Emperors Consort

Emperor’s Consort Part 10-2: Pedang dan Darah Kaisar bag 2

Bookmark
ClosePlease login

No account yet? Register

projectsairaakira Baca Novel Bagus Gratis Sampai Tamat

Baca Novel Gratis Bagus Berkualitas Sampai Tamat

Baca Parts Lainnya Klik Di sini

1,543 votes, average: 1.00 out of 1 (1,543 votes, average: 1.00 out of 1)
You need to be a registered member to rate this post.
Loading...

emperors-consort2

Malam mulai beranjak semakin larut ketika langit menggelapkan hamparan tubuhnya serta mempersilahkan bintang-bintang untuk mulai berpendar di semua sisi. Jika dilihat dari bumi, langit malam ini layaknya seorang perempuan bangsawan pongah yang sedang asyik memamerkan perhiasannya kepada semua makhluk yang menatap kehadirannya.

Setelah menemui pemimpin desa diam-diam yang kemudian mengantar seluruh pasukan pengiringnya ke penginapan terbaik yang ada, tabib Zhou menunggangi kudanya sendirian, kembali ke rumah ibunda Aiko. Pemimpin pasukan pengiringnya tadi ingin mendampingi, tetapi Tabib Zhou memintanya beristirahat saja dan dia sendiri yang akan mengunjungi ibunda Aiko. Kondisi ibunda Aiko yang sakit membuat Tabib Zhou merasa harus berhati-hati dan tidak memberi kejutan yang ditakutkan bisa berimbas kepada kesehatan beliau.

Lagipula ada sesuatu yang perlu dipastikan olehnya, sesuatu yang mengusik benaknya sejak semula ketika menyadari kecantikan wajah Aiko yang familiar. Orang lain mungkin tidak menyadari, tetapi Tabib Zhou tahu persis bahwa kecantikan semacam itu hanya dimiliki oleh perempuan-perempuan yang ada di dalam garis inti keluarga besarnya.

Keluarga Yangzyi adalah keluarga bangsawan yang terkenal akan kecantikan dan ketampanan parasnya, dirinya adalah salah satu contohnya. Kelebihan itulah yang dimanfaatkan oleh keluarga Yangzyi untuk membangun nama besarnya di bidang negosiasi dan diplomasi dengan negara-negara lain. Keluarga Yangzyi memang tidak memiliki kekuatan senjata serta pasukan perang seperti keluarga-keluarga bangsawan kelas tinggi lainnya, mereka lebih fokus di bidang administrasi, seni, diplomasi dan pengobatan.

Dan kecantikan Aiko membuatnya curiga. Parasnya, struktur bagan-bagian wajahnya, mata, hidung, bibir, bahkan tulang pipinya membuatnya ragu sekaligus yakin. Membuatnya bertanya-tanya… siapakah ayah kandung Aiko?

Sempat tersirat di benaknya bahwa dirinyalah orangnya. Tetapi dia tidak yakin. Dirinya selalu berhati-hati menebar benih, dan lagi kemampuannya sebagai seorang tabib, membuatnya yakin bahwa dia sudah melakukan antisipasi terbaik supaya tidak ada seorang anak yang tidak direncanakan bisa terlahir tanpa sengaja.

Yah, bagaimanapun juga sebentar lagi dia akan menemukan jawaban. Segera setelah dia menemui ibu Aiko, dia akan tahu.

Tabib Zhou mengikat kudanya di tiang pancang yang terletak di bagian depan rumah, dibukanya pagar kayu rumah itu sambil mendongak menatap langit cerah di desa Shiren dan mengerutkan kening ketika sudut matanya menangkap kerjapan kilat nun jauh di sana. Cuaca yang tak menentu menimbulkan perbedaan di beberapa wilayah kerajaan Shasou. Di sini mungkin sedang cerah dan terang benderang, tetapi di tempat lain, tidak menutup kemungkinan hujan badai sedang menghujam tanpa ampun.

Pikiran Tabib Zhou terbang ke arah para pasukan yang dibawa oleh Kaisar Shen, mau tak mau, kecemasan pun merayapi benaknya. Menurut perhitungan waktunya, jika lancar, pasukan Kaisar Shen pasti sudah sampai ke tepian gurun dan bermalam di tepian gurun saat ini. Cuaca di area gurun sangatlah ekstrim. Panas menyakiti di siang hari dan dingin membekukan di malam hari. Tabib Zhou hanya bisa berdoa dalam hati, mudah-mudahan asisten Li dan beberapa pegawainya bisa mengatasi kalau-kalau nanti beberapa prajurit yang tidak kuat fisik tumbang karena tidak kuat menahan kondisi cuaca ekstrim yang merusak daya tahan tubuh.

Sementara untuk Kaisar Shen sendiri, Tabib Zhou yakin Kaisar Shen cukup sehat dan kuat. Sebagai seorang Kaisar, tentu saja sejak kecil beliau mendapatkan penanganan yang berbeda untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh Kaisar Shen adalah yang terbaik, pun dengan obat-obatan herbal untuk menjaga kondisi tubuh. Kaisar Shen selalu diberikan buah shansuo, buah berwarna putih berkilauan yang khusus ditanam sebagai hidangan khusus untuk para Kaisar negeri ini.

Buah shansuo dipercaya mengandung semua inti terbaik untuk menjaga stamina dan kesehatan Kaisar. Karena begitu berkhasiatnya buah ini, harga buah shansuo terbilang sangat mahal. Dan karena perawatan tanaman shansuo untuk menghasilkan buah kualitas terbaik sangat sulit, maka menyebabkan sangat sedikit jumlah buah yang bisa dihasilkan setiap tahunnya. Buah shansuo juga tidak umum dibudidayakan masyarakat, karena memang sesuai peraturan, buah hanya diperbolehkan menjadi santapan Kaisar atau isteri Kaisar yang sedang mengandung dan kadang bisa juga untuk hantaran hadiah bagi raja atau pemimpin kerajaan lain.

Buah shansuo, ramuan ginseng, teh herbal racikannya dan beberapa hal lain yang selalu dijaga untuk diberikan kepada Kaisar, membuat Tabib Zhou yakin bahwa Kaisar Shen sudah pasti lebih sehat jika dibandingkan siapapun di kerajaan Shiren.

Lamunan Tabib Zhou tentang Kaisar Shen dan pasukannya terhenti ketika langkah kakinya tanpa sengaja menginjak sisi kayu longgar yang menjadi lantai teras, menimbulkan suara berderit cukup keras yang memecah keheningan malam.

Lelaki itu menunduk, melihat ke arah sumber suara, lalu mengalihkan langkah kakinya supaya berhati-hati dan tidak menginjak bagian-bagian yang longgar lagi.

Matanya memindai seluruh sisi, dari lantai, dinding, bahkan sampai bagian atas rumah. Rumah ini secara keseluruhan terbuat dari kayu yang disusun rapi dan berukuran kecil. Tipe rumah yang sama dengan rumah-rumah lain di desa Shiren.

Meskipun kecil dan sederhana, tabib Zhou memperhatikan bahwa halaman dan seluruh bagian rumah ini begitu bersih serta terawat rapi. Syukurlah, sepertinya ada orang yang membantu ibunda Aiko untuk merawat rumah dan membersihkannya secara berkala.

Langkahnya terus mendekati bagian utama pintu, ketika hidungnya mencium aroma wangi rempah-rempah yang sangat familiar. Ada senyum tipis tersungging di sana ketika dia menyadari bahwa hal ini wajar, mengingat ibunda Aiko adalah seorang tabib perempuan. Tabib perempuan keberadaannya sangat langka di kerajaan Shasou, mengingat sistem masyarakat di sini yang sangat mengandalkan laki-laki di semua bidang.

Tabib Zhou tahu bahwa ibunda Aiko menjadi tabib dikarenakan beliau merupakan satu-satunya anak perempuan yang bisa diwariskan ilmu oleh ayahandanya. Dan Aiko juga mendapatkan pendidikan sebagai tabib dikarenakan dia juga merupakan anak perempuan satu-satunya. Tabib Zhou yakin jika ibunda Aiko bukanlah anak perempuan satu-satunya, kakek Aiko pasti akan memilih untuk mewariskan ilmunya kepada anak laki-lakinya yang lain.

Tabib Zhou bukanlah tipe yang memandang rendah perempuan seperti kebanyakan laki-laki lain di kerajaan Shashou. Dia bahkan merasa kagum dengan kemampuan perempuan yang selama ini dipandang sebelah mata dan dianggap tidak mampu.

Baginya, perempuan itu adalah mahluk unik yang luar biasa, perempuan itu rapuh sekaligus kuat. Apalagi jika menyangkut orang-orang yang mereka kasihi, perempuan bisa menjadi induk domba yang penuh kasih untuk anak-anaknya, sekaligus menjadi singa betina yang mengerikan ketika anak-anaknya diganggu.

Aroma ramuan obat yang pasti sedang mendidih dan dimasak di atas tungku itu membuat Tabib Zhou memejamkan mata untuk meningkatkan indera penciumannya, mencoba menebak-nebak apa bahan-bahan yang sedang dimasak di dalam sana.

Aroma gurih ini sudah pasti berasal dari kaldu daging segar berminyak yang diambil sari kentalnya, dan juga tercium aroma khas ginseng yang menyengat berpadu dengan tofu segar yang dimasukkan belakangan, seluruh aroma itu berpadu dengan harumnya rempah-rempah tumbuk yang dicampur dengan hati-hati.

Ini bukan ramuan obat, tabib Zhou tersenyum samar. Ini adalah sup ginseng kesehatan yang sedang panas-panasnya.

Langkah Tabib Zhou terhenti di depan pintu kayu sederhana itu. Dia menarik napas panjang dan kemudian mengetuknya. Jantungnya berdebar penuh antisipasi ketika menunggu reaksi. Sayangnya yang ditunggu tak kunjung datang, tidak ada suara apapun dari balik pintu.

Sambil menghela napas, Tabib Zhou mengetuk kembali dengan lebih keras dan beruntun, berharap kali ini berhasil menarik perhatian siapapun yang ada di dalam rumah.

Usahanya yang kedua ini berhasil. Terdengar suara langkah pelan dari dalam dan suara gerendel pintu dibuka. Dari celah pintu muncul seorang gadis muda yang langsung ternganga melihat wajah rupawan yang berdiri di depan pintu.

Tabib Zhou tersenyum dan membuat mata anak gadis itu melebar, anak gadis ini sepertinya asisten tabib. Seorang tabib desa biasanya mengangkat beberapa anak untuk menjadi asistennya. Kenyataan bahwa ibunda Aiko menjadikan anak perempuan sebagai asisten tabib membuatnya tersenyum sendiri. Ibunda Aiko sudah pasti bukan penganut paham bahwa perempuan seharusnya menjadi nomor dua di bawah laki-laki.

Tabib Zhou tahu bahwa mata belia itu sedang mengamatinya lekat-lekat dengan penuh kekaguman, dirinya sudah terbiasa mendapatkan reaksi seperti ini dari perempuan manapun, sehingga seringkali dia menanggapinya dengan geli dan bercanda.

“Perkenalkan aku Tabib Zhou Yangzyi dari ibu kota, mohon maaf aku bertamu di waktu yang begitu larut, tapi bolehkah aku menemui tuan rumah?”

Anak gadis itu menelan ludah sementara kekaguman masih tersirat di sinar matanya, “Tabib Hana sedang beristirahat di kamar, tapi aku akan menanyakan apakah beliau bersedia menemui anda.” Asisten muda itu otomatis membungkuk memberi hormat sebelum berpamitan dan mundur meninggalkan Tabib Zhou sendirian di pintu. Penampilan Tabib Zhou yang luar biasa dan pakaiannya yang terbuat dari bahan bagus berkualitas membuatnya yakin bahwa tamu yang datang ini bukanlah orang sembarangan.

Tidak perlu waktu lama untuk Tabib Zhou menunggu di depan pintu. Tak berapa lama kemudian, anak perempuan itu datang dengan langkah tergesa menemuinya kembali. Setelah membungkuk hormat sekali lagi, anak perempuan itu berkata,

“Tabib Hana tadinya tidak bersedia menerima tamu, tetapi setelah mendengar nama keluarga anda, beliau mempersilahkan anda menemuinya di ruang tengah, jika tidak keberatan.”

Tabib Zhou memasang kembali senyum manisnya, “Tentu saja aku tidak keberatan.”

Dia kemudian melangkah memasuki rumah sederhana berlantai kayu itu. Melalui ruang depan mungil yang berisi perabotan sederhana, hanya kursi-kursi kayu biasa dan dua buah dipan terpajang di sana. Sepertinya dulu ini adalah tempat Tabib Hana mengobati pasiennya yang datang berkunjung.

