Vitamins Blog

Take Heart

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

 

 

Pesta itu berlangsung sangat meriah. Nadia Farick memastikan semua yang terbaik, tapi Zaffya lebih memilih menyendiri di balkon yang sepi. Ia sudah terlalu banyak memasang senyum palsu malam ini. Sudah cukup bosan mendengarkan segala macam pujian yang dilontarkan atas keberhasilan membuka cabang rumah sakit terbaru mereka di pulau seberang. Keberhasilan yang entah keberapa kali dalam setahun belakangan ini.

Selalu saja, hidupnya berjalan dengan amat sangat lancar. Kerajaan bisnis keluarga yang diturunkan pada Zaffya membuat dirinya memiliki segalanya, tapi anehnya, memiliki segalanya nyatanya membuat Zaffya tak cukup mampu menginginkan apa yang diangankan dalam hati. Di antara meriahnya pesta yang sedang berlanjut di belakang, ia tak merasakan secuil pun emosi yang mampu membuat bibir Zaffya bergerak membentuk sebuah senyuman. Senyuman yang tak bisa lagi dilengkungkan sejak beberapa tahun terakhir, kecuali senyum palsu yang selalu dipasang ketika media menyorot dirinya. Klasik, kisahnya seperti pemeran utama dalam drama-drama yang sering dimainkan di televisi yang ditonton oleh Vynno.

“Mama ingin bertemu denganmu.” Suara seorang pria yang berjalan menghampiri tak membuat Zaffya tertarik untuk menoleh. Ia tahu siapa pemilik suara itu bahkan tanpa memastikannya. Menyodorkan segelas sampanye padanya.

Zaffya menerima gelas itu dan menyesap sedikit. Ia butuh sesuatu yang lebih keras daripada ini. Setidaknya untuk merayakan keberhasilannya, bukan?

“Apakah pestanya begitu membosankan?”

Zaffya hanya mendesah kecil dan mengedikkan bahu sebagai jawaban ya atas pertanyaan itu. terlalu malas bahkan hanya untuk menjawab iya.

“Tahanlah sebentar lagi, mamaku hanya ingin bertemu denganmu lima menit.”

Zaffya menoleh. Menatap wajah tampan itu sambil memutar bola matanya bosan. Lima menit itu berarti lima jam jika mamanya Dewa yang mengajak bicara, karena ia tahu apa yang akan dibahas oleh wanita paruh baya itu.

Tentang pertunangan mereka yang masih saja tak menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih serius. Ia harus segera mengakhiri drama yang mereka mainkan secepatnya sebelum semua orang benar-benar mendesaknya dan ia benar-benar berakhir sebagai pendamping hidup pria ini.

Akan tetapi, bagaimana mungkin hubungan yang berjalan dengan sangat lancar dan baik-baik saja tanpa angin tanpa hujan tiba-tiba mendatangkan petir bagi siapa pun yang mendengarnya.

“Ayolah, hanya lima menit.” Dewa meraih pundak Zaffya dan membalikkan badan wanita itu. Membawanya kembali ke dalam hiruk pikuk pesta yang semakin ramai.

Zaffya tak punya pilihan selain menurut. Ia butuh cepat pulang, dan ia tahu ia tak akan bisa pulang tanpa menemui wanita paruh baya yang telah melahirkan tunangannya tersebut.

“Mama hanya ingin menyapa,” tambah Dewa lagi, “setelahnya aku akan mengantarmu pulang.”

“Berdoalah mamamu tak membahas sesuatu yang membuatku pergi di detik itu juga,” bisik Zaffya pelan. Sekalipun ada nada mengancam yang terselip di antara kalimatnya yang membuat Dewa tersenyum miris.

Zaffya tak pernah berubah. Sekalipun ia sudah berhasil mengikat wanita itu dengan pertunangan mereka, tapi ia tak pernah berhasil mengikat hati wanita itu. Mungkin tak akan pernah bisa.

