang ini.

Selain sebagai Dewa Kematian, Yazza mengemban tugas sebagai pelindung Asaka. Meskipun sampai dengan saat ini Yazza masih bertanya-tanya kenapa Asaka merasa perlu dilindungi baik oleh dirinya maupun oleh Kars Ulthor Sang Dewa Perang. Sebab dengan kedudukan Asaka sebagai Sang Alam Semesta yang berayahkan Mahadewa Azhura Kahn, hanya orang bodoh dan tidak sayang nyawa yang berani menentang ataupun menyerang Asaka.

Lagipula Asaka berbeda dengan Evren, kakeknya, yang saking licik dan suka mempermainkan orang serta memiliki keegoisan tiada batas, menjadi sosok yang paling dijauhi serta dibenci di kalangan para dewa dunia atas. Asaka, meskipun usianya baru ratusan tahun, tidak setua dewa-dewa lainnya, telah tumbuh menjadi Sang Alam Semesta dewasa yang bijaksana dan dicintai. Seolah-olah takdir melunakkan ketegasannya kepada anak itu, melonggarkan segala aturan yang seharusnya diemban oleh Sang Alam Semesta.

Semenjak dunia ini ada, Sang Alam Semesta memang selalu memegang kutukan takdir yang tak terelakkan. Dia harusย  menjalani hidup sendirian, tanpa cinta dan tanpa pasangan, supaya tidak ada hal-hal yang mengalihkan perhatiannya dari tugas utama untuk menjaga takdir dan mencegah kehancuran dunia Ametyst. Karena itulah dulu Sang Takdir membuang Dewi Azpasya ke dunia manusia sebagai hukuman karena Evren telah melanggar aturan takdir dengan mencintai Sang Dewi. Dan ternyata pelanggaran itu berimbas pada pelanggaran lainnya yang tak terelakkan. Apa yang ditakutkan oleh Sang Takdir terjadi sudah, Evren telah mengabaikan tugasnya sebagai Sang Alam Semesta dan membolak-balikkan takdir demi anak perempuannya, Armenia.

Itu adalah masa lalu yang penuh pergolakan dan Yazza tidak ingin mengingat lagi setiap detailnya. Karena hal itu akan membawa kenangan menyakitkan yang masih terpatri jelas jauh di dalam jiwa, meskipun telah dia tenggelamkan dalam-dalam. Tetapi syukurlah, semua berjalan baik setelah Asaka lahir. Dunia Ametyst dipenuhi oleh kedamaian, setiap dewa, setiap manusia, setiap makhluk di dalamnya menjalankan tugas dan keseharian dalam keteraturan tanpa adanya pergolakan. Seluruh bagain Dunia Ametyst begitu tenang, damai, saling bahu membahu hingga kemakmuran menyentuh setiap titiknya. Bahkan kedamaian itu menjangkau sampai kesini, ke dunia bawah tempat Yazza tinggal.

Sang Takdir pun seolah berbaik hati karena kedamaian ini, Asaka sebagai Sang Alam Semesta, masih diberi kesempatan untuk dilingkupi oleh cinta. Bukan cinta pasangan karena sesuai takdirnya Asaka ditakdirkan untuk hidup sendiri, tetapi cinta kedua orang tuanya. Dewi Armenia, ibundanya, memberikan kasih sayang berlimpah yang tiada habisnya, pun dengan Ayahandanya Sang Mahadewa Azhura Kahn dan juga adik perempuannya. Memiliki keluarga yang begitu hangat dan melingkupi dalam pelukan cinta itu sepertinya sudah cukup untuk membuat Asaka menjadi Sang Alam Semesta yang juga penuh cinta, menjalankan tugasnya dengan ketulusan hingga menjadi dewa yang sangat dicintai di usianya yang masih sangat muda.

Bahkan Yazza juga menyimpan rasa hormat yang sangat tinggi pada Asaka. Karena itulah dia menjalankan hukuman yang diberikan oleh Asaka kepadanya tanpa prasangka, tanpa pikir panjang. Tahu bahwa Asaka akan menepati janjinya, membuat Yazza menjadi Dewa yang bebas setelah dia membunuh anak yang keseratus.

Yazza termenung di atas singgasananya di dunia kegelapan yang kelam. Alisnya berkerut sementara ekspresinya begitu serius. Sudah hampir sepuluh tahun Yazza mencari manusia kecil itu, manusia yang seharusnya menjadi penggenapan hukuman yang telah ditanggung ratusan tahun lamanya. Tetapi takdir rupanya masih belum berpihak kepadanya.

Anak itu menghilang begitu saja, seolah lenyap ditelan bumi. Dan Yazza tidak bisa menemukannya.

Yazza telah memastikan bahwa anak itu sudah dilahirkan di dunia manusia, dia bahkan menemui Asaka, Sang Alam semesta untuk memastikanย  bahwa anak itu lahir ke dunia ini. Dan Asaka mengatakan bahwa ramalan itu tidak berubah, anak yang ditakdirkan untuk menghancurkan dunia tersebut akan selalu dilahirkan setahun setelah Yazza membunuh yang sebelumnya. Itu berarti jika sekarang sepuluh tahun kemudian, anak itu sudah berusia sembilan tahun.

Tetapi anak itu menghilang. Keberadaannya seolah lenyap dari dunia Ametyst dan tidak bisa ditemukan di mana-mana. Yazza tidak bisa melacak jejaknya sedikitpun, pencarian untuk yang keseratus ini tidak semudah menemukan yang kesembilan puluh sembilan sebelumnya yang berhasil di bunuhnya bahkan sebelum usianya mencapai lima tahun.

Apakah memang ada permainan di balik ini semua? Permainan supaya dirinya tidak bisa menggenapi hukuman dan menyelesaikan tugasnya? Tetapi jika memang ada sesuatu dibalik ini semua, siapa pelakunya dan dengan tujuan apa?

Meskipun sekarang dirinya telah berada di pihak Azhura Kahn, mengabdi kepadanya dan tidak bertentangan lagi, tetap saja kegetiran yang membentuk jiwa Yazza bertahun-tahun selalu menghantui. Kegetiran itu menimbulkan kecurigaan, pemikiran buruk bahwa jauh di luar sana, ada seseorang dengan kekuatan khusus yang memang ingin menggagalkan Yazza dalam menyelesaikan tugas dan menggenapi hukumannya. Seolah-olah sosok itu ingin Yazza tetap berada dalam kutukan seumur hidup yang terus memberati pundaknya.

Tetapi siapakah orang itu? Adakah dendam tersimpan yang tidak Yazza ketahui hingga sosok itu ingin Yazza tetap menderita? Karena untuk melakukan hal seperti ini, sosok itu haruslah sosok yang menyimpan kebencian amat sangat kepada dirinya….

Begitu lama Yazza larut dalam renungannya dan dia bahkan tidak bisa menemukan jawaban apapun atas kebingungannya. Pada akhirnya Yazza menggelengkan kepala perlahan, berusaha mengusir pikiran buruk yang memenuhi benaknya.

Tidak. Dia tidak boleh menaruh prasangka buruk kepada siapapun lebih dahulu. Bagaimanapun juga, masih ada kemungkinan bahwa kesulitannya sekarang sehingga tidak bisa menemukan penggenap hukumannya yang keseratus ini disebabkan karena kesalahannya sendiri. Mungkin Yazza masih kurang berusaha, mungkin dirinya masih kurang mencari dan dia masih tidak bisa menemukan tanda-tanda dengan seksama.

Apa yang salah pada dirinya? Dia sudah mengendus ke seluruh Dunia Ametyst, bahkan ke sudut yang paling tidak mungkin sekalipun. Dicarinya anak dengan aromanya yang khas, yang bahkan bisa terendus oleh Yazza meskipun jarak mereka berdua begitu jauh. Dia sudah mencari anak perempuan dengan mata dan rambut sewarna madu. Selalu anak perempuan yang dia cari karena yang kesembilanpuluhsembilan sebelumnya juga selalu terlahir sebagai anak perempuan. Tidak mungkin yang keseratus ini terlahir berbeda.

Yazza bangkit dari kursinya. Matanya bersinar penuh tekad ketika dia memutuskan untuk melakukan hal-hal yang selalu diulang setiap saat tanpa menyerah dalam menjalani kutukannya.

Mengitari dunia manusia, memindai setiap sudutnyaย  tanpa terlewat untuk menemukan anak itu…

***

Sembilan tahun berlalu semenjak musim panen terakhir dimana seorang ibu muda yang sendirian melahirkan anak perempuannya dan meregang nyawa dalam usahanya menghantarkan nyawa seorang anak yang sangat penting ke dunia manusia.

Sekarang musim panen telah kembali datang. Ditandai dengan hiruk pikuk penduduk yang bersiap untuk pesta. Sama seperti yang terjadi berabad-abad lalu, kemakmuran desa yang ditandai dengan panen melimpah setiap tahunnya, disyukuri dengan upacara persembahan ke kuil Sang Mahadewa Azhura Kahn yang disambung dengan pesta rakyat pada malam harinya.

Pihak kuil sudah mulai mengumpulkan hasil persembahan yang melimpah itu dan mengelompokkan sesuai jenisnya. Ada berbagai macam sayuran, buah-buahan dengan kualitas terbaik, dan di sisi lain, ada hewan-hewan ternak dalam kondisi paling prima. Ya, seluruh penduduk desa memang selalu berusaha memberikan hasil panen terbaiknya sebagai persembahan. Mereka percaya jika mereka memberikan persembahan yang terbaik, maka Sang Mahadewa Azhura Kahn akan mengembalikannya dengan berkat melimpah yang berkali-kali lipat banyaknya.

Setelah pihak kuil memilah-milah persembahan tersebut sesuai jenisnya, mereka biasanya akan mendoakan hasil persembahan itu dengan ritual khusus untuk menyampaikan ucapan syukur serta terima kasih kepada Sang Mahadewa Azhura Kahn. Kemudian, setelah hasil persembahan tersebut selesai didoakan, pihak kuil akan mendistribusikan seluruh hasil persembahan kepada masyarakat yang telah ditunjuk berdasarkan tugasnya masing-masing guna mempersiapkan pesta rakyat di malam harinya.

Masyarakat akan mengolah hasil persembahan itu, hewan-hewan ternak akan disembelih untuk dibakar dan dimasak dengan bumbu yang lezat, sayur-sayuran akan diolah dengan bumbu khusus yang menggoda lidah dan buah-buahan akan dipersiapkan untuk sajian pesta dengan warna-warni memikat. Semakin melimpah hasil panen, semakin banyak yang dipersembahkan ke kuil, itu berarti akan semakin melimpah pula hidangan yang dinikmati sebebas-bebasnya oleh masyarakan untuk pesta panen malam ini

Sosok seorang anak tampak berlari penuh semangat, menyelinap di sela hiruk pikuk orang-orang yang sedang menyiapkan pesta. Anak perempuan yang berpakaian sederhana, gaun satu potong sepanjang bawah lutut tanpa lengan dan dibalut selendang mini tersampir di kedua pundaknya tampak berlari-lari melewati lalu lalang manusia-manusia yang terlalu sibuk untuk peduli.

Rambut anak itu hitam legam, dipotong pendek sebahu sehingga membebaskannya berlari-lari tanpa harus menyingkirkan anak-anak rambut yang mengganggu, pun dengan matanya yang berwarna hitam legam yang berbinar penuh kepolosan bercampur bahagia. Di sebelah tangannya ada keranjang kecil berisi bebungaan warna ungu yang telah dia panen dari semak-semak tepi hutan. Ibunya sangat menyukai bunga warna ungu itu untuk menghias rumah mereka yang sederhana dan anak itu sengaja mengumpulkan bunga-bunga ini atas perintah Sang Ibu.

Kata ibunya, hari ini dirinya berulang tahun yang kesembilan, dan mereka akan merayakan dengan cara yang biasa, menghias setiap sudut rumah hingga penuh bunga, menyantap manisan buah yang menyegarkan lidah, sebelum kemudian bersama-sama berangkat mengikuti pesta rakyat yang menyenangkan. Bahkan tahun ini, dirinya diperbolehkan tidur lebih larut dari biasanya supaya bisa menikmati pesta sampai malam.

