images (3)
Vitamins Blog

Erotomania (Delusi Cinta)

Bookmark

No account yet? Register

 

Hai, Vitamins
Pernah mendengar istilah erotomania? Atau barangkali sudah ada yang paham dengan kata itu?
Baik, mari ulas sedikit saja sebagai hiburan di malam Minggu 🙂

Erotomania adalah sebuah istilah psikologi yang berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni eros dan mania. Eros memiliki arti cinta, serta mania yang memiliki makna berlebihan.

Secara istilah, erotomania adalah gangguan mental yang dimiliki oleh seseorang yang membuat penderitanya memiliki sebuah keyakinan kuat bahwa orang yang ia cintai memiliki perasaan yang sama dengan si penderita. Ada pula teori lain yang mengatakan jika erotomania adalah perasaan yakin jika saat itu ada orang yang sedang jatuh cinta kepada dirinya, meski hal itu tidak bisa dibuktikan secara nyata. Dalam kasus yang lebih parah, penderita erotomania bahkan mungkin sekali memiliki sebuah keyakinan dalam dirinya jika tokoh yang ia sukai, bisa itu artis, penyanyi, orang yang lebih tua, orang dengan status sosial yang lebih tinggi, atau siapa saja yang menjadi idola, menyimpan perasaan pada penderita, meski tidak pernah ada interaksi secara langsung sebelumnya.

Penyebab munculnya gangguan erotomania ini belum bisa dipetakan secara pasti, akan tetapi, beberapa sumber menyebutkan jika faktor pemicunya adalah lingkungan, keadaan psikologis orang itu sendiri yang bisa saja dipicu oleh peristiwa yang begitu menggangu, seperti trauma dan depresi, ada pula faktor genetik, faktor biologis, gangguan mental skizofrenia, gangguan kepribadian seperti bipolar, borderline personality disorder, dan lain sebagainya.

Apa gejala dari gangguan mental erotomania? Berikut beberapa simtom penderita yang bisa diamati :

  1. Bersikap obsesif terhadap orang yang dituju, merasa cemburu berlebihan jika ada orang lain yang turut serta mengidolakan orang tersebut
  2. Tidak berhenti membicarakan orang yang dianggap mencintai si penderita dan rela menghabiskan segala urusannya hanya untuk orang yang penderita sukai, termasuk berusaha menjalin komunikasi dengan berbagai cara, baik mengirim surat, mengirim pesan singkat, menelepon, bahkan melakukan stalking untuk mencari tahu tentang apa saja aktivitas target
  3. Memiliki perasaan bahwa orang yang dicintai tersebut melakukan aktivitas, baik di dunia maya (mem-posting status) atau pun di dunia nyata (dalam hal tatapan mata, tingkah laku) itu semata-mata ditujukan untuk dirinya.

Nah, setelah mengetahui bagaimana erotomania itu ternyata hinggap dalam jiwa seseorang, maka perlu diketahui apa saja langkah-langkah yang harus ditempuh sebagai tindakan penyembuhan. Ada tahapan berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan penderita.

Untuk erotomania dalam tingkatan ringan, bisa dilakukan konsultasi dengan psikolog, mengonsumsi obat-obatan antipsikotik, dan obat-obat lainnya sesuai dengan penyebab gejala awal gangguan mental tersebut.

Dalam tingkat erotomania akut, perlu dilakukan psikoterapi dengan meyakinkan dan menekankan kenyataan bahwa sesungguhnya orang yang dicintai tersebut sama sekali tidak pernah bersinggungan dan tak memiliki perasaan dengannya, sehingga, penderita erotomania diharapkan dapat memahami kondisi dirinya dengan baik serta menyelesaikan persoalan keyakinan dirinya tersebut dengan baik pula.

Jangan ragu untuk mengajak berkonsultasi jika menemukan orang terdekat atau saudara yang memiliki gejala yang sama dengan erotomania.

