Emperors Consort

Emperor’s Consort Part 1: Kaisar Bertopeng Emas

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

projectsairaakira Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat

Baca Novel Gratis Bagus Berkualitas Sampai Tamat

Baca Parts Lainnya Klik Di sini

2,037 votes, average: 1.00 out of 1 (2,037 votes, average: 1.00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...

emperors-consort2

Sang Kaisar menyipitkan matanya. Meskipun hampir seluruh wajahnya tertutup topeng emas yang mengerikan, tetapi semua bisa menebak bahwa saat ini sang Kaisar sedang murka ketika menatap bawahannya yang sangat malang, membungkuk-bungkuk ketakutan dengan kepala hampir menyentuh lantai.

“Apakah kau berhasil mendapatkan yang aku inginkan?” suara sang Kaisar terdengar pelan, lembut dan tanpa emosi, tetapi hal itulah yang menjadi momok menakutkan di kalangan bawahannya.

“Ampun yang mulia.” Perdana Menteri Kenzo menahankan suaranya yang gemetar, kepalanya ditundukkan dalam-dalam, tidak berani menatap junjungannya yang mengerikan, ” Ampun atas ketidak becusan saya.”

Sejenak Sang Kaisar seperti menimbang-nimbang, lalu kalimat berikutnya yang keluar dari bibirnya adalah vonis dingin tanpa perasaan. ” Kalau begitu kau harus mati.”

Sang Kaisar berdiri, memberi isyarat kepada Jenderal Youshou, panglima tertingginya, yang langsung membungkuk dan menyerahkan pedang kerajaaan dengan kedua tangannya.

Sang Kaisar mencabut pedang itu dari sarungnya, pedang emas murni yang tersarung dalam sarung pedang berwarna hitam bertahtakan berlian, lalu menghunuskan pedang itu kepada Perdana Menteri yang telah mengecewakannya.

Perdana Menteri Kenzo memejamkan matanya, pasrah.
Sedetik kemudian, dia telah kehilangan kepalanya.

Mata sang Kaisar menatap dingin ke arah tubuh Perdana Menteri Kenzo yang tumbang tak bernyawa, tak ada ekspresi apapun di wajahnya selain sikap dingin dan kejam.

“Singkirkan itu.” titahnya yang segera dilaksanakan dengan tergopoh-gopoh oleh para pelayan istana.

Perhatian sang Kaisar teralih ke arah dayang-dayang istana yang berjalan membungkuk sambil menyerahkan baskom emas berisi air wewangian dan kain sutera tebal untuknya.

Sang Kaisar mengambil kain sutera tebal itu untuk mengelap pedangnya yang berlumuran darah, dia lalu memberikan pedangnya kepada Jendral kepercayaannya yang langsung siap menerimanya. Setelah menyerahkan kembali kain sutera kotor yang kini penuh darah itu, sang Kaisar mencuci tangannya ke dalam baskom berisi wewangian yang tersedia.

Ketika dia menyelesaikan ritualnya, mayat Perdana menteri yang malang itu sudah disingkirkan, bekas darahnya sudah dibersihkan, seluruh bagian ruang pertemuan itu sudah bersih, megah, indah dan harum, seolah tidak ada pertumpahan darah sebelumnya.

***

Kaisar Bertopeng Emas….

Julukan itu diberikan kepada Kaisar kerajaan Shasou yang saat ini sedang berkuasa. Hal ini dikarenakan sang Kaisar tidak pernah sekalipun melepaskan topeng emasnya dihadapan khalayak.

Dikatakan bahwa jumlah orang yang telah melihat wajah asli sang Kaisar bisa dihitung dengan jari. Menurut kisah yang beredar, hampir semua orang yang telah melihat wajah asli Kaisar telah dibunuh, bahkan para dayang dan pengasuh Kaisar sejak kecil juga harus merelakan kehilangan nyawanya di tangan para algojo. Hanya ada beberapa orang kepercayaan kaisarlah yang diperbolehkan tetap hidup setelah melihat wajah asli Kaisar, itupun mereka harus bersumpah setia untuk menutup mulut rapat-rapat.

Desas desus mengatakan bahwa wajah sang Kaisar sangat buruk rupa sehingga dia harus menggunakan topeng emas untuk menutupinya, sedangkan yang lain mengatakan sebaliknya, bahwa wajah kaisar terlalu tampan dan menawan, sehingga harus ditutup karena pada masa ini, ketampanan dianggap menurunkan kewibawaan.

Entah yang mana yang benar, tidak pernah ada yang bisa membuktikannya.

Kaisar bertopeng emas bernama asli Shen Laiken dan sering dipanggil sebagai Shen King, dia dipercaya merupakan titisan langsung dewa. Sang Kaisar dipercaya memiliki kekuatan melebihi manusia biasa, karena itulah di ditakuti oleh musuh-musuhnya.

Shen King memerintah negara ini dengan tangan besi dan tirani. Siapapun yang berani menentang sang Kaisar akan dihancurkan tanpa belas kasihan. Shen King dikenal tidak kenal pandang bulu, anak-anak, perempuan, laki-laki, bahkan keluarganya sendiri, jika mereka semua tidak bisa memuaskan hatinya, maka akan dibunuhnya.

Shen King masih muda, usianya baru dua puluh tujuh tahun, dan dia sudah memerintah kerajaan ini sejak berusia tiga belas tahun. Meskipun begitu, Bagi Shen King, tidak pernah ada teman abadi, pun tidak pernah ada musuh abadi.

***

Desa Shiren, tempat tinggal Aiko tengah mengadakan pesta perayaan. Pesta itu selalu diadakan di tengah musim panen, ketika seluruh bahan makanan melimpah ruah.

Pesta perayaan itu dilakukan sebagai rasa syukur terhadap kemakmuran seluruh penduduk, pun sebagai rasa terimakasih kepada Kaisar Shen pemimpin kerajaan Shasou yang memberikan rasa aman dan tenteram kepada seluruh desa yang berlindung di bawah kekuasaannya.

Bendera-bendera berwarna biru yang melambangkan kerajaan terpasang di depan rumah-rumah kayu beratap rami yang merupakan ciri khas desa, seluruh pepohonanpun dibalut kain berwarna-warni untuk memeriahkan suasana. Aroma masakah khas desa, bubur rempah panas nan gurih yang dipadukan dengan daging panggang memenuhi jalan-jalan, menimbulkan rasa lapar bagi siapapun yang menghirupnya.

Perayaan ini adalah perayaan besar yang dilakukan setahun
sekali, dengan banyak hiburan, pesta api unggun dan makanan yang melimpah ruah gratis untuk seluruh penduduk desa.

Tetapi selain pesta perayaan, ada hal penting yang juga dilaksanakan pada perayaan panen ini, setiap tahun sekali, keempat Jenderal Kaisar akan berkeliling ke seluruh desa, mereka akan melakukan seleksi pada persembahan yang disiapkan oleh seluruh desa kepada sang Kaisar, dan diantara ratusan persembahan itu, hanya akan ada sepuluh saja yang terbaik yang akan terpilih setiap tahunnya.

Desa yang beruntung persembahannya diambil akan menerima hadiah yang berlimpah, berkat dari kaisar dan juga kemakmuran sepanjang tahun melebihi desa lainnya.

Persembahan itu tentu saja bukan persembahan biasa. Para Kaisar memiliki segalanya di istananya, beliau tidak akan mengambil persembahan sembarangan.

