Reapers Destiny

Reaper’s Destiny Prolog

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

projectsairaakira Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat – Project Sairaakira

2,712 votes, average: 1.00 out of 1 (2,712 votes, average: 1.00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...

3201 words


Anak kecil itu tanpa dosa, tanpa pertahanan diri dan tanpa prasangka.

Yazza berdiri diam di bawah bayang-bayang pepohonan saat hari menjelang senja di Desa Swabi, salah satu desa kecil yang menjadi bagian dari kerajaan Garaya yang cukup makmur karena menjadi desa pertanian dengan tanaman gandum emas yang melimpah, cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan separuh kerajaan Garaya.

Sebagian besar penduduk desa ini menjadi petani gandum, sementara para perempuan membantu suaminya dengan menjual hasil bumi di pasar. Sama seperti sebagian besar penduduk desa di kerajaan Garaya, mereka semua memakai pakaian sewarna orange terang yang memanjang untuk melindungi mereka dari pasir dan debu di siang hari yang panas.

Musim panen telah lewat dan musim kemarau datang menjelang. Pada masa-masa ini, penduduk desa telah menyimpan persediaan gandum emas di lumbung masing-masing. Lumbung itu ada di bagian belakang rumah seluruh penduduk desa, sebuah bangunan kayu beratapkan rumbia yang dibangun di bawah tiang-tiang tinggi untuk menjaga dari serangan amoa, sejenis tikus hutan yang dibenci kaum petani karena sering merusak dan memakan dan persediaan gandum mereka yang berharga. Amoa sangat gesit jika berada di atas permukaan tanah, tetapi hewan itu tidak bisa memanjat. Karena itulah lumbung yang berada di atas tiang tinggi tersebut cukup efektif untuk menahan serangan hama perusak itu.

Pada senja seperti ini, para wanita akan menutup jendela-jendela lumbung yang terbuka untuk mengalirkan udara supaya gandum keluarga mereka tidak lembab atau membusuk di tempat penyimpanan. Sepanjang siang gandum emas yang berharga tersebut diangin-anginkan sebelum kemudian disimpan di dalam ruang tertutup yang terlingkupi oleh udara dingin malam di luar lumbung.

Yazza masih berdiri di tempatnya semula. Tubuhnya yang mematung saat ini terlingkupi oleh jubah hitam bertudung panjang menyasar tanah, menyaru dengan bayangan senja yang telah mulai turun menyapa bumi, merayu Sang Mentari untuk pulang ke peraduan dan lelap dalam pelukan malam.

Kali ini, Yazza tidak perlu menghabiskan tenaga dan waktu untuk mencari yang satu ini. Nyawa ke sembilan puluh sembilan yang harus dituainya untuk memenuhi penggenapan hukuman atas dosa masa lampau yang harus ditebusnya.

Dahulu kala, ketika pertama kali memulai perburuan, Yazza membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena dirinya belum terbiasa. Dia membutuhkan seluruh petunjuk yang bisa ditemukannya untuk menemukan nyawa ini, nyawa yang ditakdirkan untuk dia tuai dan dikirim ke dunia kematian yang kelam, nyawa yang diramalkan akan menjadi penentu kehancuran Dunia Ametyst. Dunia mereka, dunia yang menyatukan kemakmuran manusia dengan berkat yang dilimpahkan oleh para dewa.

Ketika menemukan nyawa yang kesatu, wujudnya masih anak-anak berusia lima tahun. Anak perempuan cantik dengan rambut ikal sewarna madu dengan mata senada. Anak itu memandangnya dengan senyum tanpa prasangkanya yang khas, seolah Yazza adalah sahabat dan bukannya makhluk jahat yang dikirim untuk menghabisi nyawanya. Pada tugas pertamanya, pergolakan batin itu begitu kuat, baginya, Seorang Dewa kematian yang ditugaskan menjemput nyawa-nyawa yang ditakdirkan untuk mati, menjemput jiwa murni kanak-kanak yang tak berdosa dengan mata lebarnya yang polos itu terasa begitu berat. Rasa belas kasihan mendominasi dirinya, belas kasihan pada seorang anak yang menanggung takdir begitu kejam, takdir menghancurkan Dunia Ametyst bahkan sebelum anak itu bisa memahami segala sesuatu yang berputar di roda kehidupannya.

Tetapi tugas adalah tugas. Pada akhirnya Yazza tidak memiliki kekuatan lain selain melakukan apa yang diperintahkan kepadanya. Dia meniupkan kabut angro mainu yang mematikan, jenis kabut lain yang tidak mencekik, tetapi menidurkan Sang Anak dengan halus hingga jiwa anak itu tertidur lelap, dalam kondisi melayang ketika dicabut dari tubuhnya. Hanya kebaikan hati itulah satu-satunya yang bisa dilakukan Yazza untuk menebus rasa bersalahnya karena telah merenggut jiwa anak yang tidak berdosa, menuai nyawa dalam kamuflase tidur lelap yang menyenangkan.

Setelah menuai yang pertama, tugas penuaian yang berikutnya terasa begitu mudah. Yazza mulai terbiasa, pun dia telah meningkatkan kemampuannya hingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan buruannya. Semakin muda dan tidak berdaya semakin baik. Yazza berusaha membunuh anak yang terlahir kembali berkali-kali tanpa menyerah itu ketika usia Sang Anak masih begitu belia, terlalu muda untuk membalas tatapan matanya dan menghantui malam-malamnya dengan rasa bersalah.

Sekarang, setelah ratusan tahun berlalu, Yazza akhirnya menemukan yang ke sembilan puluh sembilan. Tugasnya telah hampir selesai, penggenapan hukumannya telah hampir tercapai. Setelah dia menyelesaikan yang satu ini, maka tinggal satu lagi yang tersisa. Setelah itu, dia bisa menyelesaikan seluruh masa hukumannya yang menyiksa. Sang Alam Semesta menjanjikannya menjadi Dewa yang bebas setelah ini, sehingga Yazza bisa menjalani kehidupannya dalam damai, meskipun masih tenggelam dalam dunia kegelapan sebagai Sang Dewa Kematian.

Sang Ibu yang telah sejak tadi diamatinya tampak menggandeng seorang anak kecil yang berjalan tertatih tatih mengikuti langkahnya. Anak itu sama seperti yang sebelum-sebelumnya, berambut lebat sewarna madu, dan bahkan dalam senja yang meredupi langit saat ini, Yazza bisa menebak warna matanya yang serupa dengan madu berkilauan dan bening tanpa dosa. Membunuh yang sebelum-sebelumnya membuat Yazza memahami pola yang sama. Anak yang diramalkan sebagai penghancur Dunia Ametyst itu selain memiliki ciri fisik yang sama persis, juga selalu terlahir sebagai anak perempuan pertama, dari seorang ibu muda dimana suaminya telah meninggal atau pergi meninggalkannya. Ya, anak ini seolah ditakdirkan menjadi teman ibunya yang sebatang kara. Sayangnya, karena Yazza selalu menuai anak ini di usianya yang masih sangat muda, maka hanya waktu singkatlah yang dapat dihabiskan oleh Sang Ibu yang malang ini dengan anaknya.

Pola yang sama itu mempermudah Yazza dalam pencariannya. Waktu demi waktu berlalu, semakin singkat waktu yang dibutuhkan oleh Yazza untuk menemukan perwujudan nyawa yang telahir kembali ini. Seperti anak yang sekarang ada di depan matanya, yang baru berumur setahun lebih sedikit.

Mata Yazza tak lepas mengawasi ketika Sang Ibu berjongkok di depan anaknya, memberi nasehat supaya anak itu duduk dan menunggu di dekat tiang besar yang menyangga lumbung gandum, tepat di dekat tangga yang menuju atas.

Seperti dugaan Yazza, Sang Ibu hendak naik ke atas untuk menutup pintu dan jendela lumbung, melakukan tugas harian yang harus dilakukannya sebelum malam menjelang, menjaga supaya persediaan gandum di lumbungnya tetap dalam kualitas yang baik. Sang Ibu hanya hidup berdua dengan adik laki-lakinya yang bertugas mengolah ladang, sementara anak kecil ini terpaksa dibawa kemana-mana karena tidak ada yang mengasuh.

Anak itu sudah terbiasa patuh dan menunggu, duduk di rerumputan tanpa kenal takut, mengoceh sendiri dan larut dalam imajinasi kanak-kanaknya yang pastinya indah. Yazza menunggu sampai Sang Ibu menaiki tapak demi tapak tangga kayu yang terbuat dari batang pohon yang disusun sedemikian rupa dan disatukan dengan ikatan tali rami nan kencang, dan tidak bergerak sampai tubuh Sang Ibu memasuki pintu lumbung, lalu menghilang masuk ke dalam.

Setelah itu Yazza melangkah maju, jubahnya berdesir perlahan menyasar tanah, menimbulkan suara kelam yang mendirikan bulu kuduk bagi siapapun yang sedang sial mendengarnya. Lalu Yazza berdiri tegak di depan anak kecil itu, siap untuk melakukan tugasnya.

Yazza bisa merasakan anak itu mendongak, matanya pasti lebar dan polos, berkilauan menatap sosok asing terselubungi kegelapan yang tiba-tiba berdiri di depannya. Anak itu tidak pernah takut kepadanya, sama seperti yang sebelum-sebelumnya, tidak ada yang takut atau menangis ketika melihatnya untuk pertama kali, entah kenapa. Seolah-olah pertahanan diri anak itu begitu lemah terhadap Yazza, seolah dia tidak berprasangka pada Sang Dewa Kematian yang berulangkali mencabut kehidupannya yang pantang menyerah, yang selalu terlahir kembali setiap nyawanya dituai paksa.

Dan sekarang, meskipun menolak untuk menatap mata anak itu, seperti yang dilakukannya pada tahun-tahun sebelumnya, Yazza tahu bahwa anak itu sedang tersenyum ramah kepadanya, senyum bersahabat seperti menyambut kesayangan, bukan menyambut musuh. Senyum itulah yang dihindarinya karena entah kenapa seperti menancapkan perih rasa bersalah nan tak kunjung pergi.

Yazza memejamkan mata, menolak untuk melihat sementara aroma dupa angro mainu diiringi kabut pekat yang khas muncul menyelubungi tubuhnya, menyelubungi anak itu. Ini adalah kabut penidur, yang akan mencabut nyawa anak itu dengan lembut, tanpa rasa sakit, bahkan tanpa anak itu menyadarinya.

Tiada ada suara, tiada gerakan. Bahkan desau angin yang tadinya asyik menggelitiki dedaunan hingga berjingkat kesana kemari tampak ikut berhenti, seolah takut mengganggu kesyahduan upacara penuaian Sang Dewa Kematian terhadap korbannya.

Yazza merendahkan tatapan matanya, akhirnya berani melabuhkan pandangannya ke sosok anak kecil yang sekarang telah tergolek lunglai di rerumputan, mata terpejam tubuh kehilangan daya, menjadi mayat yang terselubungi kematian nan indah, tampak lelap dalam tidur panjang yang menyenangkan meski sebenarnya sudah tak bernyawa.

Sembilan puluh sembilan sudah selesai, tinggal satu lagi untuk menggenapi…

Yazza membalikkan badan, membiarkan tubuhnya ditelan oleh kabut kegelapan, membuat sosoknya berangsur menghilang, menyatu dengan malam yang telah memijakkan kaki ke bumi.

Masih didengarnya sayup di kejauhan, jeritan kesedihan dari mulut Sang Ibu yang baru menuruni tangga lumbung dan menemukan anak gadis kesayangannya sudah terbaring tak bernyawa…

***

Hari ini adalah hari perayaan panen di kerajaan Garaya. Saat ini di pusat kota, seluruh desa telah bersiap untuk pesta besar. Pepohonan sudah dihias dengan kain-kain orange yang melambai-lambai tertiup angin, diikatkan dengan seksama di seluruh batang rendahnya. Para perempuan saat ini sedang berkumpul di lapangan luas, dengan bahan makanan yang melimpah ruah siap untuk diolah. Tahun demi tahun berlalu, berkat Mahadewa Azhura Kahn begitu melimpah ke seluruh penduduk Dunia Ametyst.

