Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat › Forum › Forum Hiburan & Sharing › TAHUKAH ANDA? › Lima Efek Psikologi Menarik yang Perlu Anda Tahu
- This topic has 24 balasan, 25 suara, and was last updated 8 years, 7 months yang lalu by nulyminoz.
-
PenulisTulisan-tulisan
-
-
29 Mei 2016 pada 10:49 am #57407Author4Keymaster
Dirangkum dan diterjemahkan dari berbagai sumber, berikut saya share daftar 5 fakta yang menurut saya paling menarik.
1. Decoy Effect/Compromise effect
Decoy Effect adalah teknik psikologis yang sangat kuat dan efektif yang digunakan oleh orang marketing. Decoy effect adalah fenomena dimana konsumen cenderung akan mengganti pilihan di antara 2 opsi jika diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Sebagai ilustrasi, katakanlah di sebuah toko ada harga sebagai berikut:Teh manis kecil ….. Rp 3.000,00
Teh manis besar …. Rp 7.000,00Sebagian besar orang akan memilih membeli yang kecil karena 7000 rupiah rasanya terlalu mahal untuk harga teh manis. Tapi, toko lalu memasukkan pilihan decoy, sehingga harga menjadi seperti ini:
Teh manis kecil ….. Rp 3.000,00
Teh manis sedang .. Rp 6.500,00
Teh manis besar …. Rp 7.000,00Sekarang, sebagian besar orang akan memilih yang besar, karena harga ukuran yang besar wajar-wajar saja, malah murah karena hanya beda 500 rupiah dengan ukuran sedang. Penjual kadang tidak menggunakan decoy effect untuk barang yang paling mahal. Contoh di dunia nyata, screenshot saya ambil dari website resmi Apple hari ini:
ipod touch
Jika kita ingin membeli iPod dengan kapasitas 2x lipat – dari 16 GB ke 32 GB -, kita hanya perlu menambah $70 dan mendapat fitur-fitur tambahan seperti kamera 5MP, dll.
Tapi untuk meningkatkan kapasitas dari 32 GB ke 64 GB, tambahan harganya $100, dan tidak ada fitur tambahan. Kira-kira apa yang akan dibeli orang
Sebagian besar orang akan membeli yang 32 GB, sedikit akan membeli yang 16 GB, dan akan sangat sedikit sekali yang membeli 64 GB. iPod dengan kapasitas 16 GB dan 64 GB berfungsi sebagai decoy yang menjadikan kapasitas 32 GB terlihat sebagai pilihan terbaik.Decoy effect adalah salah satu trik ampuh penjual/marketer untuk menggiring kita belanja barang yang tidak kita butuhkan secara berlebihan.
2. Bystander Effect
Kita mungkin berpikir bahwa jika kita mengalami kecelakaan, kemungkinan kita diselamatkan orang lebih tinggi jika kita berada di tempat yang ramai.Tapi, insiden dan eksperimen yang tak terhitung banyaknya malah menunjukkan hal yang sebaliknya. Semakin banyak orang yang melihat, semakin kecil peluang ada orang yang akan menolong. Hal ini disebabkan oleh fenomena Diffusion of Responsibility, yaitu fenomena dimana seseorang akan semakin merasa tidak bertanggungjawab untuk berbuat (atau tidak berbuat) sesuatu ketika ada orang lain.
Salah satu kasus paling terkenal sebagai contoh akibat Bystander Effect ini adalah Richmond Gang Rape. Pada tanggal 24 Oktober 2009, di suatu sekolah di daerah California AS, sedang diadakan pesta dansa di gedung olahraga. Sementara itu, di saat yang sama, seorang gadis berusia 15 tahun diperkosa dan dipukuli beramai-ramai oleh sekitar 10 orang di halaman sekolah. Polisi mencatat bahwa setidaknya ada dua lusin saksi mata yang melihat kejadian ini tapi tidak melapor ke polisi sebelum akhirnya setelah dua setengah jam pacar korban melapor ke polisi. Berikut pengakuan salah satu saksi mata saat itu:
Mereka menendangnya di kepala dan menghajarnya, mengambil barang-barangnya dan menyobek pakaiannya; pemandangan itu bukanlah hal yang dapat kamu lupakan. Para pelaku sangat biadab, seolah-olah korban bukan manusia; aku melihat hal-hal yang gila. Korban sempat terdiam cukup lama; aku sempat berpikir ia telah mati tapi lalu aku melihat ia bergerak-gerak. Aku merasa aku bisa melakukan sesuatu tapi aku merasa tidak memiliki tanggung jawab atas apa yang tengah terjadi.
3. Pratfall Effect
Pratfall effect adalah fenomena dimana, seseorang yang terlihat menarik/atraktif di mata orang lain, akan terlihat semakin menarik jika ia membuat kesalahan/kekhilafan. Pada dasarnya, hal ini berarti kita tidak perlu merasa khawatir jika kita:Terpeleset di depan orang yang kita taksir
Mengakui kesalahan secara terbuka
Dll.