***

“Ada apa lagi, Sat?” tanya Zaffya ketus pada asisten yang masih berdiri di depan mejanya. Beberapa berkas yang diminta tanda tangan oleh pria itu sudah ia tanda tangani. Lalu, sekarang ia butuh waktu untuk dirinya sendiri. Memikirkan pertunangannya dengan Dewa. Memikirkan scenario untuk mengakhiri pertunangan mereka dalam waktu dekat.

Sialan ….

Sejak tadi Zaffya tak bisa menenangkan hati dan pikirannya mengingat percakapan tadi malam yang sebenarnya sudah ia ketahui akan berakhir seperti apa. Sekalipun tidak secara gamblang mamanya Dewa dan mamanya yang menyuruh segera menentukan kapan tanggal pernikahan, ia tahu pembicaraan mereka mengarah ke sana. Menyudutkannya dengan Dewa untuk segera menikah.

“Tuan Rehardi ingin Anda memeriksa dokumen ini.” Satya menunjukkan map berwarna biru itu pada Zaffya. Meminta ijin sebelum meletakkan di meja. Wanita itu tidak suka dirinya meletakkan sembarang dokumen yang belum diketahui dengan pasti di atas meja kerja.

“Dokumen apa?” tanya Zaffya malas.

“Dokter yang akan bekerja di CMC ….”

Zaffya berdecak malas, memotong kalimat Satya sebelum berlanjut lebih panjang lagi, “Kenapa harus aku yang memeriksanya? Bukankah tanggung jawab rumah sakit urusan Vynno?”

“Tuan Rehardi hanya ingin Anda memeriksanya sekali lagi.”

“Kalau dia merasa bagus untuk CMC, kenapa aku harus repot-repot? Aku memberikannya pekerjaan bukan untuk merepotkanku,” gerutu Zaffya lagi. Tak memberikan isyarat apa pun agar Satya meletakkan berkas itu di atas meja.

“Tuan Rehardi pergi dengan tuan Sebastian ke Amerika untuk …”

“Aku sudah tahu.” Zaffya mengibaskan tangan malas. Tahu apa yang dilakukan kedua sahabatnya di sana. Meninggalkannya sendirian dengan permasalahan yang menumpuk, meskipun ia tak sepenuhnya kecewa. Ia sedang tidak membutuhkan kedua orang itu, tahu benar nasehat apa yang akan diberikan keduanya dengan permasalahan pelik yang sedang ia hadapi.

Mencoba menjalani apa yang ada di hadapannya, dan sayangnya hati Zaffya tidak semudah jalan pikiran mereka. Selalu memilih jalan yang lebih rumit. Tak peduli, jika hatinya berkata A maka ia akan melakukan A, dan jika hatinya berkata B maka ia akan melakukan B. Sudah cukup ia mengikuti sandiwara hidup selama ini.

“Kau periksa, apa yang diinginkan Vynno, kalau ada yang tidak beres terserah mau diapakan,” perintah Zaffya akhirnya.

Satya diam, menggerutu dalam hati sambil meletakkan kembali map biru itu bercampur dengan tumpukan berkas yang ada di pelukannya dan mengangguk patuh. Suasana hati bosnya sedang buruk dan dia tidak mau mencari gara-gara.

“Batalkan meeting siang ini dan atur jadwalnya kembali. Siang ini aku tidak ingin diganggu siapa pun,” tambah Zaffya lagi. Lalu menekan tombol di remote yang ada di atas meja untuk memburamkan kaca. Membatasi dirinya dari hiruk pikuk bawahannya di lantai yang sama.

Sekali lagi Satya mengangguk, lalu berbalik dan melangkah keluar.

Zaffya memutar kursi, menatap pemandangan kota melewati dinding kaca dengan desahan yang keras dan berat melewati kedua bibirnya. Ingin mengosongkan pikirannya sejenak, tapi tetap saja sesak yang terasa kosong itu membuat kepalanya terasa berputar dan penuh sumpalan. Kemudian ia memilih menyandarkan punggung dan memejamkan mata untuk sejenak menghilangkan penat.