Persembahan yang dimaksud berwujud seorang wanita.
Ya. Setiap tahun sekali, masing-masing desa akan memilih perempuan berusia enam belas tahun untuk diajukan sebagai persembahan sang Kaisar.

Perempuan tersebut akan mengisi kerajaan para putri, sebagian besar untuk menjadi dayang istana, tetapi jika bisa menarik perhatian Kaisar, para wanita persembahan tersebut bisa terpilih menjadi selir Kaisar yang memiliki kedudukan tinggi dan diperlakukan selayaknya bangsawan. Belum lagi, keluarga perempuan itu juga akan menerima kemakmuran yang berlimpah.

Hal ini telah berlangsung turun temurun selama ratusan tahun di kerajaan Shasou, dimana setiap kaisar memiliki kriteria tersendiri untuk persembahannya.

Kaisar Shen yang saat ini memerintah juga memiliki persyaratan spesifik yang ditetapkannya, perempuan itu harus sehat, tidak pernah menderita penyakit berat, tidak memiliki bekas luka apapun ditubuhnya, berambut hitam dan bermata gelap. Semua orang bilang ciri-ciri kriteria perempuan yang diajukan oleh kaisar Shen King ini mengacu pada ibunda sang Kaisar yang sudah meninggal dunia. Selir Junsuina ibunda sang kaisar ini memang dikenal sebagai salah satu perempuan tercantik kerajaan, jadi wajar kalau kaisar menggunakan ibundanya sebagai patokan.

Dan tahun ini, keputusan para tetua desa Shiren sudah dijatuhkan pada Aiko. Semua orang tentu sudah menebak pilihan itu. Penampilan Aiko sudah menjawab semuanya, dia adalah anak perempuan yang cantik, berkulit halus, berambut hitam dan memiliki bola mata jernih berwarna cokelat tua nan pekat.

Hanya tinggal menunggu waktu sampai giliran Aiko terpilih menjadi persembahan, dan sekarang waktunya telah tiba, tepat ketika usia Aiko menginjak enam belas tahun. Desa ini belum pernah terpilih sebelumnya. Dan mereka menaruh harapan besar kepada Aiko.

Aiko sendiri memiliki tujuan lain ketika bersedia dipilih sebagai persembahan, dia tidak membutuhkan harta maupun kedudukan yang dijanjikan sebagai hadiahnya, dia hanya ingin menyelamatkan ibunya.

Dengan sedih dan hati-hati, Aiko memasuki kamar mungil di rumahnya lalu menutup pintu di belakangnya dengan pelan, berusaha tidak membangunkan ibunya yang tertidur lelap karena pengaruh obat, dia lalu duduk di kursi di samping ranjang dan merenung

Sudah dua tahun lamanya ibunya menderita sakit paru-paru yang menggerogoti tubuhnya hingga makin kurus seperti tulang dibalut kulit, Aiko sudah mencoba berbagai ramuan pengobatan untuk menyembuhkan ibunya, tetapi tidak berhasil, malahan kondisinya semakin parah. Begitu ironis karena ibunya adalah seorang tabib yang mendedikasikan hampir seluruh hidupnya untuk mengobati orang lain, tetapi ketika ibunya jatuh sakit, tidak ada obat yang dapat menyembuhkannya.

Akhir-akhir ini ibunya sering batuk dan memuntahkan darah, membuat Aiko dilanda ketakutan yang amat sangat. Tekadnya semakin kuat untuk memasuki istana. Bukan, bukan untuk mengejar status atau harta, tetapi demi bisa memasuki tembok istana dan menemukan obat ibunya. Konon di dalam istana, ada tabib Zhou yang terkenal memiliki tangan ajaib untuk menyembuhkan apapun. Dikatakan bahwa tabib Zhou memiliki koleksi tanaman obat paling lengkap di kerajaaan, bahkan juga tanaman-tanaman langka yang sudah tidak bisa ditemukan, tabib Zhou memilikinya.

Aiko bertekat terpilih dan menjadi dayang istana. Lalu dia akan mencoba berguru kepada tabib Zhou, atau setidaknya meminta resep obat untuk dikirimkan ke desa ibunya. Meskipun begitu, Aiko harus waspada untuk tidak menarik perhatian Kaisar. Terpilih menjadi selir, meskipun akan membawa kemakmuran bagi keluarga dan desanya, juga membawa konsekuensi menakutkan untuk dirinya.

“Aiko…” suara lemah ibundanya menggugahnya dari lamunan.

Aiko beringsut dan menggenggam jemari ibunya, jemari ibunya telah menjadi begitu kurus di hari-hari belakangan ini, dan kondisinya semakin lemah.

“Ibu, bagaimana kondisi ibu?” mata Aiko menelusuri wajah cantik ibunya yang begitu pucat.

Hana berusaha tersenyum, menatap anak perempuannya yang telah tumbuh menjadi remaja yang begitu cantik. Lalu ekspresinya berubah menjadi sedih,

“Apakah kau telah bulat pada keputusanmu?”

Aiko meremas jemari ibunya dan tersenyum menenangkan,

“Utusan dari Kaisar akan datang hari ini untuk menilaiku.”

Bibir Hana bergetar, “Keputusan memasuki istana sangat beresiko, Aiko…. Kau tahu kan Kaisar Shen berbeda dengan pendahulunya? Entah wajah seperti apa yang ada di balik topeng emasnya yang mengerikan, dan lagi dia sangat kejam, bahkan pada perempuan sekalipun. Perempuan-perempuan yang dia pilih sebagai selirnya, semua tidak bertahan lama …. Semua di bunuhnya, tidak lebih dari tujuh hari, bahkan ibu dengar ada yang langsung dibunuh begitu melewati malam pertama…”

Aiko menggelengkan kepalanya, berusaha menenangkan ibunya, “Tidak ibu, ibu tenang saja. Aku akan berusaha sekuat tenaga untuk tidak menarik perhatian Kaisar. Tujuanku memasuki istana hanya untuk menjadi dayang istana dan berguru kepada master Zhou.”

Mata Hana menelusuri kecantikan anak gadisnya, dan merasa ragu. Tidak menarik perhatian kaisar? Apakah itu mungkin? Aiko memiliki semua yang menjadi kriteria kaisar Shen, berambut hitam, bermata gelap dengan kulit keemasan seumpama minyak zaitun, semua itu berpadu dengan indahnya. Akankah Kaisar Shen mengabaikannya?

Suara ketukan beruntun membuat pandangan Aiko dan ibunya teralihkan,

“Nona Aiko.” itu suara Chiara, salah satu asisten tabib yang bekerja untuk ibunya, “Jenderal utusan kerajaan akan tiba menjelang siang untuk menilai anda. Anda harus bersiap-siap.”

Aiko meremas sekali lagi jemari ibunya lalu berdiri dan mencondongkan tubuhnya untuk mengecup dahi dan pipi ibunya,

“Doakan aku ibu.” bisiknya penuh kasih sebelum beranjak pergi.

***

Suasana menjadi begitu khidmat ketika rombongan pasukan berkuda Jenderal kerajaan datang. Ada empat Jenderal yang disebarkan untuk memeriksa setiap penjuru desa dan menemukan sepuluh gadis terbaik yang bisa memasuki istana. Masing masing Jenderal akan mengunjungi area barat, timur, utara dan selatan.