Cerita yang dikenal turun menurun sehingga menjadi legenda banyak terdengar, menceritakan kisah indah antara Sang Mahadewa Azhura Kahn dengan pengantin manusia yang dijemput oleh Beliau pada ulang tahunnya yang ketujuh belas. Para pendeta bercerita bahwa dahulu kala, sebelum Sang Pengantin terlahirkan ke dunia, mereka memiliki upacara khusus yang disebut upacara persembahan, setiap anak cukup umur akan membawa persembahan ke kuil raksasa Mahadewa Azhura Kahn dan meletakkannya di kaki patung Sang Mahadewa yang agung. Sampai akhirnya ada satu persembahan yang hilang, pertembahan dari pengantin Azhura yang menurut legenda telah diangkat ke khayangan, hidup di istana para dewa bersama Sang Mahadewa Azhura Kahn.

Saat ini, setelah ratusan tahun berlalu, upacara persembahan itu telah ditiadakan. Anak-anak gadis tidak lagi harus berbaris untuk memberikan persembahan ke kuil Sang Mahadewa. Upacara itu berganti dengan upacara panen, dimana seluruh penduduk berbondong-bondong datang ke kuil Sang Mahadewa Azhura Kahn, memberikan persembahan dalam bentuk hasil bumi terbaik mereka sebagai ungkapan rasa syukur atas berkat dan panen yang melimpah sepanjang tahun yang telah dianugerahkan oleh Sang Mahadewa Azhura Kahn pada seluruh penduduk.

Pihak kuil yang dipimpin oleh pendeta tertinggi akan menghimpun seluruh persembahan yang jumlahnya melimpah itu. Penduduk Garaya yakin bahwa semakin banyak dan semakin baik persembahan yang mereka berikan, maka semakin banyak dan semakin baik pulalah berkat yang mereka akan terima untuk sepanjang tahun ke depan. Pendeta tertinggi akan memerintahkan para pendeta pelayan untuk mengumpulkan penduduk di lapangan luas untuk mengolah persembahan itu menjadi sajian hidangan pesta rakyat. Para wanita bertugas mengolah bahan makanan menjadi sajian lezat, sementara para lelaki menyiapkan tenda raksasa, meja-meja dan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pesta besar.

Hiruk pikuk pesta perayaan panen ini menjadi tradisi tahun temurun yang ditunggu-tunggu oleh seluruh penduduk. Mereka yang berasal dari pinggiran kota akan datang berbondong-bondong sekeluarga untuk merayakan, tidak ingin ketinggalan kesenangan setahun sekali yang penuh dengan keceriaaan dan suasana pesta.

Mereka semua akan makan hidangan melimpah yang mengalir tiada habisnya, diiringi dengan penyalaan api unggun di tengah lampangan, lalu disambung dengan acara menari dan menyanyi mengelilingi api unggun nan penuh tawa. Anak-anak akan bermain dengan ceria sambil makan kembang gula manis yang hanya mereka dapatkan setahun sekali, tertawa dan diizinkan untuk tidur lebih larut daripada biasanya.

Ketika senja telah hampir tiba, perempuan-perempuan datang berbaris dalam barisan panjang yang tak terlihat ujungnya. Masing-masing membawa nampan besar berisi aneka macam hidangan, buah-buahan, daging panggang berlumur madu yang menggugah selera, olahan gandum emas nan gurih, gula-gula manisan berbagai rasa yang digilai anak-anak, juga kendi-kendi penuh berisi Mekha, minuman emas yang disaring dari air madu dingin bercampur teh bunga krisan yang harum dan menyegarkan tenggorokan.

Seluruh hidangan itu diatas meja raksasa panjang yang menyilang di seluruh lapangan besar ibukota Kerajaan Garaya. Sebentar lagi ketika malam datang, penduduk yang sudah tak sabar untuk berpesta akan datang berbondong-bondong untuk mencicipi hidangan dan bersukaria.

Api unggun sudah dinyalakan, dan para pemain musih sudah memegang alatnya masing-masing, siap memainkan nuansa musik ceria untuk mengiringi tarian dan nyanyian penduduk desa. Semua siap untuk berpesta, kecuali satu.

Satu yang dimaksud adalah sosok perempuan yang tampak begitu kurus, berjalan tertatih-tatih setelah meletakkan nampan besar berisi daging panggang di atas meja. Kondisinya yang sedang hamil besar tidak menghentikan kewajibannya sama seperti perempuan lainnya untuk membantu mempersiapkan hidangan pesta. Perempuan itu tampak pucat, tangannya memegang pinggang sementara keringkihan tubuhnya seolah memprotes beban besar di perutnya yang menggelembung maju berisi bayi yang sudah hampir siap lahir.

Perlahan perempuan itu menuju ke salah satu pohon rindang di pinggir lapangan, menyandarkan tubuh segera setelah berhasil mencapai pohon itu. Napasnya terengah sementara keringat dingin mengalir di dahinya, membuat anak-anak rambutnya yang sewarna madu lengket di kulit dan tidak nyaman.

Perempuan itu menggerakkan tangan kurusnya untuk mengusap wajah, lalu menghela napas panjang ketika matanya menyapu hiruk pikuk penuh antisipasi persiapan pesta di lapangan besar di depan matanya. Mereka semua tampak bahagia, tanpa beban dan begitu mensyukuri berkat Sang Mahadewa Azhura Kahn. Sayangnya kebahagian itu seolah tidak menyentuh dirinya. Dia sebatang kara saat ini, dalam kondisi hamil besar siap melahirkan tetapi tanpa suami yang mendampingi. Suami yang dicintainya, yang menjadi tumpuan hidupnya telah meninggal dunia akibat jatuh dari kuda ketika hendak membawa hasil panen mereka ke kota. Saat ini dirinya sendirian, tidak ada lelaki untuk mengolah lahan sehingga dia tidak punya pemasukan, hanya bergantung pada sumbangan warga yang kasihan kepadanya.

Gerakan di perutnya terasa nyata, membuat perempuan itu refleks menggerakkan jemari untuk mengelus perutnya. Meskipun saat ini dia tidak tahu akan bagaimana nasibnya nanti bersama anak ini dalam kekurangan di masa depan, perempuan itu tetap saja mencintai anak dalam kandungan yang berlum terlahir ini, sesuai kodratnya sebagai calon ibu yang ditakdirkan mencintai bayinya.

Gerakan itu terasa begitu nyata, seiring dengan perutnya yang mengencang hingga terasa sakit. Perempuan itu menahan napas sebelum menghembuskannya lagi untuk meredakan rasa sakit yang menggigit. Perlahan dielusnya kembali perutnya sambil berbisik membujuk.

“Jangan sekarang nak. Malam ini tidak ada dayana yang siap untuk membantu kelahiranmu, mereka semua, tua dan muda sedang berpesta.” ujarnya lirih, meringis ketika rasa tegang di perutnya malahan semakin mengencang.

Ketika rasa sakit sudah tak tertahan lagi, perempuan itu rubuh perlahan-lahan ke tanah, duduk di atas rerumputan dengan punggung bersandar di pohon sambil menahan sakit. Erangan dan desahan permintaan tolongnya tenggelam di antara hiruk pikuk penduduk yang siap untuk berpesta.

Ketika rasa sakit yang sangat kuat datang menghantam, perempuan itu menjerit lemah, memejamkan mata dan hampir tenggelam dalam ketidaksadaran.

Lalu sebuah tangan menyentuhnya. Tangan yang hangat seolah menenangkan, membuat perempuan itu membuka mata sehingga bertatapan langsung dengan seorang perempuan tua yang menatapnya penuh perhatian.

“Saya… saya akan melahirkan,” lirih perempuan itu mengerang, melawan rasa sakit yang tak terkira.

Perempuan tua itu menganggukkan kepala, lalu bergerak menopang membantu perempuan itu berdiri. Tenaganya yang kuat terasa begitu mengejutkan jika dibandingkan dengan penampilan rentanya yang terlihat lemah.

“Aku akan membawamu ke pondokku, tenang saja. Aku seorang dayana.”

Kalimat perempuan itu langsung terasa menenangkan, laksana air dingin penyembuh luka yang mengguyur dan meredakan rasa sakitnya. Seorang dayana adalah perempuan ahli yang bertugas membantu perempuan-perempuan melahirkan di Kerajaan Garaya ini. Mereka ahli meramu obat untuk mempercepat kesembuhan, pandai merawat bayi dan sebagian besar memiliki keahlian untuk meramal masa depan bayi-bayi yang baru lahir. Setiap bayi yang diantarkan ke pelukan ibunya, selalu disertai dengan pesan dan nasehat supaya masa depan Sang Bayi berjalan menuju kebaikan.

Perempuan yang akan melahirkan itu berjalan dalam rengkuhan tangan Sang Dayana, tertatih-tatih melewati rerumputan hingga akhirnya sampai di sebuah pondok kayu sederhana dengan pencahayaan redup yang seolah menanti.

Perempuan tua itu membawanya memasuki pondok, membaringkannya di lantai beralaskan kain linen dengan bantal empuk untuk menyangga kepalanya, lalu tanpa kata bergerak mengambil segala peralatan yang diperlukan untuk mempersiapkan kelahiran sang jabang bayi.

Air hangat, ramuan obat luar, ramuan obat penghenti pendarahan untuk diminum serta dupa wewangian yang menenangkan telah dinyalakan, memenuhi seluruh ruangan dengan nuansa damai yang melegakan.

Sayup-sayup perempuan yang akan melahirkan itu masih bisa mendengar suara musik yang mulai dimainkan dengan kencang di tengah lapangan sana, pertanda bahwa pesta sudah dimulai. Lalu tanpa diduga, rasa sakit menghantamnya begitu kuat, membuatnya menjerit dan meneriakkan kesakitan ketika tubuhnya mengejan secara alami, mendorong bayinya lahir ke dunia.

Tangisan bayi terdengar membahana, memekakkan telinga di tengah pondok yang sunyi senyap. Perempuan itu terengah ketika rasa sakitnya mereda, namun berganti dengan tubuhnya yang seolah melayang ke angkasa, telinganya berdengung hingga dia tidak bisa mendengar tangisan bayinya dengan jelas, matanya mulai meredup dan berkunang-kunang, tetapi dengan sekuat tenaga dia berjuang sehingga masih bisa menyambar sosok anaknya yang telah dibersihkan oleh Sang Dayana, dibungkus kain oranye yang hangat, sedang menangis hingga wajah bayi itu memerah.

“Anak perempuan, yang akan tumbuh dengan rambut dan mata sebening madu yang baru disaring dari lebah hutan yang hanya mengisap bunga Kemoli nan harum.” Seperti yang biasa dilakukannya, Sang Dayana mulai meramal sambil meletakkan bayi itu ke dada ibunya, entah kenapa suaranya yang lembut berubah serius, seolah-olah hendak melontarkan nuansa mengerikan yang tadinya tertahan di tenggorokan, “Anak ini harus disembunyikan. Hidup dalam pelarian hingga usianya mencapai batas aman empat belas tahun. Seorang Dewa Pembunuh tengah mengincar nyawanya, sedang berburu dan mencari untuk mencabut nyawa. Jika anak ini tidak dibawa lari, maka Sang Penuai akan datang menjemput di usianya yang masih belia untuk menghabisi.”

Keterkejutan memenuhi mata Sang Ibu muda mendengar ramalan mengerikan dari Sang Dayana tua mengenai bayi perempuan cantik yang baru dilahirkannya, napasnya tercekat, tetapi seiring dengan itu semua, kegelapan telah lebih dulu menyambar, menelan dirinya hingga meluncur jatuh ke dunia kegelapan.


Baca Parts Lainnya Klik Di sini

KONTEN PREMIUM PSA


 

Semua E-book bisa dibaca OFFLINE via Google Playbook juga memiliki tambahan parts bonus khusus yang tidak diterbitkan di web. Support web dan Authors PSA dengan membeli E-book resmi hanya di Google Play. Silakan tap/klik cover E-book di bawah ini.