Mereka kemudian melangkah memasuki ruangan lain yang berukuran lebih besar. Ruangan ini beraroma rempah-rempah pekat akibat banyaknya toples-toples berjajar di rak-rak yang dipakukan bertumpuk di sepanjang dinding. Setiap toples berisi akar-akaran dan beberapa buah obat yang dikeringkan.

Koleksi obat di sini sangat lengkap hingga hampir membuat Tabib Zhou merasa kagum. Untuk ukuran seorang tabib desa terpencil di pinggiran kerajaan, Tabib Hana rupanya cukup ahli di bidangnya.

“Silahkan menunggu di sini, Tabib Hana akan datang menemui anda.” Gumam anak gadis itu yang disambut anggukan pelan Tabib Zhou.

Sepeninggal anak gadis itu, Tabib Zhou memusatkan perhatiannya ke toples-toples yang terpajang di sana, berjalan pelan dengan tangan bertautan di belakang punggungnya. Dia mengamati setiap isi toples dan tersenyum senang ketika berhasil menebak apa isinya.

“Anda sepertinya sangat tertarik dengan obat-obatan.” Suara lemah itu menyapa pelan dari balik punggungnya, membuat Tabib Zhou menoleh kaget.

Matanya menangkap sosok kurus yang begitu pucat dan sakit. Tabib Hana tampak kepayahan, dirinya berjalan susah payah dengan bantuan tongkat dengan dipapah oleh asisten mudanya. Sang asisten membantunya duduk di salah satu kursi besar dan kemudian ibunda Aiko membisikkan perintah kepada asistennya dengan suara pelan,

“Sajikan sup ginseng yang segar untuk tamu kita begitu sudah matang, dan minuman.”

Asisten muda itu menganggukkan kepalanya lalu melangkah pergi, tak lupa sebelumnya matanya melirik ke arah Tabib Zhou, melemparkan pandangan kagum yang tak bertepi.

Mata Tabib Zhou masih mengamati ibunda Aiko, menyadari bahwa gurat kecantikan masih tersisa di sana meskipun tertelan oleh penyakit yang melemahkan.

“Anda tampak familiar.” Tabib Zhou menunduk sopan sebelum kemudian mengambil tempat duduk di depan ibunda Aiko. Pikiran Tabib Zhou berusaha mencari tahu, apakah Hana pernah menjadi salah satu kekasihnya di masa lampau.

Mata Hana menatap ke arah Tabib Zhou lalu tersenyum, “Dan anda juga tampak familiar.,” perempuan itu terkekeh lemah di balik napasnya yang sedikit tersengal ketika melihat Tabib Zhou ternganga kaget, rupanya dia bisa membaca apa yang ada di dalam pikiran Tabib Zhou, “Seorang bangsawan kelas atas Yangzyi yang terhormat berkunjung ke rumah saya yang sederhana…..pasti berhubungan dengan masa lalu kami.” Hana tersenyum lembut bercampur kesedihan, “Saya sempat mengira anda adalah orang lain, ternyata saya salah duga.”

“Anda mengira saya adalah orang lain?” Tabib Zhou mengulang pertanyaan Hana, merasa sedikit tidak yakin.

Hana menganggukkan kepalanya, “Ketika mendengar keluarga Yangzyi datang bertamu, saya mengira ayah kandung Aiko yang datang……. Tabib Zhang Yangzyi, apakah anda mengenalnya?”

Tabib Zhou ternganga, keterkejutan menggurati wajahnya, membuat bibirnya kaku dan tidak mampu mengeluarkan kata-kata.

Tabib Zhang Yangzyi adalah kakak sepupunya, gurunya. Seorang tabib terhebat dari keluarga Yangzyi yang sayangnya menghilang enam tahun lalu. Beliau menghilang begitu saja, tanpa pesan, tanpa berpamitan. Dan sampai sekarang tetap tidak ditemukan rimbanya.

Apakah benar yang dikatakan oleh ibunda Aiko? Bahwa Tabib Zhang Yangzyi adalah ayah kandung Aiko? Kenyataan ini mungkin dirahasiakan dari Aiko, gadis polos itu bahkan tampak tidak menyadari bahwa ada darah bangsawan mengaliri tubuhnya. Tetapi bagi Tabib Zhou perkataan Tabib Hana sudah menjawab kecurigaannya, ada darah Yangzyi di tubuh Aiko, dan syukurlah, Aiko bukanlah anak gadisnya.

Tidak terbayangkan jika Aiko adalah anak kandungnya, tidak terbayangkan dirinya yang menjadi mertua Kaisar Shen. Kaisar pasti akan marah besar kalau sampai itu terjadi dan menghukumnya karena menebar benih di mana-mana.

“Tabib Zhang adalah mentor saya, kakak sepupu saya.” Tabib Zhou bergumam hati-hati, “Dan mengingat gurat wajah khas Aiko, saya percaya bahwa ada darah Yangzyi mengalir ditubuhnya.” Tabib Zhou merendahkan nada suaranya dan berucap pelan, “Anda pasti tahu bukan bahwa Tabib Zhang menghilang sejak lama tanpa jejak? Apakah anda tahu di mana dia?”

Ekspresi di wajah kurus dan pucat itu tampak sedih, “Kalau saya tahu, tentu saya tidak akan mengira bahwa beliau yang datang bukan? Beliau meninggalkan saya sejak lama, lama sekali, bahkan ketika saya mengandung Aiko. Hubungan kami…. murni kecelakaan. Saya dulu mengikuti ayahanda saya bekerja sebagai asisten tabib untuk Tabib Zhang, beliau begitu mempesona.” Ada senyum mengenang di mata Hana ketika berkata, “Anda pasti menyadari betapa pesona keluarga Yangzyi sangat sulit ditolak oleh perempuan manapun. Lalu saya jatuh ke dalam pelukannya. Seorang perempuan bodoh berusia belia dengan mimpi akan cinta. Ketika saya hamil, saya menyadari bahwa kenyataan tidak seindah mimpi saya. Tabib Zhang tentu saja tidak akan menikahi rakyat jelata seperti saya. Beliau menjamin saya tentu saja ketika ayahanda saya mengasingkan saya sampai Aiko dilahirkan. Setelah itu saya tidak pernah menerima kabar apapun darinya.” Hana mengernyitkan dahinya, “Sampai akhir-akhir ini…”

Tubuh Tabib Zhou menegang, “Akhir-akhir ini?” Informasi tentang Tabib Zhang sesedikit apapun tentu saja sangat menarik baginya, bagaimanapun Tabib Zhang adalah keluarganya, hilangnya beliau meninggalkan luka mendalam di dada seluruh keluarga.

“Ada beberapa orang suruhan yang datang ke rumah beberapa waktu lalu, mereka bilang bahwa mereka disuruh oleh Tabib Zhang… semula saya tidak percaya, tetapi beliau menunjukkan ini,” Tabib Hana mengeluarkan sesuatu dari saku pakaiannya, sesuatu yang dibungkus hati-hati dengan sapu tangan putih bersih. Dibukanya bungusan sapu tangan itu dan ditunjukkannya kepada Tabib Zhou. “Ini adalah lambang keluarga kerajaan Yangzyi…. bunga teratai merah, dan di baliknya ada nama Zhang.” Tabib Hana membalikkan lambang kerajaan yang diukir di atas batu giok merah itu dan menunjukkan apa yang dimaksud.

Tabib Zhou memajukan tubuhnya, mengamati lambang keluarga itu dan dengan sekilas pandang langsung meyakini keasliannya, dia juga memiliki satu yang seperti itu, dengan namanya sendiri di ukir di balik batu yang sama.

“Kalau boleh saya tahu, apa yang diinginkan orang suruhan Tabib Zhang tersebut?”

“Itulah yang membuat saya cemas…” Tabib Hana menghela napas panjang, lalu terbatuk-batuk pelan. Suara batuknya kering dan mengerikan, membuat dahi Tabib Zhou mengernyit cemas. Ibunda Aiko benar-benar sakit dan harus mendapatkan penanganan segera. “Orang suruhan itu meminta akar Youdu… salah satu akar langka yang dikoleksi oleh ayahanda saya. Akar itu adalah pemberian Tabib Zhang di masa lampau dan sekarang beliau memintanya lagi… yang membuat saya cemas, akar itu adalah salah satu bahan pembuat racun, saya cemas karena berpikir bahwa Tabib Zhang sedang membuat racun.”

“Tabib Zhang sedang membuat racun?” Tabib Zhou membelalakkan matanya, “Untuk apa? Astaga, mengetahui beliau masih hidup saja membuat saya terkejut, tetapi sekarang beliau sedang membuat racun? Untuk apa?”

Tabib Hana menggelengkan kepala lemah, “Saya juga tidak tahu…” Mata Tabib Hana mengamati Tabib Zhou dan penampilannya yang mewah, “Apakah anda benar-benar Tabib Zhou yang terkenal itu? Tabib kepercayaan Kaisar? Aiko… puteriku… dia masuk ke dalam istana untuk mencari anda.” Tabib Hana menghela napas panjang, “Saya sudah memperingatkannya bahwa kehidupan di dalam istana sangat keras, sebagai seorang dayang, akan sulit baginya untuk mencari anda, tetapi sekarang anda ada di sini dan itu berarti Aiko berhasil. Saya menduga anda kemari karena permintaan Aiko?”

Tabib Zhou mengangguk, “Alasan utama saya datang kemari adalah karena Aiko, karena saya ingin mencari jawaban atas kecurigaan saya, dan juga karena Kaisar Shen King.” Jawab Tabib Zhou, akhirnya memutuskan untuk jujur.

“Kaisar Shen King? Apa hubungannya Aiko dengan Kaisar Shen King?” Hana mengerutkan kening, lalu terbatuk-batuk lagi.

“Kaisar Shen King ingin menjadikan Aiko permaisurinya. Karena itu beliau mengutus saya untuk menjemput anda, sebagai calon ibu mertua kaisar. Kami ingin membawa anda ke salah satu rumah peristirahatan kaisar untuk menerima perawatan terbaik di sana.”

Kata-kata yang diucapkan Tabib Zhou dengan tenang itu membuat Hana ternganga dan membelalakkan matanya kaget.

“Astaga,” Suaranya serak, tertelan di tenggorokan, ekspresi ngeri tiba-tiba muncul di wajahnya “Kaisar Shen King dengan Aiko? Kaisar Shen selalu memenggal selir-selirnya bukan? Apakah ini berarti Aiko juga akan di penggal? Astaga, tidak… tidak… apa yang sebenarnya terjadi? Kenapa Aiko sampai menarik perhatian Kaisar?”

“Tenang dulu.” Tabib Zhou menyela pelan, berusaha menyalurkan ketengan di suaranya untuk meredakan kepanikan yang melanda Tabib Hana, “Bukan seperti itu, ceritanya panjang. Saya akan menceritakan nanti. Tetapi yang pasti anda harus tenang dulu. Kaisar Shen King mencintai Aiko, saya bisa menjamin itu. Dan saya yakin bahwa memenggal kepala Aiko adalah hal terakhir yang ada di pikiran Kaisar Shen.”

Tabib Hana meredakan napasnya yang tersengal, memegang dadanya yang berdebar kencang karena kabar mengejutkan ini. Dia sama sekali tidak habis pikir bahwa jalan Aiko akan serumit ini. Segala sesuatu yang berhubungan dengan Kaisar Shen akan menjadi rumit.

Menarik perhatian Kaisar Shen King. Kaisar kejam yang mengerikan itu… astaga… mudah-mudahahan Aiko baik-baik saja. Tabib Hana menghela napas panjang, berusaha meredakan hantaman menyakitkan yang tiba-tiba menyerang kepalanya, membuatnya sedikit limbung.

“Anda tidak apa-apa?” Tabib Zhou bergumam cemas ketika melihat tubuh kurus lemah di depannya itu mulai lunglai.

Mata Tabib Hana terbuka segera ketika dia teringat sesuatu, ada teror ketakutan di matanya ketika berucap,

“Saya pikir semula tidak ada hubungannya. Tetapi saya memiliki firasat… berhubungan dengan Kaisar.” Tabib Hana bergumam terpatah-patah, “Ayahanda saya pernah bilang bahwa Tabib Zhang sangat membenci Kaisar Shen King… ada dendam di masa lalu tidak tahu apa, yang saya tahu, cinta sejati Tabib Zhang tewas dipenggal oleh tebasan pedang Kaisar Shen.”

“Apa?” Tabib Zhou langsung berdiri duduknya, “Apakah kata-kata ayahanda anda bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya? Kenapa kami sebagai keluarga terdekat tabib Zhang bahkan tidak mengetahui hal ini?”