Desa ini berada di bagian barat, dan ketika Aiko menyelinap ke jendela dan diam-diam mengintip kedatangan pasukan sang Jenderal, dia mengenali panji-panji yang dibawa ratusan pasukan berkuda yang mengiringi sang Jenderal, panji itu bergambar naga emas, lambang keluarga Jenderal Youshou Long, tangan kanan kaisar Shen yang paling dipercaya.

Keluarga Long sudah turun temurun mengabdi sebagai Jenderal bagi kaisar, mereka begitu loyal, ahli dalam bidang militer dan tidak pernah sekalipun memiliki riwayat berkhianat. Diceritakan bahwa penerus utama keluarga Long selalu dibesarkan bersama Kaisar untuk menciptakan keterikatan yang lebih kuat di antara keduanya.

Kepala desa sudah berada di depan, berlutut hormat ketika kuda milik Jenderal Youshou yang begitu gagah dan berwarna hitam legam maju ke depan.

“Hormat kami kepada Jendral Youshou yang sudah berkenan mengunjungi desa kami.”

Jenderal Youshou menganggukkan kepalanya, menatap sekeliling dimana persiapan untuk perayaan sudah dilakukan. Seluruh desa tampak berwarna-warni, siap untuk berpesta.

“Dimanakah kandidat persembahanmu?”

***

Aiko menunggu sambil duduk di sebuah kursi khusus, dimana di sekitarnya dibentuk tirai sutra putih yang berbentuk lingkaran mengelilinginya. Kandidat persembahan, ketika nanti benar-benar terpilih, tidak boleh dilihat oleh sembarang orang. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan kandidat tersebut diangkat menjadi selir kaisar. Sesuai peraturan kerajaan, selir kaisar hanya boleh dilihat oleh penghuni istana dalam.

Jantung Aiko berdebar ketika langkah kaki yang tegap itu mendekat. Ibu-Ibu perias desa telah mendadaninya secantik mungkin, dengan gaun sutera terbaik berwarna putih bersih yang melambangkan kesuciannya, dan hiasan bunga putih di kepalanya, sebelum berdandan tubuhnya direndam di air bunga yang bercampur minyak wewangian, membuat kulitnya menguarkan aroma feminim yang menyenangkan.

Lalu tirai itu disingkap, dan Aiko langsung berhadapan dengan mata cokelat muda yang tajam. Dia sedikit terkesiap karena terkejut bercampur terpesona. Jenderal Youshou yang ditakuti ini ternyata sangat muda … dan tampan. Aiko menundukkan kepala malu ketika dia menyadari bahwa pipinya memanas dan memerah. Sementara itu seolah tak peduli, Jenderal Youshou mengamati Aiko lekat-lekat dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Lalu tak berapa lama kemudian, tirai itu ditutup tanpa kata dan Jenderal Youshou melangkah pergi meninggalkan ruangan. Sementara Aiko masih terpaku di sana dengan perasaan penuh tanya.

Apakah dia lulus?

***

Tentu saja perempuan itu lulus. Sudah pasti lulus.

Jenderal Youshou melangkah meninggalkan ruangan dengan alis berkerut. Perempuan itu sudah jelas-jelas mewakili definisi Kaisar Shen King tentang kriteria kandidat yang diinginkannya.

Dirinya sudah hampir sepuluh tahun melaksanakan tugas ini, mengunjungi berbagai penjuru negeri untuk melakukan seleksi terhadap para calon kandidat persembahan bagi Kaisar Shen.

Dan baru kali ini dia menemukan perempuan dengan rambut sehitam itu dan mata bening segelap itu.

Shen King jelas-jelas tidak akan melepaskan perempuan ini.

Ditemuinya kepala desa yang sudah menanti, lalu tanpa basa-basi dia menganggukkan kepalanya,

“Diterima.” gumamnya tegas, “Aku akan mengirimkan pasukan untuk menjemput kandidat persembahan besok.”

***

Ketika tandu yang membawanya mulai memasuki gerbang tembok istana dalam, Aiko menggenggam erat kantong kulit berisi dedaunan obat yang telah dikeringkan, pemberian ibunya. Ada sepuluh tandu yang masuk bersamaan, berisi sepuluh kandidat persembahan terpilih yang berasal dari seluruh penjuru kerajaan.

Perpisahannya dengan ibunya dipenuhi isak tangis, tetapi Aiko telah membuat ibunya berjanji untuk sekuat tenaga bertahan sampai Aiko bisa menemukan obat dan mengirimkannya ke desa.

Sekarang, di dalam tandunya yang tertutup rapat, Aiko berusaha mengintip, mencari celah di antara kain sutera berlapis-lapis yang menudungi jendelanya. Ketika berhasil menemukan celah, mata Aiko membelalak ketika melihat bangunan istana megah di depannya.

Luar biasa. Istana itu benar-benar indah, seluruh bagiannya sampai detail sekecil apapun dilapisi oleh emas, ketika siang hari keindahan istana itu semakin terpancar karena sinar matahari akan terpantulkan kembali oleh kilauan emas, menciptakan fatamorgana yang memanjakan mata.

Ketika tandu berhenti di halaman depan istana, seorang petugas mengetuk pintu tandu dan mempersilahkan Aiko keluar.

Ketika menjejakkan kakinya ke lantai marmer yang berkilat, Aiko langsung mengedarkan pandangannya ke sekeliling, dan mendapati teman-teman kandidat persembahan seperti dirinya sedang berdiri di depan tandu masing-masing. Mereka semuanya seusianya, dan semuanya sangat cantik, semuanya bermata gelap dan berambut hitam.

Mereka semua memakai pakaian yang sama, gaun sutera putih terbaik dan hiasan bunga krisan putih di kepala. Baju seperti ini umum dikenal sebagai pakaian dayang istana kelas awal. Ketika sudah menjadi dayang berpengalaman mereka semua akan berganti memakai sutera hijau, setelah itu di atasnya ada sutera merah sedangkan untuk dayang senior terpilih yang merupakan kelas tertinggi, menggunakan gaun berwarna kuning.

“Mari. Kalian akan menghadap sang Kaisar untuk diperkenalkan. Ingat, kalian tidak boleh menatap mata Kaisar. Bersujud, kepala rata dengan lantai. Mata menatap ke bawah.” Seorang dayang senior setengah baya berpakaian merah segera memberi bimbingan dan mengarahkan, dia memberi isyarat semua untuk mengikutinya yang langsung dipatuhi.

“Huh, tidak boleh menatap ya, padahal aku benar-benar penasaran.” sebuah suara ramah berbisik menyapa di sebelah Aiko, membuat Aiko menoleh, dia langsung berhadapan dengan wajah mungil yang teramat cantik, kulit putih semurni susu dan bibir merah gelap yang merona alami, perempuan itu tersenyum ramah kepadanya, “Hai, kita belum berkenalan, aku Mayumi, wakil persembahan dari desa Pahn di utara kerajaan.”

“Aku Aiko dari desa Shiren di ujung barat.” balas Aiko dalam senyum, terpesona oleh keramahan perempuan itu, “Kau penasaran dengan sang Kaisar? Tetapi tidak ada yang perlu dilihat kan? Bukankah beliau memakai topeng yang menutupi seluruh wajahnya?”