Download dan install PSA App terbaru di Google PlayWelcome To PSAFolow instagram PSA di @projectsairaakira

Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat – Project Sairaakira

571 Komentar

  1. Pertamax gak yaaaaa hihihi :LARIDEMIHIDUP

    1. septianiDrew menulis:

      Yahh keduluan CJ :PATAHHATI

    2. :CURIGAH :CURIGAH

  2. septianiDrew menulis:

    Pertamax :LARIDEMIHIDUP

  3. :HUAHAHAHAHA :KETAWAJAHADD

    1. Lah ini knp disini padahal buat @septianidrew

  4. nrlhidayahh menulis:

    Karna ka cj udh pertamax jd aku pertalite aja deh wkwk

    1. :RENCANAJAHARAA :RENCANAJAHARAA

  5. Komen dulu ahh

  6. ChieluoAja menulis:

    :gulungguling pendek bgt… :PATAHHATI

    1. Hihi namanya juga prolog ya

  7. tiara syanti menulis:

    Jiaaah… inilah cobaan terbesar yazza.. keren ih prolog nyaaaa

  8. Dipertiwie menulis:

    Oh , oh , oh , ini kehidupan keseratus Sang Pasangan Takdir … :NYAMAN
    Bagaimana Sang Penuai akan menemukannya dan menyadari siapa “Dia” yang sebenarnya ??? :tepuk2tangan :dragonmuahsanasini

  9. Coolll!!! Apakah anak itu adalah bakal calon jodohnya yazza? Wkwkwkwk aaaaa oom yazza, selamat berpetualang yaaa. Cemungutttt!!! :blackpompom :dragonhihihi

  10. Ga sabar lanjutannya :gulungguling

  11. leftleaves menulis:

    Duhh Yazza kasian ihh??. Jangan dibuat sedih2 ya kakk??

  12. Tks ya kak udh update ceritany yazza. Onasaran d sama dayana itu mkngkinkah dy peramal. Tugas yazza yg trajhr ini agak brat d hehehe

  13. Alextzavict menulis:

    udah ga sabarrrr buat kelanjutannyaa :sangatterpesona

  14. Alia Dhiinata menulis:

    Yaza ????

  15. kurnia sari menulis:

    Jadi penasaran kelanjutan cerita alurnya bakal gmn ya? Apakah lebih seru dr perjuangan azhura?? Yazza semangat

  16. Stella M. Sandaa menulis:

    Lah padahal sisa 1 -_- siapa sih ini sang dayana -____-

  17. LesikaSuharita menulis:

    Uwaaaa….. ternyata yazza ada perasaan kasih juga ke anak perempuan itu. Kira2 yazza bisa menemukan yang ke 100 ini gak ya?????…. kalo sampe dibawa kabur sama dayana tua itu dan diumpetin, kasihan yazza nya juga :PATAHHATI

  18. shantiluftiana menulis:

    Yee seneng ada kisahnya yazza

  19. Inget video PSA yg dulu pernah diupload, kalo gk salah dikasih tau kalo Reaper’s Destiny ini tulisannya kak Dani.

  20. Huwaaaaaaa akhirnya bebeb yazza muncul
    Dan dia sudah menyrlesaikan 99 tugasnyaaaaaaaaa
    Dan pas satyu lagi malah akhirnua diramal dayanaaaa
    Omygos ga sabar nunggu kelanjutan pencarian yazza dan pelarian wanita ke 100 ini. Bakal seru kayaknyaaaaaaa :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

    1. Terimakasih apdetnya kak au, semangaaaaaaat nulisss mwachh :KISSYOU

  21. Novaandriani menulis:

    Liat prolognya aja aku ufah tegang naudzubillah yaampunn??
    Tapi kenapa aku lebih fokus ke cover novel ini yaa? Kalungnya bagus sekaliyyyy :NGEBETT

  22. Ujian mu akan segera dimulai Yazza :PATAHHATI
    Tenang ya bang aku disini di sampingmu. Selalu bersamamu :peluksabahat
    Kuatkan hatimu baangggg :AKUGAKTERIMA

  23. Wadaw yang keseratus yang paling berat kayaknya buat yazza,,,fighting abang yaz,,,kamu pasti bisa…*plaaakk :HUAHAHAHAHA :NGEBETT

  24. Wahhh… Sptnya bru bakal berjumpa pas remaja. Bkn anak kecil lagi

  25. Devitazala menulis:

    Yazza udh ktmu jodohnya ahhhh tpi apa yg terjadi selanjutnya sama yazza n pasangannya :ngambeknih :bearbertanya :blackpukpuk

  26. cinderellalove25 menulis:

    yazzaaaaaa

  27. Naaahlooo… :HUAHAHAHAHA yazza dibuat pusing :HULAHULA …

  28. lollalinne menulis:

    dayananya mencurigakan!
    kenapa bisa ngomong gitu, pasti bukan dayana biasa
    titisan siapa itu?
    utusan asaka?
    dewa2 di ametyst?

  29. DeviRatih3 menulis:

    Yazaaaaa :PATAHHATI Semoga ada sisa kebahagian untuk mu nak,, kau sudah begitu menderita, hiks

    #ini.yg.ngomong.mamah.asaka :KETAWAJAHADD

    Author semangat nulis ny ya,, jujur di benak ku blm ada gambaran next ny yaza bakal gmn,, anak itu gmn, dunia ametys nanti gmn,, dan hatiku pun gmn,,, ehhh,, yaza,, nak :GOOOAWAY

  30. Hhmmm… yazza.. duuh msh prolog. Lagiiii…
    Hihi.

  31. salsabilanurutami menulis:

    malangnya nasibmu yazza..

  32. AriyaYumyum menulis:

    Yazza….. Kasihan sama yazza di hukum membunuh pasangan takdir nya sendiri

  33. Dayana itu dewa jahat yang pingin ametysh ancur ya?

  34. NiMadeUtami menulis:

    Jangan-jangan Dayananya utusan musuh-musuh para dewa? :PEDIHH :RENCANAJAHARAA

  35. Kayaknya yg ke 100 ini gagal dituai….

  36. theresianeti menulis:

    Kasian harus hidup dalam pelarian,,

  37. Yang ke-100 ini bakal jadi masalah buatmu Yazza, disembunyiin sampe remaja pas ketemu Yazza eh Yazzanya gak kuat mau ngebunuh, kasian amat takdirnya. :(

  38. kirana amalia menulis:

    Itu

  39. nila asifah menulis:

    Q g tega mau baca kasihan Yazza semoga Author mau baik hati memberi kebahagiaaan dan takdir yg baik dalam hidupnya :TERHARUBIRU :PATAHHATI

  40. ayurachma97 menulis:

    Yazza kenapa nasib mu
    Malang sekali :supershock

  41. dewijingga menulis:

    Yey akhirnya cerita yazza terbit, penasaran ge mana perasaan yazza kalau tau yg dituai nyawa pasangannya sendiri.

  42. kirana amalia menulis:

    Test..test.. Malam….

    Pasti itu dayana bukan manusia, yang sabar ya yazza.

    Thank you Team PSA :inlovebabe :dragonmuach

    Ps: menunggu update-tan Aslan

  43. nts_natasya menulis:

    ?????

  44. syj_maomao menulis:

    Dannnn pertanyaannku saat ini, siapakah gerangan dayana itu?? Tahu banget kayaknya??
    Bang Yazza, kalau nasibmu tak semulus jalan tol, sini sama aku *eh :LARIDEMIHIDUP

  45. ayupertiwi menulis:

    Prolognya aja udh kece bin penasarun..lanjut

  46. Pasti yg terakhir ini yg tersulit bwt yazza…. poor yazza… :LARIDEMIHIDUP :AKUGAKTERIMA :PANDAELUS

  47. Semangat terus PSA??

  48. yoori_han_ae menulis:

    mungkin Dayana itu c asaka..
    cuma..apa kabar kebahagiaan yazza kl Ampe dy gagal nuai yg ke 100??
    apa kabar pula dunia amethyst kl c perusak itu hidup..oemji..

  49. Bungaapriyani menulis:

    Keknya itu jodoh yazza

  50. princesskarin menulis:

    Nyawa yg terakhir dan kayak na berat buat Yazza nanti na..

  51. ReniPuji_14 menulis:

    yazza tabahkan hatimu..

  52. kushiikushii menulis:

    yazza oh yazza kasian nya dirimu ??

  53. ikohJaejoong menulis:

    Suka banget ama,abang yazzaaaaa
    Bakal melowww nih story. Iiihhh udah gak sabar nunggu kelanjutannyaa :gulungguling

  54. pinkylatte menulis:

    Kira2 jodohx yazza bs ktmu gak yah? Gmna nasib mreka.. Poor yazza

  55. Yeaaaaaaayyyyy akhirnya cerita Yaza si malaikat maut tiba hihihi
    Jadi inget goblin dehhhh

  56. Aku berharap Yaza bisa bahagia, kasian kalo dia gak bahagia, hidup nya udah terlalu berat.

  57. Wah jodohnya yazza udah muncullll…siapakah gadis ituuuu? Penasaran

  58. Serba salah jdi yazza :PATAHHATI

  59. :PATAHHATI :PATAHHATI bang yazza

  60. Waaawwww. Aku suka prolognya.

    Thanks udah nambah satu bahan bacaan keren lainnya.

  61. Yazzaa kuharap kau bisa sabar :LOONCAT

  62. Dan siapa yang ngasi tau hahaha ??? kuatkan yazza please, hukumanmu kali ini sangat sulit ga

  63. Yang sabar Yazza :PATAHHATI

  64. baru paca awal dah sedih aja,…

  65. Jangan sampai sad ending :PATAHHATI yazza berhak bahagia :kehilangan

  66. Yaksss cerita baru *-*

  67. Entah mengapa saya mersa kasihan pda bang Yazza….entah bgaimana kelanjutan nya …semga kau bisa bahagia Bang Yazza .

  68. Entah mengapa saya mersa kasihan pda bang Yazza.. :GERAAH :PEDIHH ..entah bgaimana kelanjutan nya . :ragunih ..semga kau bisa bahagia Bang Yazza . :ngambeknih

  69. Allana Bianca veshya menulis:

    Yahh jdii yazza gmna donx ntar?? Itu kn jdohnya uga yua.. Jdii penasaran..

  70. deby hyuna menulis:

    Terpesona kah kazza?

  71. Firda Amalia Indriyani menulis:

    Kesian sama yaza kayanya hidupnya tersiksa mulu. Kapan bahagianya dah dia, azhura khan aja udah sama armenia. Malaikat mautnya kaya ahjussi goblin??

  72. Yazza berhak bahagia :PATAHHATI

  73. helminaria menulis:

    Yakin deh yg keseratus ini bertahan sampe 14 tahun..
    Serba salah yah jd yazza…
    Kasian yazza :PEDIHH

  74. Kasian sma babang yazza..

  75. VelyciaTerista menulis:

    Semoga yazza akhirnya bahagia sama pasangan takdirnya :’)

  76. Claupherin menulis:

    Yazza semangat..
    semoga takdir baik menghampirimu…

  77. Itu kayanya anak perempuan yg keseratus itu bakal hidup deh sampe gede. Diumpetin sama dayana yg bantuin lahiran. Hahaha… Sok tau

  78. Makaba Yaruchi menulis:

    Uwaaa…Jangan terlalu kejam pada Yazza ?

  79. Yazza….

  80. tanpalilin menulis:

    Mohon bersabar ini UJIAN. :sangatterpesona :anakayamnangis :GERAAH

  81. yazza jodohnya sama aku aja dah hihi

  82. erlynyolanda menulis:

    Kasian ama babang yazza :PATAHHATI

  83. Takdir yang kejam….
    :PATAHHATI :AKUGAKTERIMA :PEDIHH

  84. septianiDrew menulis:

    Dayana nya itu siapa, kok dia tau tentang penuai gtu, kok dia tau kalau yazza bakalan ngambil nyawa anak perempuan itu? Nahloh si ibu anak kecilnya pingsan apa mati tuh? Atau jangan2 bayi perempuan nya itu bakalan di bawa sama dayana2 itu??
    Yazza ku ingin kau bebas… Ohh sang alam semesta :PATAHHATI :PATAHHATI
    Btw, babang azhura dan Armenia beserta asaka dan adiknya bakalan muncul jga kan di kisah ini?? :ragunih
    Ku menantikan kelanjutannya hihi semangat Team PSA hihi :superhero :KISSYOU

  85. Anothersidesofme menulis:

    Yazzaaaa kamu kok ga peka sih… itu jodohmu sabar banget ya dibunuh 99x. Tetep senyum tiap ketemu kamu wkwkwkwkwk

  86. PepperePep menulis:

    Yazza yang sabar ya ntar kalau tahu selama ini yang udah di bunuh itu calon masa depannya, takdir emang kadang nyakitin tapi pasti ada hikmah dibaliknya :GAPAPAKOK :berendam :wowkerensekali

  87. Ketjhaam 99x
    Yazza :PATAHHATI
    Nah loh klo jodohmu gmn? :ragunih

  88. Jadi jodoh yazza dari kaum manusia toh

  89. Baru baca awalnya ajja udh berasa babget gmna nanti kelanjutannya.. Jadi penasaran.. Kira” yaza bisa gk yah nemuin anak itu?