Ya, ulang tahunnya selalu bersamaan dengan pesta rakyat untuk kelengkapan ungkapan syukur atas hasil panen yang melimpah yang diselenggarakan setahun sekali, karena itulah sudah menjadi kebiasaan bagi dia dan ibunya merayakan ulang tahun dengan larut dalam kegembiraan pesta rakyat ini.

Suara seseorang memanggil namanya membuat dirinya menoleh, senyumnya melebar melihat siapa di belakangnya. Dua anak perempuan dari desa datang berlari-lari mendekat. Mereka semua adalah teman-temannya. Dua anak itu berambut panjang sepinggang, hampir seumuran dan mengenakan pakaian khas yang sama, pakaian dari kain khusus berwarna oranye yang seragam.

“Larimu cepat sekali, Minerva!” Lyra yang akhirnya bisa mencapai posisi Minerva terlebih dahulu sedikit terengah dan membutuhkan waktu untuk menetralkan napasnya.

Tak lama kemudian, teman-temannya yang lain datang menyusul, mereka semua mengerubungi Minerva, tampak tertarik dengan bebungaan segar yang terkumpul di keranjang yang dibawanya.

“Bunga-bunganya indah sekali.” Nimedes berseru dengan mata berbinar, lalu menatap Minerva sambil tersenyum lebar, “Apakah kau akan merayakan ulang tahunmu bersama ibumu terlebih dahulu sebelum bergabung dengan kami di pesta rakyat?”

Teman-temannya memang telah bersama Minerva sejak mereka kecil dan masih merangkak, karena itulah mereka saling mengenal dengan begitu dekat dan mengetahui kebiasaan keluarga masing-masing. Sama seperti Minerva yang tahu bahwa Lyra masih suka mengompol di malam hari, atau Nimedes sering mendapat jatah manisan tambahan dari ibundanya karena dia adalah anak bungsu kesayangan yang telah dinantikan oleh orang tuanya setelah empat kakak lelaki yang sekarang telah beranjak besar.

Minerva mengangguk dengan bersemangat, “Aku akan menyusul kalian nanti bersama ibu. Karena itu aku harus pulang cepat untuk mengantar bunga ini bagi Ibu. Ibu akan menghias rumah dengan bunga ungu hingga seluruh bagian rumah begitu harum, lalu barulah kami pergi ke pesta rakyat.” jelasnya dengan senyum lebar.

“Kami akan menunggu di sana sambil menikmati hidangan.” Lyra menyahut sambil tersenyum lebar, “Kurasa, seperti biasanya, kau dan ibumu baru akan datang setelah semua selesai bersantap dan orang-orangย  dewasa mulai berdansa mengitari api unggun, eh?”

Minerva menganggukkan kepala. Memang sebelum memasang bunga dan memakan manisan pada hari ulang tahunnya, ibunya akan melakukan ritual khusus untuk Minerva yang membutuhkan waktu sehingga mereka datang ke pesta sedikit terlambat, ketika puncak pesta telah hampir dilalui separuh jalan.

“Kalau begitu cepatlah pulang. Kami akan menunggumu di pesta. Ketika orang-orang dewasa mulai berdansa, kita bisa melakukan permainan petak umpet bersama anak-anak lain di area sekeliling api unggun.” Nimedes berseru dengan penuh semangat, lalu menganggukkan kepala ke arah Lyra yang membalas anggukkannya pelan.

Kedua anak itu lalu melambaikan tangan pada Minerva, berlari-lari menjauh menerobos hiruk pikuk manusia yang berlalu lalang mempersiapkan pesta malam nanti.

Minerva tersenyum menatap sampai kedua teman baiknya itu menghilang dan tertutupi oleh tubuh-tubuh manusia lain, dia lalu membalikkan tubuh, berlari-lari kecil menuju rumahnya. Dirinya tidak boleh terlambat. Ibunya harus mempersiapkan bunga-bunga ungu ini sebelum matahari tenggelam lalu memulai ritual ulang tahunnya.

Semakin cepat ritual itu dimulai, maka semakin cepat selesainya. Setelah itu, Minerva bisa bergegas datang ke pesta, menikmati dan bermain dengan anak-anak lainnya sampai kelelahan.

***

Yazza menghentikan langkah ketika aroma pekat yang sangat dia kenal menghalangi jalannya untuk menuju dunia manusia. Dia menolehkan kepala dan melihat Kars Ulthor tengah bersandar di sebuah pohon besar penuh dengan dedaunan warna oranye terang. Sang Dewa Perang sepertinya tidak sedang menantinya, melainkan tengah merenung dengan pandangan mata lurus ke depan, menerawang.

“Apa yang kau lakukan di sini? Bukankah waktu-waktu seperti ini adalah giliranmu berjaga di sekeliling Sang Alam Semesta?”

Yazza langsung menyapa tanpa basa-basi. Mereka berdua telah ditugaskan sebagai pelindung Sang Alam Semesta dan memiliki pengaturan yang telah ditetapkan untuk menentukan siapa yang bertugas. Yazza dan Kars Ulthor memang tidak pernah bertugas bersama-sama, mereka selalu bergantian sambil mengatur waktu untuk melakukan tugas-tugas mereka yang lain.

Tetapi bisa dibilang, tugas-tugas mereka yang lain telah jauh berkurang karena kedamaian yang tercipta hampir sempurna di seluruh lapisan Dunia Ametyst ini. Dengan meluasnya kedamaian, maka perang hampir tidak ada. Dan dengan hampir tidak adanya perang, maka tugas Yazza sebagai Sang Dewa Kematian bisa sedikit lebih ringan. Sebab kematian terbanyak manusia sebagian besar disebabkan oleh perang. Usia lanjut, penyakit, dan segala hal normal lainnya yang menyebabkan manusia meninggal tidak pernah sebanding dengan kematian yang disebabkan oleh angkara manusia yang saling bertarung dan berperang demi mempertahankan kehausan akan kuasa dan ego mereka masing-masing. Beruntung kedamaian di Dunia Ametyst ini mengurangi itu semua dan secara tidak langsung mengurangi baik tugas Yazza maupun Kars Ulthor.

“Asaka tengah beristirahat dan dia membebaskanku dari tugas sampai esok pagi.” Kars Ulthor mendongakkan kepala, menatap ke arah Yazza setengah meringis, “Aku sedang bertengkar dengan Slimiba, dia mengamuk karena kemarin aku telah melupakan hari ulang tahun anak kami. Jadi dia mengusirku dari rumah sampai kemarahannya mereda.”

Perkataan Kars Ulthor membuat Yazza menyeringai penuh ironi. Rasanya terdengar lucu mengetahui bahwa seorang Dewa Perang dengan tubuh tinggi besar dan kekuatan nan mengerikan, tunduk dan patuh pada kemarahan istrinya yang bertubuh mungil dan jauh lebih lemah dari dirinya.

Tetapi mungkin itulah yang disebut dengan kekuatan cinta. Seorang lelaki, bahkan dewa sekalipun akan bersedia berlutut di kaki kesayangannya atas nama cinta.

“Kau pikir butuh berapa lama sampai kemarahannya mereda?” tanya Yazza kemudian, berusaha menyembunyikan sikap ironi di hati dan menanamkan nada prihatin dalam suaranya.

Kars Ulthor menatap ke arah matahari yang berwarna kemerahan, “Slimiba tidak pernah marah terlalu lama kepadaku. Dia tidak bisa.” Ada seringai kepuasan yang langsung muncul di bibir Sang Dewa Perang, “Aku berani bertaruh, sebelum matahari genap tenggelam, dia sudah memanggilku untuk pulang.”

“Jadi kau akan tetap berdiri di sini seperti orang bodoh sampai Slimiba memanggilmu pulang?” Yazza mengangkat sebelah alisnya seolah tidak percaya, lalu mendengus dan hendak berlalu, “Lakukan sesukamu, aku harus pergi ke dunia manusia.” Yazza bergerak seiring dengan perkataannya, menciptakan suara gemerisik jubah panjang yang dia kenakan.

“Kau hendak mencarinya lagi?” suara Kars Ulthor yang berubah serius membuat langkah Yazza yang telah berlalu menjadi terhenti. Sang Dewa Kematian menolehkan kepala, menatap Kars Ulthor dengan tatapan tajam sebelum kemudian menganggukkan kepala.

“Ya, sudah menjadi tugasku, bukan? Jika benar perhitunganku, anak itu akan berusia sembilan tahun pada masa-masa ini. Itu berarti waktuku untuk menemukannya akan semakin tipis seiring dengan berlalunya waktu. Anak itu tidak boleh mencapai usia empat belas tahun, atau kutukan hukuman untukku akan gagal dipatahkan.”

Kars Ulthor membalas tatapan Yazza, tidak bisa menyembunyikan keprihatinan yang sangat kental di sana. Pada akhirnya Sang Dewa Perang menganggukkan kepala, lalu menepuk pundak Yazza dengan bersahabat,

“Semoga berhasil, kawan.” ujarnya dengan nada tulus. Setulus persahabatan yang telah mereka jalin dengan melupakan segala kisruh masa lalu dan bersepakat untuk sama-sama menjadi pelindung Sang Alam Semesta.

***

Minerva berlari-lari kecil melalui jalan setapak untuk menuju rumahnya. Langkahnya semakin cepat seiring dengan tampaknya pondok mungil dari batu beratap kayu dan rumbia yang sudah sangat dikenalinya. Telah seumur hidup Minerva hidup di rumah itu, dirinya tidak berayah dan hanya memiliki seorang ibu yang sangat mencintainya. Ibunya bilang bahwa ayahnya meninggal ketika Minerva belum dilahirkan karena kecelakaan ketika berladang.

Sampai dengan saat ini Minerva tidak bisa membayangkan seperti apa sosok ayahnya. Itu semua karena ibunya sangat minim bercerita tentang Sang Ayah, bahkan seolah-olah mengindari percakapan apapun yang menyangkut ayahnya itu.

Dulu ketika masih kecil. Minerva selalu bertanya terus-menerus tentang ayahnya, menguji kesabaran ibunya hingga kadang-kadang marah dan memintanya untuk berhenti. Tetapi sekarang, semakin bertambahnya umur Minerva, dia mengerti dan mulai menduga bahwa Ibunya menghindari membicarakan tentang ayahnya kemungkinan disebabkan bahwa kenangan tentang Sang Ayah menyebabkan ibunya sedih.

Minerva tidak ingin ibunya sedih, karena itu, meskipun dipenuhi oleh rasa ingin tahu yang amat sangat, Minerva selalu menahan diri dan berusaha tidak bertanya tentang ayahnya.

Langkah Minerva sampai ke pintu dan dia membukanya pelan-pelan.

“Ibu?” Minerva menyapa seperti kebiasaannya ketika memasuki rumah, memanggil nama ibunya. Dan tak lama kemudian, sebuah suara lembut menyahut dari dalam.

” Di dapur, Minerva. Apakah kau sudah membawa bunganya?”

Ucapan itu membuat Minerva mempercepat langkah kaki mungilnya menuju dapur, keranjang bunga di tangannya terpegang erat sementara ekspresinya penuh semangat.

“Aku membawa banyak bunga berwarna ungu seperti biasanya untuk menghias rumah, ibu.” ujarnya dengan nada senang, melalui ambang pintu dapur untuk menemui ibunya.

Sosok perempuan muda bertubuh ramping dan berambut hitam legam tampak duduk menunggu di kursi dapur. Sebuah bejana dari kayu dengan cairan beraroma khas tampak telah siap di atas meja kecil di depannya. Ibu Minerva tersenyum hangat menyambut anaknya, membuka kedua lengan supaya Minerva bisa menghambur ke pelukannya.

Disambutnya pelukan anaknya yang mungil itu lalu diusapnya pucuk kepalanya dengan penuh kasih.

“Makanlah manisan yang telah ibu buat untukmu.” tangan Sang Ibu menyentuh mangkuk berisi manisan lezat berwarna keemasan yang sangat disukai oleh Minerva. Tanpa diperintah dua kali, Minerva mengambil manisan itu dengan sebelah tangan sementara tangannya yang lain masih memegang keranjang,ย  dia lalu menjejali mulutnya sampai penuh, membuat Sang Ibu terkekeh melihat tingkah anaknya yang menggemaskan.

“Ayo kita mulai ritualnya supaya kita bisa segera pergi ke pesta dan bersenang-senang di hari ulang tahunmu.” ujar Sang Ibu dengan lembut kemudian setelah Minerva selesai menikmati manisannya.