“Itulah yang makin membuatku penasaran ” Mayumi berbisik pelan, menatap sekeliling untuk memastikan tidak ada yang memperhatikan mereka berdua, “Kakak perempuanku lolos menjadi kandidat dua tahun yang lalu, sekarang dia menjadi dayang di bagian taman istana, dia bercerita bahwa sangat jarang Yang Mulia memilih selir, sekalinya beliau memilih selir, semuanya berakhir mengenaskan. Yang terakhir adalah salah satu kandidat seangkatan kakakku, dia sangat cantik dan sang Kaisar memilihnya sebagai selir, tetapi hanya di pagi harinya selir itu sudah tewas dipenggal oleh sang Kaisar. Sejak saat itu, Kaisar belum memilih selir lagi. Beliau tidak punya selir, tidak punya permaisuri, sehingga gosip beredar kalau beliau tidak begitu menyukai perempuan.”

Bulu kuduk Aiko meremang mendengarnya, “Kalau begitu sudah pasti semua kandidat persembahan ketakutan jika menjadi selir.”

“Siapa bilang?” suara Mayumi agak meninggi, dia segera menunduk ketika dayang pembimbing mereka menoleh dan memberi tatapan peringatan, lalu berbisik lagi di samping Aiko,”Kata kakakku, persaingan di istana putri sangat sengit, semuanya berlomba-lomba menarik perhatian kaisar, mereka percaya bahwa selir-selir pendahulu yang tewas itu disebabkan ketidakmampuan selir itu untuk memuaskan kaisar. Saat ini banyak dayang-dayang dengan kepercayaan diri tinggi untuk memuaskan kaisar yang berlomba-lomba mengincar posisi selir. Dan kata kakakku persaingannya tidak sehat, mereka saling menjegal, saling menjatuhkan dan menusuk dari belakang. Pokoknya di sini kita harus berhati-hati.”

Aiko hendak memberi tahu bahwa dia tidak termasuk salah satu dayang yang mengincar posisi selir, tetapi bibirnya terkatup ketika sebuah pintu gerbang besar yang amat tinggi dengan ukiran emas dan batu safir biru dibuka oleh dua orang prajurit yang berjaga.

“Ini adalah taman barat istana, tempat Yang Mulia Kaisar Shen beristirahat minum teh di pagi hari. Ingat, ketika menjejak lantai marmer hitam, kalian semua harus berbaris berdampingan dan bersujud, kepala rata dengan lantai, mata memandang ke bawah. Jangan pernah sekalipun mengangkat kepala dan mencoba mengintip atau nyawa kalian taruhannya.” Sekali lagi dayang senior berbaju merah memberi peringatan, suaranya tegas tak terbantahkan.

Aiko sendiri sama sekali tidak punya niat mengintip, keberadaan Sang Kaisar bukan prioritasnya, yang ada di dalam benaknya malahan segera mencari cara untuk menemukan tabib Zhou. Semakin cepat dia bisa menemukan tabib Zhou semakin cepat dia bisa menyelamatkan nyawa ibunya.

Seluruh kandidat persembahan berjalan dalam diam, kepala menunduk, senyap tak bersuara. Sampai kemudian mereka mencapai lantai marmer hitam, dan kemudian diatur berlurut secara berjajar berdampingan.

Aiko berada di tengah-tengah, dia menundukkan kepalanya serendah mungkin hingga hanya ada hitamnya marmer yang melumuri pengelihatannya. Tetapi meski indra pengelihatannya terpenjara, indra yang lainnya tetap aktif. Dia bisa mendengar gemericik air di dekatnya, taman barat istana ini pasti memiliki kolam ikan yang indah, dan pasti banyak bebungaan di sini, karena hidungnya menangkap aroma wangi berbagai macam bunga yang memanjakannya.

Suara kaki berderap lewat di depan kepala mereka, Aiko menebak itu adalah langkah kaki Jenderal Youshou karena dia pernah mendengar derap yang sama ketika sang Jenderal menilainya di waktu lalu.

“Kandidat persembahan tahun ini?” sayup-sayup terdengar suara di kejauhan, suara itu lembut dan mengalun tenang tetapi aksen kebangsawanannya tak terbantahkan. Itu sudah pasti adalah suara Kaisar Shen.

Tak berapa lama kemudian, terdengar suara langkah, langkah yang ini berbeda dari langkah sebelumnya, langkah ini tenang, diikuti oleh suara gemerisik jubah sutera emas yang menyapu lantai. Sang Kaisar rupanya sedang berjalan di depan para kandidat persembahan. Aiko membayangkan Kaisar Shen dengan topeng emasnya dan jubah sutera emas mewah yang menyapu lantai berjalan dengan mata menilai ke arah dayang-dayang baru yang bersujud dan menunduk dalam.

Apa yang ada di benak Kaisar ketika melihat kami?

Aiko membatin, dan sedetik kemudian, dia terkesiap ketika menyadari bahwa gemerisik kain sutera itu berhenti. Tepat di depannya. Sang Kaisar menghentikan langkah tepat di depannya!

 

Baca Parts Lainnya Klik Di sini

KONTEN PREMIUM PSA


Semua E-book bisa dibaca OFFLINE via Google Playbook juga memiliki tambahan parts bonus khusus yang tidak diterbitkan di web. Support web dan Authors PSA dengan membeli E-book resmi hanya di Google Play. Silakan tap/klik cover E-book di bawah ini.

Download dan install PSA App terbaru di Google PlayWelcome To PSAFolow instagram PSA di @projectsairaakira

Baca Novel Gratis Bagus Berkualitas Sampai Tamat

367 Komentar

  1. Rt :good:

  2. Mengapa aku kasih good karena kalian memasukkan nama Kenzo di sini.
    Wow, apakah kalian sangat menyukai Kenzo?
    Di sini agak tua sih. Hahaha
    Berharap Kenzo itu keren seperti halnya empat orang terganteng.

    Met semangat! o(^◇^)o

  3. adeaamanda96 menulis:

    Waaaw ceritanya jadi keinget semuaaa

  4. mulai baca ini dr awal lg…lebih enak baca disini ^_^ suka bgt sama penggambaran tokohnya

  5. Okay ceritanya semakin menarik :good:

  6. :yes:

  7. seru dan ketagihan bacanya :heart: :heart:

  8. ely_siregar menulis:

    Yuhuuuuuuuu…….pertemuan pertama setelah diistana……

  9. Mira_Omeza89 menulis:

    Jadi keingat waktu pertama kali baca di wattpad cerita ini, setiap partnya bikin deg2n bacanya… ;-)

  10. Wahh udahh di istanaa ajaa..^^
    Part ini dah bikin dag dig dug..hihi :good:

  11. Whoaaaaa kaisar shen berhenti di depan aiko. Jangan jangan yang waktu di hutan ketika aiko kecil dan bertemu seorang bangsawan itu pasti kaisar shen kan ya? Ah pasti iya kan ya???? Tapi kaisar shen kejem banget jadi keinget sama jenderal akira wkwkwk dan pliss ngeri bangen pas kaisar shen memenggal kepala perdana menteri kenzo dan what pedangnya aja dilap sama kain sutera whoaaa. Penasaran gimana nasih aiko :-)

  12. hayyu haemy menulis:

    :heart: :yahoo: :good:

  13. rendevous maning min????????????…temu kangen sm a’ak shen, ayang Zhou n kakang youshou????????????????????????…

  14. mau baca ulang ah…..

  15. cherry_sanz menulis:

    Baca lageee

  16. Baca lg,kangen

  17. Baca daei awal lagi, bener2 gax pernah bosen

  18. :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo:

  19. Israma fitri menulis:

    Da best :heart:

  20. NiEwSparKyu menulis:

    Aiko bakalan d jadikan selir kah???