  90. rerespiana menulis:

    Aku kasian sama ibu dr si anak,,itu anak satu” nya yg nemenin knp d ambil kan ibunya jd sndrian,,brti udh ada 99 ibu yg hatinya hancur khilangan anak satu” nya,,Asaka dikau kejam skali ngasih hukuman kaya gini malah jd kesel,,apa kabarnya Yazza kalo tau itu jodohnya sndri yg d bunuh apalg kalo udh 100x ga akan bisa hidup lg….poor Yazza….

  91. @gema_annisa menulis:

    Yazza, sabar yah, ini ujian :TERHARUBIRU ngak kebayang Yazza udah bunuh pasangan takdirnya sendirir sebanyak 99x :LARIDEMIHIDUP gimama kalau dia tahu???

    Dan yg terakhir ini beda sendiri, gimana kelanjutannya Yazza??

    Thanks for update and keep fighthing team :HULAHULA PSA

  92. Waduuh yang terakhir penuh tantangan yaza :GERAAH
    Gimana nanti perasaan yaza tau kalau pasangannha yang dibunuh :TERHARUBIRU

  93. Wahh gak nyangka bgt RD udh dirilis kirain abis lebaran…
    Makasih yaaaa.. Duh Dayana itu kira2 siapa y..? :ehhkenapa??

  94. Bakal susah nih pencarian yang ke 100

  95. Scaroline07_ menulis:

    Aduh Galau Banget jadi Yazza yah, Ini yang paling susah nih, mana si Ibunya udah tau lagi gara2 si dayana itu :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  96. Dan cerita sedih nan memilukan ini dimulai di angka 100 :PATAHHATI

  97. Complicated :AKUGAKTERIMA :PEDIHH :nangisgulinggulingan

  98. lelou_chan menulis:

    :nangisgulinggulingan :nangisgulinggulingan :nangisgulinggulingan yang ke-100 ntar dah besar pasti sulit utk dibunuh ma Yazza keburu jatuh cintrong :cintakamumuach :cintakamumuach :cintakamumuach :cintakamumuach

  99. yazza hidupnya banyak cobaan terus, kwkwkwk
    please azura, yazza jga pengen bahagia, nnti kalo pas yazza mw bunuh trus sadar klo itu jodohnya bgmana coba, yazza kan bisa galau

  100. kok aku malah mikir dayana itu musih bangsa Ametyst yah :KETAWAJAHADD
    tapi kasian juga kalo nyawa yg ke 100 di ambil juga Yazza sama siapa dong :PATAHHATI
    sini babang Yazza sama aku aja wkwkwk

  101. Akaninadamayanti menulis:

    Cerita baru asyeeek… :NGEBETT
    Thanks author dan team PSA

  102. sakurahaibara menulis:

    Waduu kok diberitau itu
    Terus gimana nanti yazza ??
    Astagaa penasaran sama ini

  103. Sarie Cang Henecia menulis:

    cerita baru.. tentang si yazza…

  104. Sarie Cang Henecia menulis:

    untuk yg ke 100x adalah yang terberat untuk yazza…

  105. Sarie Cang Henecia menulis:

    :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI

  106. Wooww penasaran gimana nasib anaknya itu

  107. luisanazaffya menulis:

    Nyawa terakhir dan akan menjadi begitu sulit. Karena kebebasan yang kita inginkan tidak semudah itu…..
    Semangat Yazza…

  108. :dragonnangis yazza…. :PATAHHATI :TERHARUBIRU

  109. maygivandra menulis:

    Kereeeen
    Thank youuuu
    It will be anticipated.
    Cant wait for the the next chapter chapter 1.
    Really curious

  110. Wohooooo cerita baru nihhh, gak kerasa udah yg ke 99 dan mau ke 100 , pasti yg ke100 ini berat buat yazza

  111. idafauziah menulis:

    Yazza..

  112. SitiIsmaya menulis:

    uhhh bakalan sesih nih ceritanya, kasian yazzaa ???

  113. Maksudnya penghancur dunia Amethyst itu gimana yak? Penasaran deh :BAAAAAA
    :YUHUIII Good job kak author…

  114. Lidiaamanda menulis:

    Kasihan yazza ?

  115. Diiyaninta menulis:

    Jadi bngung harus dukung Yazza untuk bunuh bayi ini enggak ya ?! :ragunih :ngupildoeloe

  116. raraagustin menulis:

    Duuhh asli yaa bikin penasaran. Dari zamannya Azhura yang pengen ada series lainnya ya s Yazza wkwk kesampaian jugaa :-*

    Duhh gimana ya ntar klo Yazza tau s anak di sembunyiin dia bakal kalang kabut dong.
    Pasti ibu muda itu meninggal, dan s anak di besarkàn oleh dayana itu. Errr
    Ditunggu deh lanjutannyaaaaaa

  117. Akhirny sie yazza?? :NGEBETT :NGEBETT
    Btw dayana ny kok kaya penyihir y pa cma aq doank yx ngrasa :CURIGAH :CURIGAH

  118. Sesuai dugaanku

  119. rizkiadiffa menulis:

    Ini keren asli. Ga sabar baca kelanjutannya. Yg terakhir selalu yg paling sulit. Penasaran sama kelanjutannya -,-

  120. SyifaSyifa9 menulis:

    Sedih sekali jalan takdir Yazza………… :'(
    Semoga sang takdir berkenan Yazza bahagia kelak…

  121. nisafit1709 menulis:

    Akhirnya cerita tentang Yazza keluar…
    Semangat author :superhero

  122. Yah.. jgn dikasih tau dong… jd makin sulit kn tugasnya yazza nnti :plakkk
    Kalo ceritanya g’ kayak gitu g’ akan bisa jd cerita panjang kali ya :dragonhihihi
    Semangat buat cerita terbarunya,Tim PSA go go semangatttt :dragonmuahsanasini :HUAHAHAHAHA

  123. lianasusana menulis:

    Suka sm prolog ny,ky ny yazza nasib ny kasihan banget y

  124. Hahaha selamat berburu akang Yaza..

  125. Yg ke 100 pasti yg paling sulit deh karena penentu kebebasan
    Kasihan yazza :AKUGAKTERIMA

    Sepertinya ibu mudanya meninggal ya. Dayana nya serem gitu ya ky penyihir
    Mungkin nanti tuh bayi dirawat sama dayananya

    yg bikin kepo sama part next adalah nama pasangan yazza :YUHUIII

  126. Cerita baru yesss,
    Makasih team PSA

  127. Petrova0303 menulis:

    Jangan dibuat tergis kisah cintanya pwlieeeeeeeeeeesssss. Ga tega :ngambeknih

  128. :PATAHHATI :gulungguling :owlbersedih

  129. ernachoi26 menulis:

    Jalan takdir yazza bener bener engga mulus bgt.. sedih rasanya :PATAHHATI :PATAHHATI

  130. Selamat galau gundah gulana, akang yazza.

    Sabar aja, hidup itu akan indah pada waktunya :tepuk2tangan

  131. Menunggu kapan penderitaan yazza berakhir?

  132. blackwhitepanda menulis:

    Kasian sama bayi nya tapi juga kasian sama yazza nya. :PATAHHATI

  133. Lagi pengen baca ceritanya tapi ngantuk, alhasil pakai opsi “Dengarkan cerita ini” berasa dibacain dongeng, walau flat yah bacanya flat bangettt :TERHARUBIRU

  134. Hujanringan menulis:

    Duhh ga sabar nunggu kelanjutannya :YUHUIII

  135. skycavalry menulis:

    Yey, cerita baru

  136. Dayana nya keren banget bisa ngeramal masa depan ini bocah calon takdir yazza .. duuhh gak sabar ???
    Gimana perasaan yazza kalo tau ini takdirnya tp harus dibunuh yaa :PATAHHATI

  137. Phoebe Izarre menulis:

    Ga mau baca, tapi penasaran…???

    Nasib nya Yazza sedih banget. Memang nya apa yang akan melatar belakangi gadis itu untuk menghancurkan dunia amethyst? Apa karena nanti bakal di hasut dan di pengaruhi oleh si Dayana tua itu? Karena ke 99 nyawa gadis itu sebelumnya, ga ada yang di ramalkan kayak gini oleh Dayana nya? Bayangan ku juga, Dayana itu kayak nenek sihir?

  138. Wooo akhirnya Yazza hadir juga. Hmm.. Meskipun aku belum dapet feelnya yah d prolognya ini ehehee wajar sih ya baru awal kan.. :memikirkanrencana
    Oke! Ditunggu lanjutannya yosh!!

  139. jvevangelistas menulis:

    Kasihan ..

  140. AlsiMaerwaen menulis:

    Perempuan tua it… si dayana itu mencurigakan..
    Ntr dy lg yg ngejaga si baby..
    Ke 100 yah… setidaknya yazza msh bisa merasakan soulmatenya.. hahh!! Klw aku jdi yazza, membunuhnya.. aku kan bunuh diri.. utk apa hidup? Tdk ada saudara satu2nya mati di bunuh azhura krn manipulasi efren trs hidup dlm dendam trs demi menyelamatkan jodoh yang ‘tdk jadi’ hrs membunuh jodoh sendiri. Kok takdir tega bgt sih.??
    :PEDIHH :PEDIHH

  141. YAZZAAAAA

  142. ritmariekyu menulis:

    penuaian yang ke 100 bakal susah deh buat yazza….

    semangat terus PSA team ???

  143. NovemberSierra menulis:

    Gak sabar nunggu lanjutannya :LARIDEMIHIDUP :tidakks!

  144. The hardest part, the last one :AKUGAKTERIMA
    Gimana nasibmu nnti Yazza? :GERAAH

  145. Malang

  146. Kisah tragis akan dimulai.. aduh Yazza.. Setragis apa yah??

  147. Pencarian terakhir pasti sulit..
    Aku bingung mau mihak siapa ????
    Pengen cepet2 yaza nemuin anak itu dan menyelesaikan hukumannya tapi gak tega kalau yaza harus kehilangan pasangan takdirnya lagi.. Tapi kalau nggak anak itu akan jadi penghancur ?
    Kakaakkk aku harus gimana?? :LARIDEMIHIDUP :PATAHHATI

  148. Kasihan yazza??

  149. Kalo Yazza tau itu pasangan takdirnya apakah masih sanggup dia menuai pasangan takdirnya sendiri….

  150. Yg terakhir bakalan sulit nih. Kasihan Yazza :ngambeknih

  151. dulu baca teaser nya bikin penasaran….
    sekarang baca prolog nya sekarang ya lebih penasaran lagi….
    xexexe ada pola yang sama dengan Armenia yang di sembunyikan sejak kecil sampe usia 16 th tuh….

  152. abdullatifh menulis:

    Ya allah… Kenapa hidup dan takdir yazza nyesek banget ya…. ????

  153. Kurnia Safitri menulis:

    Ini ceritanya Yazza ada di masa mana yaa?? Setelahbkelahiran Asaka atau sebelum?? :ragunih :PANDAELUS

    1. Setelah kelahiran Asaka, kan Asakan yang ngasih tugas ini?.

    2. Setelah lahir asaka dong kaka, yg memberikan titah yazza untuk jadi sang penuai kan dede asaka ?

  154. :inlovebabe :tebarbunga

  155. Kayaknya Yazza butuh usaha keras untuk yang terakhir ini. Dan aku pikir kayaknya Yazza bakal tahu bahwa perempuan ini adalah pasangan nya nanti ??. Eh sotoy amat ??. SERRRUUUUUU SANGAAAAAT KAKAAAAAK ???.