Minerva menurut, menyerahkan keranjang bunga ungu tersebut kepada ibunya dan menatap ibunya sambil menunggu ritual itu dimulai.

Sang Ibu menerima keranjang bunga dari Minerva, menyisihkan setengah untuk dipakai menghias seluruh sudut rumah, sementara sisanya dipotong dan diremas dengan tangan sebelum kemudian dimasukkan ke dalam bejana yang telah disiapkan.

Bejana itu tadinya berisi cairan keemasan sewarna madu nan harum, dan ajaibnya, ketika potongan bebungaan ungu itu dimasukkan, warna cairannya perlahan menggelap, menjadi ungu, iuntuk kemudian semakin lama warnanya semakin gelap sebelum akhirnya berubah menjadi hitam legam yang sangat pekat.

“Apakah kau sudah siap?” Sang Ibu bertanya lembut kepada Minerva. Dan Minerva menarik napas dalam-dalam sebelum kemudian menganggukkan kepala. Mereka tidak pernah melewatkan ritual ini setiap tahunnya, tetapi entah kenapa Minerva selalu merasa gugup.

Sang Ibu membawa Minerva ke area tempat mencuci dan menyuruh Minerva berlutut sambil menundukkan kepala, membungkuk ke arah depan. Perlahan Sang Ibu membawa bejana itu ke dekat Minerva sementara bibirnya bergumam menghitung mundur waktu.

Beberapa detik lagi, ketika matahari mulai tenggelam semakin pekat dan pesta musim panen dimulai dengan iringan musik serta hiruk pikuk manusia, ketika itulah Minerva dilahirkan ke dunia ini sembilan tahun lamanya.

Dan seolah ada keajaiban, di detik yang sama ketika Minerva dilahirkan sembilan tahun yang lalu, warna rambut hitam Minerva yang semula berwarna hitam pekat, berangsur berubah seperti warna madu yang berkilauan. Warna madu itu begitu cerah, bersinar indah dan melahap habis warna hitamnya sampai tidak bersisa, menyisakan rambut berkilau yang sangat memukau.

Sayangnya warna itu harus dimusnahkan dengan segera, sebelum keberadaan Minerva terendus oleh Sang Penuai yang akan membahayakan nyawa Minerva.

Tanpa membuang waktu lagi, Ibu Minerva mengambil air hitam dalam bejana dengan gayung kayu yang telah disiapkannya lalu mengguyurkan air itu ke keseluruhan rambut Minerva yang dipotong pendek sebahu. Dengan alasan inilah rambut Minerva dipotong pendek, supaya ritual mereka bisa dilakukan dengan lebih singkat. Rambut panjang akan membutuhkan banyak ramuan dalam bejana untuk membasuh dan menghilangkan warna, pun dengan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan ritual.

Cairan itu seolah terserap ke dalam rambut yang tadinya berwarna madu berkilauan. Mengalahkan kilau indah tersebut dan memadamkan cahayanya serta merubahnya menjadi hitam kembali, sampai ke akar, setiap helainya begitu legam tanpa tersisa.

Ibu Minerva menatap puas hasil kerjanya, ada sedikit senyum di sudut bibir ketika berkata.

“Angkat kepalamu, Minerva,” ujarnya lembut.

Minerva menurut, mengangkat kepala dan menatap ibunya dengan mata lebarnya yang polos. Serupa dengan warna rambutnya, warna mata Minerva pun telah berubah menjadi cerah berkilauan dan bening serupa madu yang diambil dari lebah pemanen nektar bunga berwarna emas.

Ibu Minerva mengambil beberapa tetes cairan hitam di bejana dengan tangannya, lalu berbisik dengan suara menenangkan.

“Tahan,” ucapnya dengan nada keibuan. Minerva menurut, tidak seperti ketika pertama kali menerima ritual ini di usianya yang satu tahun, ketika itu Ibunya bercerita bahwa Minerva menangis tanpa henti. Sekarang, setelah dia cukup besar dan terbiasa, Minerva bersikap tenang dan menunggu.

Ibunya mengatakan bahwa ritual ini harus selalu dilakukan setiap tahunnya pada hari ulang tahunnya untuk melindungi Minerva dari bahaya. Ibunya bilang ada monster jahat berjiwa iblis yang datang dari kegelapan untuk mengincar Minerva dan hal itu menyebabkan Minerva harus selalu dibasuh dengan cairan hitam ini dan berselubung wangi bunga ungu untuk mengecoh Sang Monster hingga tidak bisa menemukannya.

Meskipun Minerva tidak tahu jelas mengenai apa yang dikatakan oleh Ibunya dan Sang Ibu juga tampaknya tidak ingin memberikan penjelasan lebih lanjut, hanya meminta supaya Minerva percaya kepadanya, pada akhirnya Minerva memutuskan untuk memercayai apa yang dikatakan oleh Ibunya. Toh dia tahu bahwa Sang Ibu sangat mencintai dan menyayanginya, jika Ibunya mengatakan ingin melindungi Minerva, maka sudah pasti demikianlah adanya. Jadi Minerva tidak membantah dan menurut untuk melakukan ritual ulang tahun dari ibunya.

Dia bahkan berhasil tidak berkedip ketika Sang Ibu meneteskan cairan hitam itu ke bola matanya. Tidak terasa sakit, hanya ada hawa dingin seperti es yang melingkupi bola matanya, dan setelah itu tidak terasa apapun. Hanya Ibu Minerva yang menyadari dan menatap dengan mata kepalanya, bahwa warna mata Minerva telah berubah kembali menjadi hitam legam, menyembunyikan warna aslinya yang seperti madu.

Sang Ibu tersenyum, lalu mengusap rambut Minerva dengan sayang.

“Ritual telah selesai, sekarang mandilah dan bersiap. Jangan lupa mencampurkan kelopak bunga ungu ke air mandimu. Setelah itu berpakaianlah dengan pakaian pesta dan kita berangkat ke pesta rakyat.”

Minerva menganggukkan kepala dengan bersemangat, sekali lagi memeluk ibunya dengan sayang sebelum kemudian berlari ke arah meja dapur, mengambil beberapa tangkai bunga untuk dicampur ke air mandinya dan meninggalkan ruangan dengan langkah-langkah tak sabar menuju kamar mandi untuk membersihkan diri.

Sang Ibu berdiri sejenak sampai Minerva menghilang dari pandangan, lalu melangkah kembali ke meja dapur untuk mengambil bunga-bunga yang tersisa. Dibawanya bunga itu mendekat ke indra penciuman dan dihirupnya dalam. Aroma bunga itu begitu wangi dan menyegarkan, tetapi yang paling penting, aroma bunga ini, dengan mantra khusus bisa menyerap aroma asli Minerva dan melindunginya sehingga tidak terendus oleh penciuman tajam Sang Penuai.

Sang Ibu memasang bunga-bunga tersebut di sudut ruangan, dekat dengan jendela serta tempat-tempat lain dimana udara bergerak keluar masuk untuk mengirimkan sinyal wewangian berbalut semilir angin. Mulutnya kembali merapal mantra, mantra perlindungan untuk menyerap wangi asli Minerva yang khas.

Didengarnya suara dari kamar mandi, memastikan bahwa anak gadisnya telah menyiramkan air bercampur bunga untuk membasuh tubuh, pertanda bahwa ritual perlindungan ini telah diselesaikan. Senyum tersungging di bibir Sang Ibu penuh kepuasan karena pada hari ini, dia telah memastikan keselamatan Minerva sampai dengan ulang tahunnya yang berikut.

Selama ini, tahun demi tahun berlalu, dirinya telah memasang perlindungan ini bagi Minerva,ย  membuat anak gadis itu lolos dari kejaran Sang Penuai yang tiada habisnya. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi di masa depan, tetapi sekarang waktunya telah dekat pada batas penghabisan Sang Penuai. Dirinya harus bisa menjaga serta melindungi Minerva hingga lima tahun kemudian, ketika usia Minerva telah menginjak empat belas tahun. Ya, setelah itu pengejaran Sang Penuai akan terpatahkan dan tidak ada yang bisa dilakukan lagi olehnya karena batas waktu telah dilanggar. Pada saat usia Minerva telah mencapai empat belas tahun, pada saat itulah keselamatan Minerva terjamin.

Sang Ibu melangkah ke kamarnya sendiri untuk berganti pakaian dengan pakaian pesta. Langkahnya berhenti ketika menatap dirinya sendiri di cermin besar yang terpasang di dinding kamar.

Lalu seolah ada keajaiban, cahaya terang seorang dewi melingkupi tubuh Sang Ibu, warna rambutnya berubah berkilauan dan wajahnya yang juga berubah menjadi sangat cantik dengan kecantikan seorang dewi yang terpatri jelas di wajahnya.

Ya, dia bukanlah ibu kandung Minerva. Ibu Kandung Minerva telah meninggal ketika melahirkan anak itu ke dunia ini.

Dirinya adalah seorang dewi yang terpanggil untuk melindungi Minerva karena suatu alasan yang sangat penting berhubungan dengan prinsipnya sebagai sosok yang menaungi cinta. Pada hari kelahiran Minerva, dirinya turun ke bumi, menyamar sebagai seorang Dayana atau bidan desa dalam wujud perempuan tua yang membantu Ibu kandung Minerva melahirkan anaknya. Dan ketika Sang Ibu kandung meninggal karena tubuhnya yang lemah tidak mampu menanggung beban melahirkan, Sang Dewi mengambil alih tugas untuk melindungi Minerva, merubah wujudnya menjadi manusia, menjadi sosok serupa Ibu Minerva yang selalu mendampingi dan menyembunyikan anak itu dari pengelihatan Sang Penuai.

Bersambung ke Part berikutnya


Baca Parts Lainnya Klik Di sini

KONTEN PREMIUM PSA


ย 

Semua E-book bisa dibaca OFFLINE via Google Playbook juga memiliki tambahan parts bonus khusus yang tidak diterbitkan di web. Support web dan Authors PSA dengan membeli E-book resmi hanya di Google Play. Silakan tap/klik cover E-book di bawah ini.

Download dan install PSA App terbaru di Google PlayWelcome To PSAFolow instagram PSA di @projectsairaakira

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat โ€“ Project Sairaakira

440 Komentar

  1. Wulanangelina menulis:

    Pertamaa!!

    1. :ngupildoeloe gara-gara pasang URL lagu jadi terlambat pertamax

  2. Pertamaxxx :LARIDEMIHIDUP

    1. terlambat… :BAAAAAA

    2. Syedihhhhh beda satu menit doang kwkw :KETAWAJAHADD

  3. Nidaa12ndda menulis:

    Uuu ternyata dia Dewi

  4. tunjung dwia menulis:

    :cubitnakal

  5. foodlovers14_ menulis:

    Pantesan Yazza ga ketemu reinkarnasi ke 100, wong disembunyiin sama seorang dewi yang nyamar jadi Ibunya Minerva :LARIDEMIHIDUP

  6. :cubitgemas

    Jadi… Dewi itu siapakah? Kepoo..