 

Sumber :

https://www.alodokter.com/erotomania-meyakini-seseorang-mencintainya-padahal-tidak-nyata

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Erotomania#:~:text=Erotomania%20atau%20dikenal%20dengan%20sebutan,memiliki%20suatu%20bentuk%20hubungan%20intim.

https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/erotomania-adalah-delusi-merasa-dicintai-orang-lain/amp

 

22 Komentar

  1. Makasih infonya ka Bin, sangat bermanfaat :NGAKAKGILAA

    1. Bintang Timur menulis:

      Masama Selin :NGAKAKGILAA

  2. Malam ka bin ..:kisskiss

    Baru ini si denger itu erotomania???
    Kalo gejala atau pengidapnya sih jujur sering sih .. eh pernah kl sering ga
    Juga
    Malah pernah ngalamin.. dan benar2 sangat terganggu sm sipenderita ini.. karena mengarah pada fitnah apa yg dia ungkapkan ke orang2..dan kejadian ini jadi pengalaman mengerikan…

    Termasuk gangguan mental ya… masuk akal si karena sipenderita begitu berhalu ria… kasihan sebenernya.. tapi sulit melakukan pendekatan demi memberi pengertian bahwasanya itu adalah perasaanya sendiri tanpa ada menyangkut perasaan pihak lain…dan yg sulit setiap dikasih pengertian dia selalu beralasan inilah itulah intinya dia tetep teguh sm pemikirannya..
    Ya ampun semoga dijauhkan dari hal2 begini… apalagi kalo sampai ke psikolog atau minum obat2an…

    Jadi intinya sehat dan waras itu mahal …
    Selalu jaga kesehatan dan berfikir positif ya vitamins.. :kisskiss

    1. Bintang Timur menulis:

      Aamiin
      Semoga dijauhkan dari penderita :NGAKAKGILAA
      Dan jangan sampai diri kita pula tanpa sadar melakukan, heheh

  3. Serem juga yee, apalagi kalo udah tahap halu berat. Ini terjadi pada crush online ku, Pan. Crush ku jadi objek halu, sampe-sampe si pelaku halu ini yakin betul dia dan my Crush sedang menjalin hubungan special. Sampe difitnah ini itu cobaa T.T. Alhasil, sekarang Crush-ku lagi hiatus, padahal grupnya persiapan comeback.
    :tidaaakksssnooo :tidaaakksssnooo :tidaaakksssnooo :tidaaakksssnooo

  4. Aku pernah ngalamin jadi korban fitnah cowok yg ngidap gangguan itu. Padahal tahu namanya aja kagak eh tiba2 ramai kalo aku naksir berat ke dia, ngejar2 dia, dan parahnya nuduh aku minta dia datang ke rumah. Dan semua gosip aneh itu bermula dari dia yang tiba2 main ke rumah, waktu itu ada yang ketuk2 pintu, aku buka pintunya karena ngira itu tamunya ortuku eh ternyata dia, terus dia tiba2 ngomong, “aku mau ngobrol sama kamu. Penting.” Cuma aku ga mau, ga nyaman tiba2 ada yang datang dan maksa ngobrol. Terus beberapa hari kemudian ramai gosip aneh aku suka ma dia kesebar. Aku waktu itu antara malu dan marah denger gosipnya. :kukutukkaujadibau

    Moga jauh2 deh tuh penyakit wlaau kelihatannya sepele tapi kalo dibiarkan bisa snagat bahaya. :grrr :grrr :grrr

    1. Bintang Timur menulis:

      Wah, pengalaman pahit ya pan

  5. Komenku hilang~ How can ?
    My Crush, Lucass ~

    1. Nah! Aku daritadi nyariin komenmu. Aku lihat di “komentar terbaru” kamu komen di sini tapi aku cariin ga ada sampai beberapa kali aku refresh tetep ga ada. :bengongaja

      1. Bintang Timur menulis:

        Anehnya jumlah komennya tetap, meski berkurang satu, wkwk :happy

  6. 🌻SERAFINA MOON LIGT🌙❤💡 menulis:

    Sorry kabin sekilas aku baca nya Ethiopia auto inget benua Hitam :happy :happy :happy

    Tetap semangat dalam berkarya :backstab :backstab

    1. Bintang Timur menulis:

      Benua hitam? After earth? :awaskubalasnanti

  7. Cinta itu buta

    1. Bintang Timur menulis:

      Yah, buta sampai bener² ga lihat dan ga sadar, itu nyata atau hanya delusi :happy

  8. Makasih ka bin infonya

    1. Yuhuuuu :muach

  9. Wow

    1. Pengalaman ya? Wkwk

  10. maksih kak infonya, bisa tambah ilmu dan pengetahuan :NGAKAKGILAA

    1. Bintang Timur menulis:

      Masama ovi :NGAKAKGILAA

Tinggalkan Balasan