    1. Jgn selir ……. Dan kayaknya shen jg nggak kepingin punya banyak selir,kalo melihat masa lalu kaisar Shen

  21. Baca ulang di rumah baru,yg ini my favorit ,walau yg lain juga bagus

  22. Ngeri baca dibagian awal.
    Jadi baca tapi pura-pura nggak lihat

  23. paling suka di bagian pada saat aiko dicrigai bwa racun

  24. Huaaa kaisar x sadis bnget

  25. DHEG , kaisar berdiri didepan aiko(?) dulu pas pertama baca, jantung aku degdegann bangett haha

  26. QueensCassiopeia menulis:

    Reread again padahl baru kemaren nemu cerita ini XD
    The best lah^^ :good: :good:

  27. Semua tentang kaisar shen aku suka . :heart:

  28. penasaran ama muka kaisar..
    cerita kakak emang hebat2 deh..

  29. deg deg an bacanya… :heart:

  30. AlsiMaerwaen menulis:

    Kaisar shen tepat d depannya?
    Lalalalal~ iklann ???? :yahoo:

  31. :heart: :good:

  32. :good:

  33. Lanjutttt bcaa lagi

  34. Kaisar Shen membawa aura mistis yg mengerikan … :'(
    yg mau jd selirnya pasti orang yg kehilangan kewarasannya ..

  35. Deg… deg… deg,..

  36. Ngebaca ulang dan tetap tak bosan :-)

  37. Ngebaca ulang dan tetap tak bosan :-)

  38. Hmm berhubung aku ketinggalan part part terbaru.. aku putuskan buat baca ulang ah…. ??
    Kak PSA aku baca ulang ya *ijin.dulu*
    Besok masih uts, tp udah kangen sama shen laiken ini. Kemaren penasaran sama jend Akira. Skrng giliran shen king nya.hehe

  39. What happen next? Deg degan.

  40. Cieee dagdigdug wkwk

  41. SyarifahAlydrus menulis:

    Walaupun udah baca 3 kali ttp gak bosannnn,udah jatuh cinta mati sama shen king :AYO :LETNANPARIS

    1. sama dong

  42. apa yang ada di benak kaisar?? ya kamu lah, ko..

  43. Yg ada d benak kaisar….
    Ak…hir…nya.. Ku menemukan…mu…
    Lamak…… Greget aq…

  44. kalo diinget-inget, shenking penganut senggol bacok yaah

  45. pertama kali baca ini, visual aiko langsung muncul di kepala dan smpe skrg blm brubah.

  46. dari awal saya nggk sreg sama mayumi :HMMM

  47. ngebayangin jadi aiko, badan udh meriang panas dingin nggk jelas

  48. Aku penasaran penasaran penasaran..
    Padahal baru part 1…
    Tp kayaknya uda tegang banget …
    :AIKO

  49. Vanillatteh menulis:

    yuhuuuu aiko’s baack/??

  50. Baca lg :AYO

  51. Ayiz_QnoZe menulis:

    baca ulang ttp seru gk ngbosenin^^

  52. cherry_sanz menulis:

    Membayangkan perasaan Aiko saat kaisar berhenti d depannya….

  53. dibalik topeng emas yg mengerikan tersimpan wajah rupawan bermata harimau shen kingsen king.. aw..aw..aw..
    kasiaan aiko yg polos dpet pasangn ma shen king yg kejam :TOLONG

  54. apakah yg di tolong aiko waktu itu adalah kaisar bertopong emas ini…
    ceritanya bagus

  55. :AIKO

  56. :AIKO :GALAU

  57. “Jendral”….kurang huruf “e”
    :PFFTTT

  58. Perdana “menteri”…. huruf kapital “M” nya tertinggal :PFFTTT

  59. “karena itulah (di) ditakuti” ini huruf “a” nya tertinggal atau kelebihan kata “di” ?…. :PFFTTT

  60. Meskipun begitu, “Bagi” Shen King…… ini kesemangatan pake kapital ya :PFFTTT

  61. kata “setiap tahun sekali” mungkin bisa disingkat “setahun sekali” (hanya saran :AIKO

  62. “Apakah keputusanmu sudah bulat?” atau “Apakah kau sudah membulatkan keputusanmu?” …….ini hanya mengusulkan saja :AIKO

  63. mencoba membaca ulang cerita ini…..maaf banyak koment :AIKO

  64. Mungkin kaisar tidak tertarik dengan perempuann, emmmmm, cobak deh liat nanti yaa, hhahaa. Terus kenapa berhenti di depan aikooooo?

  65. Ada beberapa typo atau mungkin pemilihan kata yang kurang sesuai menurut saya. Tapi tidak terlalu berpengaruh. Inti cerita ini tetap bagus dan menarik. :LETNANPARIS

  66. MillyNaava menulis:

    gapernah bosen buat baca cerita ini ulang ?

  67. :good:

  68. Ohoooo,,apa yg terjadi bener2 bikin pnsaran tggi

  69. Hoho mau diapain itu Aiko. :ASIA

  70. Hayooloo berenti nya didepan aiko :OMG

  71. idafauziah menulis:

    Kaisarnya menakutkan dan kenapa berhenti di depan Aiko?

  72. listia4545 menulis:

    apa jadinya kalo kaisar tidak suka perempuan?? #fujokumat ha

  73. :AZHURAKAHN

  74. :MUAH :MUAH :MUAH

  75. ih ngeri bayangin liat orang dipenggal kepalanya sampe putus. sadis banget ya si shen king.

  76. btw topeng emasnya pake emas asli yaa?

  77. yaa mana ada kaisar wajahnya buruk rupa , sebagian besar kaisar mah ganteng + gagah xD

  78. stephaniestephani694 menulis:

    apa yang terjadi???? kenapa kaisar berhenti di depan aiko????? menakutkan…

  79. Wlpun uda bca part ini d watpad… gk bkin bosan

  80. kkdwianggraeni menulis:

    Yeaayy baca cerita baaruu

  81. sukaaaa dengan ceritanya.. :NGEBETT menurut dugaan sih. kriteria itu emang ditunjukan untuk mencari gadis kecil penyelamat. bukan karena kriteria mirip dengan ibunya. dan yang diselamatkan itu kaisar. hehe. hanya menduga duga. karna penasaran.. :TERHARUBIRU

  82. SriRahayuYayuk menulis:

    Di part ini aku ngerasa de ja vu ternyata setelah di ingat narasi kejadiannya hampir serupa di awal cerita TGWTTK ttg adegan pembunuhan meski dengan cara yg berbeda

  83. Aiko mulia bener, bersedia dikirim ke istana semua demi sang ibu.

    Hehehe Jendral Youshou juga uda yakin kalo persembahan yang satu ini pasti lulus.