  7. Waaaaaaaaaa kaget banget pas tahu ternyata ibunya itu sesosok dewi yang turun ke bumi demi melindungi Minerva!
    Cj kira itu emang ibunya, yang udah diajarin dayana cara melindungi anaknya dari kejaran sang penuai! Tapi ternyataaaaaah…
    O my!!! Dia seorang dewi… Cinta?
    Bu dewi, tolong lindungi cj dari cinta yang palsu dong… Upsss *gafok! Kwkw
    Back to topic.
    Pas baca bagian minerva rambut pendek, bola mata hitam, dan rambut hitam langsung mikir, beuh ini mah kayaknya di samarkan deh. Itu bunga pasti buat nyamarin aroma khusus nya minerva. Tapi rambut ama matannya gimana? Eh ternyataaa, itu kerjaan bunga yang sama…
    Keren ya bunganyaaa :NGEBETT
    Ga heran sih, sang penuai bisa-bisa nya ampe kehilangan jejak minerva gitu, ya pantes aja.. Lah minervanya di lindungi seorang dewi kok! Ckck
    Sini bangggg drpd capek nyari, mending sama minervajei ajaaaa, uhuuuk :inlovebabe
    Dan lucu banget pas bagian kars ulthor curhat masalah rumah tangganya wakakakaka duh duhh bangg makanya jangan ampe lupa gitu donggg :DORONG
    Seru seru seru
    Makin penasaraaaaaan
    Makasih apdetnya kak auu
    Mangats nulisnya!
    :KISSYOU

  8. Himeko Miyahara menulis:

    karena ku anak baru biasanya bisa baca langsung ber part part, sekarang cm 1 ko sedih ya :PATAHHATI

  9. mariaandreana menulis:

    :owljatuhcinta

  10. berarti dewi nya itu baik ya…..tapi kasian juga yazza nya entar kutukan nya jd gak ilang2:(

  11. Silviekim017 menulis:

    Jadi….siapa dia?? :CURIGAH

  12. Aku galauuuu… Kalau gak nemu2 tar yazza kutukannya gak ilang dong.. tapi kalo nemu, abis dong ceritanya :PATAHHATI

  13. ya ampuuun kasian bang yazza nyari2 :GAPAPAKOK

  14. Uh penuh cinta, bukan Calamara kn? :LARIDEMIHIDUP

  15. Claupherin menulis:

    pantesan Yazza nggak ketemu-ketemu sama si “dia”. disembunyiin toh aromanya.. :ngupildoeloe
    trus kalau ibu angkatnya Minerva seorang Dewi, berarti dia kenal dengan Yazza dong ya :ragunih

  16. Marabranto menulis:

    Ternyata saingannya Yazza seorang dewi… pantes susah dicari :tepuk2tangan

  17. Baik sih Dewi Penaung Cinta-nya
    Tapi gimana nasib Yazza kedepannya? :ragunih
    Phew… Mungkinkah Asaka tidak mengetahui keberadaan Dewi Penaung Cinta ini? :owlkebingungan
    Tapi rasanya tidak mungkin, dia Sang Alam Semesta, dia seharusnya mengetahui segalanya, termasuk kehadiran Dewi Penaung Cinta dalam masa hukuman Yazza.
    Kecuali ada sebuah anomali dalam dunia Dewa dan Dewi… :panikhati :anakayampusing :dragonpingsan

  18. utharyy_89 menulis:

    kl langsung nemu ceritanya kelar dong,,yg sabar bang yazza

  19. Huaaaa…yazza akhirnya nongol juga :inlovebabe
    Min, mau saran dong, gimana klo link2 youtubenya di buat juga dalam 1 halaman jd aksesnya bisa lebih mudah. Soalnya pemilihan lagunya aku suka banget trus klo lg mutar lagunya suka ngebayangin scene2 di crt hehehe

  20. Pantas ?. Siapakah dewi ini?. Kalo jaman sekarang lebih simple rambut di cat dan pakai softlens,gak perlu ribet wkwkkw?. Oh, kirain itu ibu kandungnya?. SERRRUUUUUU SANGAAAAAAT KAKAAAAAK??.

  21. Kars Ulthor lucuu ih???

  22. Novaandriani menulis:

    Seketika langsung cari nama 14 nama dewa-dewi di azhura bride?

  23. irdiantipujianingsih menulis:

    Babang Yazza…. Cumungudz yak
    Kali aja hukumannya cuma 99, nah yang 100 jodoh babang :NGEBETT

  24. Semoga selalu ada jalan untuk kebahagiaanmu yazza ???

  25. Stlah bca part ini, selain bbrpa hal yg buat aku pnasaran, yg pling bkin penasaran tuh setelah bca part yg ada Asakanya d situ. Apalagi ada tambahan embel2 ‘dewasa’. Jd ngebayangin seperti apasih Asaka dewasa?? Jgn blng persis kyk Azhura Khan lg. Ntr dikiranya bkn ayah-anak tp saudara kembar wkwkwkwk

  26. Dewi penaung cinta? Siapa dia? :ragunih

  27. Haaahhhh .. ibu minerva ternyata dewi cinta .. :KAGEET pantesan yazza gk bisa nemuin calon pasangan takdir nya .. takdir yazza ada dalam kuasa author wkwk :HUAHAHAHAHA
    Semangat kaka author .. moga selalu diberikan kesehatan agar bisa menghasilkan karya yg bikin kita2 baper dan ngayal melebihi nonton drama korea ..

  28. Yang sabar Yazza ??

  29. shantiluftiana menulis:

    Poor yazza… poor minerva

  30. Kamu strong Yazza

  31. lelou_chan menulis:

    :MARAHNANGIS :MARAHNANGIS :nangisgulinggulingan :nangisgulinggulingan malangx nasib Yazza ntar diax merasa terkhianati lg dong :TERHARUBIRU :TERHARUBIRU :TERHARUBIRU :TERHARUBIRU

  32. Wehh kisah yazza… Ihh kug bc soal asaka kasian jg yahh dy g ada pasangannya…

    Alaahhh… Pantes az yazza g nemu yg ke-100… Org dilindungi sm dewi… Tp dewi yg mn yahh?? Prnah muncul di azhura’s bride g yahh??

  33. Jadi ibu kandungnya Minerva udah meninggal toh. Berarti dayana yang membantu melahirkan itu seorang dewi. Tapi dewi siapa? Dewi penuh cinta? Jangan bilang kalau dewi Calamara :CURIGAH
    Ternyata Yazza susah nyarinya karna musuhnya seorang dewi :LARIDEMIHIDUP
    Pantas aja Yazza sempat berpikir buruk sama keputusan Sang Alam Semesta, Asaka.
    Kalau dari awal ibunya Minerva ini udah ditakdirkan untuk melindungi Minerva, pas dia turun dan menyamar jadi Dayana, apakah itu sepengetahuan Asaka? Dan apakah Asaka yang menyuruh Dewi itu? Hm hmmm :CURIGAH
    Dan dilihat dari dewi nya itu, sepertinya dia tau Yazza ya. Dia kenal sama Yazza….
    Ya ampun masih belum nemu titik terangnya ini. Banyak dibuat penasaran sama seluk beluknya :GERAAH
    Tiba-tiba ketawa dibagian Kars Ulthor yang lupa ulang tahun anaknya :KETAWAJAHADD
    Aduh bang ceritanya curhat gitu sama yayang nya akooohhh read(YAZZA) wkwkwkwk :HUAHAHAHAHA

    Semoga takdirmu baik yayangnya akuuuu. Semangat nyari yang ke-100 :semangatyangmembara
    Jikalau gagal gabisa matahin kutukan itu, aku yakin kamu ga akan menderita. Kamu layak bahagia, Bang :peluksabahat

    1. Oiya mau nambahin sedikiittt hihihi :BAAAAAA
      Teruntuk kak author yang menentukan nasib yayangnyaaa akooohhh, Yazza…..

      Semoga cepat sembuh, semoga segera diangkat penyakitnya oleh Allah, semoga segera sehat kembali supaya bisa menjalani aktivitas seperti sedia kala.

      Terimakasih untuk cerita yang sangat bagus dan tidak tertebak iniiii, semangat untuk menjalani hari-hari mu kak :superhero
      :KISSYOU :KISSYOU :KISSYOU :KISSYOU :KISSYOU :KISSYOU

  34. raraagustin menulis:

    Daebak (y)
    Akhirnya yang ditunggu2 muncul jugaaa
    Yazza biarpun hukumannyaa terpatahkan tapi kamu bisa melindungi anak yang keseratus ini. Semoga selalu ada kebahagiaan buat kamu Yazza. Uuuncchh

  35. Terjawab sudah .. Siapa yang melindungi minerva ternyata seorang dewi.. :tepuk2tangan
    Pantas saja sulit ditemukan sama
    Yazza :tidakks!
    Mungkin entah suatu saat ada jalan kluarnya agar yazza tak membunuh minerva yang sudah menjadi jodohnya :PELUKRINDU :dragonmuahsanasini
    ??kalh author takut sama dewi slimiba… Suami2 sayang istri.. :dragonngakak

  36. Asuh asaka gimana in kasian yazza :AKUGAKTERIMA

  37. princesskarin menulis:

    Wah ada campur tangan dewi yg sudah mengacaukan tugas terakhir yazza…

  38. Antara tega dan gk tega ini bacanya ? kemarin itu mewek gk pengen baca karena sedih nget hidup si yazza ? tapi apalah daya rasa penasaranku ?

  39. fitrohfalia menulis:

    Itu dewi baru yaa…???
    Apakah ia termasuk dalam ke 14 dewa dewi utama…??? :ragunih

  40. Itu nama adeknya asaka siapa?

  41. :tidakks! Apa alasan dewi itu? Dia terpanggil? Apa ada dalang di belakang inj semua? Musuh yang tak bisa di tebak? :nangisgulinggulingan

  42. Devitazala menulis:

    Pasangan takdir yazza disembunyiin sang dewi cinta berarti dewi cinta ini ada kmgkinan tau klo minerva belahan jiwanya yazza :KAGEET yg selalu diambil nyawanya sama yazza sendiri krn takdir semoga j takdir bisa berubah :imutnyaa tpi kars uthor kekekkeke ddti (dewa2 takut istri :NGAKAK

  43. nrlhidayahh menulis:

    Sedihh kasian Yazza.. duh semoga Yazza bisa nuntasin hukumannya yaa. Btw itu dewi cinta asalnya dr mana yaa :ragunih seharusnya dia tau kl Yazza ngebunuh itu aras perintah Asaka buat ngehukum Yazza tp knp itu dewi malah mempersulit sih. Nggak takut apa nanti dimarahin sm Asaka ehhh :LARIDEMIHIDUP
    Makasih kakak kakak team psa update-annya.. semangat terus yeay yeay yeay laflaf :KISSYOU

  44. Thor…kapan ketemunya mereka, jadi penasaran sama reaksinya yazza kalau dia tahu asaka sama teganya kaya kakeknya….sama sama memisahkan dia dengan pasangannya….

  45. dewijingga menulis:

    Sebetulnya sudah menduga kalau ada mantra yg dibaca untuk menghilangkan bau minerva. Tp gk nyangka kalau ibunya meninggal sehingga seorang Dewi melindunginya. Sebenarnya takdir seperti apa yg dibawa minerva sehingga dianggap berbahaya unk dunia amnesty??

  46. ernachoi26 menulis:

    Haduhh ternyata seorang dewi cinta toh yg jadi penghalang untuk Yazza.. hweee enth kenapa selalu kasihan sama nasibnya Yazza.. semoga ada jalan biar Yazza bisa bahagia sama pasangab takdirnya :PATAHHATI

  47. ZahraeChan menulis:

    Haduh makin susah aja tugas Yaza :PEDIHH
    :GERAAH

  48. dewidcutez menulis:

    Ow ow
    Trnt ini semuepa sdh d rncnakan,,
    Sabar yaaanyazza,,,
    Lanjuuut
    Dtunggu yaaa
    SEMANGAT TIM PSA

  49. Diiyaninta menulis:

    Yazza :nangisgulinggulingan :MARAHNANGIS :dragonbaper

  50. Waduuhh ternyata itu bukan ibu kandung minerva :tepuk2tangan
    Eeemmmm snkain penuh teka teki eehh

  51. selinokt18 menulis:

    Keren!!!

  52. Banyak pertanyaan.. :dragonmikirdulu

  53. NovemberSierra menulis:

    :NGEBETT :NGEBETT

  54. pinkylatte menulis:

    Pantesan yazza gak prnh bs dpt minerva.. D sembunyiin sih..
    Ibu minerva dewi apa yah?

  55. cinderellalove25 menulis:

    ya ampuuuunnn kasih s x nasib mu yassa??

  56. :ragunih

  57. Ga sabar Yazza ketemu Minerva

  58. masha_belle menulis:

    :byesampaijumpa kenapa kok mikirnya klo ibu minerva itu saudara perempuan yaaaa

  59. Chiharu_oktav menulis:

    Aduch2…
    Emangnya dewi itu gak tw crta ttg yazza kah???
    Knapa malah melindungi calon penghancur ametysh???

  60. wow siapa dewi itu?????

    Yazza!!!!!! malang nasip mu nak??

  61. AriyaYumyum menulis:

    Semoga aja Yazza gk membunuh pasangan nya yg ini. Krna ini kn yg terakhir klo smpai di bunuh lalu yazza akan hidup sendirian selamanya.

  62. :dragonmintacium :dragonngakak

  63. ehm…..siapa ya dewi ibu angkat minerva ini ?
    ehm….gimana ya cara yaza bisa menemukan takdir nya?
    masih banyakkkkk pertanyaan nih….