  156. irdiantipujianingsih menulis:

    Anak ke 100 kayanya bakalan jadi jodoh nya Yazza
    Terus dayana nya tuh salah satu dewi yang disuruh sama Asaka deh kayanya
    Semangat ya babang Yazza……

  157. Penasaran knp si gadis berambut madu ini nantinya jd penentu kehancuran Ametyst, apa dia sosok antagonis kah?

  158. aleanadark menulis:

    Si dayana mencurigakan, kasian itu bayi, kasian juga sama yazza?

    Kok ngenes bgt yah bang nasib kamu, ini belom tau kalo yg di tuai nya ini pasangan takdirnya. Pas tau apa kabar itu perasaan yazza ???? hueeeee

    Yg terakhir sudah pasti sulit bgt bagi yazza ???

  159. Duh yazza muncul juga ?

  160. regitarmdhn menulis:

    Oo yazza semakin sulit buat nemuin dia oo :ragunih
    Apa ini bagian dari takdir :ragunih yg keseratus yazza akan susah ngebunuh :ragunih

  161. Aku bingung,, harus mendukung yazza apa berdoa biar anak itu selamat :tidakks!

  162. ely_siregar menulis:

    Kok Dayana ini mencurigakan yah……kehancuran seperti apa nanti yang disebabkan pasangan takdir Yazza ini…..kayaknya bakalan sulit buat yazza menyelesaikan tugas terakhirnya……

  163. ely_siregar menulis:

    Polanya hampir sama kayak Armenia disembunyikan sampek 16 tahun bedanya kalau Armenia disembunyikan karena banyak musuh Azzhura khan yang mengincar Armenia….nah ini disembunyikan supaya g dicabut nyawanya ama Yazza……masih g kebayang kehancuran seperti apa yang bakalan disebabkan si pasangan takdirnya Yazza ini……

  164. setiyani17 menulis:

    Biasanya kalo gini yg terakhir bakal susah., +sii Yazza juga bakal tw kayanya, kalo si anak yg selama ini di bunuh itu pasangan takdirnya.. yg sabar yaa bang… bakal indah pada waktunya kok.. hehehe
    Semangat bang Yazza…

    Top markotop Tim PSA!!!
    Next….

  165. vitriindriani menulis:

    asyik yazza uda di mulai.. :inlovebabe

  166. Makin penasaran ini ama si yazza ama si cewe berambut madu itu

  167. lulu nita wijaya menulis:

    Butuh perjuangan dan dimulai nya usaha yazza menemukan anak penggenap hukuman nya .
    Semangat terus team PSA karya nya selalu dinanti :dragonmuach

  168. utharyy_89 menulis:

    makin penasaran ma kisahnya Yazza..

  169. Fitri Asnani menulis:

    Sepertix dayana inilh yg akan menyembunyikn bayi itu hingga dia besar dan ini akan menyulitkn yazza….Kasian bnget sama yazza…apakh yazza akan mrah pada asaka saat dia tau bahwa yg dbnuhx slama ini adalh jodohx

  170. christalM456 menulis:

    Udah 99 aja. Brti yg terakhir ini yg lama prosesnya…

  171. Ga kebayang kalo Yazza akhirnya tau kalo anak yg di tuainya itu pasangan takdirnya…
    .
    Dayana membela anak itu….

  172. seruuu dan bikin penasaran bgttt

  173. penasaran ceritanya kasian yazza hidupnya itu loh harus jalani takdirnya aduhhh sedihhh

  174. Si dayana itu siapa ya?? Yg terakhir ini pasti sulit buat yazza krna dayana ini yg akan menyembunyikan si bayi. Penasaran kehancuran yg seperti apa yg akan terjadi nanti

  175. Kasihan yazza :PEDIHH

  176. Sepertinya cerita ini bakal membuat pembaca berurai air mata :PEDIHH

  177. RientaniaIntan menulis:

    Yazza semangat.!!! Dayananya mencurigakan o_O

  178. administrasi010 menulis:

    Wow.. Cerita Yazza sdh dimulai… :tebarbunga
    Keren…
    Masih prolog saja sudah penasaran sama ceritanya…

  179. listyakurnia menulis:

    Yazza…?

  180. Yeep akhirnya abang Yazza punya lapak sendiri yakkk?? syukurlah maincast ceweknya yg baru (tiba2 inget letpar sih?), beratus-ratus taun kemudian, apa kabar armenia yaa? semangat nunggu sequel AB ini deh??

  181. Yazza oh Yazza,duh ngga tau sanggup apa ngga baca cerita ini,ngga tega ama Yazza dan juga ama si anak kecilnya ini. Btw dayananya itu kok bisa tau klo si anak ini bakalan di bunuh Yazza?hmmm…..

  182. naira222144 menulis:

    Penasaran banget sama cerita Yazza ini..

  183. Yazza :PATAHHATI :PATAHHATI

  184. Marabranto menulis:

    Yang terakhir yang paling menyakitkan untuk dilakukan :PATAHHATI :nangisgulinggulingan

  185. hanasakuraaprilia menulis:

    Gak kebayang nanti bagaimana perasaan yazza saat menggenapi hukumanya.

    Aku berharap ada akhir yang bahagia untuk yazza

  186. dheanggraeni menulis:

    Huufftt, kudu sabar lagi bang Yazza ?

  187. ratu_kyuhae menulis:

    Kasian yazza..
    Kalo bayi itu di sembunyikan gy’mna nasib yazza??
    Ahhh.. penasaran banget!!

    Lanjutkan.. Semangat

  188. Sri Kamala Dewi menulis:

    Nyesek bacanya???

  189. Bechamvictoria menulis:

    Dan nyawa ke 100 itu pasti akan susah bgt yazza temukan.. Wow “Dayana” ini hebat bgt bisa meramalkan masa depan.
    Dan penasaran lagi kehancuran seperti apa jika nanti gadis yang katanya jodoh yazza itu tumbuh besar dan sampai usia 14 tahun ..

  190. Gak mau baca. Gak mau baca :BANTING!

  191. Kok Dayana nya mencurigakan, keliatan jahat. Kasian Yazza :nangisgulinggulingan

  192. Amelia syhab menulis:

    Semoga yazza DPT kebahagiaan y

  193. :PATAHHATI

  194. Yazza :PATAHHATI :PATAHHATI

  195. belinda3639 menulis:

    Yazza takdir nya bkin nangis.. :LARIDEMIHIDUP

  196. hayatun Nupus menulis:

    dibuat penasaran sama ceritanya???

  197. Takdir Yazza nggak enak banget! udah ngebunuh jodohnya 99 kali. eh yang ke 100 malah disembunyikan! :PATAHHATI

  198. wijayanthileen menulis:

    Gimana dong sama yazzaaaa..
    Dayana itu siapa ya? Apa dia dewi? Kok agak aneh gitu ya?
    Kutunggu nextnya kakak author ??

  199. Anggi f. al menulis:

    :PATAHHATI :PATAHHATI :gakbisadiginiin

  200. Yazzaa..kejam bgt takdirmu bang :PATAHHATI

  201. juliananggraini menulis:

    Cobaan berat banget buat yazza membunuh seorang perempuan yg merupakan jodohnya ah entah akan seperti apa kisahnya berasa sesek sesek gitu :PATAHHATI :beruraiairmata

  202. Nafida1811 menulis:

    Kasian yazza :GERAAH

  203. VivianSweet8 menulis:

    Yazzaaaaaaaa…… :PATAHHATI :PEDIHH :TERHARUBIRU

  204. DEEDEEJULY menulis:

    Kenapa harus Yazza kenapa?? Sedih bgt bang sini dedek peluk # eh
    Sumpah ya jadi penassaran ada apa dengan gadis itu? Gadis yang harus Yazza bunuh dan kenapa kalau di biarkan hidup nantinya membahayakan dunia Ameztys??

  205. Irey_Kiara menulis:

    Oo em jiii :tidakks! :tidakks! :tidakks!

  206. :dragonmikirdulu :dragonmikirdulu :dragonmikirdulu

  207. Enggak bisa nebak ini bakal gimanaa.. kalau Yazza enggak sanggup trus enggak bisa genepin 100 gimana? Ya ampun. Kayak main tebak-tebakan ini maah

  208. yuanitapradana menulis:

    Yazza kasihan kmu ..

  209. blondebieber menulis:

    KENAPA HARUS YAZZA TERUS YG TERSIKSA???

  210. indah_stephanie menulis:

    Wahhhhh….
    Yg keseratus yg malah bisa bikin gagal kh???
    Omoo,,penasaran ihhh….
    ?

  211. Seru cerita nya ..yazza akan kah merana lagi .. :PATAHHATI

  212. Yg keseratus malah jadi jodohnya yazza… :tidakks!
    Pasti sulit ini, yazza sebenarmya punya hati yg lembut.. :PEDIHH

  213. @rikagehwang menulis:

    Yazza kasihannnn

  214. Kalau yang ke seratus gagal, gimana dunia ametyst? :ngambeknih

  215. ekaseptiwi79 menulis:

    Kenapa dari awal cerita cuma hidupnya yazza yg menderita. Kasihan thor :PATAHHATI :TERHARUBIRU :dragonbaper

  216. Bagusss critanyaaa ??

  217. widya korea menulis:

    Aku apa mah atuh :bebekmakanmie

  218. drama yazza dimulai :'(

  219. Erma Soliha menulis:

    Bagaimana nasib yang ke seratus yaaa

  220. Yazza… :PATAHHATI :PATAHHAT

  221. aisyah160887 menulis:

    Kasihan yazza hrus ngebunuh pasangan takdirx :menyerah :menyerah :menyerah

  222. Nah loh, dayana kali ini kenapa mengatakan perihal dewa kematian yang akan menuai nyawanya?

    karena jika di tilik dari kematian sebelumnya, jelas para ini tidak bersikap waspada untuk menjaga anaknya. dan dari sana sudah bisa ditarik kesimpulan, bahwa mereka tidak tahu mengenai ramalan anak mereka yang akan dibunuh oleh sang Dewa kematian.

    lalu kenapa dayana yang ini mengatakannya dengan lugas? benarkah dia seorang dayana atau seseorang yang tengah menyamar. sikapnya sedikit aneh menurutku ?

  223. Kasian ?

  224. ekawulandari menulis:

    Penasaran …………. :NGEBETT :TERHARUBIRU

  225. Yazza malang nya nasibmu

    Ku merasa sedih huhuhuhuhuhu

  226. Kasian yazza… :PATAHHATI

  227. Asihhitaci menulis:

    Kemungkinan terakhir
    Yang bakal susah di bunuh oleh
    Yazza.
    Apakah yang terakhir ini.
    Bisa jadi jodohnya yazza..? :YUHUIII

  228. KembungLopers menulis:

    Yah sompret ? si nene napa bocorin coba geh??

  229. demetra_uniq menulis:

    Si Asaka lagi nyamar jd Dayana ya??? ???