“Hubungan itu hubungan rahasia, saya tidak tahu siapa yang mengetahui hal ini. Menurut saya, ini juga alasan kenapa Tabib Zhang menghilang… dan jika dihubungkan dengan racun yang dibuat Tabib Zhang, adakah kemungkinan jika beliau sedang membuat racun untuk kaisar?”

“Racun untuk kaisar?” Kali ini Tabib Zhou benar-benar tampak cemas, “Saya akan mengkoordinasikan penjemputan anda, mohon mengikuti perintah Kaisar, besok kereta penjemput dan pimpinan pasukan pendamping saya akan mendatangi anda dan memastikan anda nyaman di perjalanan.” Tabib Zhou melirik ke arah pintu belakang yang terbuka, asisten muda itu datang membawa nampan besar berisi mangkuk sup yang mengepul panas dan air minum, “Mohon maafkan ketidaksopanan saya, saya harus segera berpamitan.”

Tabib Zhou membungkuk memberi hormat, dan bergegas berlari meninggalkan rumah itu. Tidak dipedulikannya tatapan bingung si asisten muda, dia terus berlari sampai ke kudanya yang masih merumput tenang di depan pagar. Dilepaskannya ikatan kuda itu di tiang pancang, lalu dia naik ke punggung kuda dengan tergesa-gesa.

Dengan hentakan kencang, dia memacu kudanya secepat mungkin untuk menyusul pasukan Kaisar di area perbatasan utara kerajaan.

***

Mereka akhirnya berhasil tiba di benteng perbatasan bagian utara sesuai waktu yang ditentukan. Ada beberapa kendala tentu saja, beberapa prajurit yang kelelahan jatuh sakit dan memerlukan perawatan, beberapa kuda ada yang tumbang karena tidak mampu menahan beratnya perjalanan menyeberangi gurun pasir. Tetapi hal itu bukanlah masalah yang mengganggu. Asisten Li bersama beberapa asisten lain yang dikirim oleh Tabib Zhou berhasil menangani dan merawat para prajurit itu dengan baik.

Tenda-tenda para prajurit sudah didirikan, senjata-senjata sudah disiapkan dan pagi ini mereka akan berangkat menyerang pasukan kerajaan XiJiang yang sudah nampak berkemah di bawah bukit. Penyerangan utama dengan pasukan panah yang akan melindungi dari atas benteng, sementara para prajurit dan dibantu oleh pasukan berkuda akan menyerang keluar dengan bersenjatakan pedang.

Hari itu dini hari, serangan pertama akan dimulai ketika sinar matahari pertama mulai merayapi bumi. Mereka semua sudah siap tentu saja. Kuda-kuda sudah disisir dan diberi makan, pedang-oedang di asah, busur dan anak panah dibagikan, pun dengan para prajurit yang mulai mempersiapkan diri dengan baju perlindungan mereka. Suasana hiruk pikuk sendiri mulai terdengar ramai di luar tenda, bahkan ketika langit masih gelap, menanti fajar memeluk dan membangunkannya dalam terang.

Shen King sendiri sedang mempersiapkan diri. Dirinya akan memimpin sendiri pasukan berkuda di baris depan. Sepertinya pertarungan ini akan bisa diselesaikan cukup mudah, melihat bahwa tenda-tenda pasukan Xing Jiang yang hendak menginvansi bahkan tidak sampai separuh dari tenda-tenda yang didirikan Shen King untuk pasukannya.

Mungkin butuh dua atau tiga hari saja jika mereka bertempur dengan kekuatan penuh. Kecuali kalau nanti pasukan musuh punya strategi tersembunyi, atau mendatangkan bala bantuan tambahan, perang mungkin bisa berlangsung lebih lama.

Shen king mengerutkan kening tidak suka ketika memikirkan kemungkinan itu, dia ingin segera mengakhiri perang ini dan kembali ke dalam istana yang aman. Aman untuk Aiko.

Tidak pernah dia begini sebelumnya. Dulu dia sangat menyukai perang, merindukan darah, puas ketika berhasil menghabisi lawan-lawannya. Sekarang setelah Aiko benar-benar ada di dalam kehidupannya, yang ada di dalam benaknya hanya satu : menjaga Aiko.

Mata Shen King terpaku pada pakaian perangnya dan melirik ke arah Aiko yang berdiri di sana menatapnya dengan pandangan ketakutan yang tertahan. Shen King menghela napas panjang. Suasana sebelum berperang selalu membuat auranya berubah, mengerikan, karena penuh antisipasi akan kekejaman yang akan dia lakukan setelahnya. Dan dia tidak bisa menahannya.

“Kemarilah, pasangkan perisai ini.” Shen King mengulurkan tangannya ke arah Aiko, menunjukkan pelindung besi yang seharusnya di pasang di lengan dan sikunya.

Aiko melangkah pelan, dirinya berdiri dan meragu ketika berdiri di depan Kaisar Shen. Mata Kaisar Shen memberi isyarat supaya Aiko mengambil pelindung besi yang tergeletak di atas meja itu. Aiko menurut dan mendekat, dia mengambil pelindung besi itu pelan-pelan, sedikit gemetar. Matanya melirik ke arah Kaisar Shen yang menunduk dengan ekspresi dingin ke arahnya, Yang Mulia Kaisar Shen sedang mengulurkan sebelah lengan kepadanya.
Dengan hati-hati dipasangkannya pelindung besi itu ke lengan Kaisar Shen, jemarinya yang gugup sedikit salah langkah ketika menalikan pelindung besi itu kuat-kuat. Shen King menunduk, menatap pucuk kepala Aiko lalu tersenyum miris,

“Sudah sejauh ini, dan kau masih merasa takut kepadaku?”

Aiko mendongak mendengar perkataan Kaisar Shen, matanya langsung bertemu dengan warna emas indah yang membalas dengan tatapan sedih.

“Bukan begitu Yang Mulia… hamba hanya…” Aiko memejamkan mata sedikit sambil menghela napas panjang, “Perang terasa menakutkan, hamba sudah sering melihat dan mengobati korban perang, mereka… mereka semua terluka parah bahkan ada yang sampai meregang nyawa. Hamba hanya tak habis pikir, kenapa manusia memilih berperang dan bukannya berdamai.”

Mata Shen King melembut ketika berkata, “Karena kadangkala manusia tidak bisa menahan dorongan dasarnya, rasa benci, iri, ingin memiliki apa yang menjadi milik orang lain, ingin menunjukkan bahwa dirinya lebih hebat dari orang lain, ingin tertawa di atas penderitaan orang lain… hal itu menimbulkan gejolak. Yang ingin mempertahankan diri harus melakukan sesuatu, yang tadinya berdiam diri pun terpaksa melawan. Ketika hal-hal semacam itu terjadi, perang merupakan satu-satunya penyelesaian.”

“Tidak bisakah mereka saling berkompromi?” Aiko membulatkan kedua bola matanya, menatap penuh harap.

Shen King mengulurkan jemarinya, mengusap lembut rambut legam Aiko yang terasa sehalus sutera di telapak tangannya. Rambut itu pasti lembut dan harum, menumbuhkan keinginan Shen King untuk menenggelamkan kepalanya di sana dan menghirup aroma yang memuaskan hati.

“Tergantung. Ketika manusia mau menurunkan kesombongan masing-masing dan sedikit menundukkan kepala, mereka akan bersedia berkompromi. Aku sendiri tidak pernah menutup diriku dari kompromi. Tapi kali ini beda,” mata Shen King menggelap, “Mereka mencoba mengganggu apa yang menjadi milik kerajaan Shashou, dan sebagai seorang kaisar, aku harus membela rakyatku.”

Aiko menatap mata Shen King, dan menyadari kebenaran di balik kata-kata Sang Kaisar. Kaisar Shen berperang demi membela apa yang sudah menjadi miliknya. Perang inipun, bukan dimulai dari pihak kerajaan Shashou.

Tiba-tiba mata emas itu menyipit, menatap Aiko dengan tatapan yang tidak bisa diartikan, tetapi membuat jantung Aiko berkejaran kencang. Kaisar Shen sedikit menunduk, kedua jemarinya tiba-tiba diletakkan di sisi kiri dan kanan pundak Aiko, menarik tubuh Aiko sedikit mendekat.

“Aku akan berangkat berperang,” bisiknya dengan nada berbisik penuh misteri, “Bisakah kau memberikan jimat untukku supaya aku bisa pulang dengan selamat?”

“Jimat?” Aiko membeo kebingungan, dan semakin bingung ketika salah satu jemari Kaisar Shen melonggarkan pakaian Aiko dan menurunkan kerah bajunya ke lengan sehingga salah satu sisi pundaknya terlihat, telanjang.

“Yang Mulia?” Aiko mulai gemetaran, ngeri ketika melihat tatapan tajam yang dilemparkan Kaisar Shen ke pundaknya.

“Bekasnya sudah memudar.” Dengan ibu jarinya, Kaisar Shen mengusap pundak Aiko, “Aku harus memberikannya lagi, tanda kepemilikan dariku. Kau milikku, Aiko.”

Dan kemudian, tanpa peringatan sama sekali, Kaisar Shen menunduk, lalu setengah menggigit pundak Aiko, di tempat yang sama di mana dia meninggalkan bekas sebelumnya. Gigitannya kali ini berbeda dengan sebelumnya, lembut, menggoda dan diselingi sesapan lidah yang menghantarkan hawa panas ke seluruh tubuh Aiko.

Kaki Aiko melemas dan tanpa sengaja berpegangan ke pundak Kaisar Shen, sementara Kaisar Shen dengan sigap langsung merangkul tubuh Aiko ke dalam pelukannya, mengangkatnya sambil merapatkan tubuh Aiko ke dirinya. Mata sang Kaisar terpejam, menikmati keharuman aroma tubuh Aiko dan manisnya cecapan rasa kulit Aiko yang membuainya.

“Yang Mulia.”

Mata emas itu terbuka mendengar panggilan yang diucapkan dengan terpaksa. Kaisar Shen membuka matanya dan melemparkan tatapan membunuh pada Jenderal Youshou yang berdiri di depan tenda kaisar, tampak salah tingkah dan tidak enak hati.

Begitu menyadari bahwa Kaisar Shen tidak mengenakan topengnya, Jenderal Youshou langsung menundukkan kepalanya dan mengalihkan pandangan matanya. Kalau Kaisar Shen sampai marah karena dia masuk begitu saja dan melihat beliau sedang tidak mengenakan topengnya, dalam keadaan seperti ini pula, bisa saja kepalanya langsung dipenggal seketika itu juga.

Kaisar Shen langsung mengangkat kepalanya, dan buru-buru menaikkan kembali pakaian Aiko menutupi pundak. Dipeluknya tubuh Aiko yang masih lunglai ke tubuhnya dan dengan sebelah tangan dirinya mengambil topeng emasnya yang tergeletak di atas meja, lalu memakainya.

“Pasukan sudah siap untuk berangkat.” Jenderal Youshou memberi hormat sambil membungkkan tubuhnya.

“Tunggu di depan.” Perintah Kaisar Shen dengan suara tajam yang segera dituruti oleh Jenderal Youshou. Sang Jenderal langsung memberi hormat dan memohon izin pergi, lalu setelah mendapatkan izin, dia melangkah ke luar tenda.

Kaisar Shen mendorong lembut tubuh Aiko yang lunglai, berjongkok dan mendudukkan Aiko di karpet bulu nan empuk,

“Aku akan kembali. Tunggulah di sini. Hiro akan berjaga di luar untukmu.” Tanpa bisa menahan diri, Kaisar Shen mengangkat dagu Aiko, lalu melumat bibirnya hati-hati.

Ketika tautan bibir itu terlepas, tatapan mata Kaisar Shen tampak berkabut. Lelaki itu menghela napas seolah sulit meninggalkan Aiko, tetapi kemudian menganggukkan kepalanya sedikit dan langsung membalikkan badan, melangkah tegap meninggalkan tenda, meninggalkan Aiko sendirian.

***

Tabib Zhou mengusap keringat yang mengalir di dahinya. Dia lelah, lelah sekali dan kudanya juga kelelahan akibat dipacu tanpa henti seharian. Lelaki itu menatap ke sekeliling, dan mendapati padang tandus dengan sedikit pohon di sana. Dicarinya pohon yang terbesar, lalu dia menuntun kudanya berjalan pelan ke sana untuk berlindung di bawah naungan dari teriknya matahari.

Ditambatkannya kudanya ke salah satu cabang pohon terendah, lalu duduk di samping kudanya di bawah pohon. Dengan hati-hati Tabib Zhou mengeluarkan botol persediaan air minum dari kantong pelana kuda, lalu mengambil tonik ramuannya dari kantong baju. Tonik ini akan membantu memperkuat stamina mereka berdua.

Perjalanan masih panjang. Tetapi harus dilakukan untuk menyelamatkan Kaisar.