  64. erlynyolanda menulis:

    Dewi siapakah iniiii? :RAKUSS

  65. Rasa-rasanya…saya kenal sama Dewi ini… Hmmm… Jangan2………… Ah nggak ah, gak asik nebak…..kalo salah sih enak, kalo bener kan gak asyik……

  66. :ngambeknih wahh. Berat donk ya low melindungi itu sang dewi,,, :TERHARUBIRU
    Ditunggu lanjutannya :NGEBETT

  67. apa pengganti dewi calamara ?

  68. sakurahaibara menulis:

    Sungguh complicated wkwkwkwk
    Jadi itu dewi jadi kenapa kok melindungi minerva wkwkk aduhh

  69. nadiaaulia4 menulis:

    Dewi kelahiran ya???
    Kira2 siapa??

    Kasian sama Yazza. Serba salah jdi dia itu…

  70. Seperti dugaan awal, dayana itu pasti bukan dayana sesungguhnya. ah… pantas saja Yazza sulit untuk menemukan Minerva, itu karena ada dewi yang menjaganya. lalu pertanyaannya adalah, siapa dewi itu? kenapa dia melindungi Minerva? dan apa Asaka mengetahui hal ini? well, nggak usah ditanya. sang alam semesta pasti tahu segalanya, tapi tentu saja ia akan merahasiakannya.

  71. Siapa ya dewi yg menyamar sbg ibunya Minerva :bearbertanya

  72. PepperePep menulis:

    Kepo siapa dewi yang nyamar jadi ibunya minerva

  73. ya ampun, disamarkan seperti itu. pantasan aja yazza nggak bisa menemukan minerva.
    siapakah dewi itu? jangan-jangan adiknya asaka tuh.

  74. OMG
    Apakah Minerva kelak akan berubah menjadi pasangan Yaza?
    Nampaknya sekalilagi Yaza akan menjalani ujian hidup dan cinta.
    :tidakks! :ragunih

  75. kirana amalia menulis:

    :dragonmikirdulu

  76. Weee ternyata si dayana itu dewi tohh…dan ibuknya minerva dah meninggal pantes kok bisa ritual mantra2 gt hmm dirasuki si dewi ternyata :owldadah

  77. farahzamani5 menulis:

    Tujuan sang dewi baik bngt untuk melindungi Minerva dri abang yazza tp eh tp gmn nasib abang yazza ny klo ga bsa bunuh Minerva, jngn2 ini campur tangan asaka dah huhu
    Mksh ka au
    Semangat trs
    Mga sll sehat yak

  78. YuliaAstanti menulis:

    Waduh. otakku nge blank, males nebak.. nunggu kepastian aja dari authornya :KETAWAJAHADD

  79. Irey_Kiara menulis:

    Penasaran, bagaimana nasib Minerva selanjutnya yaaa :dragonmikirdulu :ragunih :dragonmikirdulu

  80. Bechamvictoria menulis:

    Oke jadi gadis itu bernama Minerva..
    Waww saya penasaran dengan Dewi itu ????

  81. kisah Yazza menyedihkan banget…???????

  82. VelyciaTerista menulis:

    Kasian yazza :”( semoga nanti semuanya berakhir baik

  83. yuanitapradana menulis:

    Kasihan yazza pantasan dia gk bisa temukan anak itu .. ternyata di lindungi sama dewi

  84. Msh bnyk pertanyaan :ragunih :dragonmikirdulu

  85. Ibunya Dewi cinta kali ya? :ragunih :tidakks!

  86. Sungguh kasihan yazza.. Masa mau bersedih karena cinta lagi?? :wowkerensekali

  87. ohhhh jdi begitu pantesan yazza ga bisa nemuain ahh gimans klanjutan ea penasaran

  88. luisanazaffya menulis:

    Kalau jodoh itu juga ga ke mana…

  89. gak sbr nunggu kelanjutannya…

  90. Dipertiwie menulis:

    wwwwoooowwwww :sangatterpesona
    Ternyata perkiraan Yazza tentang seseorang yang melindungi “mangsanya” terbukti benar. :DOR!
    Minerva seorang manusia biasa bukan ??? Bagaimana caranya dimasa depan nanti Minerva menghancurkan dunia amethyst ??? :dragonmikirdulu :bearbertanya

  91. DianUtami3 menulis:

    So complicated
    Semakin seruuuu

  92. ArinaRisaDewi menulis:

    Namanya cantik “Minerva”

  93. Evhaa.Winda menulis:

    Siapa dewi itu sbnarnya ?? :ragunih apa dia diutus oleh Asaka utk melindungi minerva ??? :ragunih

  94. LilyRosalina9 menulis:

    Malangnya kau Yazza, tapi ttp semangat deh nyariny ntar juga ketemu..
    Da jodoh mah ga kemana hehe..

  95. elvira naina13 menulis:

    HuaaHuaaa ceritax keren
    Saya suka bangetttttyty
    Lnjut yah thorrrr
    Ckckck yazza terkecoh sma bunga ungu itu .

  96. demetra_uniq menulis:

    Dulu smpat ngira itu Asaka hahaha… Tp sekarang saya malah berharap klo itu Dewi Calamara ?

  97. Kalau Yazza tahu bahwa anak yang dituainya itu adalah pasangan takdirnya akankah Yazza marah pada Asaka karena telah menjatuhkan hukuman seberat itu? :TERHARUBIRU

  98. Berat berat kehidupan cinta yazza…. :peluksabahat

  99. Woahhh… Knp yazza kok nasibnya bgini y.. gk jdoh ma Armenia skrg jodohnya mlah hrus dbunuh sndiri… ?

  100. DeloisSvitKona menulis:

    Aku mau tanya nih…sewaktu ibu kandungnya minerva meninggal, sebagai penuai, harusnya yazza kan hadir untuk menuai nyawa ibu minerva jadi harusnya dia tahu tentang kelahiran minerva. Atau yazza ga selalu hadir di setiap kematian manusia dan hanya menuai nyawa2 tertentu saja?

  101. OrryelNarsa menulis:

    Dewi itu siapaa??? Terus dia di utus sama siapa???
    Hidupnya Yazza ngenes amat, apa dia bklan marah ke Asaka nanti?

  102. himeleshinset menulis:

    Dewi calamara???

  103. Dewi siapa nih, penasaran :ragunih

  104. AlsiMaerwaen menulis:

    Ibunya seorang dewi?
    Si dewi ini membenci yazza kah?
    Terusterus.. firasat yazza ada yg membencinya berarti benar?

  105. AlsiMaerwaen menulis:

    Heeee?? Dewi calamara kah? Kan madu2
    Eh? Mirip emas2 yahtp dewi calamara dh tiada

  106. sitihaningsih menulis:

    :inlovebabe Mksh team PSA dh update… :tepuk2tangan Seru bgt story nx :cintakamumuach

  107. ajooohhh bang Yazza kesian amaaatttttt … ? :PEDIHH

  108. kok gitu? Yazza disuruh Bunuh itu anak, sedangkan itu anak ada Dewi Yang melindungi -_-

  109. munawarah926 menulis:

    Kok pd tega sm yazza
    Dewi ini siapa y?
    Minerva bnr” akn hancurin dunia
    Atw cm utk hukuman yazza
    Jgn smpk gara” ini yazza jd jahat lg
    Dy udh ikhlas jalanin hukuman 99thn

  110. Tri_tunggal menulis:

    Padahal sisa 1 lagi kamu bebas yazaa. knp juga si dewi ini ikut campur juga!!! :tidakks!

  111. Jangan jangan armenia kah kan dia udah jadi dewi sekarang

  112. :anakayamnangis

  113. mardilestari menulis:

    Semoga Sang Takdir berbaik hati pada Yazza dan Minerva..
    Karna Minerva adalah pasangan takdir Sang Penuai,
    waduh ga sabar nunggu updatean selanjutnya

  114. Lidiaamanda menulis:

    Dewi calamara ? :ngemilbesar

  115. Sri Kamala Dewi menulis:

    Woaa,siapakah dewi itu? :ragunih

  116. Petrova0303 menulis:

    Ini semua asaka yg ngatur kah… atau dia tau masa depan tp ga bisa berbuat apa2. Ga mau ngacauin takdir kya kakeknya dulu. Tapi….. hukumannya kya gini ya padahal yazza ngebunuh kakekknya asaka itu krna pengen bantu armenia sama asaka juga kan… hmmm kenapa hukumannya serumit ini. Oya tau… supaya adil. Dr pada hukuman brat yg satunya tapi… kasian yazza ya serba salah

  117. administrasi010 menulis:

    Siapakah Dewi yg merawat Minerva???
    Baik atau jahat??? :bearbertanya

  118. NiMadeUtami menulis:

    Jangan-jangan dewi ini ada dendam sama Yazza? :dragonpingsan :dragonnyari Yazza semangat ya :PEDIHH :dragonbaper

  119. ely_siregar menulis:

    Lha…..ini kenapa jadi begini yah…..kenapa dewi itu harus ikut campur?????apa dia g tahu kalau anak itu nantinya bakalan bisa menghancurkan dunia Ametyst??????lantas siapa yang benci Yazza kalau firasat Yazza benar…..berat banget yah hukuman Yazza….

  120. VivianSweet8 menulis:

    Jangan2 dewi itu adalah reinkarnasi dri saudaranya yazza sendiri.. :NGEBETT

  121. ms.morning menulis:

    yazza kasian bgttt si… :dragonbaper

  122. Nah lho?? Dewi siapa itu??
    Dduuuuhh yazza yg sabar yaa. Pstu mkin susah dh?

  123. lollalinne menulis:

    wohooo.. asaka nampaknya ada di balik semua ini.. minimal dia pasti tau.. dewi mana yg berani turun tangan tanpa sepengetahuan asaka heeh?

  124. Kasian yazza…mw dpt kebebasan aj ad ajaaaa yg rese, tp ini Dewi, who’s she?

  125. Siapa dewi itu ya? :dragonmikirdulu

  126. sitinurlaelawatin menulis:

    hayoo…my team…gara2 postingan ini, semua pada nanyain tu dewi.
    Dewi persik kali…. :dragonmikirdulu

  127. Dewi???
    Terima kasih kak sudah update semangattt!! :)

  128. Ya tentunya Dewi……… Yg diutus Asaka?

  129. :bearbertanya

  130. ivaaprevia menulis:

    Yazza semangatttt :dragonmintacium

  131. Siapakah dewi itu??
    Masih penasaran. Tapi msh awal2. Msh jauh ceritanya. Hheee.

  132. Sarie Cang Henecia menulis:

    duhh yazza… yg kuat yaaa…

  133. Sarie Cang Henecia menulis:

    bunga apa yg bisa ngubah rambut dan mata kayak gitu ya?

  134. Sarie Cang Henecia menulis:

    :ragunih :ragunih

  135. Part 1 jelas masih penuh teka teki, aaa penasaran :LARIDEMIHIDUP
    Apa dewi itu sebenernya udah tau Minerva itu bakal jadi pasangan Yazza?? Apa dia sendiri sebenernya suka sama Yazza hahahahaa ngawur-.-#

  136. Minerva…suka sama namanya…hohoo

    Ada dewi dibalik tersembunyi nya Minerva selama ini…tujuannya…??

  137. helminaria menulis:

    Pantes aja yazza gak pernah berhasil nemuin anak itu,dilindungin dewi rupanya.. :dragonpingsan

  138. November in Love menulis:

    Yazzaaaa :MARAHNANGIS

  139. kushiikushii menulis:

    Apa dewi pelindungnya disuruh asaka ya
    Yazzza kasian nya dirimu ??
    :anakayamnangis

  140. skycavalry menulis:

    Kasian yazza, nyari nyari ga ketemu ketemu.

  141. Anothersidesofme menulis:

    Dewi cintakah ? Dewi cinta siapa ya ? Hmmm … Slimiba ? Atau ibunya asaka ? Wkkwwkwk. Ya mudah2an ini kerjaannya asaka buat ngebuat yazza dpt jodohnya wkwkwkw

  142. Wahhhh.. baru bab 1 aja udah buat penasaran ya… Siapa ya Dewi itu…

  143. Sisca_samosir menulis:

    Aduhh.. Gak sabar nunggu kelanjutannya… Bikin penasaran…

  144. Choco_cone31 menulis:

    Apakah nantumi ada cinta segitiga lagi??? hoho.. semakin membuat penasaran ja. Nihh.. :cekrekcekrik

  145. ChieluoAja menulis:

    :LOONCAT

  146. Dalpahandayani menulis:

    Penasaran
    Dewi itu punya hubungan apa sama yazza,?