Namun, belum sempat matanya benar-benar terpejam, suara pintu yang terbuka membuatnya mengumpat dalam hati. Dua langkah kaki yang tertangkap indera pendengarannya, satu dengan langkah tenangnya dan satunya lagi dengan langkah panik. Membuat Zaffya kembali mengembuskan napas dengan berat. Tahu benar siapa yang berani menganggu dan kebal atas perintah yang tak terbantahkan pada Satya.

“Maafkan saya, Nyonya. Tuan Sagara ….” Suara khawatir Satya terdengar dari balik punggung Zaffya.

Zaffya mengibaskan tangan kanan sebagai isyarat agar Satya keluar. Tak menunggu lama, pria itu melangkah keluar dan menutup pintu. Membiarkan kedua orang itu. Seperti biasanya.

Zaffya masih tak bergerak dari tempatnya. Memejamkan mata setelah melihat bayangan sosok yang berdiri di belakangnya lewat dinding kaca. Tak begitu jelas tapi ia tahu betul siapa sosok yang kini melangkah menghampirinya. Ia tak suka waktunya diganggu oleh Dewa, tapi sepertinya ia juga butuh bicara dengan Dewa. Semakin lama ditunda, masalah akan semakin menumpuk dan membesar.

“Seharusnya kau menghilangkan kebiasaan burukmu ini.” Dewa membungkuk, mencium puncak kepala Zaffya sebelum bersandar di meja kerja wanita itu dan lengan di puncak sandaran kursi Zaffya. Ikut menghadap pemandangan kota yang terhampar.

Zaffya hanya mendengkus malas. Tak membuka matanya karena masih menimbang-nimbang apa yang akan dikatakan pada Dewa.

Dewa memandang bosan ke arah kaca dinding yang menampakkan pemandangan kota di siang hari itu. Melirik sejenak sisi wajah Zaffya yang masih tak bergeming dengan mata terpejam. “Apa kau sakit?”

Zaffya tak menjawab.

Dewa mengangkat tangan dan memegang dahi Zaffya untuk memeriksa suhu badan wanita itu.

Zaffya membuka mata, menarik badannya berdiri sambil mengibaskan tangan Dewa dari dahinya. “Berhenti bersikap seperti tunanganku, Dewa,” katanya sambil melangkah menuju set sofa yang ada di sudut ruangan, “kita butuh bicara.”

“Setahuku … aku memang tunanganmu.” Dewa mengangkat bahu sekilas dan menegaskan, lalu ikut berjalan menuju sofa yang diduduki Zaffya.

“Apa kau sudah makan siang?” tanyanya lagi begitu sudah mengambil tempat duduk di sisi Zaffya.

Zaffya menggeleng. “Aku ingin bicara tentang pertunangan kita.”

Dewa tertegun. Matanya menatap manik mata Zaffya yang balas menatap dengan tatapan tak terbantahkan. “Aku sudah memesan makan siang kita,” Dewa melirik jam tangannya sekilas. “Lima menit lagi akan datang,” katanya mengalihkan pembicaraan. Tahu benar ke mana arah pembicaraan mereka akan berlanjut jika wanita itu sudah menyangkut pautkan masalah pertunangan.

“Kita harus mengakhiri pertunangan ini.” Zaffya tak memedulikan kata-kata Dewa sama seperti pria itu tak memedulikan kata-katanya. Yang terpenting ia sudah mengatakan yang ingin ia katakan pada Dewa, dan kali ini ia tak mau menuruti keinginan Dewa. Lagi.

Dewa kembali tertegun. Ia tak punya topik pembicaan lain untuk mengalihkan apa yang diucapkan Zaffya. Ini sudah kesekian kalinya wanita itu meminta memutuskan pertunangan mereka, kesekian kalinya dalam setahun, dan ia berhasil meyakinkan wanita itu hingga pertunangan mereka berumur hampir delapan tahun. “Apakah alasannya masih sama?” tanyanya.