  84. Trnyta meltingnya aiko prtma kali bukan k shen king yaa,,, tp k youshou. Hihihi

  85. Baca2 dari pertama lg , hihihi

  86. Deg degan apa yg bakal dilakuin sang kaisar ya sama Aiko xD

  87. Kaisarnya kejam bgt yah..
    Kaisar bakal memperlakukan aiko sprt apa?

  88. Udh ngikutin dr wattpad.. Selalu suka

  89. makasih ka buat ceritanya :-)
    Aiko bener2 anak yang berbakti ;-)

  90. aiko ternyata anak sayang ibunya…uuuhhh so sweet..rela ngelakuin apapun untuk kesembuhan ibunya…terharu dah q

  91. Baca ulang :tepuk2tangan

  92. :YUHUIII

  93. Sudah 4x ini baca ulang :yokmarisemangat

  94. :asia

  95. :eeiiiii

  96. semenjak ada aiko, kaisar udah jarang membunuh dengan kejam seperti itu

  97. :panikhati :panikhati :panikhati

  98. Baca ulang lagi meski udah beberapa kali gak pernah bosen

  99. azzampradipta16 menulis:

    Cerita fav

  100. Ternyata di part ini jelas di sebutkan Kaisar Shen King 27 tahun….Aiko 16 tahun…. xexexe beda 11 th yaaa masih wajar banget lah…. malahan seharusnya di jaman segitu Kaisar harusnya udah punya anak tuh …

  101. Heumm… Bukan nya semua wanita persembahannya sama seperti yg di sebut kan kaisar shen. Knpa jenderal blg klau dia bru nemuin nya ya?

  102. Kaisar bertopeng

  103. :aaaKaboor :aaaKaboor

  104. aisyah160887 menulis:

    :kelincigemas :kelincikaget :hawkno

  105. :aaaKaboor

  106. byunimhasparkyu menulis:

    om shen yang kejam dan aiko yang lembut couple yang saling melengkapi :kelincigemas

  107. :catgaksabar :catgaksabar

  108. Akhirnya setelah sekian lama. Mencoba untuk masuk ke blog ini. Akhirnya bisa. Makasih admin :)

    Cerita ini slah satu cerita favoritku di wattpad. Keren penulisanya :)

  109. menunggu di approve untuk baca kelanjutan ceritanya…please

  110. :catnemucinta baca2 lgi…

  111. amaterasuyuki menulis:

    :TERHARUBIRU

  112. :aaaKaboor :aaaKaboor

  113. Ngeri ya kalo punya pemimpin yg sedikit salah langsung main bunuh..
    Ini gmn nasib aiko selanjutnya yakk..

  114. Kangen baca – baca lagi aiko.. :NYAMAN

  115. kangen ma Aiko….

  116. Kenapa tuh penasaran

  117. :TERHARUBIRU

  118. Terus Thor…. Ceritanya keren

  119. gk ada bosennya baca cerita ini…. keren banget…

  120. gk ada bosennya baca cerita ini…. keren banget…,,,

  121. nitaherinovia menulis:

    Baca lagi dan ga bosen ?

  122. ini cerita bikin greget dan penasaran banget…

  123. Atsumichiaiko menulis:

    Keren :NGEBETT

  124. amaterasuyuki menulis:

    :DOR! :DOR! :DOR!

  125. amaterasuyuki menulis:

    :BAAAAAA :BAAAAAA

  126. Kangen Aiko… :BAAAAAA

  127. Awal persembahan aiko

  128. Huh deg” degan! :SUPERKAGET

  129. Kaisar bertopeng emas yg ganteng XD

  130. Baca lg ah….kok kyak orng sakit tbc ya ibunya Aiko :ragunih

  131. Kok kyak orng sakit tbc ya ibunya Aiko :ragunih

  132. Bayangin istananya kaya di disney

  133. :owlkasihbunga ih kaisar baik banget siiih

  134. Pembaca baru di cerita iniii ???.
    SERRRRRUUUUUUU SANGAAAAAAAAAT KAKAAAAAAKK ??.

  135. iriienfadiliah menulis:

    :aaaKaboor :aaaKaboor :aaaKaboor

  136. iriienfadiliah menulis:

    baca dari ulang lagi

  137. :TERHARUBIRU

  138. :TERHARUBIRU

  139. Re-read yang ke 3 kali. Tetep gk bosen2.

  140. Kenapa berenti kenapa??

  141. Lazagna_sauces menulis:

    Tidak pernah bosan lah baca ini ?

  142. Aiko jadi tumbal :KETAWAJAHADD

  143. Story yg pertama ku baca

  144. Nalluw C Finlay menulis:

    Dibunuh krn kurang puas? Yaela bang shen sama hayati aja kali, dijamin dah. :HULAHULA

  145. :nooo!

  146. Gak pernah bosen baca ulang ini

  147. Ini cerita klo dibikin jdi film menajubkan banget kli yaa haha..

    1. Iya iya bener banget. Ah mupeng kan jadinya :NGEBETT

  148. Wah wah berhenti didepan aiko :ijoberharap

  149. Baca ulang lg

  150. kok jadi q yg berdebar debar :LARIDEMIHIDUP

  151. and the story begin :)

  152. Aishhh aiko yg jadi selir nih? Semoga gapapa dia

  153. Kaisar shen bkin nakutin

  154. Deg-degannya…

  155. Wowwwww..
    Kaisar milih aiko nih

  156. Kaisar bikin takuttt

  157. Auranya serem sekali :LARIDEMIHIDUP

  158. SellyNFransiska menulis:

    Tetap aja Deg-deg an kalo lagi baca cerita ini ?

  159. Kayaknya yg akan terpilih mayumi sama aiko deh. ..pernah baca tapi skrang udah lupa

  160. Ivonygloria menulis:

    Bingung sih mendingan Aiko jadi selir atau jadi dayang..

  161. Kebayang gimana deg-degan nya di posisi Aiko ??

  162. Nur Fadilah menulis:

    Pasti yang dipilih Aiko

  163. Fikri fauziyyah menulis:

    Ke pilih gak ya aikonya..?

  164. charismatic_leader01 menulis:

    Semoga aiko kepilih

  165. Walaupun dibaca ulang gk akan pernah bosen,….
    Auranya Kaisar Shen King, bikin merinding,…
    Makin gk sabar pengen baca kelanjutan ceritanya,….^^

  166. Baca ulanggg.. Tp ngk bosen ini nih aiko ketemu mayumi tp ntar pda akhirny mayumi bakal dipenggal kasian.. Kirain mayuni bakal jdi peran penting dsni tp cuma lewat doang ternyata.. Seruuuu, ?

  167. Gak pernah bosen buat bacacerita ini meski udah pernah baca beberapa kali

  168. Omgg.. Tetap gereget baca ini wkwk padahal udah perah baca hhhhee

  169. Gregetnya ttp sama ya..meskipun bc berkali kali.. debes lah author

  170. . nah loh malah aku yg jadi dagdigdug… hufftt… Kaisar jngan bikin takut donk…

  171. Dag dig dug deh rada2 takut

  172. raillyarachell menulis:

    Itu bangsawan dulu pak-_- hadeh masa ganyadar emosi jiwa

  173. Deg degan. Greget bgt inii

  174. Story.nya menarik

  175. semoga aiko baik2 saja… :’) :D
    :LARIDEMIHIDUP :PATAHHATI

  176. Naudi santia menulis:

    :LARIDEMIHIDUP

  177. Aikooo

  178. rerespiana menulis:

    Kak au kandidat dayang itu kan harus ada 10 nah gmna caranya msing” jndral tau kalo jml udh 10 kan mreka jauh”n (ga mngkin pke hp kan) trus blm tau yg mana yg bakal kpilih,,bisa aja jml yg kpilih lbh dr 10 atau kurang,,kcuali kalo msing” jndral punya jml batas buat milih

  179. :HEMBUSNAPAS

  180. Wew, tegang dag dig dug si Aiko dihampiri kaisar

  181. Whats wrong kaisar :sopan aiko jadi takut :pingsan! Kalo kaisar gituu :KETAWAJAHADD

  182. Marabranto menulis:

    :tepuk2tangan

  183. :cubitnakal

  184. Malah aku yang deg-degan.??

  185. :owlninja aku kembaran kaisar, aku pakai topeng hitam kkkkk

  186. Aldi Rizky Ramadhan menulis:

    Suka banget sama cerita inii

  187. Walaupun uda pernah baca bagian ini tapi tetep seru :YUHUIII

  188. aninagustina menulis:

    dah pernah baca tapi tetep aja deg degan..
    mau nggak menarik perhatian kayak gimanapun, aiko tetap jadi kandidat nomer 1 buat kaisar :YUHUIII :tepuk2tangan

  189. wahhhh.. .deg degkan, padahal udah tau klanjutannya tapi masih aja pnasaran… :inlovebabe

  190. AimeeCho838 menulis:

    Jadi mengenang lagi awal awal baca ini. Kaisar yg kejam tapi berhati kapas?✌✌.