  147. Ya ampun penasaran bgt sama kelanjutannya, kira2 siapa ya Dewi itu, apa mgkn asaka yg nyuruh dia? Tapi bkn nya asaka bilang anak itu akan membuat dunia ametys hancur?

  148. masih belum bisa menebak yang ada di balik layar

  149. :dragonbaper kasian bgt ya

  150. sophiecelia menulis:

    Ternyata oh ternyata yang menyembunyikan kekasih sang kematian seorang Dewi….

    Thanks PSA :inlovebabe

    1. Playlist nya keren, n crita tentang yazza ya. Bgus idenya

  151. lianasusana menulis:

    Kok g d kasi tau nama Dewi ny siapa,bikin penasaran ?

  152. nts_natasya menulis:

    ?????

  153. syj_maomao menulis:

    Masih bertanya-tanya siapa Dewi itu >_<
    Kok tahu banget tentang si Sang Penuai a.k.a Yazza :LARIDEMIHIDUP

  154. huwaaa, siapa sebenarnya Sang Dewi??
    mungkinkah dia pengganti Dewi Calamara???
    hmm, kita tunggu kelanjutanny :gulungguling

  155. Namanya bagus, Minerva. ?
    Kok ada Dewi yang ikut campur sama takdirnya Yazza sih? Apa jangan-jangan Dewi ini punua hubungan dengan Yazza di masa lampau?
    Penasarann~

  156. Siapa deh dewinya?!!
    Woahh… Ditunggu kelanjutannya yah!!

  157. Siapa sih Dewi itu? Kenapa hanya dia yang berani menentang sang alam semesta??

  158. Hmm.. kok ada Dewi yg ngikut?
    Gak lengkap kali ya, soalnya kan Yazza juga Dewa.
    Au lah.. masih terlalu dini. :ngupildoeloe

  159. riska lestari menulis:

    :NGEBETT

  160. amaharanin menulis:

    Buka blog ini tiap hari berharap ada update an RD. Aku baper pisan sana Yazza dari jaman AB ingin dia bahagia ??
    Minerva bukannya pernyihir di Snow White apa mana gitu pokoknya yg Princess2 gitu, lupa wkwk.
    Ditunggu terusss ???

  161. jovina cecilia menulis:

    :semangatyangmembara

  162. NovenaRasuh menulis:

    Yeeayyyy…. udah ada ‘part 1’

  163. yellowishvirgo menulis:

    Jangan jangan Sang Dewi adalah adiknya Asaka

  164. Yeyyy… Akhirnya Part 1 :tepuk2tangan

  165. :owlkasihbunga :anakayamdot :owlsuperhappy

  166. Alextzavict menulis:

    :dragonnyari dewi siapaaa ya ituuuu

  167. indahmeliana menulis:

    Penasaran… Apakah itu dewi slimiba???

  168. regitarmdhn menulis:

    Siapa dewi yg nyembunyiin minerva? Apa ini ada campur tangan dari asaka supaya minerva ga di tuai dan berakhir dgn yazza? Atau ada campur tangan lain yg ingin menghancurkan asaka melalui minerva? :ragunih :CURIGAH

  169. ??? :ragunih :ragunih

  170. ovinsabilla menulis:

    Wahh wahh siapa tuh Dewi barunyaa? Hmm

  171. mutiarackj menulis:

    aduh gak sabar nunggu part selanjutnya nih… Sang Dewi itu baik apa jahat ya? kalau dia disuruh turun ke bumi itu suruhan Azhura atau Asaka? Kenapa Minerva bisa menjadi ancaman? -.-

  172. wijayanthileen menulis:

    Sang Dewi itu siapa ya?? Apa dia baik??
    Wah nama anak itu Minerva baguss… Kutunggu nextnyaaa :PATAHHATI

  173. blackwhitepanda menulis:

    Kasian yazza sih kalo gitu… etapi minerva juga kasiaaaann… trus gimanaa kasiaaaannn :dadahsayang :dragoncubit

  174. :anakayamdot

  175. Cindy Anggita menulis:

    Gewlaa ga nyangka dayananya palsu wkwk :KAGEET

  176. meedaehoney menulis:

    Udah ada rasa rasa ibunya kayak gimana gitu, eh beneran bukan ibu kandung
    Pantesan gak bisa diendus, udah di mantra2 in
    Gak kecium aroma jodohnya hahaha, tapi dripada dibunuh, gak punya jodoh ntar :KETAWAJAHADD

  177. Allana Bianca veshya menulis:

    Itu dewi siapa??

  178. Istiqomah27 menulis:

    Penasaran ??

  179. Minerva kayanya anak yg baik, tp knp bisa jd ancaman yah? Heum makin penasaran :imwatchingyoualways

  180. ayupertiwi menulis:

    Pantesan yazza gak bisa nemuin minerva,ternyata minerva dilinndungi dewi :GERAAH :GERAAH

  181. SandraAmeliaa menulis:

    Akhirnya cerita Yazza muncul juga :NGEBETT

  182. hanasakuraaprilia menulis:

    Penasaran siapa dewi yang membanty menyembunyikan minerva dan apa sih yang bakal terjadi kalau minerva maih hidup hingga usia 14 tahun?????

  183. Hmmm ada Dewi yang berkhianat rupanyaaaa :ASAHPISAU2 :KECEWAHATI :YUHUIII

  184. princefarazz menulis:

    Entah knapa klo minerva gagal dituai aku malah kasihan ama yazza…
    Pengen banget yazza bahagia….

  185. :CURIGAH :CURIGAH :DOR!

  186. Entah kenapa takdir selalu mempermainkan yazza sedari dahulu

  187. kurnia sari menulis:

    Dewi cinta? Cupid? Siapa dia? Apakah nanti akhirnya yazza bahagia bersanding dengan minerva???

  188. :menyerah

  189. niluh dewanty menulis:

    :sangatterpesona :sangatterpesona

  190. AbelJessica menulis:

    Ketika hero lainnya penuh dgn kemarahan dan arogansi, here Yazza, penuh dengan penyesalan dan kesedihan ?

    Bicara soal Dewi yg penuh kasih, bikin saya teringat dgn Dewi Calamara ?

  191. Ternyata ada campur tangan seorang dewi , pantesan ga dรฌ endus keberadaan minerva :KAGEET
    Emang asaka ga tau klo ada dewi yg lagi ngelindungi tuch anak, dia kan punya bejana takdir yg bisa ngeliat apa aza :bebekmikirkeras
    Klo minerva ga ditemuin ampe umur 14 tahun gagal dong usaha yazza selama ini, terus hukumannya bakal diperpanjang :kehilangan

  192. lulu nita wijaya menulis:

    Apa inin dewi suruhan asaka yah :ragunih

  193. Kenapa harus yazza… why??
    Yazza get away from your darkness palace and searching her …

  194. :TERHARUBIRU Yazzaaa.. Kenapa nasibmu begitu malang nak?

  195. Hujanringan menulis:

    Penasaran bgt sama kelanjutannyaaaa. Penasaran deh ibinya minerva itu dewi apa? Buat apa di utus?

  196. YAZZAKUUUUUU ??? :PEDIHH :dragonbaper :anakayamnangis

  197. putry iswari menulis:

    Aku, bingung … Kalo menduga” nanti salah lagi.. Lebih baik menunggu dengan sabar kelanjutannya, ? :wowkerensekali

  198. Gk sabat nungguin yazza galau antara memilih cinta atau mematahkan kutukannya :ngetawain :owlcerahceria

  199. :dragoncubit :sangatterpesona :dragonmuach :anakayamdot

  200. rafikaptri08 menulis:

    Penasarann kira2 siapa dewinyaa :TERHARUBIRU

  201. Wuih Wuih ada dewi cinta . :NGEBETT

  202. nisafit1709 menulis:

    Waaah Dewi Cinta sapa ya kira2? :ragunih Kasian jd Yazza :nangisgulinggulingan

  203. deajuwitaputri menulis:

    Wooaaah pantesan ga ketemu2 :ngambeknih

  204. aleanadark menulis:

    Eh dewi cinta :ragunih widih :YUHUIII jangan-jangan tugas sang dewi cinta itu cuman hanya ngelindungi pasangan takdir yazza ga ada niat buruk :ngupildoeloe

    Bakalan seru nih ini ceritanya :BAAAAAA

    Makasih posting an nya :MAWARR

    Eh betewe adik asaka jadi dewi juga gak :ragunih terus kalo jadi dewi apa nih :KETAWAJAHADD

  205. Vionakeith menulis:

    Aku ga bsbbayangin kalaupun minerva capaibusia 14 yg terjadi apa??? Katanya minerva penyebab kehancuran amytsis ya?trus klopun minerva nnti berhasilndibunuh yazza.. Yazza jomblo donnkk T.T

    Ga sabar liatbyazza interaksi sm minerva ho8 waktunya 5 tahun lagi…

  206. Duhh kasian yazza kalau ga bisa nemuin…jadi ibunya meninggal toh sebenarnya
    Apa yg akan terjadi yaa kalau sampe 14th terlewati

  207. FitriErmawati menulis:

    :dragonmikirdulu :dragonmikirdulu :dragonmikirdulu :dragonmikirdulu

  208. Loh kok ada Dewi lain yang ikut campur? Ini engga menentang Asaka ya? :ihkokgitu

  209. :MAWARR

  210. feny gita f menulis:

    :bebeksuram

  211. Jangan2 si dewi itu ibu na Asaka :ragunih :ngupildoeloe

  212. :NGEBETT :MAWARR

  213. Dan Dewi siapakah ini yang baru hadir?

  214. Dewi ??
    Kenapa dewi itu gak tahu kalo minerva bakalan jadi penghancur dunia amethys ??

  215. Si dewi dg rambut berkilauan, kayak calamara yaaa

  216. de_Queenshera menulis:

    Dewi Cinta ?Adik Asaka? Putri AzhuraKhan & Armenia? Soulmate Yazza?? :tepuk2tangan

  217. :dragonnyari kasian bang yazza kelelahan nyari 9 tahun trnyata disembunyikan sama dewi cinta. :gakbisadiginiin Siapakah dewi cinta ini?? Adiknya Asaka kah?? :sangatterpesona

  218. Narnia_Kim menulis:

    wah, wah apa yg bakaan terjadi kalo sampe minerva selamat sampe di umur 14 thn??? :dragonmikirdulu dan siapa dewi yg menjaga minerva itu??? aku sempat mengira dia dewi calamara atau renkarnasinya

    terima kasih bt updatenya, tetap semangat dan selalu sehat Tim Saira Akira :sopan :tebarbunga

  219. Misslenanur menulis:

    Pasti cantik deh minerva , hmm kira2 siapa yah Sang Dewi nya? Takdir apa yang Asaka berikan buat Yazza yahh, mudah2n Minerva jadi pasangannya yahhh , soalnya Asaka waktu itu kayaknya sedih banget pas ngejatuhin hukuman buat Yazza,,,, yahhhh bakalan libur panjang deh update an nya berhubung lebaran. Semoga sehat selalu ya authors , biar cepat update lagiiiii

  220. yang nyamar jadi dayana itu adiknya asaka, haduhh kasian banget si Yazza, pokoknya harus bahagia banget dia di akhir cerita

  221. Dewinya itu siapa? Apakah sama seperti yg dipikirkan yazza klo dewi itu pnya dendam sma yazza

  222. Kapan gue jga punya dewi cinta?? :PATAHHATI

  223. Dewi mana yang berusaha menghalangi Yazza? Ia berarti tahu mengenai tugas Yazza sebagai Sang Penuai. Dan mengapa ia baru bertindak saat mencapai anak ke seratus?
    Cerita yang sangat menarik. Terima kasih Team PSA! Fighting!