Tabib Zhou menenggak air yang bercampur ramuan itu dari botolnya untuk memuaskan dahaga, lalu dia mengambil mangkuk lebar yang selalu dibawanya, dan menuang setengah isi botol itu ke mangkuk. Diberikannya mangkuk itu ke mulut kudanya, yang langsung dilahap dengan haus.

“Kau harus bertahan. Kita akan menuju kota dan setelah aku menukarmu dengan kuda lain, kau bisa beristirahat sejenak. Sebentar lagi. Kau harus kuat sebentar lagi.”

Tabib Zhou menunggu kudanya selesai minum sambil menatap cemas ke arah area padang tandus yang membentang di kejauhan. Cuaca begini panasnya hingga rumput-rumput yang hanya sedikit bertumbuhan di atas padang itu mengering, menebarkan aroma khas matahari bercampur layu yang menusuk hidung.

Dia harus berhasil melewati padang ini sebelum malam tiba karena tidak ada yang bisa menebak cuaca seperti apa yang akan dihadapinya ketika malam tiba.

Dihelanya napas panjang dan ditepuk-tepuknya punggung kudanya untuk memberi semangat, kuda itu meringkik seolah mengerti. Dengan sigap Tabib Zhou naik kembali ke atas kudanya dan memacunya sekencang mungkin menyeberangi padang tandus yang membentang.

***

Ketika pintu tenda terbuka di malam hari, Aiko yang seharian menunggu dengan cemas langsung terkesiap dan berdiri dari duduknya.

Matanya menatap ke arah pintu tenda, dan melihat Kaisar Shen masuk, diikuti oleh Jenderal Youshou dan beberapa panglimanya. Mereka berbicara dengan cepat menyangkut strategi perang yang tidak dimengerti oleh Aiko. Setelah itu, Kaisar Shen menyuruh semua orang keluar.

Ketika pintu tenda itu tertutup dan mereka hanya tinggal berdua, Kaisar Shen yang berdiri di tengah ruangan langsung mengarahkan kepalanya ke arah Aiko.

“Bagaimana keadaanmu?” Suara Kaisar Shen terdengar membelah batas tenda yang lebar sampai ke telinga Aiko.

Aiko mengerutkan kening. Seharusnya dia yang menanyakan pertanyaan itu kepada sang Kaisar, bukannya sebaliknya. Aiko begitu cemas, menanti seharian ini seperti seorang anak manusia yang digantung tanpa kepastian. Matahari terasa bergulir begitu lama, lebih lama dari biasanya, sementara dadanya dipenuhi oleh perasaan sesak dan pikiran-pikiran buruk yang mengganggu.

Menunggu memang terasa menyesakkan.

Tetapi sekarang, kelegaan memenuhi benaknya entah kenapa. Melihat Kaisar Shen berdiri di sini, tampak lelah tetapi tidak kurang suatu apapun membuat hatinya dipenuhi perasaan syukur yang membuncah.

“Hamba baik-baik saja yang mulia.” Aiko langsung menjawab cepat ketika menyadari tatapan mata Kaisar Shen yang menyipit karena dia tidak segera menjawab pertanyaannya.

“Bagus.” Kaisar Shen memberikan isyarat dengan gerakan kepalanya, “Kemari, bantu aku melepaskan pelindung besiku, aku akan mandi.”

Bersamaan dengan kata-kata sang Kaisar, ada suara di pintu memohon izin untuk mengantarkan air. Kaisar Shen memberi isyarat izin dan tenda itu terbuka, dua orang pelayan datang membawa ember-ember berisi air panas, dan menuangkannya di bak besar tempat berendam Kaisar Shen yang diletakkan di ujung sisi tenda, hanya dibatasi dengan tirai tipis untuk memisahkan dari pandangan ketika Kaisar Shen sedang membersihkan diri.

Selama ini Kaisar Shen selalu membersihkan diri di dalam tenda, dengan dilayani oleh beberapa pelayannya di balik tirai, sementara Aiko duduk di atas ranjang kecilnya dengan perasaan malu dan menahan diri tidak keluar dari sana sampai Kaisar Shen selesai berpakaian rapi.

Aiko mendekat, menuruti perintah Kaisar dan mulai membantu melepaskan masing-masing pelindung besi yang melapisi pakaian Kaisar di seluruh bagian, lengan, dada, pundak.

Aiko melepaskan pelindung lengan dan dada besi itu dari badan Kaisar Shen, ketika dia hendak melepaskan penutup besi di bagian dada, dirinya terkesiap ketika melihat ada banyak cipratan darah di sana. Jemarinya bergetar dan dia mendongak antara takut dan cemas ke arah Kaisar Shen yang sedang menunduk ke arahnya dengan aura dingin yang terpancar dari tubuhnya. Beliau masih mengenakan topeng sehingga Aiko tidak bisa membaca ekspresinya.

“Itu bukan darahku, aku baik-baik saja.” Gumam sang Kaisar tenang.

Aiko memejamkan matanya sedikit dan tanpa sadar menghela napas lega. Entah kenapa dia merasa lega ketika mengetahui bahwa itu bukanlah darah Kaisar Shen. Mungkin dia jahat, karena dia tahu bahwa itu bukan darah Kaisar Shen, berarti itu darah orang lain yang dibunuh oleh beliau, tetapi dia tidak bisa menahan diri untuk merasa lega.

Pelindung besi terakhir sudah dilepaskan, menampakkan baju sutera Kaisar yang berwarna merah dan emas. Ada noda darah yang menembus sampai ke dalam sana. Kaisar Shen memberi isyarat dengan tangan kepada dua pelayannya untuk datang mendekat, dan menatap Aiko kembali

“Aku akan mandi lalu mengadakan perjamuan di sini. Kau ikut makan bersamaku.” Titahnya tegas.

Aiko menganggukkan kepalanya, lalu melangkah mundur sambil memberikan penghormatan kepada Kaisar. Aiko tahu ketika waktunya Kaisar mandi, dirinya harus menunggu di atas tempat tidur yang ditutup tirai.

***

Aiko menunggu lama sampai dirinya dipanggil. Seorang pelayan membungkuk di depan tirai dan memintanya untuk keluar karena Yang Mulia Kaisar Shen sudah menunggu untuk perjamuan makan.

Di depan meja rendah yang besar itu, Kaisar Shen sudah duduk di atas karpet, di sisi meja. Hidangan sudah tersedia di atas meja, dan seorang laki-laki, seorang perisai Kaisar sudah berlutut di sana. Kaisar Shen memberikan isyarat kepada Aiko untuk duduk di depannya dan dengan pelan Aiko melangkah, berlutut, lalu menggeser tubuhnya untuk berlutut di depan meja perjamuan Kaisar, dirinya langsung meletakkan kedua tangan di depan dan menunduk untuk memberi hormat kepada Kaisar.

Kaisar Shen hanya menganggukkan kepalanya sedikit lalu memerintahkan perisainya untuk memulai ritual. Perisai itu memulai ritual pencicipan, persis seperti yang Aiko lakukan, mereka lalu menunggu sepuluh menit lamanya dan ketika tidak terjadi apapun, Kaisar Shen memerintahkan perisai itu untuk keluar.

“Makanlah, kau terlalu kurus.” Kaisar Shen melepaskan topengnya, meminum arak sedikit untuk membasuh lidahnya, lalu mengambil makanan dan menyodorkan semangkuk penuh nasi kepada Aiko. Setelah itu, Kaisar Shen menuangkan arak lagi untuk dirinya sendiri dan air putih untuk Aiko.

Mereka makan dalam keheningan, seperti biasa. Aiko sendiri makan dengan hati-hati dan sedikit malu. Matanya sebentar-sebentar melirik ke arah Kaisar Shen yang sedang menyantap hidangannya dengan cara yang sangat elegan, membuatnya malu sendiri karena dia tidak pernah mendapatkan pendidikan tatacara makan seperti itu sebelumnya. Pelajaran yang diperolehnya hanyalah dari Kasim Rojin, itupun secara singkat dan terburu-buru.

Ketika perjamuan sudah selesai dan Kaisar sedang menikmati araknya, Aiko menyesap air putihnya dengan hati-hati. Tinggal bersama dengan Kaisar Shen selama beberapa hari ini membuat dirinya hapal akan berbagai ritual yang mereka lakukan. Kaisar Shen akan mandi, lalu menyantap perjamuan bersamanya, mereka akan bercakap-cakap sejenak dan setelah itu mereka akan tidur, di ranjang yang sama dan berpelukan karena kata Kaisar itu diperlukan untuk saling menghangatkan badan mereka masing-masing.

“Perang ini akan berakhir dengan kemenangan, musuh sudah dipukul mundur di hari pertama dan mereka pasti akan mendatangkan bala bantuan. Beberapa hari ke depan kita tinggal membereskan sisa-sisanya sampai mereka menyerah dan kehabisan kekuatan,” Shen King menjelaskan dengan dingin sambil menyesap araknya, mata emasnya menatap tajam ke arah Aiko. “Setelah perang ini selesai, aku akan menjadikanmu permaisuriku.”

Aiko yang sedang minum sampai tersedak dan terbatuk-batuk, dirinya meringis, meminta maaf dan mengusap mulutnya yang basah. Matanya membelalak kebingungan, tidak yakin dengan apa yang dikatakan oleh Kaisar Shen tadi.

“Aku tidak sedang bercanda.” Kaisar Shen menjawab tenang atas pertanyaan yang dilemparkan Aiko dari tatapan matanya yang polos. “Semua ini sudah kurencanakan sejak lama, begitu semua siap, kau akan….”

Suara Kaisar Shen terhenti ketika darah mengalir dari hidungnya tanpa disadarinya. Aiko terbelalak, dan menjerit, lalu melompat memutari meja ke arah Kaisar Shen.

“Yang Mulia!”

Shen King mengernyit, lalu terbatuk pelan, seketika muncrat darah dari mulutnya, membasahi tangannya dan tangan Aiko yang sedang berlutut di depannya. Mata keduanya bertatapan, yang satu kesakitan dan yang lainnya panik. Dan kemudian tubuh Kaisar Shen ambruk menimpa tubuh Aiko, membuat Aiko rubuh dengan tubuh Kaisar Shen menimpanya.

“Yang Mulia!” Aiko menjerit sekeluat tenaga, “Tolong! Tolong yang Mulia! Tolong.” Dia menjerit kuat-kuat, berurai air mata dan tidak bisa bergerak karena tubuh kuat yang menindihnya.

 

Baca Parts Lainnya Klik Di sini

KONTEN PREMIUM PSA


Semua E-book bisa dibaca OFFLINE via Google Playbook juga memiliki tambahan parts bonus khusus yang tidak diterbitkan di web. Support web dan Authors PSA dengan membeli E-book resmi hanya di Google Play. Silakan tap/klik cover E-book di bawah ini.

Download dan install PSA App terbaru di Google PlayWelcome To PSAFolow instagram PSA di @projectsairaakira

Baca Novel Gratis Bagus Berkualitas Sampai Tamat

466 Komentar

  1. julia210794 menulis:

    ya ampun seru bnngeett… jadi melek nih.. gadang :yahoo:

  2. Terakhir baca part ini di web wp.
    Btw… gak tau kenapa dri awal tau aiko cuma dibesarin sama ibunya aku nebak2 aja mungkin aja aiko msh keturunan bangsawan juga. Eyalahhh taunya beneran. Berasa Happy go lucky… hahaha

  3. yusTIKAmonita menulis:

    Mulai klimaks kykx

  4. ughhhh kan bikin tegang aja :cry:

  5. Aaaah tegangnyaaa…. :cry:

  6. Di part ini mulai kelihatan nih perasaannya Aiko ke Shen King hohoho :heart:

    Alurnya dah mulai menuju klimaks kayanya… Makin penasaran B-)

  7. :cry: :angry: tegang bgt astaga…

  8. penasaran siapa yg ngeracunin kaisar

  9. Nadya Justine menulis:

    We o we???? :good:

  10. Ranny Septiani menulis:

    kemarin di wattpad baca ini.. dan sekarang baca lagi tapi tetep keren dan feel penasarannya dpt bangeettt…

  11. galianugraha menulis:

    aku tunggu konfirmasi vitamin ny..
    aku dah daftar sesuai dg username dwattpad…
    semoga scepat ny di invite…
    penasaran sama lanjutan kpolosan aiko dan modus sang kaisar….

