Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat Forum Forum Hiburan & Sharing TAHUKAH ANDA? Lima Efek Psikologi Menarik yang Perlu Anda Tahu

Melihat 24 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #57407
      Author4
      Keymaster

      Dirangkum dan diterjemahkan dari berbagai sumber, berikut saya share daftar 5 fakta yang menurut saya paling menarik.

      images (34)
      1. Decoy Effect/Compromise effect
      Decoy Effect adalah teknik psikologis yang sangat kuat dan efektif yang digunakan oleh orang marketing. Decoy effect adalah fenomena dimana konsumen cenderung akan mengganti pilihan di antara 2 opsi jika diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Sebagai ilustrasi, katakanlah di sebuah toko ada harga sebagai berikut:

      Teh manis kecil ….. Rp 3.000,00
      Teh manis besar …. Rp 7.000,00

      Sebagian besar orang akan memilih membeli yang kecil karena 7000 rupiah rasanya terlalu mahal untuk harga teh manis. Tapi, toko lalu memasukkan pilihan decoy, sehingga harga menjadi seperti ini:

      Teh manis kecil ….. Rp 3.000,00
      Teh manis sedang .. Rp 6.500,00
      Teh manis besar …. Rp 7.000,00

      Sekarang, sebagian besar orang akan memilih yang besar, karena harga ukuran yang besar wajar-wajar saja, malah murah karena hanya beda 500 rupiah dengan ukuran sedang. Penjual kadang tidak menggunakan decoy effect untuk barang yang paling mahal. Contoh di dunia nyata, screenshot saya ambil dari website resmi Apple hari ini:

      ipod touch
      Jika kita ingin membeli iPod dengan kapasitas 2x lipat – dari 16 GB ke 32 GB -, kita hanya perlu menambah $70 dan mendapat fitur-fitur tambahan seperti kamera 5MP, dll.
      Tapi untuk meningkatkan kapasitas dari 32 GB ke 64 GB, tambahan harganya $100, dan tidak ada fitur tambahan. Kira-kira apa yang akan dibeli orang
      Sebagian besar orang akan membeli yang 32 GB, sedikit akan membeli yang 16 GB, dan akan sangat sedikit sekali yang membeli 64 GB. iPod dengan kapasitas 16 GB dan 64 GB berfungsi sebagai decoy yang menjadikan kapasitas 32 GB terlihat sebagai pilihan terbaik.

      Decoy effect adalah salah satu trik ampuh penjual/marketer untuk menggiring kita belanja barang yang tidak kita butuhkan secara berlebihan.

      images (38)
      2. Bystander Effect
      Kita mungkin berpikir bahwa jika kita mengalami kecelakaan, kemungkinan kita diselamatkan orang lebih tinggi jika kita berada di tempat yang ramai.

      Tapi, insiden dan eksperimen yang tak terhitung banyaknya malah menunjukkan hal yang sebaliknya. Semakin banyak orang yang melihat, semakin kecil peluang ada orang yang akan menolong. Hal ini disebabkan oleh fenomena Diffusion of Responsibility, yaitu fenomena dimana seseorang akan semakin merasa tidak bertanggungjawab untuk berbuat (atau tidak berbuat) sesuatu ketika ada orang lain.

      Salah satu kasus paling terkenal sebagai contoh akibat Bystander Effect ini adalah Richmond Gang Rape. Pada tanggal 24 Oktober 2009, di suatu sekolah di daerah California AS, sedang diadakan pesta dansa di gedung olahraga. Sementara itu, di saat yang sama, seorang gadis berusia 15 tahun diperkosa dan dipukuli beramai-ramai oleh sekitar 10 orang di halaman sekolah. Polisi mencatat bahwa setidaknya ada dua lusin saksi mata yang melihat kejadian ini tapi tidak melapor ke polisi sebelum akhirnya setelah dua setengah jam pacar korban melapor ke polisi. Berikut pengakuan salah satu saksi mata saat itu:

      Mereka menendangnya di kepala dan menghajarnya, mengambil barang-barangnya dan menyobek pakaiannya; pemandangan itu bukanlah hal yang dapat kamu lupakan. Para pelaku sangat biadab, seolah-olah korban bukan manusia; aku melihat hal-hal yang gila. Korban sempat terdiam cukup lama; aku sempat berpikir ia telah mati tapi lalu aku melihat ia bergerak-gerak. Aku merasa aku bisa melakukan sesuatu tapi aku merasa tidak memiliki tanggung jawab atas apa yang tengah terjadi.