Zaffya terdiam. Cukup lama sampai akhirnya ia mengembuskan napas panjang dan menjawab, “Kau tahu suatu saat pertunangan ini harus berakhir, Dewa. Aku sudah bosan bersikap munafik hanya untuk menuruti keinginan orang tua kita dan media.”

“Apa kau masih belum bisa melupakannya?”

“Mungkin ya, tapi bukan itu alasan utamaku,” Zaffya menjawab seadanya.

“Apa kau masih mengharapkannya kembali?”

“Itu bukan urusanmu.” Zaffya mulai tak suka dengan interogasi yang diberikan Dewa. Ia tak suka siapa pun mengorek-ngorek informasi pribadinya.

“Atau kau berniat mencarinya?”

“Hentikan, Dewa,” geram Zaffya, “bukan urusanmu sekalipun aku mencarinya.”

“Mungkin saja diluar sana dia sudah menemukan wanita lain, menikah dan bahkan sudah mempunyai anak. Itu sudah bertahun-tahun yang lalu, Zaf. Kehidupannya pasti terus berlanjut. Tidak seperti dirimu yang hanya bisa terjebak di sini saja. Sampai kapan kau akan terus terlihat menyedihkan seperti ini?”

“Jangan ikut campur urusanku lebih jauh lagi!” hardik Zaffya. Raut wajahnya mengeras dan tatapannya menajam. Ada gemuruh kecemburuan yang menyerbu dadanya dengan kalimat yang diucapkan Dewa.

Sejujurnya, ia juga telah berusaha keras untuk menghapus pria itu dari dadanya. Akan tetapi, semuanya selalu berakhir dengan sia-sia dan semakin menyiksa. Ia memang benar-benar berniat untuk mencari pria itu, tapi lagi-lagi ketakutan yang bercokol di kepala mengalahkannya.

Ketakutan akan menemukan kebenaran dalam kemungkinan yang diucapkan Dewa tentang pria itu.

Bagaimana kalau pria itu sudah melupakannya dan menemukan wanita lain yang dicintai?

Bagaimana kalau pria itu sudah menikah?

Sudah mempunyai anak?

Ia terlalu takut menghadapi kenyataan itu, membuatnya selalu berpikir ulang ketika berniat mencari pria itu.

“Sejak awal, pertunangan ini hanya kesepatakan yang kau berikan padaku agar orang tuaku tidak terus menerus memojokkanku. Kau tahu semuanya pasti berakhir. Sesuai kesepakatan kita,” Zaffya memperingatkan. Sambil berusaha mengabaikan pertanyaan yang masih berkeliaran di kepala tentang pria itu.

“Tidak pernahkah sedikit pun kau membuka hatimu selama tujuh tahun lebih kita bertunangan? Untukku?”

“Aku tak pernah melibatkan perasaan untuk pertunangan kita.”

“Kau tak pernah mencobanya,” tandas Dewa.

“Apakah aku harus?” tanya Zaffya mulai bersikap ketus. Dari awal pertunangan mereka, ia sudah mengatakan tidak akan melibatkan perasaan apa pun pada Dewa.

“Sekali saja, apakah kau pernah mencoba untuk menyukaiku?”

Zaffya terdiam. Bukan hanya sekali Zaffya mencoba untuk menyukai pria tampan yang ada di hadapannya ini, ketika ia benar-benar putus asa menghapus pria itu. Zaffya tetap tak bisa memiliki perasaan yang ia miliki untuk pria itu kepada Dewa. Atau mungkin Zaffya yang tidak ingin. Zaffya tidak tahu. Yang Zaffya tahu, perasaannya untuk Richard tak pernah berubah sedikit pun. Masih sekokoh dulu dan semakin menggila. Bercokol dari dasar hati yang terdalam.

Tok … tok … tok ….