  191. Naya Gaesany menulis:

    Kok jadi deg-degan ya :PANDAELUS

  192. :tidakks! :inlovebabe :sangatterpesona

  193. afsyeengrey menulis:

    Udah ngulang ko masih aja degdegan yah?
    Kaisar oh kaisar wkwk

  194. Baca bagian awal liat sang kaisar bikin mrinding/? Menggal kepala orang segampang menggal kepala ayam yang udh digoreng ehehe
    Terus bagian akhirnya kok aku jadi ikut degdegan berasa kalo aku itu aiko *-*

  195. Kaisar Shen ini penggal kepala tanpa perasaan, kayak suaminya Asia #lirikjenderal. Bedanya, yang di sana sukanya ama pisau dan pistol.

    Kriteria persembahan ini ciri-cirinya mirip Aiko waktu kecil kah? Jangan-jangan si Kaisar pengen nyari orang yang udah nolongin dia buat balas budi.

    Mengenai pemenggalan kepala para selir, apa mereka dipenggal karena sudah melihat wajah asli Kaisar Shen? Kenapa wajah aslinya ditutupin? Masih menjadi misteri.

  196. Muena Varela menulis:

    Akhir’a bisa baca kisah Aiko ???

  197. Kngen cerita ini, jdi bca marathon lagi si Aiko sma Kaisar…

  198. Ningsih Yuji menulis:

    Kayak nyh lelaki yg ditolong sama Aiko itu si Kaisar sendiri deh.

  199. ceritanya seru….

  200. :LARIDEMIHIDUP

  201. :tidakks!

  202. Aikooo

  203. Seneng bgd ketemu aiko lagi… ???

  204. :HULAHULA

  205. RIFANI DWI AGUVIA menulis:

    Aaaaaa gimana ga berhenti di depan kamu aiko kriteria dia itu ya kaya kamu ??????????????

  206. Kok gw yg deg-degan ya??? ??

  207. kazuya_yukino menulis:

    Shen king :PATAHHATI

  208. Deg-degan? So pasti.

  209. Ayu Lestari menulis:

    Jangan² Shen King ya yg dulu ditolong sama Aiko waktu kecil..lalu Shen king langsung menjadikan Aiko sebagai patokan kriteria yg dicari nya biar bisa ketemu lagi hmmm jadi penasaran..

  210. aureliafirmansyah menulis:

    bikin deg2an saja endingnya..
    penasaran apakah aiko yg dipilih oleh kaisar?..
    harus ekstra hati2 kalau dia terpilih..
    pasti banyak yang ingin menyingkirkannya..

  211. :panikhati

  212. Hana Kimii menulis:

    :owljatuhcinta deg deg ser ini jantung

  213. SAMIATUR ROCHMAH menulis:

    Deg Deg Deg makin serrr ajaa :DOR! :inlovebabe

  214. :LARIDEMIHIDUP

  215. :DOR! :PATAHHATI

  216. Gw yang deg deg an bacanya ????

  217. Bravehoney04 menulis:

    :inlovebabe

  218. Kok aku yang deg degan ih :NGEBETT

  219. Aiko yg berhadapan lgsg dg kaisar tp kok malah sy seh yg deg2an??
    Klo sy kykx kaisar cari kandidat bkan mnjdikan ibu nya sbg patokan tp lbh kpda gadis kecil penyelamat nya??#soktahusaya??

  220. :nangisgulinggulingan :nangisgulinggulingan :nangisgulinggulingan

  221. :LARIDEMIHIDUP

  222. brisbane mind menulis:

    baruuuu sempettt buka, dan ga pernah ngecewain, :dragonmintacium :tebarbunga :owljatuhcinta

  223. anastasya magdalena menulis:

    Uwuw aiko

  224. :tidakks! Akhh makin penasaran

  225. Nah lho… :LARIDEMIHIDUP

  226. Ayu permatasari menulis:

    Kaisar Shen king :inlovebabe :inlovebabe

  227. Udah baca part ini 3x tapi sensasi deg²annya ga ilang² ?

  228. Hindun Wahyuni menulis:

    Penasaran sama wajahnya sang kaisar…
    Kayak apa yah :ragunih

  229. Kaisar bertopeng emas :ragunih :ragunih

    Aduh sang kaisar tahu za kalau itu aiko :cintakamumuach

  230. Apa Aiko akan di pilih? :ragunih

  231. ketampanan menurunkan kewibawaan :ragunih

  232. Sukaaaaa, feelnya aduuu, baca ini berasa gue yg jadi aiko wkwk :dragonmuahsanasini

  233. Kaisar itu orang yg sama yg dibantu aiko??

  234. Kok jadi aku yg degdegan pas kaisar emas berhenti deket aiko hihihi

  235. deg deg gitu y aiko

  236. Feelnya dapet banget salut deh

  237. Kebayang dag dig dug nya ? :tebarbunga

  238. :tepuk2tangan

  239. Syafriska Amelia Nst menulis:

    Oooo…
    Mw copot jantung ini..

  240. Olivia Margareta menulis:

    Bagus sis..

  241. Ai :inlovebabe kooo

  242. :tebarbunga

  243. deg degan

  244. :KAGEET

  245. Makin syukakkk

  246. Kok jadi deg deg’an yah, ini cuma fiksi kan bukan ujian ??

  247. Ga bisa lanjut ,masih subcriber ….belum ada ijin melintas kaka ….padahal kepo banget sama si raja yang diracun

  248. :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  249. baru awal udah bkn tegang bacanya

  250. Princessnowhite menulis:

    :wowkerensekali

  251. Ahaaaa ternyata itu kaisar. Pasti ciri2 yg disebutin kaisar krn dia udh jatuh cinta sama si aiko kecil.. makanya pas jd raja dia cari selir dgn ciri2 aiko. Gk sbar baca nextnya

    1. SERAFINA MOON LIGT🌙❤💡 menulis:

      Dan seketika itu pun sang kaisar jatuh cinta :aw..aw :aw..aw :aw..aw

  252. Aiko polos bnget

  253. Dina Karlina menulis:

    Haisss ngapa jadi gua yg deg deg an yak ??

