Vitamins Blog

CRAZY MARRIAGE

Bookmark

No account yet? Register

500 votes, average: 1,00 out of 1 (500 votes, average: 1,00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...

Loading…

NAFAS x 1

xxx


 

 

Aku duduk diam dengan orang-orang yang keluar masuk dari dalam rumahku. Suara ramai mereka malah seperti kesunyian bagiku. Lirih-lirih, Ayah memanggil nama ibu sembari tangannya menepuk pelan pipi ibu. Dia terkulai tak sadarkan diri di atas sofa ruang tamu.

“Buk… Buk…” Ayah masih berusaha menyadarkan ibu. “Bangun, buk!”

Kepalaku bergerak pelan ke arah Ibu. Ibu sudah sadarkan diri meski matanya masih terpejam dan isak tangisnya yang menguar. Genggaman ayah semakin erat tatkala ibu semakin histeris lagi. “Buk, uwes toh (sudah dong)!” ayah masih mencoba menenangkannya.

“Pak…”

Wis (sudah), buk.” Ayah menggusap lembut tangan ibu.

“Gimana bayar kuade ama teropnya (Tenda pernikahan)?” tanya ibu.

Iku dipikir mene ae (itu dipikir nanti saja), buk.” jawab Bapak.

Ora isok (gak bisa), pak!”

“Biar Rin yang bayar semuanya, pak, buk.” sahutku dan mereka berdua menatapku horor.

Ibu pesen seng apik-apik, nduk.” ujar Ibu sanksi padaku.

“Emang Rin gak punya tabungan apa? Rin punya, buk. Lagian ngapain ibu pesen yang mewah-mewah? Dari awal kan Rin bilang yang sederhana aja, gak usah neko-neko (aneh-aneh).” semprotku dan ibu kembali terisak dengan apa yang barusan terjadi.

Ya, aku batal kawin. Ririn Haryani gagal kawin. Calon suaminya gak dateng di hari H-nya. Gila? Bukan cuman gila, tapi stres calon suamiku. Gimana engga? Sodara dari jauh udah pada dateng. Geng menye-menye ibu juga dateng. Temen-temen masa bekicot juga pada dateng. Parahnya lagi, aku udah make baju pengantin putih yang aku pesen dua bulan lalu itu, aku rela nahan sesak gara-gara kesempitan ini juga udah sia-sia.

“Ibu gak mau keluar selama setaun pokoknya.” gerutu ibu dengan isakan tangisnya.

“Mau jadi penghuni rumah abadi, buk? Yang masak sapa? Yang belanja sapa?” tanya Bapak.

“Suruh aja si Ririn.” jawab Ibu.

“Ririn kerja, buk.” jawabku tak terima.

“Makanya kalo nyari calon itu yang bener. Calon item kayak arang blangsat gitu mau aja. Nyari tuh yang putih ganteng, status jelas.” Ibu mulai ceramah karena kejadian ini. Aku yakin, dia bakal ngungkit ini selama beberapa tahun kalo ketahuan aku punya salah fatal gini nih..

“Mbak Rin!” Ilham datang dengan peluh memenuhi wajahnya yang putih. Aku menunggu dia bernafas teratur, “Rumahnya Mas Riko sepi kayak gak ada acara gawean (punya hajat).”

“Lo beneran udah ngecek? Gak salah rumah kan?” tanyaku tak percaya dengan apa yang dia katakan.

“Yaelah, Mbak. Lah ini? Sapa yang nulis nih alamat? Kuntilanak? Dedemit?” Ilham mulai nyolot dengan tangannya menyodorkan kertas yang bertuliskan alamat rumah Riko.

“Ini hapenya mati pula. Sumpah, kalo ketemu dia. Gua potong itu titit rowohnya.” geramku kesal, tanganku reflek meremas hapeku sendiri.