Namun, harus diingat baik-baik bahwa agar Pratfall Effect ini terjadi, kita harus dinilai menarik/atraktif/sempurna sebelum kita membuat kesalahan. Jika kita dinilai tidak menarik/tidak atraktif, membuat blunder/kesalahan hanya akan membuat kita menjadi semakin tidak menarik.
4. Contrast Effect
Contrast effect adalah perubahan persepsi akibat pemaparan simultan dengan stimulus yang memiliki nilai lebih rendah atau lebih tinggi. Contoh mudahnya adalah percobaan sederhana berikut:Sediakan tiga mangkok dan letakkan berdampingan. Isi mangkok kiri dengan air es, mangkok tengah dengan air biasa, dan mangkok kanan dengan air panas.
Masukkan tangan kiri ke mangkok kiri, dan tangan kanan ke mangkok kanan. Setelah 1 menit, angkat kedua tangan, dan masukkan tangan kiri dan tangan kanan ke mangkok tengah secara bersamaan.
Pada tangan kiri (yang baru terkena air dingin), airnya akan terasa hangat, sedangkan pada tangan kanan (yang baru terkena air panas), airnya akan terasa sejuk.Contrast effect ini dapat dimanfaatkan untuk keuntungan kita pada berbagai aktivitas sosial. Contoh, jika kita adalah bos:
Karyawan: “Bos, saya minta naik gaji.”
Bos: “Kamu saya pecat!”
Karyawan: “Tidaaakk!!”
Bos: “Ngga, saya ga serius. Kamu gajinya saya naikkan tapi 2% saja ya, masih mending kan daripada dipecat?”Contoh lain, contrast effect ini dapat kita manfaatkan untuk meminta orang melakukan sesuatu. Dengan meminta hal yang sulit lebih dahulu (yang kira-kira akan ditolak), jika kita langsung melanjutkan dengan meminta hal yang lebih mudah (permintaan yang sesungguhnya) maka permintaan kita yang sesungguhnya akan lebih mungkin diterima. Contoh:
Pemuda: “Hai cewek, boleh kenalan ga?”
Gadis: “Ih, amit-amit!”
Tapi, situasi ini bisa direvisi dengan memanfaatkan contrast effect seperti iklan zaman baheula:
Pemuda: “Neng, punya dongkrak?”
Gadis: “Aduh, ga punya mas.”
Pemuda: “Tapi, kalau nama punya kan?”?
5. Bouba-Kiki Effect
Perhatikan gambar di atas:
Di antara A dan B, bentuk yang satu namanya Bouba, dan yang satu lagi namanya Kiki. Pertanyaannya: Menurut Anda, yang manakah Bouba, dan yang manakah Kiki?Jika Anda menjawab bahwa A adalah Kiki dan B adalah Bouba, maka jawaban Anda sama dengan jawaban 95% orang berbahasa Spanyol, Inggris, dan India yang menjadi subjek penelitian. Dikatakan bahwa ternyata suara yang kita dengar bisa diubah benjadi bentuk dua dimensi oleh otak, kata kiki mengarah pada gambar bersudut dan kata bouba diintepretasikan dengan gambar tanpa sudut Ini merupakan kemampuan bawaan otak kita dimana sensasi indra dalam satu bentuk dapat menjadi bentuk sensasi lain.
Sumber : rizaputra.wordpress.com
-
29 Mei 2016 pada 11:01 am #57408ZiaAynanPeserta
Point nomor 1 ituuu sering (sangat sering) saya alami dalam kehidupan sehari harii.. Hehe
-
29 Mei 2016 pada 11:23 am #57416gigissPeserta
patrall effect bikin aku mikir ulang. whahaha
makasih lo kan infonya
-
29 Mei 2016 pada 11:44 am #57430lanasalwaPeserta
point 1 aku sering bandingin harga jika mau membeli sesuatu antara yg besar dan yg kecil dan untuk point 2 aku sering lihat di berita tv waktu ada kecelakaan banyak orang yg malah menjadikan bahan tontonan tanpa ada niat menolong dan untuk point ke 4 sering buat modus tuh wkwkwk terima kasih kak sudah mau share :)
-
29 Mei 2016 pada 11:54 am #57435Yolan07Peserta
Point 1 sering terjadi juga di kehidupan sehari hari hehe :MUEHEHE apalagi kalo udah suruh milih harga gitu :KETAWA
-
29 Mei 2016 pada 12:41 pm #57460awalia1dPeserta
point ke 1 selalu saya alami :HIRO :HIRO
-
29 Mei 2016 pada 5:25 pm #57586AnindiaRizkiyaPeserta
Point yang pertama canggih bener ya -_- kadang aku juga suka malah beli yang besar kalo kaya begitu :ASIA
-
29 Mei 2016 pada 5:43 pm #57600Novnov16Peserta
Sering banget terjadi kayak point pertama :ASIA :HIRO
-
29 Mei 2016 pada 5:49 pm #57603yoonnee88Peserta
Point 1 klo lg belanja sering ngalamin :ASIA :ASIA
-
29 Mei 2016 pada 6:17 pm #57630heerranjhaPeserta
Yg ga masuk akal tu pratfall effect…..sering mikir ak yg ga kekinian apa mereka yg sableng yaaaa hahahah
-
29 Mei 2016 pada 6:56 pm #57661MichikaLeePeserta
Dialog soal Dongkraklangsung jadi fokus Chika kkk…
Hmm..point pertama sering lah Chika lakuin hmm..