  254. Blm bisa lanjut bacanya..
    Msih jd subcriber.. Pdhal penasaran bgt sama lanjutannya.. :'(

  255. Vnna Herlina menulis:

    Seneng banget bacanya :NGEBETT

  256. Untuk yang ketiga kalinya baca cerita ini.?

    1. Samaaaaa. … Terlalu cinta dengan cerita ini :kisskiss :kisskiss

  257. Prince_Girrafe29 menulis:

    Ku merindukan shen king
    Dan ku baca ulang :NGEBETT

  258. Ngak sabar baca next story penasaran bgtttt?

  259. Rizky Sofi ni menulis:

    Hmmmm?

  260. Wuah kamu terpilih Aiko?

  261. Lely Damayanti menulis:

    Pertemuan yg sudah ditunggu2 ,,,???
    :HULAHULA

  262. mustika lisa amalia menulis:

    suka banget sama karakter aiko :inlovebabe :inlovebabe

  263. Syafriska Amelia Nst menulis:

    Baca ulang krna kngen ama Shen dan Aiko :kisskiss

  264. Baru baca lagi gegara hp ilang dan lupa kata sandi :huhuhu

  265. Rini Anggraini menulis:

    Ngebayangin secantik apa aiko :kisskiss

  266. Tegang sendiri baca cerita ini ?

  267. Sudah lama gak buka baca dari awal ah

  268. Aku tegang kaisarnya kejam banget :gaksabar :gaksabar

  269. Nah loh apakah kaisar shen langsung tau ya ?? Hhmm hmmm

  270. Siti Zulaikah menulis:

    bacanya pelant pelan inih sambil dengerin mulmed :kisskiss :kisskiss :kisskiss

  271. Mita Yuspitasari menulis:

    :lovelove :lovelove

  272. adhityaanggun menulis:

    Masih aja sukaaaa ma ni cerita…

  273. Ai Erlinawati menulis:

    Apakah yg akan Kaisar lakukan pada Aiko??? Hmmm. Penasaran.

  274. Pertemuan yang di nantikan ???

  275. Sinta Setiawati menulis:

    Sukaaaa..

  276. Suuuuukaaaaaa

  277. Punya novelnya… Bagus bgt ceritanya ga bikin bingung. Ga bosen2 baca nih cerita

  278. Prince_Girrafe29 menulis:

    Shen kiiiing :kisskiss :kisskiss :kisskiss
    Aikoooo :kisskiss :kisskiss :kisskiss :kisskiss

  279. Airaqyoung1215 menulis:

    :kisskiss

  280. :matamemohon

  281. :berharapindah aikokaisarshen

  282. Pasangan kesayangan akuu :berharapindah :kisskiss :iloveyou :matamemohon :dancing

  283. Baca ulang… baca ulang…. kangen ama kisah awal Aiko n Shen ??

  284. Anjar Rose menulis:

    Kaisar udah tuh kalo itu aikonys cieh

  285. Kaikou Nezumi menulis:

    Kaisarnya sadis ya, tapo sukaaaa, ayoooo dia berhenti didepan Aiko

  286. Setelah sekian tahun apa kaisar masih inget sama sosok yang nolongin dia di hutan? Apalagi waktu itu malam hari

  287. Dede Indri Anggraini menulis:

    Walau sdh pernah baca tetap aj bikin penasaran dan nga ngebosenin

  288. Dhian Sarahwati menulis:

    Penantian kaisar akhirnya tiba…makanya berhenti d aiko

  289. Berasa baca sebentar dan udah to be continued ajaa. Suka banget sama latar cerita kerajaan kayak ginii :kisskiss

  290. lemonpinkskyyy menulis:

    :iloveyou

  291. Atikmissgyu94 menulis:

    Rindu kisah-kisah awa :sembursemburbyur :kumenangismelepasmu

  292. LauraOlivia00 menulis:

    Baca ulanggg :ayojadian

  293. Baca lagii :ohyeaaaaaaaaah!

  294. Kaisar shen kenal dg aiko ga ya?
    Btw disini jenderal msh single 😊. Bs nech dicaplok 😅

  295. Apakah kaisarnya bakal ngenalin aiko??

  296. Mau nulis ” Baca ulang ”
    Tapi udah banyak hihihi

    Ga bosen, menarik!

  297. Lusy Fitriyani menulis:

    Deg deg an,apa aiko kepilih :ayojadian :ayojadian :ayojadian

  298. baca ulang

  299. Bacaa lagii karena lupa alur :NGAKAKGILAA

  300. 🎵🎶Jangan memilih aku!
    🎼🎶🎶Bila kau penggal kepalaku!
    :bantingkursi

  301. Ulang lgi

  302. Amanda Natasya menulis:

    Deg degan parah

  303. Baca ulang, selalu greget 💃💃💃💃 :lovely

  304. Ummu Azzahra menulis:

    Iikutan baca ulang :larikarenamalu

  305. baca ulang karena seru bangeud
    :bantingkursi

  306. Baca ulang lg Thor…😁

  307. Antika Hadinata menulis:

    :lovely

  308. Kiki Miski menulis:

    Ikut deg deg an baca nya :mimisankarnamu :mimisankarnamu

  309. rina rahmi menulis:

    Baca kembali

  310. Septiani 09 menulis:

    Masih inget sama alur nya, tapi emang gak bosen

  311. Wey aku yg deg deg an🤣

  312. Baca ulang :backstab :backstab

  313. 🥰🥰🥰

  314. Kia Luthfia menulis:

    baca ulang

  315. Kia Luthfia menulis:

    re-read

  316. irmayohana menulis:

    :sebarcinta :DUKDUKDUK

  317. yasmin cavelli menulis:

    :DUKDUKDUK

  318. DeeraSlythNeel menulis:

    O ou, sang predator sudah menemukan mangsanya. Ibaratnya sih gitu, kalau aku baca manhwa, Aiko nih diibaratin herbivora trus Shen King karnivoranya :luculuculucuih :sebarcinta :sebarcinta :sebarcinta

  319. Diah Wardani menulis:

    :sebarcinta

  320. ClaireNAs07 menulis:

    Yaa ampunnn ya ampunnnn :akugakngerti :akugakngerti

  321. Mamita Fatih menulis:

    :luculuculucuih

  322. Putri Ratnasari menulis:

    Hayoo aikooo

  323. Putri Ratnasari menulis:

    Xixixiixixix Shen king sudah tertarik padamuuuu

  324. Baca ulang lagi

  325. Mayumi ini jangan-jangan owner nya mayonnaise (merk)

  326. Nextttttt nextttt

  327. Ayu Listiyani menulis:

    :lalayeye

  328. Ayu Listiyani menulis:

    😍😍😍😍😍😍

  329. istri ke dua jendral akira menulis:

    Udh 4 kli bca :ohyeaaaaaaaaah!

  330. Wiwit Ginting Munthe menulis:

    Aiko…

  331. ririsrisnawati menulis:

    Baca ulang nunggu author balik lagi update nya :berikamiadegankiss! :berikamiadegankiss!

  332. Baca ulang… nungguin banget update an tefbarunya.. :lovelove

  333. Ari Sa'adah Kurnianingsih menulis:

    Yeeee kamu lulus aiko

  334. Eciiee,,, ketemu yayang :backstab

  335. Kangen :aw..aw

  336. Ekha Aulia menulis:

    Baca ulang karena kangen aiko dan kaisar huhu :berikamiadegankiss!

    1. bentar lg ada part terbarunya yaa

  337. Tina Septiani menulis:

    :lovelove Loh loh

  338. Itanur Cahyati menulis:

    Mgkin klau aku di posisi aiko di tatap jenderal youshou langsung pingsan ckck