      images (36)
      3. Pratfall Effect
      Pratfall effect adalah fenomena dimana, seseorang yang terlihat menarik/atraktif di mata orang lain, akan terlihat semakin menarik jika ia membuat kesalahan/kekhilafan. Pada dasarnya, hal ini berarti kita tidak perlu merasa khawatir jika kita:

      Terpeleset di depan orang yang kita taksir
      Mengakui kesalahan secara terbuka
      Dll.
      Namun, harus diingat baik-baik bahwa agar Pratfall Effect ini terjadi, kita harus dinilai menarik/atraktif/sempurna sebelum kita membuat kesalahan. Jika kita dinilai tidak menarik/tidak atraktif, membuat blunder/kesalahan hanya akan membuat kita menjadi semakin tidak menarik.

      images (35)
      4. Contrast Effect
      Contrast effect adalah perubahan persepsi akibat pemaparan simultan dengan stimulus yang memiliki nilai lebih rendah atau lebih tinggi. Contoh mudahnya adalah percobaan sederhana berikut:

      Sediakan tiga mangkok dan letakkan berdampingan. Isi mangkok kiri dengan air es, mangkok tengah dengan air biasa, dan mangkok kanan dengan air panas.
      Masukkan tangan kiri ke mangkok kiri, dan tangan kanan ke mangkok kanan. Setelah 1 menit, angkat kedua tangan, dan masukkan tangan kiri dan tangan kanan ke mangkok tengah secara bersamaan.
      Pada tangan kiri (yang baru terkena air dingin), airnya akan terasa hangat, sedangkan pada tangan kanan (yang baru terkena air panas), airnya akan terasa sejuk.

      Contrast effect ini dapat dimanfaatkan untuk keuntungan kita pada berbagai aktivitas sosial. Contoh, jika kita adalah bos:

      Karyawan: “Bos, saya minta naik gaji.”
      Bos: “Kamu saya pecat!”
      Karyawan: “Tidaaakk!!”
      Bos: “Ngga, saya ga serius. Kamu gajinya saya naikkan tapi 2% saja ya, masih mending kan daripada dipecat?”

      Contoh lain, contrast effect ini dapat kita manfaatkan untuk meminta orang melakukan sesuatu. Dengan meminta hal yang sulit lebih dahulu (yang kira-kira akan ditolak), jika kita langsung melanjutkan dengan meminta hal yang lebih mudah (permintaan yang sesungguhnya) maka permintaan kita yang sesungguhnya akan lebih mungkin diterima. Contoh:

      Pemuda: “Hai cewek, boleh kenalan ga?”
      Gadis: “Ih, amit-amit!”
      Tapi, situasi ini bisa direvisi dengan memanfaatkan contrast effect seperti iklan zaman baheula:
      Pemuda: “Neng, punya dongkrak?”
      Gadis: “Aduh, ga punya mas.”
      Pemuda: “Tapi, kalau nama punya kan?”?

      images (1)
      5. Bouba-Kiki Effect
      Perhatikan gambar di atas:
      Di antara A dan B, bentuk yang satu namanya Bouba, dan yang satu lagi namanya Kiki. Pertanyaannya: Menurut Anda, yang manakah Bouba, dan yang manakah Kiki?

      Jika Anda menjawab bahwa A adalah Kiki dan B adalah Bouba, maka jawaban Anda sama dengan jawaban 95% orang berbahasa Spanyol, Inggris, dan India yang menjadi subjek penelitian. Dikatakan bahwa ternyata suara yang kita dengar bisa diubah benjadi bentuk dua dimensi oleh otak, kata kiki mengarah pada gambar bersudut dan kata bouba diintepretasikan dengan gambar tanpa sudut Ini merupakan kemampuan bawaan otak kita dimana sensasi indra dalam satu bentuk dapat menjadi bentuk sensasi lain.

      Sumber : rizaputra.wordpress.com

    • #57408
      ZiaAynan
      Peserta

      Point nomor 1 ituuu sering (sangat sering) saya alami dalam kehidupan sehari harii.. Hehe

    • #57416
      gigiss
      Peserta

      patrall effect bikin aku mikir ulang. whahaha

      makasih lo kan infonya

    • #57430
      lanasalwa
      Peserta

      point 1 aku sering bandingin harga jika mau membeli sesuatu antara yg besar dan yg kecil dan untuk point 2 aku sering lihat di berita tv waktu ada kecelakaan banyak orang yg malah menjadikan bahan tontonan tanpa ada niat menolong dan untuk point ke 4 sering buat modus tuh wkwkwk terima kasih kak sudah mau share :)