  12. ririyohana23 menulis:

    Kk aku ga bisa baca next part :-( :-(

    1. iya kenapa nggak bisa baca part selanjutnya

  13. makin seru nih…. :rose:

  14. Aku blm bisa bc lanjutannya…. smoga someday bisa. Please help meee… ak suka critanya…

  15. lanjut ceritanya :yahoo: :yahoo: :yahoo:

  16. mantap :yes: :yes:

  17. nggak bisa baca lanjutanya :unsure: :unsure: :unsure:

  18. :wacko: :wacko: :wacko:

  19. Saya agak curiga, yang mau meracuni itu tabib ayahnya aiko?

  20. Sbg vitaminzz sejati….salut buat penulis…..bermutu tp gratis…….tengkyuuuuu…

  21. Ayahnya Aiko?? Akhirnya bisa baca lanjutannya juga yeee :good:

  22. Makasih ka masih dapat ijin baca di blog kaka2 semua, kalian memang tim yang luar biasa sukses untuk kalian semua yee :yahoo:

  23. Intan christy nirika dewi menulis:

    Ah.. Seru bngt… Fighting kaka… Syang, aku blom bisa bca klanjutan.a :-( konfirmasi akun ku ya kak.. Please

  24. Bersambungnya di saat yg sangat tepat *gregetan

  25. Aduhhhh kaisar shen keracunan itu dan yang ngeracuninnya ayah aiko??? Gimana kalau shen king tahu kalau yang ngeracuninnya itu ayah aiko? Tapi kok pas perisai tadi nyicip makanan kaisar gak kenapa kenapa? Dan aiko juga gak keracunan

  26. tegang… jadi penasaran gimana nasib shen king

  27. Shock tau aiko ada hubungan sama tabib zhou. ????????????

  28. Belum bisa baca part selanjutnya yang azhura bride juga sama the general wife please konfirm aku jadi vitamins team PSA :'(

  29. Makasih kaka kaka udah diijinkan gabung :) aku penasaran jadinyaa makin seruu

  30. joyandhappiness menulis:

    wadududu :good:

  31. DiahWidhiastiti menulis:

    Kk tim PSA kok aq gk bisa next part ya?.. belum masuk member vitamins kah?..please bantuannya jadiin aq vitamins ..sumpah aku penasaran tingkat dewa.. :bye:

  32. Please ini gimana cara baca lanjutannya? Kok ga bisa? Pas di klik part 11 malah ke web awal. Part 10 kebawah lancar

    1. Nia tralala menulis:

      belum jadi.vitamins jd gk bs buka.. sabar yak hhr

  33. Nia tralala menulis:

    :-)

  34. Israma fitri menulis:

    Kaisarrrrrrr NO!

  35. Israma fitri menulis:

    Kak pengen mantengin semua cerita smpe tamat, plis jdiin aku vitamins :rose: plis kak aku tunggu invitenya :cry:

  36. Penasaran sama lanjutannya.. Tapi gk bisa buka :unsure:

  37. mama kenzie menulis:

    gag bisa masuk sesuai dgn username dwattpad sblmnya so make new one bru bs masuk ksni,, pliz jdiin aq vitamin kalian,, gag sabar baca next chapter

  38. Ekaputri anggadewi menulis:

    kereen :good: mau jadii vitamins juga

  39. nikmatul hudalaili menulis:

    Assalamu’alaikum… blom jd vitamin nich… telat daftar, baru daftar tgl 15 april… sedihhh blom bs ngikutin cerita emperor’s consort… baru kali ini nemu karya yg hmmm Excellent!!! utk bs baca kelanjutan cerita harus jd vitamin dulu yach? so please… jadikan aq vitamin… ya..ya…ya…ya…. pleaseee….

  40. cut mutiara menulis:

    Aku suka banget dengan cerita nya … Terima kasih ya project saira akira.. Penasaran karna project saira akira bakal jadi top list cerita fav. Aku … Sekali lagi makasih yaaaaa…. :rose:

  41. akhirnya aku bisa lanjut baca cerita ini. Aku baru tau kalo aku ‘diterima’ jadi vitamins. emailnya masuk di spam ternyata.

  42. chap ini makin tegang…aiko punya darah bangsawan juga ternyata, aiko juga udah mulai nunjukin perhatiannya ke kaisar shen…itu kaisar shen bakalan baik2 aj kan ???

  43. DyahWulansih menulis:

    Terimakasih kak sairaakira sdh mengijinkan aku buat gabung dan baca cerita kakak.. Suuueneeng bgt akhirnya bisa baca kelanjutan Aiko dan kaisar Shen serta cerita lainnya…
    Semangat terus bkin karya yg apik.. :good:

  44. seru banget ceritanya…mga bisa cepat baca kelanjutannya… :good:

  45. Sejak jd ditrima di sini emailku jd rame????..aq kmren smpt galau ko verifikasinya blm msk soalnya aq gaptek kali salah kirim hihi…bikin komen di blog yg psa project jg ga bisa …2 part yg aq bca blm dikomen???? aq mlai dr sini lg deh …hehe paling suka klo udah shenkingaiko moment…bikin gemes gmana gitu…ditunggu terus karyanya.????

  46. Aulia Asyraf menulis:

    Mau lanjut baca tapi belum keterima jadi vitamins ????. Semoga cepet di invite..

  47. semoga aku diterima jadi vitamin … penasaran banget sama shen king dan aiko

  48. huaaaa….. akhirnya masuk sebagai vitamins… dan langsung deg2an .. baca dulu yaaa udah ketinggalan neehh hehehe

  49. Berarti tabib zhou ga perlu lobi-melobi lagi dong…udah ketahuan ini kalo Aiko keturunan bangsawan terpandang. Yipppiiiee Aiko,,jalan menuju taktha permasuri utk jalur keturunan tdk perlu diragukan lagi…tp kalo hal2 yang lain pasti masih turun naik kelokan dan tanjakan :wacko: :wacko: :wacko: :wacko:

  50. Aaaaa ini gantung banget huee kaisar jangan kenapa2 trs semoga aiko cepet sadar deh hihi ditunggu kelanjutannya :yahoo:

  51. chisilia reny menulis:

    jadi penasaran siapa sih yang ngeracuni kaisar :cry:… penasaran bgt sma kelanjutannya :cry:.. tpi kok aiko baik” aja bukannya dia juga makan sma” kaisar :unsure: :unsure:

  52. Kok aku cuman bisa kebuka sampe part ini ya?
    Dari part 11 ke atas ga bisa, ujung-ujungnya balik ke tampilan awal.
    Mohon bantuannya, min.

    1. Sama ane juga gak bisa buka chap 11 ke atas.
      Dikira ane aja.T-T
      Mana penasaran bgt…cerita na bikin greget.

  53. cinderellalove25 menulis:

    :good:

  54. aswidinurpratami menulis:

    Kok aku punya perasaan yg nggk enak sama di Tabib Zhang!

  55. Alenta_arlon menulis:

    Like it so much :*

  56. Mungkin seseorang yg di sudut gelap itu yg meracuni tp siapa dia, akhirnya sedikit demi sedikit rahasia mulai terbuka dan penulis sukses membuat pembacanya ini semakin penasaran , semoga tidak terjadi sesuatu yg lebih buruk lagi tp sisi positifnya berarti aiko nggx papa dong nikah dengan shen king

  57. Mungkin seseorang yg di sudut gelap itu yg meracuni tp siapa dia, akhirnya sedikit demi sedikit rahasia mulai terbuka dan penulis sukses membuat pembacanya ini semakin penasaran , semoga tidak terjadi sesuatu yg lebih buruk lagi tp sisi positifnya berarti aiko nggx papa dong nikah dengan shen king , tabib zhang cepatlah datang

  58. Mungkin seseorang yg di sudut gelap itu yg meracuni tp siapa dia, akhirnya sedikit demi sedikit rahasia mulai terbuka dan penulis sukses membuat pembacanya ini semakin penasaran , semoga tidak terjadi sesuatu yg lebih buruk lagi tp sisi positifnya berarti aiko nggx papa dong nikah dengan shen king , tabib zhang cepatlah datang selamatkanlah kaisar??

  59. hayyu haemy menulis:

    :OMG :OMG :OMG :OMG

  60. Penasaran part selanjutnya :ASIA

  61. wah, unexpected kalau suatu saat kaisar akan keracunan dan mungkin pengobatan di chap depan akan lebih unexpected. Saya rasa tidak akan semudah itu untuk tahu pelakunya….. Great as always. Terima kasih untuk kisah mengagumkan ini.
    #Two thumbs up

  62. Jadi inget waktu bca part ini pertama kali deh, khawatir broo… sblmnya tahu jend Akira kena bom, trus shen king keracunan, azhura kena tusuk… dan itu beruntun deh… rasa deg degan khawathirnya berlipat waktu itu. Hihi

    Eh aiko kan masih keturunan keluarga bangsawan keluarga yangzyi gitu . Jadi jln shen king buat angkat aiko jadi permaisuri lebih mudah dong ya. :AIKO

  63. yusrairi2412 menulis:

    Waw, pertama baca bagian ini di wattpad dan sekarang akhirnya bisa baca juga ?
    Ternyata udah ketinggalan banyak ? . Ceritanya keren, Aiko pasti takut kaisar kenapa2.
    oh iya kak, tanya dong, gmna votenya? karena tampilannya beda dari pertama kali di buka sewaktu blm jadi vitamins ?

  64. witasukmana menulis:

    Shen King sini sama aku aja biar aman wkwkwk

  65. Asih Septia menulis:

    Tabib Zhou apa banget deh, dasar PK hahha #ditebas

  66. Dianakurniadewi menulis:

    huhu gak tau kalo udah update.. ya ampunnnkepo lanjutannya :-D

  67. ampun deh :KETAWA

  68. Shen King ah aku yakin kamu gapapa

  69. Hwuaaaaa…. Kaisar… Kau tak apa2 kan????
    Aq padamu…. :TERLUKA :TERLUKA :TERPURUK :TERPURUK

  70. Shen King gak kenapa2 kan??
    Kaget setelah tau Aiko keturunan bangsawan..

  71. nymph_ndha menulis:

    hha.. kalo aiko anak gadisnya, tabib zhou langsung berasa tua ya.. :PFFTTT

  72. Endahucki menulis:

    selamat aiko kau akan jadi permaisuri

  73. Fix aku penasaran…

    Baru part nih agak serius…
    Hehhehehee

  74. anies dwi astuti menulis:

    ceritanya makin buat penasaran :OMG
    nunggu update di wattpad lama, eh baru tau kalo udah pindah blog :TERLUKA

  75. :OMG :OMG :OMG

  76. semoga aja tabib nya dtg tepat waktu….
    apakah aiko juga keracunan …

  77. Koe Purnomo menulis:

    Wow, jalan aiko d permudah… Like it…

  78. jgn buat shen king mati… Aiko dan saya bkal menjanda ditinggal mati shen king. Ngga rela lah…

  79. Deylira Senja menulis:

    Jangan bikin kaisar mati. Nanti saya bakal jadi jomblo untuk kedua kalinya :FREYA

  80. Sedihhh ue :BAPER

  81. antob_picula menulis:

    jelas. aku juga gak bisa membayangkan kalau Zhou jadi Mertua Kaisar. hahahahaha….

  82. oliphenamiss menulis:

    Omaygat itu shen king ga akan kenapa* kan pliss jangan mati perjalananmu masih panjang kaisar :TOLONG
    Ntar kalau tabib zhang ketauan pasti dia bakalan di hukum mati. dia kan ayahnya aiko terus perasaan aiko gimana nanti ketika ayahnya bakalan di hukum mati? :OMG

  83. Jangan2 yg meracuni kaisar…. ayahnya aiko??? Astaga astaga gaswat bingit dong, tambah rumit nantinya

  84. raisawulan menulis:

    :AIKO aiko bangsawan yeahh baguslah, semangat author

  85. Ni putu sinta AW menulis:

    Keren banget kak ceritanya konfliknya bikin jantungan

  86. ReniPuji_14 menulis:

    shenking ga mati kan? :v penasaran! semangat thor :D

  87. Penasaran sama cerita selanjut nya, cm next chap na gak bisa dibuka?

  88. Pengen deh kalo aku yg jadi pengawal pribadi kaisar.
    Gregetan

  89. freedomkpopers menulis:

    Penasaran siapa yg ngeracunin shen kingggg yaampunn

  90. NoeroelAlwaiyszHeyph menulis:

    Shen King akhirnya aq bisa membaca cerita mu lagi :AIKO

  91. Astagaaa, nunggu registrasi di confirm serasa nunggu hukuman mati -_- Tapi alhamdulillah langsung di confirm :-D
    Bang Shen King, demi kamu ini lho :-3 :321GO

  92. Shen king ga mati kn? Jgn mati dong nanti aiko sama siapa ???.
    Gmana cara na biar bisa baca part selanjutnya min? Penasaran banget siapa yg mau meracuni shen king

  93. yuanitapradana menulis:

    Gi mana cra.a bka chap selanjut.a .. kok aq bsa.a smpi chap ini aja .. huuaaa jdi penasaran crta selanjut.a …

  94. Aku gak berharap kalau yg ngeracunin Shen King itu ayahnya Aiko sedangkan Aikonya mau dijadiin permaisuri sama Shen King

  95. Perisainy kaisar mestiny keracunan duluan dong kn dia makan dluan :))

  96. wah racunnya ga terdeteksi sampai shen king gatau
    racunnya sepertinya berasal dari arak yg diminum
    takut aiko yg jadi tuduhan krn dia berada di ruangan yg sama
    gemessshhh sama ceritanya hehe
    okeee mau lanjut baca lagi

  97. Choco_cone31 menulis:

    sediiih iih, kaisar ny keracunan.. tabib zhou cepet fatang dong.. Hiks, bikin baper iniih.