  224. kasian sekali yazza :nangisgulinggulingan

  225. cerita satu ini makin buat aku penasaran aja sih :tidakks! :nangisgulinggulingan

  226. Kangen asaka…..
    Senyum pas baca kars ulthor yang berantem sama dewi slimiba.
    Dewi cinta yang jadi ibunya minerva walah… makin mblibet

  227. Ratih Dewi menulis:

    Kars Ulthor rupanya tipe tipe suami takut istri uppsss sayang istri maksudnya,,, wkwkwkwk :dragonngakak :NGAKAK ,

    Yazza kesian juga kalo begini,,, kalo jodohnya dibunuh terus abis dong stoknya, 100 itu stok jodoh terbanyak yang pernah ku tau :bebekberkibar

  228. Wah jadi ada dewi yang nglindungin ‘si anak ke 100’? Keren! Makin susah aja tugas Yazza :tepuk2tangan

    Yazza nasibnya ngenes amat yak. Udah pasangannya dibunuh terus sama dia, sekarang lagi dipersulit waktu hukumannya mau selesai. Nggak tega bacanya :PEDIHH

    Eh, Asaka punya adik? Wah perempuan lagi. Penasaran jadinya. Efek gagal move on sama Azhura :nangisgulinggulingan

    Tetep semangat berkarya yaa.. Ditunggu kelanjutannya~

  229. Dewiiiii ini dewii apa… masaaa ga denegerrr asaka ya…
    :MARAHNANGIS :menyerah
    Kasian yazza…

  230. Kenapa sih minerva itu dibilang penghancur dunia amethys :ngambeknih … Jadi tambah greget nunggu Minerva udh gede trus ketemu Yazza :tepuk2tangan :LOONCAT

  231. :anakayamnangis :GAPAPAKOK

  232. :GOOOAWAY

  233. yuni_changjo menulis:

    Penasaran2 nih sama si dewinya :dragonnyari :dragonmikirdulu

  234. Ah kasian Yazza, nasibnya ngenes amat :nangisgulinggulingan

  235. waaahh..waaahh..waaahhhh……. ceritanyaaa mengaaagummkaaannn..selalu ada aja yang bikin diriku takjub..waaaaaaaaaaaaaahhh.. :inlovebabe :tepuk2tangan

  236. Tks ya kak udh update. Mkngkinkah dewi ini dewi yg tempo hr dibunuh sama azzura saudara kmbarny yazza. Klo yazza gak berhasil bunuh minerva apa yg bkln tjd di dunia para dewa jd pnasaran d

  237. tesalonika78 menulis:

    Jangan2 dewi itu adeknya asaka yang ditugasin dia, apa asaka punya rencana?…
    Love Team PSA ???

  238. Siapa ya Dewi nya? Trs dia dapet tugas buat jaga Minerva dari siapa ya? Kepoooo…

  239. ReniPuji_14 menulis:

    kira kira siapa dewi cintanya yah? sungguh penasaran

  240. Dewi cinta siapa ya :ragunih
    Kasihan yazza :MARAHNANGIS

  241. PrivateReaders menulis:

    siapa ya dewi ini? penasaran deh.. kenapa sih cerita2 disini selalu sukses bikin penasaran..

  242. Scaroline07_ menulis:

    Kok ngga ada pemberitahuan yah??
    Jadi yang melindungi minerva itu dewi Cinta yah?? Ah makin kepo ini mah :TERHARUBIRU :TERHARUBIRU

  243. Yang jadi pasangan yazza itu sang Dewi atau tuh anak ya. Kasian benersih yazza

  244. bluemoontears menulis:

    Curigaa….. Jangan2 dew itu armenia lohhhh ???? kalo gtu tugas yazza kyknya bakal gagal krn di tutupi sama si dewi ? tp takdir kejam bgt… Bingung mau dukung yazza berhasil atau ga berhasil ??

  245. ratushayle menulis:

    Asaka tau gak ya sama si dwi ini.. Kasian banget yazza.. Udah 9 tahunnn :(

  246. maygivandra menulis:

    Thank youuuuuu
    Really get the different things in every part. Suka sama situasi yg dibangun.
    Sama kayak vitamins lain, juga penasaran siapa yg ngelindungi minerva. Huhu bakalan jadi perang batin yazza…
    Must be anticipated for the next part… kurang lima tahun lagi. Please itu sebentar buat yazza. Good luck yazza

  247. indah_stephanie menulis:

    Dewi siapa yg melindungi Minerva??
    Yg pastinya bukan termasuk dewa dewi utama kan yaa???
    Aduhh…penasaran…
    Semangat yaa bwt Team ProjectSA,,selalu kami tunggu karya2mu ?

  248. Valentin_Sky menulis:

    :TERHARUBIRU :TERHARUBIRU :TERHARUBIRU
    nasib yazza kok gini banget yah.
    jadi, ga yakin nih sm asaka, jgn2 sm kayak kakeknya :CURIGAH

  249. yaampun yazza kasian banget

  250. Aryu Luthfia Hafizha menulis:

    Aaaa dewi siapaaa?????? Dan kenapa melindungi miverna dari yazza???

  251. :blackpukpuk malang nian nasib mu yazza..yazza..

  252. Kasian yazza. Terkecoh sampe saat ini karna ulah sang dewi penyamar??

  253. yudithtadamo13 menulis:

    Gak terasa Asaka umurnya udah jd ratusan

  254. RatuaFrita menulis:

    : :superhero

  255. Amelia syhab menulis:

    :semangatyangmembara kesel sama yazzaaaaaa masih ngincer ajja

  256. Semangat Yazza.. Demi kebebaasan :ELUSELUS

  257. :PANDAELUS hadewwww…. kesian Yazza… pasangan takdirnya harus terbunuh ditangannya… poor Yazza

  258. aku kok curiga yah jangan-jangan aska akan jatuh cinta juga pada minerva dan sejarah berulang kembali pasangan takdir yazza

  259. Nggak tega sama Yazza :PATAHHATI

  260. SeraYukiko menulis:

    Sedih sama jalan kehidupannya yazza… :PEDIHH mudah.mudahan ada hal yang baik untuk yazza setelah kutukan ini.. :peluksabahat

  261. uuh yazza..

  262. :MARAHNANGIS :MARAHNANGIS :MARAHNANGIS :MARAHNANGIS

  263. Yazza kena mulu ya ? Jodohnya Yazza kalo nggak diambil orang ya harus dibunuh … Sedih :PATAHHATI

  264. MellaVictoryAri08 menulis:

    Dewi sialan itu siapa sihh tega amat sama bang yaza duh ga kasian apa dia muter muter nyari tu anak ck KZL :semangatyangmembara :owlemosi

  265. :peluksabahat poor yazza

  266. Hihh kak ayoo lanjuttt!!!:v gak sabar nihh:”(

  267. Aku berharap yazza bsa bahagia dgn minerva…. takdir berikan kebahagiaan untuk mereka…. pleaseeeee…..#alay :BAAAAAA

  268. hadeh tuh dewi siapa lagi yg ikut campur ??? aturan kan hukuman yazza selesai tuh tinggal 1 nyawa lagi

  269. indah susilowati86 menulis:

    :ragunih apa jangan2 sang dewi suka sama yazza jadi pgn minerva ga ketahuan kl dia kelak mjd jodoh yazza dan berusaha spy minerva hny jadi manusia biasa saat usia 15

  270. Cellacecilliya menulis:

    Masih bingung sebenarnya. Kenapa Yazza harus bunuh pasangan takdirnya? Trus kenapa dewi itu bersikeras buat lindungin anak itu. Sebenarnya apa takdir Yazza yang diliat sama Asaka?

  271. Miris nian nasibmu yazza..

  272. Kasian bgt yazza…Knp jodohnya kali ini mw harus d bunuh??Law membawa bencana…Knp ada Dewi yg mau melindungi??Dan itu Dewi siapa??

  273. Masih banyak pertanyaan dan teka-teki bermunculan, tp itu dimaklumi krn ini masih part awal.. Hihi.. Semangat buat authornya ya :)

  274. Kayanya gue harus rampungin AB dulu biar kagak plonga-plongo baca ini cerita.
    Kan kan… Si ibu itu meninggal trus dirawat sama dayana eh Dewi. Dewi? Dewi apa?? Serius deh ini cerita yang paling ku tunggu ?

    Eh iya kak, thanks ya buat playlist yang keren2 itu. Tambahan buat my playlist di hp ??

  275. chosunghyun menulis:

    Wah ap motiv si dewi melindungi minerva y..

  276. Minerva kan lahir dgn membawa takdir menghancurkan dunia Amesty.. lah kok ada Dewi yg melindungi dia sih?
    Secara tidk lngsung kalo dipikir-pikit minerva inu lahir sbg musuh kan, bahkan Asaka aja nyuruh Yazza untuk membunuhnya.. tp ini malah dilindungi oleh seorang Dewi.. dewi cinta ini kayaknya ya ?? fix tim psa selalu bikin penasaran… waiting for u mas Yazza..

  277. Minerva kan lahir dgn membawa takdir menghancurkan dunia Ametyst.. lah kok ada Dewi yg melindungi dia sih?
    Secara tidk lngsung kalo dipikir-pikit minerva inu lahir sbg musuh kan, bahkan Asaka aja nyuruh Yazza untuk membunuhnya.. tp ini malah dilindungi oleh seorang Dewi.. dewi cinta ini kayaknya ya ?? fix tim psa selalu bikin penasaran… waiting for u mas Yazza..

  278. Bencana nya apa ya klo sampai minerva dewasa? ?

  279. @yosimutiara menulis:

    Mau jodoh aja, di nasib’in terus bang. Kasian :’3

  280. @vitta_padang menulis:

    ^_^

  281. Juniar Karenina menulis:

    Itu dewi jangan2 ada urusan sana Yazza???

  282. Ai Erlinawati menulis:

    Nah lho itu Dewi apa??

  283. Ai Erlinawati menulis:

    Menurut perhitungan saya usia Asaka sekitar 120 tahun ya?

  284. Owh ternyata

  285. yazaa kasihann

  286. Agnes_Sugianto menulis:

    Nah, terus tuh dewi siapa?? Apa coba urusannya sama Yazza??

  287. Poor Yazza??

  288. Siapa njir ini Dewinya. Kok jadi kepo ya:’) penasaran kok nih Dewi ikut campur. Terus Dewi cinta lagi?

  289. Itu dewi siapa?? Kenapa anaknya disembunyiin? Kalo misalkan yazza gagal gmna?

  290. Dewi??? Dewi yg menaungi Cinta??? ?? what?! Apa maksudnya ini??
    Kalo dia seorang Dewi ada kemungkinan Asaka tau dong ya soal ini??
    Duhduh.. Kok jadi shock gini ya

  291. jangan-jangan itu Pozuda? atau… Dadilja?

  292. Ningsih Yuji menulis:

    Duh! Azhura’s Bride belum selesai dibaca, hati ku langsung teralihkan oleh Yazza. Maafkan hati ku ini Azhura ??

  293. kazuya_yukino menulis:

    Apes banget hidup lu kayaknya yazza :PATAHHATI :PATAHHATI

  294. Poor yazza :PATAHHATI :PATAHHATI

  295. GiadoreFunia menulis:

    Dewi cinta ini. Bukan dewa dewi utama ya..

  296. Dewi siapakah itu? Aku curiga begitu besar, Minerva dan Yazza ketemu dan saling jatuh cinta. Bisa jadi #sotoy :BAAAAAA

  297. Kakakkkk. .. part selanjutnya kok gak bs dibuka yaa ?

  298. shania_chand menulis:

    Pantesan yazza gk bisa nemuin yg ke-100..
    Kasuhan sama yazza kalau hukumannya gagal :AKUGAKTERIMA :AKUGAKTERIMA :AKUGAKTERIMA

  299. Dewi APA lagi tuh?

  300. :CURIGAH

  301. Mutia Azzahrah menulis:

    :MARAHNANGIS :dragonbaper :blackpukpuk sabar ya yazza jodoh mu pasti ada kok/? Ganyambung wakaka

  302. Nanti yazza ketemu sama Minerva, saling jatuh cinta tanpa tau kalo yazza harusnya ngebunuh Minerva, terus suatu ketika ketauan yazza gak tega menuai nyawanya/marah…

    Biarkan sy menduga2 :NABRAKKACA

    1. Ayo kita mengarang bebas

  303. Namanya bagusss Minerva
    Entah kenapa Minerva ini digambarkannya cantik banget menurutku :inlovebabe

    1. Safliza Murdani menulis:

      Seperti putri eropa ya

  304. Greget sama ceritanya…..??

  305. Penasaran siapa Dewi yang lagi nyamar jadi ibunya Minerva… :CURIGAH

  306. NrlAzzhPtr menulis:

    Yazza jangan tega2 yaa

  307. Itu yang nyamar jd ibunya, dewi siapa ya penasaran dah wkwk.
    Bang Yazza, selo aja ya entar bunuhnya kalo ketauan siapa anak yg ke-100 ini.
    Sedih gua sama takdir Yazza. Kalo kalian tdk bisa bersatu gua rela jd pasangan takdir Yazza wkwk :dragonmintacium :dragonhihihi

  308. Minerva tergambar sebagai anak yg cantik di sini??

  309. nickywanty menulis:

    Jangan2 minervalah jodohnya yazza :DOR!