Kk @author4 ini artikelnya Kereenn… Kalau ada es cendol kayak kaskus Chika kasih deh..
Ada vote? Chika langsung kasih lima bintang or excellence!!
-
29 Mei 2016 pada 7:48 pm #57687AnotherwritesPeserta
Aku sering menemukan yang ke-3. hahaha
Coba deh kalo ada cowo/cewe cakep di kelas, tiba2 sorak-sorai gak jelas pasti diikutin sama yang lain. Lain kalau yang wajahnya biasa aja pasti dianggap norak. :ASIA
Dan mungkin efek ini berimbas juga ke kebiasaan buruk seperti merokok yang dianggap keren karena iklan2 rokok menampilkan model2 ganteng, cool, kece, gahol. hahaha -
29 Mei 2016 pada 8:24 pm #57705hannalee07Peserta
Point 1 itu sering banget terjadi di kehidupan sehari2….suka banding2in harga dulu klo pas lahi belanja bulanan..hehehe
-
29 Mei 2016 pada 8:36 pm #57715dinarlarasPeserta
Aku yg terakhir milih A bouba, yg B kiki -..- :GOAWAY
-
29 Mei 2016 pada 8:40 pm #57718fitrohfaliaPeserta
kayaknya effect yg nomer 1 banyak yang ngalamin. Termasuk aku. Wkwk ^_^ infonya menarik dan bermanfaat… :ASIA
-
29 Mei 2016 pada 8:44 pm #57723yoonilee85Peserta
efek psikologi yang ada tanpa kita sadari.. :JENDAKIRA
-
29 Mei 2016 pada 8:45 pm #57724windaturistianiPeserta
Poin 1, efeknya kadang baik kadang buruk juga.. :AZHURAKAHN
-
29 Mei 2016 pada 10:44 pm #57807weel_shanPeserta
Point 1 pasti banyak nih yg ngalamin :KETAWA
-
30 Mei 2016 pada 5:51 am #57946RisallyPeserta
Bagus infonya kak au4,,, :AIKO
point pertama kayaknya aku juga suka kayk gitu deh,,,
musti lebih teliti lagi ternyata,,, :ASIA -
30 Mei 2016 pada 7:14 am #57982St.vaniePeserta
Nice info thor4
Ternyata begitu toh. Pantas saja temenku jatuh cinta setengah mati sama orang yang kita semua geleng2. Uda kita merasa haduhhh itu orang, dia justru makin suka :OMG what a fratfall effect :OMG -
30 Mei 2016 pada 8:23 am #58004hydehydePeserta
Hmmm :JENDAKIRA
-
30 Mei 2016 pada 8:42 am #58012farahzamani5Peserta
Efek no 1 saya bngt ini haha
Klo ke supermarket suka bandingin harga misalnya sabun cair yg 250 ml hrganya sgni trs yg 450 ml sgni, nahh dibandingin dah murahan yg mana, secara awam mungkin kita langsung pilih yg 450 ml tp kdng2 tu harga suka turun yg 250 ml, jdi pinter2 kita ny aja bandingin harga, ga mau lah ya dikibulin supermarket
Sumpah dah ini jiwa ibu2 bngt saya haha :ASIA -
30 Mei 2016 pada 9:16 am #58022AnonimNon-aktif
udah pernah aku baca,, hampir semua yg Author kasih udah pernah aku baca,,, hmmmm jngan2 kita sama ya thor bacaanya.. hehehe
info nya jngan dr UC browser thor,,, hehehe
peace thor… :AIKO -
30 Mei 2016 pada 9:22 am #58024KJonghyunPeserta
Yg decoy effect sudah tidak asing lagi.. hehe
Yg kedua itu loohh serem amat yakk!! :OMG
-
30 Mei 2016 pada 9:24 am #58025nulyminozPeserta
Point yg no. 1 docoy efect, sering banget dialami itu :ASIA
Yg point ke 4. Contras effek, aku juga pernah ngalamin :MUEHEHE
-
-
PenulisTulisan-tulisan
- Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.