“Kurang serem lo, Mbak!” Aku langsung menatap tajam ke arah Ilham. “Ya, masa titit rowohnya doang yang jadi korban? Lah lo? Liat noh!” Dia menunjuk ke luar dimana tenda pernikahanku yang serba merah hati sudah terpasang dengan gagahnya, kuade pernikahanku yang harusnya jadi singgasanaku selama semalam juga sudah siap dengan cantiknya. “Minta ganti rugilah. Kateringan lo gimana? Sapa yang makan? Dibikin kenduren di masjid sebagai rasa syukur lo kaga nikahan ama cowo blangsat itu?” cerocos Ilham yang kembali membuatku lemas memikirkan semua biaya ini.

“Utang dong, Ham!” tangangku menyodor ke depannya.

“Gua kaga pake kutang. Pakenya kaosan.” sahut Ilham, kuhadiahi dia jejakan pada kaki kirinya.

“Sakit Mbak!” pekiknya kesal dan mengusap kakinya yang tepat mengenai tulang keringnya.

“Mulut lo disekolahin dulu sono!” ucapku dan menyandarkan tubuhku lemas pada sofa.

“Udeh ga disekolahin. Udeh lulus S1 malahan.” sahutnya dan menyambar aqua gelas yang tersusun piramid di atas meja. “Denger gak lagunya, Mbak?”

“Lagu apa?”

“Lagu kondangan lo. Biasanya aja lo muter lagu korea-an, noh lo batal nikah malahan di puterin lagu dangdut melow-melow.” ujar Ilham yang duduk di seberang sofaku.

“Taik lo!”

“Noh noh! Diputerin lagu melati dipelukan, mawar ditangan. Wah… berbakat tuh teknisi lagunya.” Ilham terpingkal-pingkal dengan kata-katanya.

“Eh, calon gua kaga selingkuh. Dia kabur aja.” belaku.

“Tetep aja. Dia kabur ama selingkuhannya.” sahut Ilham tak mau kalah juga. “Aduh!” pekiknya setelah aku melemparinya dengan aqua gelas.

“Diem kaga mulut lo?” ancamku.

“Gua kan ngomong kenyataan, Mbak. Lagian itu rumahnya si Riko aja sepi. Kabur jamaah kali.” ujarnya lagi.

“Ini anak beneran minta gua kaplok (pukul) ye!” kesalku.

“Yang gagal nikah kaga usah marah, jadi tua malah entar kaga payuh (laku).”

“Kampret!”

“Ham, wis nang (udah nak)!” Ayah buka suara dan akhirnya si mulut rombengan Ilham berhenti juga. Dia memilih menghabiskan suguhan yang ada di meja depannya.

“Gak usah sedih! Entar gua kenalin ama temen-temen gua. Tulis aja kriteria cowok idaman lo. Entar gua tempel di pintu ruang kerja gua, sapa tau ada yang daftar buat jadi calon imam lo.” ujar Ilham yang membuatku panas ati lagi.

“Biar budhe yang nulis kriterianya.” sahut Ibu yang sudah duduk. “Dari jaman kuliah, mana pernah Ririn bawa cowok yang bener. Kalo kaga petakilan yo blangsat kayak gini.” Aku hanya diam mendengar hinaan ibu. Memang sih, dari jaman kuliah aku selalu ngenalin cowok yang gak masuk kriteria ibu alias masuk daftar blacklist-nya. Tapi kan yang penting bikin akunya nyaman. Toh, nantinya aku yang jalanin hidup bareng calon suami.

“Oke sip, Budhe!” Ilham mengacungkan jempolnya.

“Sialan lo!” makiku dan Ilham hanya memberiku tanda ‘peace’ dengan tangannya.

“Demi kebaikan lo! Gua kaga mau Mbak cantik gua jadi perawan tua ngenes.” sahutnya.

“Sialan lo ye!” Aku kembali melemparinya dengan gelas aqua. “Umur gua masih 25.”

“Tua kalo kriteria gua.”

“Emang gua sudi kawinan ama lo? Lo kan doyannya yang masih bauk kencuran.” makiku kesal.

“Kaga juga. Yang bauk asem kayak lo juga mau kok gua.” ujarnya.

“Ilham mau nikah sama Ririn? Sekarang?” tanya Ibu sumringah.