Suara pintu yang diketuk dari luar memecahkan ketegangan di antara keduanya.

“Kita makan siang dulu,” kata Dewa. Beranjak dari duduknya dan melangkah membuka pintu.

***

“Hallo, sepupu!” Suara nyaring Vynno langsung menyerbu telinga Zaffya dengan sangat tidak siap ketika ia mengangkat panggilan yang membangunkan tidurnya pagi ini.

Zaffya mengernyit tapi tetap kembali memejamkan mata ketika mengenali pemilik suara itu adalah sepupu sialannya. Membiarkan ponsel tertempel di telinga tanpa merasa perlu bersuara.

“Seharusnya kau ikut dengan kami, Zaf. Kau perlu menghilangkan stresmu sebentar saja.”

Zaffya hanya menanggapi dengan gumaman tak jelas. Ia bisa menebak dengan jelas pembicaraan Vynno selanjutnya. Pria itu akan menceritakan bagaimana liburan mereka berakhir. Jadi, ia hanya perlu mengangkat telfon dan membiarkan durasi berjalan. Mematikan panggilan pria itu bukanlah pilihan, Vynno akan menyerbunya dengan panggilan-panggilan lainnya dan tak berhenti sampai ia mengangkatnya. Seharusnya Vynno cepat-cepat menemukan wanita yang bisa ditumpahi segala macam sampah yang keluar dari mulut sepupunya itu. Ryffa tentu saja sangat senang karena tidak ikut direcoki telinganya dengan semua itu.

“Zaf?! Apa kau masih di sana?”

Sekali lagi Zaffya menggumam sebagai jawaban, dan jika Vynno sudah bertanya seperti ini, maka celotehan panjang petualangan pria itu sudah berakhir. “Bisakah aku melanjutkan tidurku sekarang?”

“Ya.”

“Bye.”

Zaffya akan menarik turun ponsel dari telinga ketika teriakan Vynno yang memanggil namanya sekali lagi di ujung sana membatalkan niatnya. “Ada apa lagi?” Suaranya yang serak diikuti desahan gusar. Demi apa, bahkan pengurus apartemennya belum bangun dan sepupu sialannya itu lebih giat mengganggunya.

“Hampir saja kami lupa. Selamat dariku dan Ryffa.”

Mata Zaffya yang terpejam seketika membuka.

Selamat?

Untuk apa?

Untuk keberhasilannya membuka cabang rumah sakit terbaru?

Vynno tak pernah mengucapkan selamat untuk setiap keberhasilannya. Sama sekali jika Zaffya boleh menambahkan.

Lalu, seketika perasaan janggal yang terasa tak mengenakkan itu muncul ke permukaan ketika Vynno melanjutkan kalimatnya.

“Kami senang akhirnya kau bisa melanjutkan hidupmu. Kalau saja kau mendengarkan nasehat kami sejak dulu, kau tidak perlu membuang waktu sia-siamu untuk menikmati hidupmu. Bahkan mungkin kami sudah memiliki keponakan.”

Zaffya beranjak dari rebahannya. Duduk sambil memegang ponsel di telinga dan bertanya tak mengerti, “Apa maksudmu?”

“Hah ….” Sesaat Vynno terdiam di ujung sana. “Apa kau tidak tahu?”

“Aku tidak tahu apa maksud ucapan selamatmu. Aku juga tidak tahu apa maksudmu dengan melanjutkan hidup, apalagi keponakana,” kata Zaffya semakin bengong. Sekalipun ada sudut hatinya yang lain yang mencoba menerka maksud kalimat Vynno baru saja.

“Apa kau juga tidak tahu mengenai tanggal pernikahanmu dan Dewa yang diumumkan di media?”

***

4 Komentar

  1. ceritanya bagus…ringkas bahasanya…

    1. luisanazaffya menulis:

      Makasiii….

  2. Milea A734 menulis:

    Bagus kak?

  3. Indah Narty menulis:

    Cerita ringan dan Bagus