    1. Kamu benar. Door

  310. Rafika Nurfitriani menulis:

    Aku jadi kesian sama abng Yazza.. ya kali kayak susah bener ya buat ngilanging kutukannya. Aku jadi gak tega :PATAHHATI

  311. fitriartemisia menulis:

    Yazza dipersulit banget ya kayaknya huhuhuhu kasiaaaaaaaaan :PATAHHATI

  312. shinahra88 menulis:

    Kasihan Yazza… takdir jodohx selalu sulit…

  313. kharollinaarma menulis:

    Jangan2 yg nyembunyiin Minierva intu Dewi Cinta atau Jodoh…hehehe…kasian banget Yazza kayanya penderitaan dia ga ada habisnya…Dewa2 yg lain sdh bahagia dia masih terbelenggu kutukan… :blackbosan

  314. Wah ,, ini mungkin dewanya gk suka ni sm yazza yg mau bahagia, kasian si yazzanya …
    Tpi aku ykin deh minrrva kelak akan jdi kutukan sekligus kbhagaanx si yazza …

  315. Oh ada batas waktunya?kasian Yazza kalo ga bisa dapet anak yang keseratus atuh la wkwk.

    Minerva kan artinya dewi kecantikan, pasti cantik bangey atuh laโค

    Trus apakah minerva anak yang keseratus?

  316. seneng banget ternyata author ngelanjutin yeyyyyy , tapi kasian sama yazza penderitaan nya belum berakhir thor km tega sekaliiii a:nangisgulinggulingan

  317. ternyata ank yang ke 100 itu dilindungi seorang dewi. pantes aja yazza sulit menemukannya

  318. Adududu ?
    Makin penasaran gimana selanjutnya si yazza ini?
    Semoga cepet2 ketemu ama Minerva yaa?

  319. ndhindhut88 menulis:

    ko aku jadi kasihan sama yazza ya.. kenapa gak bisa bahagia sekali aja sih.. huhuhuhu

  320. Suka :NGEBETT

  321. Siti Nurwulan Purnamasari menulis:

    Minerva untuk yazza,dan yazza untukminerva?mungkinkah sang takdir yg meminta dewi tsb melindungi minerva ? Untuk kebahagiaan yazza suatu hari nanti.. Karena percayalah takdir tidak akan sejahat itu..mungkin prosesnya menyakitkan tapi bukankah hasilnya akan sepadan ?

  322. astagahh.. merindingkan inii.. surprise bgt di part ini. gk nyangka kalau sang dayana itu dewi dan gantiin ibu kandungnya nya minerva.? tdi mau nanyak juga sih soal mantra nya, kok bisa tau, apa di kasih tau sang dayana.? eh rupanya sang dayana itu sendiri pantes lah bisa tau mantra2nya.. :bebekmikirkeras :bebekmikirkeras

  323. Gatau kenapa aku ngerasa bakal brrderai air mataa pas nanti baca setiap part2nya :PATAHHATI

  324. :PATAHHATI :LARIDEMIHIDUP

  325. Pyazza kau pasti happy ending #eeh :PATAHHATI

  326. Ayu permatasari menulis:

    Dewi’y baik bgt, bersyukur buat Minerva selamat dri yazza :YUHUIII :YUHUIII

  327. Anita Nitnot menulis:

    Dewi cinta kasian yazza dunk please jangan buat yazza menderita lagj

  328. Minerva,,,,
    Kira2 siapa y dewi itu

  329. Uww yazza kasian bet daahh

  330. nananafisah184 menulis:

    Yazza yang sabar menjalani takdirmu ini ya nak, semua akan indah pada waktunya :peluksabahat
    Siapa dewi yang nyamar ituu?? :dragonmikirdulu

  331. OMAYGAD IMAGINE DRAGONS FAK :NGEBETT . Walking the wire lagu fav gue era ini slain thunder :TERHARUBIRU . njay gue lbh excited ke lagu nya dulu drpd ke ceritanya wkwkw. Maapkan aku :GERAAH

  332. cerita ini menarik bangetttt :NGEBETT
    engga paham lagi gimana author bisa bikin cerita yang semuanya bagus kek ginii, jenius!! :wowkerensekali

  333. Sabar yazza krn sepertinya takdir ingin bermain2 dgnmu.. :eluskesayangan :dengerinmusikdulu

  334. hmm penasaran dewi apa ibunya minerva ?

  335. Yaelah kiraain emang emaknya rupanya dewi toh
    Kasihan dirimu bang Yazza uda sama aku aja yuk nikahnya :sangatterpesona

  336. jangan2 ini dewi armenia karena yang tau cerita tentang jodoh yazza kan cuma ibunda alam semesta.. mgkn untuk yg kedua kalinya mereka ingin menjungkirbalikkan takdir.. hmmm gk sabar baca full nya.. semangat author lanjut terus ceritanya.. ???

  337. bang yazza, nasib mu sedih bngt semoga di cerita ini bsa bahagia :PATAHHATI :dragonbaper :blackpukpuk

  338. Syafriska Amelia Nst menulis:

    kok gak ada henti2 ny y pederitaan Yazza…
    sabar y Bang.. :PATAHHATI

  339. Kok takdirnya Yazza sedih trus :AKUGAKTERIMA

  340. Wah.. Jangan2 si minerva ini adeknya si asaka? Dan dewi cinta itu si armenia? Kan dari awal belum ada penjelasan mau jadi dewi apa itu si armenia setelah sisi manusianya diambil.. Wkwk

    Btw thor.. Saya awalnya malah ngira kalau si minerva itu di besarin dan di lindungin sama penyihir.. Wkwk.. Kan serba hitam dan ada ritualnya.. Wkwk :dragonhihihi :dragonmintacium

  341. :ngemilbesar

  342. aninagustina menulis:

    Kapan takdir yazza bisa jd bahagia?

    Salut buat author yg punya ide ceria sekeren ini.. semangat terus kak..

  343. Usagichan Kawaii menulis:

    Kayaknya bakal lm nih nunggu lanjutannya… :BAAAAAA

  344. Lely Damayanti menulis:

    Pantesan Minerva susah dicari :CURIGAH
    Siapa ya sang dewi itu??? :ragunih :ngambeknih :gakrela

  345. penasarannnnnnn siapakah Dewi ini…..

  346. Ksian yazza

  347. Pantesan kali ini yazza susah nemuin jodohnya..rupanya dilindungin seorang dewi..

  348. Pantes susah buat Yazza buat nemuin anak keseratus orng dia dilindungi ma seorang dewi. Aku penasaran gimana anak sepolos ini bisa ngancurin dunia :khu..khu…

  349. Kasian Yazza takdir msh blm berpihak sama dia :berkacakaca :aw..aw

    1. Kapan kah dia akan bahagia

  350. Sinta Setiawati menulis:

    Pantesan, yazza ga bisa menemukan anak yang ke-100..aduh, ni dewi, ga sadar apa ulahnya berusaha merubah takdir akan merubah yang lainnya juga?

  351. Airaqyoung1215 menulis:

    Huuuhhhh kok kesel…
    Kasihan yazza dong….. :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi
    Kutukannya nggak selesai2

  352. faridahnoor menulis:

    Kapan yazza bahagia :nangiskeras :nangiskeras :nangiskeras

    1. Pasti dia akan bahagia juga

  353. AimeeCho838 menulis:

    Ini yg jadi ibunya Minerva Dewi apa ya?

  354. Dan dewi siapakah ini? Membuat aku lpnasaran

  355. Dhian Sarahwati menulis:

    Taqdir seolah mempermainkankan yazza..seorang Dewi???hmm…siapa ya??apa yg d lakukan Dewi semoga tidak berimbas k kehancuran ametyst

  356. Rahayu Astri menulis:

    :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi kasian yazzanya…

  357. Kisa Tazza next

  358. :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi yang yang :lovely

  359. petak umpet versi para dewa

  360. ohhh takdirrr

    1. Akhirnya yazza ketemu takdirnya

  361. Dewi siapa?
    Dewi cintakah?
    Tp dewix hbt membuat ramuan ya.
    Jd mkin penasaran

  362. inenurhidayati menulis:

    penasaran ini dewi siapa :lovely

  363. Ayo cepad dimulaiiii

  364. Hampir aja ngira klo disini ada soft lens yg nutup warna mata. Ternyata dr kekuatan dewi :NGAKAKGILAA

    1. Zaman dulu gak ada soft len

  365. Masi hiatus juga yazza :lovely

    1. Udah comback

  366. Antika Hadinata menulis:

    :lovely

  367. Aku masih nunggu cerita ini

    1. Kucing Cantik menulis:

      Cerita ini keren ya

  368. Fatimahst. menulis:

    :sebarcinta :sebarcinta

  369. Dewi.. O.. O.. O.. Siapa dia?

  370. PutriPrimasari menulis:

    :grrr

  371. Oh takdir

    1. Kalau udah takdir ya

  372. Jayaning Sila Astuti menulis:

    awal kisah yazza dan minerva..

  373. FuntasticSentences01 menulis:

    Manseee

  374. Jejak

  375. dewantilaraswaty menulis:

    :habisakal :habisakal :habisakal :habisakal :habisakal :habisakal

  376. Senang yazza kembali

  377. Love sama cerita ini

  378. Minerva

  379. Siapakah dewi itu?

  380. Kayak permainan petak umpet… :happy

  381. Kinanti_Latupary menulis:

    Yazza juga nanti bakalan ngerasain yang namanya kekuatan cinta itu, kalo nanti udah ketemu sama pasangannya :haisalamkenal :awaskubalasnanti :NGAKAKGILAA :gaksabar , hmm, dewi siapa itu ya? :NGAKAKGILAA :NGAKAKGILAA

  382. Yazza minerva luv

  383. Hee emmm
    Ternyata

  384. ๐ŸŒปSERAFINA MOON LIGT๐ŸŒ™โค๐Ÿ’ก menulis:

    Baca ulang ,krna saking lama nya hiatussss…..
    Di gambaran imajinasi ku minerva kecil tuh udh kaya Rada yg di film little krisna :NGAKAKGILAA

  385. Yayuk Winarsih menulis:

    Gemessssss…..

  386. Awal aja udah penasaran

  387. Huaaa ditunggu tunguu

  388. Itanur Cahyati menulis:

    Paling suka baca part kaya dlu hehehehe thanks psa

  389. Bagussss banget.. tapi kasian sama Yazza…

  390. Susunan katanyaaaa baguss

    1. Wah…ternyata minerva dilindungi oleh seorang dewi.
      Dewi apakah itu? Apakah dewi perdamaian penggamti calamara?

  391. Mulai 1

  392. Dewi???

  393. Blainnn

    1. penghuni bumi menulis:

      Ini zaman nya masih jadul bgt ya ??? Pdhl kan usia asaka udh beratus2 tahun, bgt pula kli ini tugas yazza untuk membunuh dia yg ke 100kali nya, tp zaman nya belum modern โ€ฆ

  394. Cornelia Agustin menulis:

    Atas perintah siapa ya buat lindungi minerva…

  395. Diah Wardani menulis:

    :lovelove :lovelove

  396. purpergirllovers menulis:

    Setelah beberapa purnama berlalu akhirnya ada mood ngintip si yazza :lovelove

  397. adhe kurnia menulis:

    lama gak update sampai mana udh Baca jadi lupa :aw..aw

    1. Baca ulang lgi ka.. Ka bosen kok :lovelove

  398. Lanjut ke Yazza..

  399. penghuni bumi menulis:

    Ok mulai baca

  400. Arfridayusa Dianni menulis:

    :backstab

  401. AyukWulandari2 menulis:

    Ternyata :wowtakkusangka
    Pantes yazza gak bisa nemuin minerva

  402. Penasaran nggak sehhg :berikamiadegankiss!