Rasanya kepalaku kayak di tembak senapan denger emak sendiri nanya gitu ke Ilham. Bukan gimana-gimana ya. Ilham ini udah kayak adek sendiri, meski bukan adek sih. Cuman sebatas temen main masa piyek dulu. Lagian selisih umur kita empat tahun. Ehhh, masa eyke nikah ama berodong? Yang ada jadi bahan bullyan temen-temen reuni yang paling parah sih, jadi bahan bullyan rekan guru-guru ngajar di sekolah.

“Ibu jangan ngaco deh!” sentakku.

“Ibu gak ngaco kok. Ibu seriusan. Gimana, Ham?” tanya Ibu yang menatap Ilham penuh pengharapan yang sangat sangat aku yakinin si Ilham pasti nolak mentah-mentah. Secara kan dia dari dulu doyan yang masih kencur-kencur.

“Sekarang, budhe?” tanya Ilham dengan muka sok polosnya. “Kan tadi rencananya Ilham jadi kembang mayang doang, lah sekarang naik level jadi calon pengantinnya.”

“Gak pa-pa. Kalo Ilham setuju, toh Ilham juga mapan. Keluarga jelas. Kalo Ilham setuju, Mama kamu tak telpon sekarang.” sahut Ibu.

“Ngegas banget, buk!” sindir Ayah yang sedari tadi diam saja dengan kelakuan kami semua.

“Ririn pasti dapet yang baik lagi buk dari si Riko blangsat itu.” ucapku optimis.

“Halah, entar juga batal nikah lagi, Ibu jadi penunggu kepetan babi lagi. Ogah.” sindir Ibu yang pas ngena relung hati dan jiwaku.

“Ibu gitu amat ama anak sendiri.” ucapku ngenes.

“Gimana, Ham? Mau kawin ama Ririn?” tanya Ibu lagi dan tak memperdulikan ngenesanku.

“Ibu!!!” pekikku kesal.

“Diem aja kamu!” sentak Ibu yang kembali membujuk Ilham.

“Hahaha… Ham kira becandaan, budhe.”

“Mana ada becandaan budhe ini. Mumpung kuade sama teropnya udah ada. Tinggal kawin aja. Surat-surat bisa nyusul entar.” ibu masih ngentol ngerayu Ilham. Ya Allah, emang gak selakunya aku di mata makhluk keturunan adam sampe emak sendiri nawar-nawarin gini?

“Mikir yang bener, Ham. Nikah itu bukan perkara gampang.” ayah mencoba memberinya wejangan.

“Betul.” sahutku menyetujui apa yang dikatakan ayah.

“Diem aja kamu, Rin!” sentak Ibu lagi. “Ham?”

“Iya, budhe. Ayo kawin!” jawab Ilham.

“Bukan kawin sama Budhe. Sama Ririn Haryani.” ucap Ibu yang membuat Ilham tertawa malu dengan ucapannya sendiri.

“Maksud Ham juga itu. Kawin sama Mbak Rin.”

“Bukan Mbak Rin tapi Ririn.” protes ibu lagi.

“Iya, budhe. Ilham Noor Syarief kawin sama Ririn Haryani.” ulangnya dengan menyebutkan nama terangnya dengan sangat jelas.

“Bagus. Budhe mau ngomongin dulu ke Mama kamu terus orang-orang budhe suruh siap-siap. Tiga jam lagi udah harus siap loh, Ham!” ujar Mama yang bangkit dari duduknya, dia tak lupa merampas hapeku.

“Lah? Ilham belum siapin apa-apa.” protes Ilham.

“Keburu sore, Ham. Udah make mas kawin sajadah sama duit di kantong celanamu juga gak pa-apa.” ujar Ibu.

Ilham merogoh saku celananya dan nyegir sok polos, “Cuman ada lima ribu, budhe.”

“Gak pa-pa.” sahut Ibu dan pergi ke belakang dengan sabotase ponselku.

“Gila lo!” makiku kesal padanya dan dia hanya nyengir kembali.

“Hahahaha… gua gak becanda ini.” sahutnya.