  98. Ahhh akhirnya dikonfir jugaaaa :ARMENIA

  99. penasaran abizzzzzzz :NUNGGU

  100. Dag dig dug itu kenapa kaisar? Aduh walaupun telat bgt baca tetep aja penasaran..

  101. Bagian akhir ini memang paling menegangkan. Bagaimana panik dan ketakutannya Aiko melihat Kaisar Shen berdarah-darah.

  102. Kangen pake banget dgn cerita ini… nunggu di watty ternyata pindah kesini. Dan mpe sekarang blm bisa baca lanjutan ceritany. Blm dpt email konfirmasi dari sairaakiranya.
    Kakak-kakak mohon konfirmasi permohonan saya untuk bisa baca cerita di sini dunk kak. Penasaran pakai bgt dgn lanjutan cerita2 kakak-kakak. Aiko apa kaku masih sepolos yg dulu??? Hehehe

  103. Kangen sama cerita iniii, kangen sama aikonyaa

  104. Racunnya sadis bgt :MARAHNANGIS

  105. konfirmasi dong kakak

  106. Kakak tolong dikonfirmasi ya email saya, udah kangen banget pengen tau kelanjutan kisah Aiko.Gimana ya nasib Kaisar Shen ??

  107. aliefseptisuryani269 menulis:

    Udah baca di wattpad sampai ini tapi tetep aja kaget
    Keren pokoknya :MAWARR

  108. Akhirnya bisa baca cerita ini lagi. Seneng banget :MAWARR gimana caranya ngasih rate? #gaptek

  109. Kak konfirmasinya kaaa…. Please

  110. Amanda Nasution menulis:

    Kak please konfirmasi aku ka

  111. Mba mohon dikonfirmasi. Terimakasih banyak sebelumnya mba.

  112. Padahl kn aiko lg d lamar… spa sih yg kasi racun kaisar…?!!!

  113. koperrodaempat menulis:

    akhirnya di kasih akses jugaaa dan bisa baca lagi Emperors Consort

  114. Alhamdulillah. Dikasih akses. Makasih kakaka sekalian ♥♥♥♥ terakhir baca part ini. Pengen lanjuuuttt baca yaa lagi tegang bingittt ini. Cipok kakakaka sekalian alam~

  115. kapan diracunnya :( penasaraaan :aaaKaboor

  116. AileenNathania menulis:

    Akhirnya.. setelah nunggu satu bulan lamanya, baru bisa lanjut baca cerita mba. udh gregetan baca kelajutan ceritanya. Terimakasih mba..

  117. akhirnya bisa baca lanjutannya,
    mksih yo

  118. pnasaran bnget kelanjutan nya. Baru bisa banca lagi disini v knpa gk bisa buka next ep..??
    Jebal min….

  119. Akhirnya, bisa membaca lanjutan ceritanya. Makin seru ….Makasih ya.

  120. Alhamdulillah terima, akhirnya bisa baca lagi lanjutannya, makasih ya buat team sairaakira udah dikomfirm ???

  121. Astaga setelah sekian lama akhirnya.
    Bisa masuk member juga..
    Ugh hugh for admin..
    Dan ini yg dinanti nanti… jeng jeng dan selanjutnya…

  122. macaroons1998 menulis:

    Setelah lama menunggu penantian, finally di confirmed jugaaa trims bgttt SAProject♡♡

  123. apakah itu sianida ??!! kkk :v
    bagaimana caranya agar bisa membaca part selanjutnya ?

    1. Bagaimana Cara Agar Bisa Membaca Part Selanjutnya ?

  124. Kok aku nggak bsa baca kelanjutannya ya

  125. PLeASE konfir dunk biar bsa bca kelanjutanny…
    PEnasaran bnget sm keadaan kaisar shen king n aiko…..

  126. kak aku ngga bisa baca kelanjutanya..kirain yang di wattpad pas pindah kesini bakalan ada kelanjutanya kak..gimana bisa baca kelanjutanya ya kak?pliss kak

  127. Ko ttep g bsa lnjutnnya y ud msuk dsni.

  128. mau ngelanjutin baca ceritanya tapi belom jadi vitamin :TERHARUBIRU

  129. anjirrr
    itu lagi lamaran loh
    moment nya gak pas banget

  130. Yeni Delmi Elmala menulis:

    Admin tlg konfir dunk biar bsa jd vitamin alny penasaran sm kelnjutan shen king sma aiko….

  131. faramitha393 menulis:

    ini episode yang aku baca di wattpad. kakak tolong kasih konfirmasi nya dong,soalnya aku penasaran bangat sama lanjutan cerita kakak. please

  132. Umm,sebenarnya aku ganti email,username,dan kata sandi. Baru bikin lagi,soalnya jarang buka. Jadi……… Berhubung pengen tau lanjutannya,mohon komfimnya kakak2:):)

  133. Mau baca cerita selanjutnya. Gimana caranya?

  134. konfirmasi aku dong, baru baca jadi penasaran ama kisah selanjutnya :(

  135. kak konfirm akun aku ini dong. pengen baca lanjutannya iniii??

  136. pas baca ini, sempat mengira kalau aiko masih ada kerabat dengan ibunda Kaisar

  137. ngiler bayangin aroma gurih campur herbal *lap iler*

  138. kok saya nggak bisa baca kelanjutannya ya????

  139. Kog g bisa baca ya author.. padahal dah berhasil log in,hiks.. pa harus tunggu jd vitamin ya? Tolong dikonfirms y..
    Aduh,,ceritanya keren banget..tambah penasaran kelanjutannya( T_T)
    Smgat terus ,, kl da koment jelek biarin aja.. maju terus..! Hehe,,

  140. Tetiba pengen baca lagi….dan seru bgt ??

  141. Semogaa Aiko bisa ngobatin Kaisar yg keracunan

  142. Kak, pleaseeee banget konfirm account Claudia donk (myself) hehe ???
    Sumpah Claudia suka banget sama cerita yg satu ini ? kak…
    Kiranya kakak dpt mengkonfirmasi akun Claudia untuk dapat membaca part selanjutnya, penasaran pake banget kak… Please ya ???

    Ceritanya sudah seperti kenyataan banget hiks.. Pengen lanjut baca lg ?

  143. :YUHUIII

  144. :GERAAH

  145. Part terakhir yang aku baca di wattpad, karena penasaran banget sama ceritanya jadi coba buat daftar. Dan terima kasih udah mengkonfir, sekarang udah bisa baca kelanjutannya :kelinciimut

  146. Huwaaa Kaisarnya itu kenapa ?? :TERHARUBIRU

  147. kak konfir dong please…. penasaran banget…. T_T

  148. Ini bener bener bikin degdegan.. :aaaKaboor

  149. Kak konfirm aku dong please aku tertari banget sama cerita kakak ini☺

  150. Kak konfirm aku dong please aku tertarik banget sama cerita kakak ini☺

  151. terima kasih kepadamu saira akira karena menjadi penulis,sehingga saya bisa menjadi pembaca karyamu.terima kasih lagiiii…

  152. Lah terus kaisar gimana? :aaaKaboor :PATAHHATI

  153. :GOOOAWAY

  154. Makasih kak saira udah cinfirm email aku….

    Tapi Kok aku gak bisa baca yg part 11 yaa….

  155. Kak kok aku gak bisa baca part 11 nya ya?

  156. kak jadikan vitamins dong
    mau baca kelanjutanya

  157. Malam saira, please tolong confirm pendftran ku dong ???… mw bgt bca next partnya ga bsa
    Thankssaa y

  158. :PATAHHATI

  159. Thanks kk udh konfirmasi email aku ?

  160. Thanks kk udh konfirmasi email aku

  161. Riska Fajriatur Rohmah menulis:

    Confirm dong Kak pengen baca next part

  162. Riska Fajriatur Rohmah menulis:

    Kak confirm dong, pengen baca next part

  163. kaisar gimana itu?

  164. Readers baru nih kak;v salam kenal yaaa? btw, aku suka sama karyamu??

  165. Gabisa baca part selanjutnya, sedi ?

  166. hi guys, its me clara

    gw mau tanya donk, kok gw belum bisa baca part selanjutnya ya?

    thanks before

  167. sedih banget blum diapprove ?

  168. Renata adriana menulis:

    Halo kak aku mau tanya kok aku gk bisa baca part 11?apa belum di approve? Tolong di approve ya kak?
    Email ku [email protected]

  169. Malam kak aku readers baru nih Comprim email aku dong biar bisa baca part sblm nya please

  170. Kak saya belum di approve
    [email protected]

  171. Tabib Zhou mana????kok gk sampai2,,,kasian kaisar :PEDIHH :PEDIHH

  172. kak confirm dong kak,aku readers baru disini udah penegen banget baca lanjutan ceritanya kak,tolong di confirm ya kak

  173. Kak confirm dong email aku kak,aku pengen jadi anggota vitamins ni,awalnya gak tau caranya kalo mau lanjut chapter ternyata harus di confirm ya kak,penasaran sma chapter berikut nya ni kak,sekali lagi tilong confirm ya kak

  174. :tendangkerikil

  175. Keren keren semakin kesini semakin menegangkan ceritanyaaa :pinguingakbisadiginiin

  176. Gak sabar liat si aiko jadi permaisurinya si shen king :tepuk2tangan duuh aiko.. cepat dewasa nak :IMUT

  177. huah part yg ke 11 kog gak nongol… gimana kak caranya?

  178. Aku dah baca ini diwattpad si cuman agak lupa jdi baca lgi

  179. Kok part lanjutnya gk bisa dibuka semaua kak

  180. :DOR! :aaaKaboor

  181. Kerenn :aaaKaboor

  182. Otomatis yang bikin racun itu ada hubungan nya sama keluarga Yangzyi :CURIGAH

  183. Akhirnya sampai pada saat ini juga :bebekngintipdendam :ketawaalapenjahat :ketawaalapenjahat

  184. Tolong dong.. Biar bsa baca part 11. Penasaran banget… ?

  185. Kak Konfirm aku dongg udah penasaran mau baca part 11… plisss??

  186. part 11 knapa ngga bisa dibuka???

  187. Hai kak saira_akira! Awlnya gak ngrti ini t apa,tpi stelh ikutin trnyta gak susah jga. Aku lgi baca emperor consort kak. Tpi part 11 gak kbuka,gmna kak spya bisa lnjut baca????

  188. Salam kenal kak saira. Aku baru aja bergabung disini. Makasih kak udah diizinkan bergabung. Oh ya kak part 11 kok gak bisa dibuka ya kak? Apa ada yang salah?

  189. kaak gabisa baca part selanjutnya? penasaran nih

  190. Kak kok gak bisa baca part selanjutnya ya, penasaran banget ini

  191. Confirm sih pingin banget jadi vitamins biar bisa baca kelanjutan ceritanya soalnya penasaran banget :TERHARUBIRU :TERHARUBIRU

  192. Dari dulu penasaran banget sama lanjutannya kak. Khawatir sama Aiko juga. Ya ampun tabib Zhou. Kak saya belum bisa baca lanjutannya. Gimana ya ?

  193. Please approve me
    My email ismi.nursa’[email protected]
    Sudah penasaran banget ingin baca kelanjutannya

  194. Please approve me
    My email [email protected]
    Sudah penasaran banget ingin baca kelanjutannya

  195. Adinda Safitri menulis:

    Greget ih bacanya, langsung ngebut sampe sini!

    Hai, aku pembaca baru, salam kenal ?
    Tapi kok part 11 ga bisa dibuka ya? ?

  196. Kaisar shen.. omg dia di racuniiii… :PATAHHATI

  197. :TERHARUBIRU

  198. kak tolong confirm email qw ini dong, cz qw penggemar cerita kaka d wattpad. please qw pngen tw klnjutan.x udh pnsaran bngt ini.

  199. kak tolong confirn email qw dong please udh pnsran bngt klnjutan.x, qw pnggmar crita kaka d wattpad.

  200. Kka ko Nggak bisa di buka si part 11nya? Padahal udh penasaran bgttt sama terusan ceritaaa ,huaa penasaran sumpahh ama si aikoonya gmna???…
    Gmna sii cara nya biar bisa baca ,aku baru baca dsini jdi masih norak kga ngerti gmna nya???