    • #57435
      Yolan07
      Peserta

      Point 1 sering terjadi juga di kehidupan sehari hari hehe :MUEHEHE apalagi kalo udah suruh milih harga gitu :KETAWA

    • #57460
      awalia1d
      Peserta

      point ke 1 selalu saya alami :HIRO :HIRO

    • #57586

      Point yang pertama canggih bener ya -_- kadang aku juga suka malah beli yang besar kalo kaya begitu :ASIA

    • #57600
      Novnov16
      Peserta

      Sering banget terjadi kayak point pertama :ASIA :HIRO

    • #57603
      yoonnee88
      Peserta

      Point 1 klo lg belanja sering ngalamin :ASIA :ASIA

    • #57630
      heerranjha
      Peserta

      Yg ga masuk akal tu pratfall effect…..sering mikir ak yg ga kekinian apa mereka yg sableng yaaaa hahahah

    • #57661
      MichikaLee
      Peserta

      Dialog soal Dongkraklangsung jadi fokus Chika kkk…

      Hmm..point pertama sering lah Chika lakuin hmm..

      Kk @author4 ini artikelnya Kereenn… Kalau ada es cendol kayak kaskus Chika kasih deh..

      Ada vote? Chika langsung kasih lima bintang or excellence!!

    • #57687
      Anotherwrites
      Peserta

      Aku sering menemukan yang ke-3. hahaha
      Coba deh kalo ada cowo/cewe cakep di kelas, tiba2 sorak-sorai gak jelas pasti diikutin sama yang lain. Lain kalau yang wajahnya biasa aja pasti dianggap norak. :ASIA
      Dan mungkin efek ini berimbas juga ke kebiasaan buruk seperti merokok yang dianggap keren karena iklan2 rokok menampilkan model2 ganteng, cool, kece, gahol. hahaha

    • #57705
      hannalee07
      Peserta

      Point 1 itu sering banget terjadi di kehidupan sehari2….suka banding2in harga dulu klo pas lahi belanja bulanan..hehehe

    • #57715
      dinarlaras
      Peserta

      Aku yg terakhir milih A bouba, yg B kiki -..- :GOAWAY

    • #57718
      fitrohfalia
      Peserta

      kayaknya effect yg nomer 1 banyak yang ngalamin. Termasuk aku. Wkwk ^_^ infonya menarik dan bermanfaat… :ASIA

    • #57723
      yoonilee85
      Peserta

      efek psikologi yang ada tanpa kita sadari.. :JENDAKIRA

    • #57724

      Poin 1, efeknya kadang baik kadang buruk juga.. :AZHURAKAHN

    • #57807
      weel_shan
      Peserta

      Point 1 pasti banyak nih yg ngalamin :KETAWA

    • #57946
      Risally
      Peserta

      Bagus infonya kak au4,,, :AIKO
      point pertama kayaknya aku juga suka kayk gitu deh,,,
      musti lebih teliti lagi ternyata,,, :ASIA

    • #57982
      St.vanie
      Peserta

      Nice info thor4
      Ternyata begitu toh. Pantas saja temenku jatuh cinta setengah mati sama orang yang kita semua geleng2. Uda kita merasa haduhhh itu orang, dia justru makin suka :OMG what a fratfall effect :OMG

    • #58004
      hydehyde
      Peserta

      Hmmm :JENDAKIRA

    • #58012
      farahzamani5
      Peserta

      Efek no 1 saya bngt ini haha
      Klo ke supermarket suka bandingin harga misalnya sabun cair yg 250 ml hrganya sgni trs yg 450 ml sgni, nahh dibandingin dah murahan yg mana, secara awam mungkin kita langsung pilih yg 450 ml tp kdng2 tu harga suka turun yg 250 ml, jdi pinter2 kita ny aja bandingin harga, ga mau lah ya dikibulin supermarket
      Sumpah dah ini jiwa ibu2 bngt saya haha :ASIA

    • #58022
      Anonim
      Non-aktif

      udah pernah aku baca,, hampir semua yg Author kasih udah pernah aku baca,,, hmmmm jngan2 kita sama ya thor bacaanya.. hehehe

      info nya jngan dr UC browser thor,,, hehehe
      peace thor… :AIKO

    • #58024
      KJonghyun
      Peserta

      Yg decoy effect sudah tidak asing lagi.. hehe

      Yg kedua itu loohh serem amat yakk!! :OMG

    • #58025
      nulyminoz
      Peserta

      Point yg no. 1 docoy efect, sering banget dialami itu :ASIA
      Yg point ke 4. Contras effek, aku juga pernah ngalamin :MUEHEHE

Melihat 24 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.