“Udha mikir masak-masak?” tanya Ayah bijaksana.

“Udah, Pakdhe eh Yah. Kan udah jadi calon mertua.” jawabnya.

Moso mikir’e mek pirang menit iku (masa mikirnya cuman beberapa menit aja)?” Ayah hanya menggelengkan kepala tak habis pikir dengan kelakuan Ilham. “Entar yang ada kamu’e malah kabur. Ririrn batal kawin lagi, Budhemu malah semaput(pingsan) seminggu iku.” ucap bapak dan terdengar tawa Ilham.

“Ilham seriusan ini, Pakdhe. Gak lagi becandaan pake main kabur-kaburan macam siti nurbaya.” ucap Ilham.

“Sengklek pala lo!” makiku lagi.

“Jangan gitu sama calon suami dek! Dosa loh!” godanya yang membuatku muak melihatnya. “Itu benerin riasan lo! Yang cantik buat malam pertamanya. Gua mau pulang dulu. Ganti baju.” ucapnya dan berpamitan pada Ayah untuk ijin pulang sebentar menyiapkan acara akad nikahan yang bakal diadain tiga jam lagi.

Sono lo pulang!” usirku dan Ilham hanya nyegir lagi dan lagi. Ya Allah, itu muka minta dibandem bata sumpah.

“Ayah ragu masa, mbak.” ucap Ayah lirih.

“Ibu aneh-aneh aja, pak.” sahutku.

“Lah kamu juga kenal ama cowok yang gak jelas terus.” Ayah sekarang yang nyalahin aku. Aku hanya terrduduk lemas kembali meratapi nasib kawinan hari ini. Bakal batal kawin kedua kalinya dalam sehari ga? Sumpah, aku gak yakin dengan omongan Ilham yang sengklek itu. Omongannya selama ini mana pernah sih bener? Bencanda mulu dan hari ini, ibu yang biasanya gak ngurusin apalagi percaya dengan omongan Ilham berubah jadi percaya. Aku tahu kalo omongannya tadi cuman guyonan nyidir-nyindir aku.

Sumpah dah kalo dalam sehari ini aku gagal kawin kedua kalinya. Gua kaga usah kawin aja. Jadi perawan tua kaga masalah, yang penting kelar hidupku. Kelar udah.

 

 

***

P.S

Ya Tuhan. Jelek ya? Komedinya kurang? Hmm… Sori. Mau nyoba diluar kemampuan sih, gagal atau engga itu urusan Tuhan saja lah. Saya cuman nyoba ke jalur lainnya. Hehehe… Happy Reading. Kalo banyak responnya, saya bakal lanjutin kok. Kekeke…

Thanks 😆

52 Komentar

  1. Mourina_Gardira menulis:

    Eh namanya Rin? Kok mirip Rina? Mana batal nikah lagi, kok ngenes amat yakk :wuakakakak ini genrenya komedi ya? Awalnya Rina gagal paham napa di suasana yang harusnya tegang, sedih dan mengharu biru malah jadi becanda-becanda nggak jelas gitu, oh taunya genre komedi, hihihi. Rina jarang baca genre ini, jadi nggak bisa komen banyak. Cuma karena bahasanya pakek lo gue yang bikin gagal fokus dan Rina bingung sepanjang baca jadi lucu yang coba disampaikan kurang nyampek ke Rina. Tapi tetep Rina apresiasi karena walau bagaimana kamu mau mencoba bikin cerita dan berani post disini, yang Rina sendiri nggak bisa lakuin. Semangat terus yaa.. :freya

    1. Terimakasih. Ini sebenarnya aku ambil dari kebiasaan keluarga aku kalo ngomong itu pake bahasa campuran Indo-Jawa. Jadi nyampur kayak gaddo-gado. Dan kenapa aku pake lo-gua bukan aku-kamu? Ini mereka udah deket loh, temen sejak ekcil, masa iya sih make aku-kamu kayak gak terlalu deket gitu kesannya. hehehe