  201. Penasaran banget mau baca kelanjutan cerita.y,, gimana cara.y spy bisa baca part. 11,,
    please bantuin ???

  202. iriienfadiliah menulis:

    part 10 bagian 2

  203. :TERHARUBIRU

  204. Kak part 11 kok engga bisa dibuka ya? Tolongin dong, padahal udah susah* masuknya, masa engga bisa dibuka ???

  205. Kak, confirm aku dong, penasaran sama ceritanya. Plissss ya kak, aku memohon padamu

    [email protected]

    Confirm ya kak, biar bisa baca

  206. :BAAAAAA

  207. gimana caranya biar bisa baca part 11. mohon bantuannya dong.

  208. ka confir dong. biar bisa baca lanjutannya

  209. Please kaga bisa buka episode selanjut”nya
    Bantuin dong !! Kepo ih! :TERHARUBIRU
    Confirm emailnya ya
    [email protected]

  210. Please kaga bisa buka episode selanjut”nya
    Bantuin dong !! Kepo ih! :TERHARUBIRU
    Confirm emailnya ya kak
    [email protected]

  211. Biar jadi vitamins gimana carany sih? Mohon bantuannya :( kak, confm yayayaya penasaran akuttttt

  212. Kak bisa tolong konfirmasi ga? Aku suka dan penasaran banget sama cerita ini. Terimakasih

  213. Kakkk pliss konfirm email aku…
    Email nya [[email protected]]
    Usernamenya [meshinshin]

    Plisss kakk,suka banget sama ceritanyaa.penasaran sama kelanjutannyaa :*

  214. Kak… tolong di confirm ya… pengen bgt baca lanjutannya. ini bagus bgt novelnya… keren abis….

  215. Tolong konfirmasi akunku juga ya [email protected] usernamenya mnyth546 :)

  216. Nur Amalia Amir menulis:

    Kak aku suka banget sama semua cerita kakak, please confirm dong kak. Aku baca di wattpad terus lanjut disini tapi ttp gakbisa baca. Email aku [email protected] maksih sebelumnya kak

  217. Kok ga bisa buka part 11 ya,padahal sudah nunggu 2 minggu buat bisa masuk lho…………………..sudah penaksaran banget kak,gimana caranya ya?

  218. Kakk email dan username saya diapprove dong kakm
    Pliss,kpgn lanjutin bacanya :NGEBETT :MAWARR

  219. Hi kak,confirm email aku [email protected]

    Penasaran bgt ka sama capther 11 nya, pls ya kak

  220. penasaran ma part 11. please bantuin gmn dong klo pingin baca…..

  221. Lazagna_sauces menulis:

    Baca ulang lagi untuk yang ke entah berapa kalinya :LOONCAT
    Bagussss bangettt :NGEBETT

  222. Mbak tolong confrim saya ya, [email protected]
    Mau baca part 11 nya, ga bsa ??

  223. Kakk tloong konfrim emai aku kak
    [email protected]

  224. Part 11 aku ga bisa buka ya?
    Gimana caranya biar bisa buka?
    Aku ud baca dr wattpad dan buat account disini, tp masih blm bisa baca :(

    Emailku : [email protected]

    Terima kasih

  225. Ga bisa baca part selanjutnya, approve aku dong thor… :dragonnangis

  226. masih baru gabung, dan nggak bisa baca part 11. setelah liat komen2 di bawah, ada yang nyantumin email. apa ini ya…..ketentuannya agar bisa baca part 11 dst.? kalau iya, tolong dong…. [email protected]
    terimakasih sebelumnya.

  227. Lanjut kakak. .

  228. Ka rolong confirm ya
    [email protected]
    Makasih kak☺

  229. Safira ristia menulis:

    Kak approve email aku dong, aku pengen baca kelanjutannya part 11 email aku [email protected] makasihh ?

    1. Cara konfrimny kaya gimana sih?

  230. Kakak please, tolong di confir ya . [email protected]
    makasih .

  231. Kak tolong confrim email aku ya [email protected]
    Makasih kak

  232. Dzalzha Nur Fadhilah menulis:

    Kak cara buat baca kelanjutannya gimana? Aku baca dari komentar yg kemarin-kemarin, confirmasi email dulu bru bisa baca? Iya kah kak? Kalo iya confirm emailku dong kak, kepo pengen tau lanjutannya, kepo akut, rasanya mata gabisa merem sebelum baca lanjutannya. Please ya kak?
    Makasih sebelumnya?

    [email protected]

  233. Kak ceritanya bagus bgt? Confirm dong kak yah yah yah [email protected]
    Makasi kak, sukses terus yah..

  234. kak aku suka banget ceritanya… pengen lanjut
    please comfort [email protected]
    Makasih kak

    1. kak aku suka banget ceritanya ..
      pengen lanjut
      please confirm [email protected]
      Makasih kak

      1. Author menulis:

        halo apakah persyaratan sudah dipenuhi? Username PSA harus sama dengan username watttpad dan akun wattpadnya aktif minimal 2 bulan sebelumnya? Jika semua persyaratan sudah dipenuhi maka tinggal tunggu proses approval dari kami ya dalam 7 hari

  235. Ka gmn supaya bsa baca part 11 nya? Confirm dong kak:D [email protected]

    1. halo apakah persyaratan sudah dipenuhi? Username PSA harus sama dengan username watttpad dan akun wattpadnya aktif minimal 2 bulan sebelumnya? Jika semua persyaratan sudah dipenuhi maka tinggal tunggu proses approval dari kami ya dalam 7 hari

  236. :ELUSELUS

  237. Baca aiko dulu malam ini. Yuk mari masuk ke dunia aiko. :YUHUIII :
    Siapa yg racunin kaisar ya? :KAGEET
    Masih awam dg nama2nya.

  238. Kak please confirm ya email aku [email protected]. please ya kak,, soalnya pngen bnget bca cerita kakak. Bagus2 smua critanya ,,,

  239. Nalluw C Finlay menulis:

    :SUPERKAGET :panikhati

  240. lulukrahmawati menulis:

    Udah lama pengen gabung,soalnya baca ceritanya bagus2,tpi baru kesampaian sekarang,coz susah masukny,mksi udah diijinin baca,???

  241. Kakak, aku suka banget dengan cerita2nya, penasaran banget sama lanjutannya… Please confirm email aku ya kak… [email protected]
    Thanks kakak…

  242. Maryama Wulan menulis:

    Kak ini jangka waktu ngeconfirm email brp hari ya? confirm email aku dong [email protected] pengen lanjutin baca. penasaran ?bgttt. plis ya kak. may i have ur permission to read this story??

  243. Risma Amelia menulis:

    Ka confirm e-mail aku dong, aku udah penasaran banget sama part 11 nya
    tolong di confirm ya kak please…
    [email protected]
    makasih kak

  244. miski muniroh menulis:

    Admin tolong dong email aku diconfirm. suka banget ceritanya
    [email protected]
    Username : pelahapnasi

    1. miski muniroh menulis:

      Admin udah penasaran banget ini. Tolong dong diconfirm emailku. Tolong ya

  245. Ceritanya bagus banget, penasaran dengan kelanjutannya ??. Confirm emailku dong: [email protected]
    Thank you ?

  246. Kok sush ya kak baca part selanjuny,penasaran bngt..
    Gmn crany bisa lnjut bca ?

  247. Konfirm email aku ka,
    Mw lnjut bca gbsa buka
    [email protected]

  248. Sri Rahayu Anggraeni menulis:

    Hai kak, perkenalkan aku warga baru di web ini :-) salam kenal ya. Oke aku akan bersabar menunggu selama tujuh hari.

  249. Risma Amelia menulis:

    Ka aku penasaran banget sama part 11 kenapa gak bisa di buka ya ?? mohon bantuannya kak.

  250. APPROVE ME PLEASEEE………. :sopan :inlovebabe

  251. Emailnya : [email protected]
    pengen lanjut baca kingdom seriesnya, bikin melting banget…..

  252. menegangkan
    keren abis saya suka semangat nulisnya ya kak ..

  253. Huaaaa udh eggk sabr baca cerita selanjutnya ..semga si kaisar tampan eggk papa.. Eh tpi aku msih bingung deh bukannya aiko ikut mkan dan minum juga ya kok dia eggk ada efek klo kna racun dan mlah hanya kaisar shen aja

  254. Wah ,kaisar shen knp?

  255. :PATAHHATI penasan banget
    cerita selanjutnya apa :PEDIHH

  256. [email protected]
    Tolong invite ka,
    Terima kasih..

  257. :PEDIHH :MARAHNANGIS

  258. kok crita selanjutnya ngk bisa di bukak ya??

  259. Kak kapan aku jdii vitamins jugak ?? Udh ngk sabar baca cerita selanjutnya

  260. Pingkyqueen17 menulis:

    Ada aja ya kosakata kaisar shen utk Aiko..lucu
    Kaisar knpa ??

  261. Minhee Noona menulis:

    Huwaaa… aku gak bisa baca selanjutnya.. gimana inihh?? ??

  262. :owlbabycry :owlbabycry :owlbabycry

  263. Aku belum bisa baca part selanjutnya :PEDIHH

  264. Penasaran sumpah sama kelanjutannya..pengen banget jadi Vitamin ??? add dong ka ??? cerita paling kusuka nih fav banget malah. Apalagi shen king ?

  265. Ya allah penasarann bnget selanjutnya :PATAHHATI

  266. Ka add aku jdi vitamin dong…penasaran sama kelanjutanya sumpah

  267. Tenan toh kena racune tenanan. Ngeri sama kelanjutan ceritane e ngko nek kaisare ngerti seng ngeracuni de’e ki bapak e aiko piye cah :'(

  268. pasti orang suruhan tabib zhang kan yg di chap sebelumnya

  269. Ahhhh gk bisa baca selanjutnyaaaaa???

  270. Ya allah kaisar!!!!!!!!

  271. Huwaaaaaa…….. :PEDIHH
    Gak bs baca lanjutannya.
    Sabar kaisar.. Tabib zhou akan menolongmu..
    Aku aja sabar nggu d approve.
    dianyuli1991 @gmail.com

  272. Owwwh.. apa yg terjadi sama Kaisar Shen??? :AKUGAKTERIMA :PATAHHATI

  273. Sedihnya ga bisa baca kelanjutannya :PATAHHATI

  274. Suruhan ayahnya Aiko kah? Atau justru ayah Aiko sendiri yang melakukannya?
    Deg-degan????

  275. nah nah nah :LARIDEMIHIDUP :PATAHHATI

  276. Yaaaah gabisa baca kelanjutannyaaa :PEDIHH :PATAHHATI

  277. gabisa baca huhu nunggu approve [email protected]

  278. Kaisar shen terkena racun kah?

  279. aku sudah baca chp 1 smpe chap ini di wattpad dan pnasaran bgt ma crta slanjutnya apakah si kaisar ma aiko keracuna bersama2. wahhh semakin tidak sabar baca klanjutannya

  280. Jadiin aku vitamins kakkk? [email protected]

  281. Ade Ratna Sari menulis:

    Wah bikin tegang Dan penasaran siapa yang bisa meracuni ?Yang sabar Aiko….. Hebat ceritanya aotur

  282. Lukitasari Fibrina menulis:

    Aku uda baca di wattpad part 1 smpe 10 kereen banget, gw kasi tau awal crita aku nemuin crita kamu ini sbnernya dari lapak wattpad judulnya devil bride gw baca dikit bagus nih critanya eh trus coba iseng baca commentnya dsna eh trnyata dia plagiat dari crita ini, cuman bedanya dia ambil beberapa bagian dari crita ini kek ngrangkum jadinya tapi ttep aja njiplak cuman ganti nama. trus aku coba cari crita yang asli ternyata lebih seruuu.. Keren dah.. Hati hati sama plagiat kak.. Keep writing..
    Kak approve aku jadi vitamins.. Emailku [email protected]

  283. Jadi penasarannn.. Gimana ya selanjutnyaa??
    ??

  284. cerita yang ini keren banget aku suka banget ,… jadiin aku vitamin kka @haryanti
    Email : [email protected]

  285. Naudi santia menulis:

    Kkaa,kapan aku jadi vitamin????

  286. Sustrisna.sm menulis:

    Approve mee please.,pleasee…Sy baru bergabung diwattpad.,baru tahu app nyaa.,selama ini cuma beli novel ajaa tp stlh nikah ngga ada wktu k toko buku lg..stlh gabung di wattpad lgsg trtarik dgn akunnyaa sairaakira trs baca deh karya2nyaa yg ternyataa hrs registrasi lg bwt kelanjutan ceritanyaa..jd gmn dong klw sy newbie di wattpad tp kg sangat tertarik dgn karya sairaakira??? Harus menunggu 2 bln lg kah sblm registrasi lg? Hiks ????