  230. yazza gue aja dah haha dari pada harus membunuh anak itu

  231. Wahhh bgs ni crta ny.. next

  232. Hemmm… jd antara membunuh dan jodohnya..
    Jangan2 bukan dayana tpiii asaka???

  233. :PATAHHATI :dragonbaper

  234. :PATAHHATI :TERHARUBIRU

  235. Cobaan bgt buat Yazza,, kayaknya kisah hidup nya miris sekali,, :PEDIHH :PEDIHH

  236. aishelatsilla menulis:

    seruuuuuu…gak sabar baca chapter 1nya

  237. Klo takdir nya tu ank jd penghancur dunia ametyst ya gk mngkn kan itu asaka, dia kan sang semesta, heum, bete sih sebenernya, d azura bride yazza tuh takdir nya miris beeeeuuudddd,ampe nyesek sndiri klo d urutin dr awal, dlu benang merah nya d putusin, skrng dia mesti bunuh pasangan benang merah nya, ya ampun tragis bnget sih, @author

  238. fitrohfalia menulis:

    Menarik juga kisah azhura khan dan armenia setelah menjadi legenda… :anakayambaa
    Berasa ikut berusia ratusan tahun mengiringi kisah mereka dari awal hingga skrg turun temurun ke anak cucu penduduk garaya… :panikhati :cekrekcekrik

    Kasihan yaa yazza, gak ada kata yang bisa diungkapkan selain rasa kasihan terhadap takdir yang kejam terhadapnya… :dragonmikirdulu :dragonnangis
    Apa pada penggenapan hukuman yang ke 100 ini akan lebih susah yaa…
    Apalagi jika yazza tau kalau yang selama ini nyawa yang ia tuai itu adalah pasangan takdirnya… :bebekmengancam

  239. munawarah926 menulis:

    Yazza gk tw selama 99thn
    Udh bunuh jodohnya
    Untubg cara bunuhnya gk kejam
    Klo anak ini dsembunyiin
    Yazza bkl lama bebas hukuman nih
    Syukur deh bkn adiknya asaka yg jd jodoh yazza

  240. DesiYulianingsih menulis:

    Mlng y nasib yazza dri dlu mnderta mulu

  241. Ya ampun takdir bang yazza ngenes

    Untungnya pas nyabut nyawa gak sadis juga bang.. itu jodoh ente soalnya..

    Nah loh gak enak perasaannya sama dayana itu..jgn2 dia yg nanti nyembunyiin identitas takdirnya yazza lagi

  242. Coban buat Yazza berat banget..
    Curiga nih si nenek ini Asaka, kok dia tau bayi itu diincar sama malaikat kematian…

  243. kyukyukkajji menulis:

    Yazzza jgn menderita menderita amatt kenapa -_- hayati yg ga kuat ini

  244. Istiqomah27 menulis:

    Tapi enggak tau kenapa aku ngrasa ini bakal jadi happy ending kaya armenia & azhura khan, semoga ya.. ??

  245. :LARIDEMIHIDUP dari dulu sampe skarang yazza menderita terus

  246. Kasian yazza kalo dia tau udah ngebunuh pasangan takdirnya sendiri selama 99 kali….

  247. Abis baca prolog,balik baca ulang teaser-nya. Ternyata gk cm aku yg gt. . :KETAWAJAHADD

  248. jaypark076 menulis:

    siapakah gerangan dayana? :ngupildoeloe

  249. aku percaya masih ada kata happy ending untuk yazza

  250. ritaajadeh menulis:

    Happy ending kan yahhh ????

  251. masih kuat bang ngebunuh jodoh sendiri selama 99 kali, kok aku yang sakit hati ya :MARAHNANGIS

  252. bunnypuppy23 menulis:

    G A L A U…. Yazza ??

  253. Yang satu ink akan sukar untuk dibunuh ya zzaa …

  254. Bang yazza yg sabar :TERHARUBIRU

  255. ivaaprevia menulis:

    Yaampun yazza nasibmuuuuuh :TERHARUBIRU

  256. Apa yazza akan snggup u yng terakhir ini????
    Aduh kasihab bnget nasibnya yazza, udh jdoh prtmanya diambil sma azura ehh skrng kdoh keduanya malah harus dia bunuh sndiri??????

  257. Vionakeith menulis:

    Kyaaaaa prolog aj ud krreeennn giniiiii aplg tiap partttnyaaa mata ssebening maduuu ohhh honeyyy kok km d ramal penghancur????? Takdir msh bs berubaaahhh kaaaannnnn…

  258. ini fix… Bang Yazza lu kesian amat bangggg ??? kak author… ini harus happy end ya kak…. *etdah baru juga prolog udh ngomongin ending* wkwkwkkwwk

  259. Narnia_Kim menulis:

    sang dayana memang bisa meramal ya??? kalo gitu apa dayana itu gk bisa meramal kehancuran yg akan terjadi kalo anak itu tetap hidup hingga umur 14 tahun??
    gimana caranya seorang anak gadis berumur 14 tahun menjadi sumber kehancuran dunia ametyst??? :dragonmikirdulu
    kalo yazza tau gimana ya reaksinya :dragonmikirdulu

    terima kasih bt updatenya, tetap semangat dan selalu sehat Tim Saira Akira :sopan :tebarbunga

  260. Chiharu_oktav menulis:

    Apa anak itu bkalan bisa bersembunyi dari yazza…
    Tapi kasian juga ya yazza…
    Hiks…

  261. :PATAHHATI :PEDIHH :PEDIHH kasian bgt yazza harus membunuh jodohnya sendiri..

  262. November in Love menulis:

    Udah takdirnya Yazza ya :PEDIHH

  263. anisadenisa menulis:

    Kok ngenes banget sih hidupnya yazza…???
    Ngomong” ini ibunya meninggal apa cuma pingsan ya… ?

  264. Yeyy update cerita baru lagi

  265. kintaniryu menulis:

    Tinggal sekali. Tapi pasti banyak cobaan nih pas tinggal satu ini

  266. Bang yazza kasian bangett??

  267. Kayaknya kisah yazza bakal jadi cerita yang super galau. Kasian yazza ??

  268. apriankiddo menulis:

    kasian yazza…. berharap dia punya ending yang indah..

  269. masha_belle menulis:

    Akan begitu sulit untuk yaza Dan asaka

  270. Yazza.. U deserve to be happy ??

  271. Kayaknya anak Bermata madu itu bakalan diurus sama sih dayana deh.

  272. bang yazzaaaa…hidup mu kok ngenes banget sih baanngggg

  273. kasian banget sih si Yazza thor, pokoknya endingnya harus bahagia banget ya si Yazza ini, cukup penderitaannya segitu aja, hahahahahha

  274. yudithtadamo13 menulis:

    Kisahny sedih banget sihh…gak kuat bacany biz anak2 itu diambil nyawany pas lg imut2ny,sedih aku ngebayanginny ????

  275. Gak tau mau ngomong apa…

  276. @rilachand menulis:

    Duh yazzaa malang nian nasibmu sayang… Cup cup #pelukyazza :beruraiairmata

  277. BacaAddict menulis:

    Kayaknya ini akan menjadi kisabg tersedih dari semuanya…

  278. Jangan sad ending please.. :PATAHHATI

  279. sitinurlaelawatin menulis:

    :PEDIHH
    Semoga berakhir bahagia ya…
    Ngga sabar menunggu kelanjutannya…
    Semangat My team…. :tebarbunga

  280. _SomeOne_22 menulis:

    WHY????? Why????!!!! Kenapa kalian bikin cerita kazza senyesek ini? Tidakkkkk!!! Aku gk sanggup, sungguh tak sanggup ???

  281. GeminiYokina-chan menulis:

    Berharap ceritanya yazza berakhir happy ending
    Gak kuat banget klo berakhir sad ending~ :MARAHNANGIS

  282. Kia Luthfia menulis:

    bingung mau comment apa..it’s complicated. .
    semoga takdirnya masih bisa berubah..
    semangat author ???

  283. Tinggal satu lagi yazza bisa bebas dari hukuman, tapi justru inilah yg paling susah :AKUGAKTERIMA
    Kayaknya yazza blm tau yg dibunuh itu adalah jodohnya :nangisgulinggulingan

  284. Again :YUHUIII :HULAHULA :PANDAELUS :ELUSELUS

  285. Misslenanur menulis:

    Asaka pasti sudah memberikan takdir yang terbaik buat Yazza , dewa yang sudah menolongnya . Kita liat cerita selanjutnya , pasti bakalan ada konflik yang menarik d cerita ini , heeee
    Good authors

  286. Takdir Yaza melas amat ya. Ngebunuh wanita yg terikat takdir dgnnya.
    Peramal itu cuma bisa baca ampesitu apa ya. Dia gx bisa lihat kalau dimasa dpn anak itu bakal jadi sang penghancur.
    Prolognya bikin cekit2. Ngebayangin kehidupan Yaza kedepannya.

  287. Ranny Septiani menulis:

    Hiiihh pas baca bagian akhir nya tiba2 merinding ini…
    Ceritanya pasti seru bangett…

  288. yazza… aku selalu berdoa agar kamu bisa bahagia dgn pasangan jiwa mu…. walauwalau halangan ,rintangan membentang di depan aku harap takdir bsa berubah indah….

  289. sitihaningsih menulis:

    :inlovebabe Mksh team PSA dh bkin cerita baru… :tepuk2tangan sneng nx Yazza punya kisah sndri :sangatterpesona

  290. Kasian banget nasib yazza sabar….sabar…

  291. Keren x bah :tidakks!

  292. PrivateReaders menulis:

    huaaaaa… kok kasihan banget sih yazza…. aku ga tegaaaa bacanyaaaaa…….. :AKUGAKTERIMA tapi kok ya sayang klo dilewatkan.. :PATAHHATI

  293. tiarasepti70 menulis:

    :PATAHHATI gimana ya klo Yazza tau yg sebenarnya nanti? Nyesek banget pasti

  294. Litarizau20 menulis:

    Yazza nasibnya malang amat yak wkwk waktu itu Armenia yg seharusnya jodoh Yazza jadi diputar balikan jadi jodohnya Azhura Khan, sekarang pasangan takdirnya harus dibunuh buat menggenapi persyaratan supaya Yazza bisa jadi dewa yg bebas utuk utukk :PANDAELUS

  295. Kayaknya cerita bagus nih :NGEBETT

  296. Kasian amat c takdirny Yazza, dari dlu ga pernah dibuat seneng ?.. yang sabar ea bang…

  297. onlyexonomore menulis:

    Kasian nasibnya yazza yaa ….
    :PATAHHATI author tolong buat yazza mendapatkan jodoh nyaa, kesian jomblo terus

  298. Alfianuramala menulis:

    Akhirnya yang ditunggu tunggu udah muncul

  299. riska lestari menulis:

    Akhirnya si ganteng ini punya cerita sendiri??

  300. indahmeliana menulis:

    Kasihan yazza

  301. Cellacecilliya menulis:

    Penasaran sama jalan takdir nya Yazza. Apakah dia berakhir bahagia juga? Dengan penyelesaian yang adil?
    Kasian kalo dia sad ending. Kagak pernah bahagia kayanya hidupnya.

  302. Cellacecilliya menulis:

    Masih bingung, kenapa pasangan takdir Yazza akan membawa kehancuran? Trus kenapa membunuh pasangan takdirnya sendiri menjadi hukuman Yazza??
    Apa sebenarnya yang masih disembunyiin sama Asaka? Takdir apa yang mengikat Yazza?

  303. Baru prolognya aja udah sedih bacanya, apalagi kalo beneran yazza harus bunuh pasangan hidupnya:( udah sabar bgt dulu armenia jadi buat azhura khan skrg malah begini. i can’t wait for the next chapter!!!!

  304. eeyyyuuuhhh…nyawa terakhir yg harus dituai…yazza melas amat ya harus membunuh pasangan takdirnya sendiri…apalagi pasangan takdirnya menjadi penyebab kehancuran Amethys dimasa depan jika tdk dibunuh…dilema bener Yazza

  305. ificanliveforever menulis:

    Ku tak tega kasian yazza :(

  306. Kasian sama nasib yaza…
    Pasti paling berat buat ngebunuh pasangan takdirnya yang ke 100…

  307. yg terakhir tapi paling sulit

  308. fitriartemisia menulis:

    whoaaaa, perjalanan Yazza masih panjang euyyyy

  309. pasti berat banget buat yazza membunuh pasangannya apa lagi anak kecil….

  310. Euis Saputru menulis:

    Udah ke 99 aja ya Yazza. Aku harap autornya berbaik hati dan membuat jalan hidup kamu jadi happy ending (peace ya Author hehe) ?

  311. Keknya kisah cinta yg dri awal udh menyedihkan si yaza yaa, hrus membunuh takdir nya sndiri dri kecil sampe 100x tanpa dia tau :tidakks! :ngambeknih

  312. sang ibu meninggal apa cuma pingsan yaa??