  2. Ya Allah ngakak sumpah aq ka drtd, dasar keluarga Ririn sambleng semua Haha, ilham jg eror bin gendeng
    Aduhhhh bnran ngakak nih
    Tanggung jawab loh dikau ka, aq baca jam 1.38 nih, ngakak sndrian di kamar
    Oia, ini kan klrga jawa ya, dipercakapan ada lo lo ny, ya mungkin buat lbh komunikatif kli ya, tp kurang sreg aja gtu, kecuali keluarga Ririn dri Betawi, nahh pas dah klo gtu Hehe
    Plissss ka, ini dilanjut yak ampe Ririn nikah ama ilham, trs pny anak trs pny cucu jg
    Okeh ka okehh hihi
    Semangat ka

  3. LydiaMarcella_Putri menulis:

    Ceritanya somplak abis kakkk. ..bagus lho tata bahasanya tp mungkin cuma agak kurang in kata kasar nya..lanjut ya kak.aku sukaa

  4. Bahasanya kurang komunikatif. Udah Bagus qoq. Semangat kak. :LOONCAT

    1. kurang komunikatif maksudnya? :DOR!

  5. Art sukaaa lho ceritanya! Somplak, konyol, bikin ngakak sendiri. Wkwkwk? tapi ya itu, agak kurang srek pas baca bahasa jawanya kak..gimana kalau b.indo aja semua? Hehe?
    Art kira tadi si ilham itu adeknya, eh temen masa kecil. Toh. Dan yang nggak abis pikir, ternyata ilham yg gantiin nikah sama ririn wkwkwk??

    P.s ilham kayak nama temenku, mau nggak mau art kebayang wajah dia pas baca cerita ini :v

    1. jadi percobaan sukses nih? Ya gak bisa dibilang sukses sih, kan masih part 1.
      Hehehe… kenapa bahasa jawanya? Aneh ya? Itu pake bahasa jawa sehari-hari.

      Jangan dibayangin. Ilham ini lebih parah sablengnya loh. kekekeke :TERHARUBIRU

    2. Nggak aneh kok, cuma nggak srek aja. Hehehe ??

  6. Dalpahandayani menulis:

    Bagus cerita bikin ketawa
    Smangat lanjutnya yah

  7. Duh, ucul banget hihi.
    Ide ceritanya miris amat yak batal kawin. Kesian ririn *pukpukririn*

    Aneh sih emaknya ririn tiba-tiba nyuruh ilham nikah sama ririn, keluarga ilham lbh koplak lagi kalo ngebolehin, mana udh sore yakale penghulu mau dipanggil ulang, belom lg surat2ny, tamu-tamu kaget dong pengantinnya berubah. Kalo dibandingin sm batal kawin sih sama-sama bikin malu. Tp krn genrenya komedi jd lucu-lucu aja hihi.

    Semangat thoooorrr!

    1. the power of kepepet sih ya, mau gimana nyari aman-amannya biar gak tambah malu gitu.

  8. Btw kok bisa so Riko kabur? Aiihh penasaran, rajin-rajin update yeee thoorrr.

    Eh soal bahasa, di awal kirain keluarga jawa medok gitu, tp kykny tinggal di daerah yg biasa pake lo-gue yah. Gue suka sih ada bahasa daerahnya, jd lbh jelas latarnya. Terus di samping bahasa jawa ada translate-nya, jd buat yg nggapaham (kayak gue) bisa lngsng skip baca translation nya aja.

    1. Kenapa ya ?? Hahaha… gila yak. Si Arang blangsat udah hari H loh itu main kabur-kaburan segala. Kekekeke. :TERHARUBIRU

  9. RositaAmalani menulis:

    wakakak nggak bisa dibayangkan gimana rumah tangga mereka. Mana si Ilham slengekan pulak. Lanjutkann hihi :aaaKaboor cieee yg dapet berondong piyik :KETAWAJAHADD

  10. Bagus neh ceritanya buat lemesin pipi (hehehe)
    Lucu,suka yg komedi2 gini

    1. Pipi jadi lemes gegara kebanyakan ketawa? Wkwkwk

  11. Ekaputri anggadewi menulis:

    ini bagus looh.. lucu nya dapet
    semangat yaa :owljatuhcinta

  12. ya ampuunnn ini bener2 crazy marriege :NABRAKKACA :NABRAKKACA ayolohh ririn beneran nikan atau gk sama ilhamm?? aduhh kak muna penasar bangett nih, s