  313. Belum masuk cerita udah sedih Saya
    Kasihan Yaza

  314. Siapa ya perempuannya ??

  315. Kasian yazza paling menderita paling jatuh paling terpuruk. Sekalian yang dikasih keringanan malah harus ngebunuh jodohnya sendiri :PEDIHH

  316. Wowwww….!!! Keren banget, nggak sabar nunggu cerita selanjutnya

  317. elvira naina13 menulis:

    Gk sabar buat nunggu kelanjutannya :LOONCAT
    Semangat semangat

  318. I love the cover… Butterfly..

  319. WhiteJill17 menulis:

    Penasaran sama ceritanya… Semoga aja bakal jd happy ending.
    Covernya imut… Kupu-kupu ?

  320. g’ sbr dgn kelanjutnnya :tidakks!

  321. dewidcutez menulis:

    Aduduh,
    Yazzaaa,
    Dtunggu y kljutnnya,,,
    SEMANGAT TIM PSA

  322. sitydjuarya menulis:

    yazza semangat trus ya :tepuk2tangan

  323. ichigohimawari menulis:

    Yang sabar ya Yazza, ini ujian ?

  324. Wah.. Sayang banget padahal hutangnya Yazza hampir lunas nih.. :tidakks! :tidakks!

  325. dd_pratiwi menulis:

    :kehilangan kasian Yazza, hrs membunuh pasangan takdirnya sendiri :nangisgulinggulingan

  326. Aaahhh~ suka sama prolognyaa :NYAMAN penasaran sama kisahnya yazzaa.. plis kaka jangan buat mereka menderita hiks :PATAHHATI

  327. Sherly Selfiah menulis:

    Semoga akhirnya gk sad ending, kan kasian yazza kayak gk pernah bahagia

  328. Hwang risma menulis:

    Waduh, aku agak kasihan sama yazza kalo dia ga bisa bunuh anak itu masa hukumannya akan lebih lama, tapi seneng juga karena anak itu adalah jodoh dia dan akan bertahan hidup lebih lama dari biasanya, sayang dia tdk tahu kalo anak itu adalah jodohnya ??, dengan informasi dari dayana yg bisa meramal itu entah gimana yg terjadi dimasa depan

  329. Yakin deh yg terakhir ini bsa hdp lbh lama dr yg sebelum”nya.

    Penasaran sama kehancuran dunia Ametyst yg dilakukan oleh jodoh’y Yazza. Itu bentuk kehancuran’y kayak gmna ya?? Hmm

    Gimana respon Yazza pas tau anak yg diincer’y utk dibunuh udh disembunyiin & tau klo itu jodoh’y ??

  330. bluemoontears menulis:

    Penasaran bgt…. Kenapa anak perempuan bias manusia gitu bisa menjadi takdi prnghancur ametys??? ._. Kasian bgt yazza… Smga dia bisa menemukan kebahagiannys :”(

  331. indah susilowati86 menulis:

    Knpa bs menghancurkan dunia ametyst ya??? :ragunih :ragunih Kl mmg dia jodoh yazza kan g perlu menghancurkan ametyst. Apa suatu saat dibunuh oleh azura khan shg yazza hrs membunuh azura khan??

  332. arimbieMey menulis:

    yazza belom tau kalo perempuan itulah calonnya tapi malah harus dibunuh, kasihannn

  333. Bagaimana caranya sembunyi dari Dewa kematian?

  334. kharollinaarma menulis:

    selama 99x tdk ada yg bisa tau tentang ramalan…kok Doyana ini bisa tau klo itu anak bakal di cari Yazza…Doyana ini mencurigakan y…kenapa haruz nyuruh menyembunyikan…

  335. :LARIDEMIHIDUP

    Cemungguudhh eeaaaa kk PSA ..

  336. kereeeeennnnnnn
    ditungguuuuuu kelanjutannya
    heheheheh

  337. Wow.. prolognya saja sudah seru banget. PSA emang the best lah :NGEBETT

  338. Apa mungkin pas takdir Yazza yang ke 100 ini si Yazza bakal tau kalo itu jodohnya? Padahal satu lagi lho!! Yazza, ganbatte..

  339. Careymissoworld menulis:

    Yazza memang luar biasa :(

  340. Wah siapa itu yg jd Dayana kok bisa tau bayi itu diincer

  341. Duhhh tinggal sekali lagi tugas yazza..kayaknya bakal berat nihhh..kok si dayana bisa tau yaa…kalau diumpetin bakalan berat deh tugas yazza..bakal tau kalau itu jodohnya
    Prolognya aja udah keren uyy

  342. ratushayle menulis:

    sukaaa sukaaak

  343. Keren, nggak sabar pengen baca part selanjutnya wahhh. Padahal tinggal 1 kali lagi genap 100 duh :PATAHHATI :PATAHHATI

  344. gabygabriella999 menulis:

    Dududduuhh….. :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  345. Park Heeni menulis:

    Malang sekali kisah yazza harus ngebunuh pasangan takdirnya :PATAHHATI :PATAHHATI

  346. cerita yang membuat penasaran :ehhkenapa?? lain dari yang lain, unik.

  347. Tasyapratiwi552 menulis:

    Yazza dan takdirnya selalu bertentangan,kasian

  348. Choco_cone31 menulis:

    Duh yazza.. jadi degdegan sama skyr km gmn?:)

  349. putry iswari menulis:

    Kayaknya takdir yazza rumit bngt ya, menderita lama bngt, bahagia nya masih jauh ?

  350. Linda agustin menulis:

    unch malangnya nasibmu :PEDIHH

  351. Sedih??? takdir dewa kematian kok gini amat yak, ngenesnya ga tanggung2 ampe ratusan tahun??

  352. Puti oneyna menulis:

    Love it. ?

  353. mrswhiteee_ menulis:

    Yesss cerita baruu ??
    Dewa yg lain dateng lagi nihh
    Jadi penasaran gmn ceritanyaa

  354. @vitta_padang menulis:

    :bebekcemas

  355. Susanti_95 menulis:

    Ini dewa kematian yg itu bukan?? ??

  356. Cherry-Ladieva menulis:

    Akhirnya ada cerita Yazza :*

  357. Gk sabar nunggu kelanjutan cerita ini :tepuk2tangan :inlovebabe

  358. ohh tidak ? anak nya mau disembunyikan

  359. Aku gk sanggup bacanya…. :PATAHHATI

  360. Sonia Rangkuti menulis:

    Itu jodoh nya yazza y? :ragunih

  361. Wah prolognya aja udah seru, jd penasaran sama kondisi wanita yg baru saja melahirkan itu, selamatkah dia? Akhirnya cerita Yazza dimulai, thanks utk ka au :)

  362. Yazza tidak sadar bahwa anak perempuan yg selama ini dibunuhnya adalah pasangannya ?

  363. ??????????

  364. KhairaAlfia menulis:

    Yazza ditugaskan membunuh bayi perempuan itu???

  365. Penasaran kelanjutannya :TERHARUBIRU

  366. ovinsabilla menulis:

    Nahluh nahluhh bang yazza. Udh gapapa bunuh ajaa bang kamu sama aku aja. ?

  367. Nasibmu mas,…… :dragonbaper

  368. skeleton_flower14 menulis:

    Aw?????????????

  369. nasib yazza uhh ?

  370. sophiecelia menulis:

    Cerita nya Yazza??
    makin berat tugas nya kalau anak itu hidup dan bertambah usia dewasa.

  371. OMG!! Bayinya disuruh di umpetin biar gk dibunuh jodohnya sendiri :MARAHNANGIS :owlbersedih :beruraiairmata kira2 nama bayinya siapa ya :HEMBUSNAPAS

  372. AimeeCho838 menulis:

    Baru muncul lagi nih (baru beli kuota soalnya??).
    Kasian nya Yazza. Masa disuruh bunuh perempuan yg bakal jadi jodohnya sih?.

  373. Yazza dari awal Azhura Khan sampe sekarang kok sedih2 amat ya :PATAHHATI

  374. Babang Yazza mengapa menyedihkan sekali nasib muuu :gulung2 :dragonbaper

  375. ayuyulians menulis:

    :inlovebabe

  376. Babang Yazza…. Nasibmu kok begini banget yaaa :PATAHHATI
    Penasaran sama ibu yang telah melahirkan itu. Dia selamatkah?

  377. Perjalanan bang yazza masih panjang.. kasihan bang yazza harus mencabut calon jodohnya sampai 100x :PEDIHH

  378. wah, tinggal satu kali lagi buat bunuh anak perempuan itu biar yazza bisa bebas dari hukuman :TERHARUBIRU tapi kayaknya bakal sulit, kasian banget yazza :dragonbaper di tunggu part 1nya kak au, ga sabar banget pingin baca kelanjutannya :dragonhihihi bakal seru nih kayaknya cerita yazza :tepuk2tangan

  379. Yazza.. Takdirnya penuh liku, dari kehilangan Calamara, menjadi dewa kematian, kehilangan pasangan takdirnya si Armenia, mendapat hukuman dari Sang Semesta dan terakhir membunuh pasangan takdir yang tak diketahuinya sebanyak 100 kali. ???? Poor Yazza… ?

  380. Yg keseratus jadi pasangan abadi yazza
    #nebaknebak :ragunih

  381. Jeonjifitri menulis:

    Baru sadr kalo ini cerita tentang dewa kematian yazza….
    Tapi kok masa depannya suram banget ya… :GERAAH

  382. :GERAAH

  383. NovenaRasuh menulis:

    So Happy… :tepuk2tangan

  384. dandelion24 menulis:

    Waaahhh….
    Yazza dibuat cerita sendr lah.
    Tp siapa sang dayana ini?
    Apakah dia juga membantu menyembunyikan bayi itu?
    Heeemmmm…. :bebekmikirkeras

  385. Wah jodoh na Yazza nih :NGEBETT

  386. Sediiihh tegaa amatt sama bang yazza :PEDIHH

  387. Kasian yazza :ehhkenapa??

  388. Mazzle_Bieber menulis:

    :sopan

  389. Sedihnyaa..

  390. OMG :tidakks!

  391. RatuaFrita menulis:

    Kasiannn bgt masibb Yazza :TERHARUBIRU

  392. shania_chand menulis:

    Nah lohh.. padahal tinggal satu lagii :tepuk2tangan :tepuk2tangan
    Gimana hayooo

  393. perjuangan yazza tinggal 1 lagi nih

  394. SakuraLouis menulis:

    Seketika dunia ini terasa tidak adil untuk yazza :dragonbaper

  395. Belum selesai baca Azhura Bride tapi langsung nengok ini cerita. Yazza ku, kapan kau bahagia? Sedihnya ?? tapi itu si ibu selamat ngga ya? Apa sang bayi bakal dirawat sama dayana? Paraaah penasaran tingkat akut ?

  396. Asaka memutuskan untuk tdk mengatakan kalo nyawa yg dituai Yazza adalah pasangan takdirnya.. nah besok2 klo yazza tahu… akan jadi apa itu hatinya ?? udah mikir ke sana aja aku.. hiks

  397. marshealyeah menulis:

    Yazaa aww akhirnya yazza lahir ? ceritanya ding yang lahir wkwkkw. Yazza apakah hidupmu akan bahagia atau tidak kali ini ? kalo enggak yauda lah sama aku ajaa ?

  398. Keren

  399. Agnes_Sugianto menulis:

    Wkt liat sinopsisnya kirain yazza dapet hukuman buat manen jiwa terus selamanya buat bertahan hidup, eh pas baca prolognya ternyata cuma 1 anak doang. Yazza nanti jadinya gimana ya?

  400. Ningsih Yuji menulis:

    Poor Yazza ??

  401. kazuya_yukino menulis:

    Jodoh mu telah lahir yazza//yhaa :PATAHHATI :PATAHHATI

  402. Abang Yazza mencari jodoh :KETAWAJAHADD :KETAWAJAHADD :KETAWAJAHADD :KETAWAJAHADD

  403. GiadoreFunia menulis:

    Itu dayana nya canggih bat dah.

  404. Ameliabela menulis:

    :RENCANAJAHARAA

  405. siapa ya jodoh yazza :ragunih

  406. nickywanty menulis:

    Wah,,, keren neh,, yazza love u :NGEBETT

  407. Rafika Nurfitriani menulis:

    Aku setia kok bang nungguin cerita abang ? :TERHARUBIRU

  408. iriienfadiliah menulis:

    Yazza ?

  409. amelialusiana menulis:

    Yah alamat gak bisa dibunuh ini mah wkk

    1. Yazza harus berusaha keras

  410. Nia Tsabit menulis:

    Yahh sepertinya berhasil sembunyi?

  411. sepertinya ini pasangan takdi yazza

  412. Ciaa Yazza??
    Jangan2 jodoh lu tuh za??

  413. Lisna Utipah menulis:

    Wahh.. bakal seruu.. lanjut.. hehe

  414. :dragonmintacium

  415. Siti Nurwulan Purnamasari menulis:

    Siapa namanya ? Karena bayi itulah yg akan menjadi pasangan takdir yazza meski harus dibunuh oleh yazza sendiri…gue ngerasa low cerita yazza ini malah bakalab lebih pelik dari kisah armenia-azhura khan

  416. Omegat, merinding sama pesennya sang dayana! :bebekcemas :bebekcemas

  417. Yazza :PATAHHATI :PATAHHATI Aku padamu Yazza.. :NGEBETT Jodoh mu sudah lahir!

  418. Yazza jodohmu lahir :cintakamumuach gak tau kenapa yah…kalo inget ceritanya yazza tuh bawaanya pngen mewek ajaaa,baperan :sangatterpesona

  419. :PANDAELUS :PANDAELUS :PANDAELUS

  420. Yazza… jadi kangen bang azhura :PATAHHATI

  421. Ayu permatasari menulis:

    Itu bayi’y kyk Dewi Calamara ya, ciri2’y :CURIGAH :CURIGAH :CURIGAH

  422. Habis selesai baca sang azhura langsung capcus baca abang yazza masih anget2 ceritanya,,
    Pasti itu dewi yg mnyamar jadi wanita tua aduhh bang yazza hrus mmbunuh jodohnya sendiriii

    1. Sedih ya bg yazza

  423. nananafisah184 menulis:

    Penasaraaann.. Kalo itu emang jodoh yaza, tapikan dia ditakdirkan jadi penghancur dunia ametyst, nahh trus nanti gimanaaa?? :tidakks!

  424. :kabuuuur! :kabuuuur! Brb baca cerita kang mas yazza setelah namatin Azhura

  425. Yazza :tepuk2tangan

  426. oow.. gimana dong Yazza mangsanya mau kbur itu

  427. mau dibawa kabur dia nya bang, jangan kasih kendor! :dragonhihihi :dragonhihihi

  428. Ratu_meriska menulis:

    Aduhhhh pusing ni. Ini kan bodohnya si yazza klo gak dibunuh dunia amnesti bakal hancur tapi klo di bunuh babang yazza jomblo seumur hidup dong. Aduhhhh gawat ini.. :LARIDEMIHIDUP

  429. Aduh udah penasaran aja

  430. tinggal satu kali lagi, tapi apakah yazza kembali tega membunuh jodohnya, cuma author yg tau wkwk ?
    baper mulu baca kisahnya yazza, bang yazza tegar ??

  431. Yazza dg tugasnya atau yazza dg jodohnya :DOR!

  432. Yazza :TERHARUBIRU

  433. Waduh ternyata itu yazza jodohnya

  434. Yazza ??

  435. Semoga ada akhir yang bahagia untuk yazza dan pasangan takdirnya

  436. :owlbersedih Yazza…

  437. Risma Yulianti menulis:

    Wahhh senang banget akhirnya ada kisah dari yazza semoga saja yazza bisa bahagia… ???

  438. oh my God aku merinding asliii :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  439. aninagustina menulis:

    Apa yazza tega jadi penuai nyawa jodohnya?? Tinggal 1x lagi tp mau di sembunyiin.. gmn dong itu?? :bebekcemas

  440. Ayu Lestari menulis:

    Kalo udah cerita Yazza mah udah pasti bakalan baper ini..
    Kayaknya si dayana ini deh yg bakalan menyembunyikan jodoh Yazza..padahal tinggal 1 lagi.. :nangisgulinggulingan

  441. Udah tau gimana masa lalu yazza, dan hukumanya.
    Cuman satu doaku, semoga.
    Kalo bisa jangan sad ending. PLISSSSSS…. :HEMBUSNAPAS :GERAAH

  442. Missjangchoii1 menulis:

    Berikan happy ending kepada mas Yazza kuuu :PATAHHATI

  443. Sitisoniaa menulis:

    Kesian anak kecilnyaaa ?

  444. Ya ampuun Yazza kok hidupny gk bahagia2 juga yah :dragonbaper

  445. Lely Damayanti menulis:

    Sprtinya bayi yg ke 100 akan sulit dibunuh oleh Yazza… :tendangkerikil

  446. Jodoh Yazza???

  447. Yg ke 100 akan jauh lebih sulit buat yazza.. kasihan jodohnya

  448. Cherry-Ladieva menulis:

    Kasian sama takdir yazza;((

  449. Dan sampai sekarang Yazza belum tau kalau anak itu adalah jodohnya. Aduh kasian bener bapak kegelapan ini

  450. Tralalatrilili menulis:

    Penasaran sama ceritanya yazza tapi kenapa pending?

  451. Sinta Setiawati menulis:

    Bayi ke-100 sepertinya akan menjadi tugas yang terberat..

    1. faiza septiyanti menulis:

      Love it :ayojadian

      1. Alice menulis:

        Wahhh sepertinya bayi ke 100 bakal jadi takdir yazza nih

      2. Dara wati menulis:

        Sepertinya

  452. Airaqyoung1215 menulis:

    Lovely dupa :kisskiss :kisskiss :kisskiss :kisskiss :kisskiss

  453. Yg terakhir kayak nya lebih berat ㅠㅡㅠ

  454. AimeeCho838 menulis:

    Baru tertarik mau baca sekarang. Hehe

  455. I love it ??

    1. Baru baca part awal aja udh sedih bayanginnya

      1. SERAFINA MOON LIGT🌙❤💡 menulis:

        Baru sempat baca di tahun ini :iloveyou

  456. Sukaaaa banget

  457. ?????????

  458. Fajeriatul Zah Ra menulis:

    Semangat Yazza

    1. Alya Rekha Anjani menulis:

      :mimisankarnamu

  459. Menunggu sampai bisa membacanya.

  460. Kuatkan hatimu Yazza, kamu pasti bisa melewati cobaan ini. Sang Alam Semesta memang kejam ???

  461. I’m always waiting this story update

  462. Mungkin bayi keseratus ini bukan ibu kandungnya yang merawat…
    Ibunya meninggal kah?

    1. Jodoh yazza akhirx lhr jg.
      Semangat bang nemuin jodohx

  463. Tugas dedek pasti berat:(

  464. Azzahra Puti Dasta menulis:

    :kisskiss

  465. Dhian Sarahwati menulis:

    Yg k_100..tugas berat yazza

  466. Silau… tolong tulisan.na dikasih warna hitam, di tmpat saya warna biru muda dgn background pink g bisa kebaca😭😭😭😭 :huhuhu

  467. albertha budi menulis:

    hallo.. setelah baca Azhura, saya meluncur kesini….
    sekilas baru sampai part 6, apakah betul?
    ataukah yg part 7 keatas itu di private?
    mohon pencerahannya…
    terima kasih..

    1. betul yg baru terbit sampai part 6, doakan segera dilanjut oleh authornya yaa

  468. @vitta_padang menulis:

    :berkacakaca :berkacakaca xx

  469. Yazza kebagian tugas yang tragis melulu

    1. Poor yazza

  470. FuntasticSentences01 menulis:

    Menahan diri baca ini :3 besok aja kalo urah reguler apdetnya :33

  471. :iloveyou

  472. lailatul fitriah menulis:

    :ohyeaaaaaaaaah!

  473. inenurhidayati menulis:

    hmm smoga author bisa segera rutin update
    jiayou author🌼🌻🌹

  474. Yaampun baru sempat baca 😭

  475. inenurhidayati menulis:

    hwaa smoga yazza berkesempatan bahagia dengan pasangan tankdirnya

  476. Keinget yazza jadi balik lagi ke sini :berikamiadegankiss!

    1. :semangatsemangat!!!! :semangatsemangat!!!! Yazza…kamu bisa melewati semua,,,,

      Terutama authornya, semangat.melanjutkan ceritanya…
      Kan kasian hidup yazza digantung :lovely :lovely

  477. Penggambaran suasana ny suka bgt

  478. Arsita Putri menulis:

    kapan dilanjutin :lovely

  479. Bintang Timur menulis:

    Belum apa2 aku dah pengen nangis :lovely
    Penasaran kudu baca cerita ini setelah baca Azhura :lovely
    Semoga bisa segera dilanjut ya tim :ayojadian

    1. Cihui Bulan ini akan dilanjut

  480. SERAFINA MOON LIGT🌙❤💡 menulis:

    :lovely :lovely

  481. Kapan ini d truskan

  482. Inikah takdir yazza?

  483. Nadia Khoerunisa menulis:

    👍👍👍👍

  484. Kapan cerita ini di teruskan

  485. Isma nurul menulis:

    :lovely

  486. rika kurnia menulis:

    :kumenangismelepasmu :kumenangismelepasmu bu

  487. Kapan cerita ini d lnjutkan :DUKDUKDUK

  488. Fatimahst. menulis:

    :REBAHANDULU :REBAHANDULU

  489. Kapan dlanjutkan lagi cerita Yazza? :sebarcinta :gabut

  490. Diah Wardani menulis:

    :sebarcinta

    1. Tina Septiani menulis:

      Mau dibawa kemana nih cerita… Kepo banget :aw..aw

  491. Kangen Yazza,, semoga tetep joroh sama yg ke-99 ini :kukutukkaujadibau

  492. Sri wahyuni menulis:

    Ceritanya udh lama hiatus,,, :kumenangismelepasmu
    Kapan dilanjutin thor??

  493. Adi Prayoga menulis:

    :gakterima

  494. Cerita yazza :sebarcinta

  495. Yazza.. oh.. Yazza..

    1. Udah kangen dengan yazza

  496. Cerita yazza

  497. terharu, yazza is back😭😭😭

    1. Aku juga terharu

  498. dewantilaraswaty menulis:

    Cerita Yazza :NGAKAKGILAA :NGAKAKGILAA :NGAKAKGILAA :NGAKAKGILAA :NGAKAKGILAA

  499. Akhirnyaaaa berlanjuttt :habisakal

    1. Liza Murdani menulis:

      Senang nya

  500. Alfa centauri menulis:

    yazza is backj

  501. nadine_anathasia menulis:

    :awaskubalasnanti

  502. Kucing Cantik menulis:

    Senang nya comback

  503. Baca ulang

  504. PutriPrimasari menulis:

    :NGAKAKGILAA

  505. Safliza Murdani menulis:

    Akhir nya yazza comback

  506. Suka dengan cerita ini

  507. Suka….. :haisalamkenal

  508. Bahagia nya bisa baca ini lagi

  509. OMGGGG

  510. FuntasticSentences01 menulis:

    Huwaa RDbis BACKKK

  511. Kinanti_Latupary menulis:

    Yazza :habisakal :habisakal

  512. Baca ulang lagi :REBAHANDULU

  513. Sembunyi ayo sembunyi

  514. Yayuk Winarsih menulis:

    :happy

  515. Putik Lestari menulis:

    Asekk :NGAKAKGILAA

  516. Baru mulai.. tapi kapan ada lanjutannya ya?

  517. Ulang baca lagii, ga update” soalnya ☹️☹️

  518. Jadi takdir jodoh ya Yazza diasuh oleh nenek dayana yg membantu persalinan itu?

  519. Baru di mulai…..

  520. Waaaah penasaran siapa kah Dayana nya itu ?

  521. Alwa Wulandharie menulis:

    yazza semoga di cerita ini happy ending

  522. Diah Wardani menulis:

    :lovelove :lovelove :lovelove

  523. Really love this story💕

  524. Lann Akira menulis:

    :sebarcinta :bersinarbuatkamu

  525. Sanggup kah yazza

  526. AyukWulandari2 menulis:

    Yazza :berikamiadegankiss!

  527. Apakah perempuan tua itu yazza yg menyamar?

  528. gas terus sih kalo baca ini hehe