    1. Judul nya sangat sesuai buat kelakuan mereka ya Mun, wkwkwk

  13. Hahahaha… Lucu bgt nih. Lanjut… Lanjut… Jd penasaran kek gimana ntar ceritanya. Seru kayanya… Yok didukung yah biar ada lanjutannya… :TERHARUBIRU

    1. Yuk yuk mari kita dukung dengan klik lope lope di atas

  14. JessicaNathalya menulis:

    Ahaha lucuuuuu :dragonngakak
    Yang pas bahasa jawa nya aku gak paham.. hehe..
    Semangat kak!

    1. Ahhhh… Maap ya kalo beberapa gak aku kaiah terjemahannya. Hehehehe :TERHARUBIRU

  15. :NGAKAK aku ngakak baca nya… semua pemeran nya crazy2… :wuakakakak

  16. bagus…bikin ngakak ga abis-abis.
    versi suasana ngenes yang dibikin jadi versi bodor…
    keren…????

  17. kirain tadi si ilham ini adiknya rina wkwk ternyata temen ya, terus sekarang malah mau jadi suami :ngetawain
    tapi untunglah ada ilham, jadi ibunya ririn ga jadi tuh diem dirumah selama setahun wkwk ngakak nih bacanya, kocak banget :dargonngakak

    1. Kayak kata ilham, naik level dia. Hehehe…

      Hahaha… Gagal semedi setaun ibunya rin.

    2. wkwk iyaa kak :ngetawain

  18. bikin ngakak aja…

  19. Asik kocak kak. Monggo dilanjut lagi. Kayaknya bakal seru

  20. :HUAHAHAHAHA :HUAHAHAHAHA

  21. Lucu :HUAHAHAHAHA
    Tapi kadang pake ‘aku’ kadang pake ‘gue’ jadi ke bacanya aneh.

    1. Hahahaha… Maklumin… Ngoreksinya kurang teliti sebelum di post :AKUGAKTERIMA

  22. Hahhaha lucu bgt
    Ibunya ampe nawarin anak gadisnya githu , malu bgt klo jadi ririn
    Mudah2an beneran nikah ga batal lagi

    1. Iya kasian banget si Ririn pake disodori gituu

  23. Seru…lucunya dapet…smoga gak kyk Ririn deh, smpe d tawar2 gitu… :HUAHAHAHAHA

  24. Semangat kak.,bagus kok
    Selalu dukung pokokny?

  25. kok crazy marriage chp 2-3 kgk ada yah
    gw cari” kfk ketemu” T_T

  26. kok crazy marriage lngsung ke chp 4-5
    chp 2-3 kok kgk ada yah
    gw cari” kfk ketemu” T_T

  27. kok crazy marriage lngsung ke chp 4-5 yh
    chp 2-3 kok kgk ada yah
    gw cari” kfk ketemu” T_T

    1. Sama aku juga nyari ngk Nemu loh

  28. Lucu lucuuu ?
    Suka dah sama cerita nya. Hehehe.
    Semangat terus thor???

  29. Lucu bgt!!! Sampe ngakak gue ?

  30. Ibunya ngebet tu

  31. aduh lucu,,,
    untung gak diteriakin kunti tengah malam baca ini sambil cekikikan,,
    ha.ha.ha.ha.

  32. fitriartemisia menulis:

    wkwkwkkwk dialognya lucu :NGAKAK

  33. Wkwkwk lucu dialognya :HUAHAHAHAHA

  34. Wkwk,asli ngakak Mulu lah bacanya
    Duh Mak kasian bener anak ceweknya disodorin begono

    1. Ini banyak yang respon kok, ditunggu lanjutannya yah

  35. Ditunggu kelanjutannya

  36. Zaneta Sinaga menulis:

    Nicr

Tinggalkan Balasan