  287. Cerita.a keren gils,
    Pengen baca lanjutannya tp kok gak bisa yah

  288. Haaa, baru baca udah langsung melting :(

  289. Jadiin aku vitamin kak
    Emailku: [email protected]

  290. Udah di kasih kah racunnya? Kmvrrttt tabib Zhou belum nyampee ehh jangan mati dulu ?

  291. Wajihah syarifah l menulis:

    Kak,kapan aku jadi vitamin,kalo 2 bulan kelamaan gak kak ? Satu hari sajalah kak,gak sabar lagu nunggu kelanjutannya

  292. kak, aku suka banget sama cerita ini fav banget lahhh.. ?? jadiin aku vitamins dong kak, plisseu.. [email protected]
    ditunggu kak konfiran nya ???

  293. Zeta ferli savana24 menulis:

    Kak, kapan aku jadi vitamin?
    Approve aku dong kak :PATAHHATI
    [email protected]

  294. ayu sri fatonah menulis:

    Kakk plisss ini penasaran banget sama kelanjutannya ?? pliss add aku jadi vitamin dong ? keren gila ceritanya☺

  295. tiarizkymaulita menulis:

    Ngeri sama racun nya. *namanya juga racun, kemana mana bikin ngeri* shen king udah kena efeknya. Lah kok aiko nya engga ? Sama sama makan kan. Duh kepo.
    Masih setia nunggu jadi vitamin…. ??

  296. Makin penasaran, siapa orang yang dicintai ayahnya aiko

  297. PrincessSusan menulis:

    :NGEBETT
    Cceritanya bikin nyesekkkkbanget!! :MARAHNANGIS

  298. PrincessSusan menulis:

    :KAGEET :NABRAKKACA
    Tidaaaaaaaaaaakkkkkkkkk!!!!!!!!!!

  299. Abis ini ngk bsa lanjut baca ?? penasaran sama lanjutan nya.. Para kaka admin tolong jadiin aku vitamin ya ditunggu pokok nya yaaaa ? :PEDIHH

  300. nurulchusnul menulis:

    Pengen lanjut baca tapi gak bisa baca, pingin banget jadi vitamins, jadiin aku vitamins kak
    [email protected]

  301. Astari cika menulis:

    Ceritanya keren banget kak, baru pertama kali baca cerita yg alurnya seperti ini??
    Cuma berharap suapa cepet-cepet di jadiin vitamins. Terima Kasih☺☺

  302. Sri lestari menulis:

    Suka banget,moga aja jd vitaminssss

  303. . racunnya sudah bereaksi… hiks… jngan mati ya kaisar… :PEDIHH :beruraiairmata :dragonbaper

  304. chocolate_silver menulis:

    Kak aku udah jadi vitamins kok belum bisa baca part 11nya knpa ya?

  305. Rachela Andriana menulis:

    beneran kayak nonton drama. jadi baper :PATAHHATI

  306. tidakkkkk :PATAHHATI :dragonbaper

  307. Ahhh udh ketauan status aiko keturunan bangsawan :) tp bakal sulit juga klo ayah kandungnya py dendam sama kaisar shen :beruraiairmata kaisar shen gpp kan??

  308. Ida fitriyani menulis:

    Kereeeen ceritanyaa kak ??suka sama karakter aiko yang polosnya kebangetan..
    berharap bisa di jadiin vitamins biar bisa baca part 11nya ??

  309. Ida fitriyani menulis:

    Kereeeen ceritanyaa kak ??suka sama karakter aiko yang polosnya kebangetan..
    berharap bisa di jadiin vitamins biar bisa baca part 11nya ?? terimakasih ☺☺

  310. Salzabillaaa menulis:

    kak, tolong jadiin aku vitamin dong ??

  311. Sakura Lovers menulis:

    Selalu penasaran tiap part nya..
    Semoga bisa di jadiin vitamins biar bisa baca part 11nya

  312. beyy suhardi menulis:

    keren

  313. Aku mau jdi aiko

  314. Kaisar ?

  315. Fitri Asnani menulis:

    Apa aiko jga keracunan

  316. hyorimeon menulis:

    :owljatuhcinta

  317. Lah, Aiko juga keracunan dong?

  318. Takutnya kalau ayah Aiko tahu jati diri Aiko, dan mempersulit hubungan kaisar Shen dan Aiko.

  319. Andweeeee.. kaisar ente yg setlong yehhh

  320. Aldi Rizky Ramadhan menulis:

    Menunggu memang menyesakkan aiko. Apalagi menunggu dia peka

  321. Semoga aiko atau siapa pun bisa memberikan penawar untuk racunnya
    Kayaknya part 11 di privat yah
    Soalnya di wattpad baru sampe part ini

  322. widiaagustina menulis:

    Wah, Shen king kenapa tuh, karna bapanya aiko kah???
    Mertua vs menanatu??

    Btw, terimakasih banyak sudah menerimaku untuk bergabung ka?

  323. aninagustina menulis:

    Kalo bener yg ngeracunin tuh ayahnya aiko, kayanya bakalan makin rumit..
    Berharap tabib zhou bisa ngasih pertolongan tepat waktu :PEDIHH :dragonbaper

  324. Oh tidaaaak??? baek baek kaisar shen, kan mau jadiin aiko permaisuri

  325. Delvin Aezar menulis:

    ya ampun menebar benih dimana-mana. Ini Lucu banget :D

  326. yyuarningsih menulis:

    aiko udh mulai punya perasaan sma kaisar shen.
    Semoga shen gpp ya.

  327. tolong konfrm aq jd vitamin ya pleaseeee…

  328. kaisar shennnnnn keracunan juga akhirnya….semoga cepat sembuh ya…biar bisa jadiin aiko permaisuri….

  329. AimeeCho838 menulis:

    Nah ini sudah. Aduh jadi takut baca lanjutannya.

  330. VirAldarCa menulis:

    :gakbisadiginiin

  331. Naya Gaesany menulis:

    :beruraiairmata :dragonbaper

  332. afsyeengrey menulis:

    Nah part ini yg bikin sawan degdeg serrrrr

  333. Itu Kaisar keracunan??? Terus aiko gimana?
    Aduh semoga kaisar bisa bertahan terus tabib zhou cepet datengnya
    Jangan bilang yang ngeracunin ayahnya aiko?

  334. Kalau ayahnya Aiko yang meracuni Kaisar Shen, bakalan susah Aiko jadi permaisuri :AKUGAKTERIMA

    Btw, keluarga Zhang jangan-jangan sering tebar benih di mana-mana :ragunih

  335. Tolong!!! Tolong!!!, cepat tolongin abang Shen!!!

  336. :LARIDEMIHIDUP

  337. :LARIDEMIHIDUP

  338. :PEDIHH

  339. Luluazzahra menulis:

    Jinja daebak….!!
    Kereen,,,,feelnya dapet!!
    Pengen baca smpe habis…..

  340. RIFANI DWI AGUVIA menulis:

    Aiko ga keracunan yah ? Padahalkan makan bareng , brarti yang dikasih racun cuma araknya ???

  341. Kaisar :PEDIHH :PATAHHATI :dragonbaper u ok?? Tabib zhou cepetan dateng ??

  342. kazuya_yukino menulis:

    Shen king :PATAHHATI :TERHARUBIRU :AKUGAKTERIMA :PEDIHH

  343. IrmaGo Wookie menulis:

    Baper pengen baca lanjutannya, gimna ya? Berasa nonton drama apa film film gitu.. Jadiin saya vitamins dong min ga kuat uda kecanduan ini..

    1. Samaaa,kecanduan jg sampe bela belain bikin akun disindang ?

  344. Ayu Lestari menulis:

    Aiko gak keracunan ya..berhasil banget itu yg mau ngeracunin kaisar..duhhh terlambat dong tabib Zhou datang..

  345. Si ganteng kenapa :PEDIHH

  346. Astga racun nyaa bkerja tp knp cm kaisar??knp aiko tdk keracunan pdahal dy mkn mkanan yg sma

  347. orangejuice-- menulis:

    Shen King :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI

  348. :supershock

  349. Ayu permatasari menulis:

    Tabib Zhao cpt dateng Shen king membutuhkanmu :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP :LARIDEMIHIDUP

  350. Hmm… Kaya Aiko sdh mulai menyukai Shen King. :KETAWAJAHADD

    Araknya ya yg di racun. Kl makanannya yg diracun Aiko pasti kena juga.
    Smg Shen King baik2 aja. Tabib Zhou… Cepetaaaannn… :AKUGAKTERIMA

  351. :tidakks! :tidakks! :tidakks! :nangisgulinggulingan

  352. Aduhhh ku mh curiga dgn asisten le,
    Kasian aiko nnti dy yg dsalhkn :PATAHHATI :PATAHHATI :PATAHHATI

  353. pengen baca lanjutannya tapi blm bisa kebuka tolong dong min???

  354. waduh racunnya dimakan.. bagaimana ya nanti klw sampai ayah Aiko taw klw sang raja mencintai anaknya

  355. Weny Novitasari menulis:

    Ditunggu approval nya yah mimin . Thankyou ?

  356. Itu racunnya di arak kaisar??

  357. Jadi aiko masih keturunan bangsawan and sepupu dari tabib zhou, aman dong kalo gitu posisi suko kalo mau jadi permaisuri dari kaisar shen :tepuk2tangan
    Hadehhh kayak’y racun dari bapak aiko nih yg buat kaisar muntah darah :anakayamnangis

  358. Ditunggu approvalnya.. Trims.. :NGEBETT

  359. Jadi aiko tuh masih keturunan bangsawan terus dia tuh keponakannya tabib zhou

  360. Rupanya aiko masih keluarga bangsawan :tebarbunga
    Kaisar Shen juga teracuni :kehilangan

  361. Ika Makhdarutami menulis:

    Ditunggu approval nya, Trimakasihh
    Ngga sabar mau baca lanjutannya :gulungguling :gulungguling :mauikutan

  362. baru kali ini baca cerita yang bikin pnsaran bed the best lah buat ka saira smoga aja cepet dijadiin vitamins
    terima kasih ?☺☺?

  363. Olivia Margareta menulis:

    Astaga! Aiko masih keturunan bangsawan??!! Yuhuuuu ??

  364. :dragonbaper :dragonbaper :dragonbaper

  365. Huhuhuhuhu…gimana jadinya kalau kaisar bunuh ayahnya aiko karena ngeracuni kaisar T_T

  366. yaampun gak nyangka… gak tau deh jalan pikirrran kak saira kemana… alurnya the best deh, tapi kaisar gak akan mati kan… semoga cepet di jadiin vitamins dehh, hehe.. terbaiklah buat kakak

  367. Tidaaaaakkk :PATAHHATI

  368. sherly huang menulis:

    Omgggg….racunnya bereaksi…

  369. Pengen baca part selanjutnya tpi gk bisa kebuka. Gmna caranya??

  370. Krna blum bisa baca part selanjutnya yaudah bacanya ulang-ulang terus dari awal :HUAHAHAHAHA tapi meskipun bgitu tdk ada bosannya malah makin syukakkk dan makin penasaran, ditunggu approvalnya yah min,, trimah kasih sebelumnya.

    1. BlackRose27_ menulis:

      :wuakakakak kamu bener :KETAWAJAHADD

  371. Septi NurHayati menulis:

    kak verifikasi aku dong…
    pengen banget baca kelanjutannya.. ???

  372. BlackRose27_ menulis:

    Kakak verifikasinya jangan lama yahhhh:-)
    Gak sabar pengen baca kelanjutan “Emperor’s Consort”:D
    Hwaaa… Pertama kali ketemu link ini pas aku baca emperor di wattpad:D
    Katanya emperor gak bakal lagi update di wattpad, awalnya aku kzl sama aouthornya kenapa gak update lagi padahal kan seru ceritanya:( tapi pas katanya pindah kesini…aku seneng banget:D ternyata updatenya disini:) tapi harus ninggu 14 hari dulu buat baca cerita lengkapnya.T tanks lah buat yang bikin web kayak gini:) yah walaupun susah tapi keren:-)

  373. Siapa cintanya ayah aiko???

  374. Wafy Noe Ry menulis:

    pengen baca lajutannya belum bisa ke buka?

  375. Vhidia Anggraini menulis:

    Suka banget sama ceritanya tapi harus sabar menunggu

  376. Prisma Lincia menulis:

    :PATAHHATI

  377. Princessnowhite menulis:

    Semoga kaisar gak kenapa2

  378. ameliaragil menulis:

    Semoga kaisar gk papa

  379. Keknya racunnya dimasukin di araknya?? Aduh makin deg2an.. btw trnyta aiko punya darah bangsawan tp sayangnya bangsawannya sedikit brengsej mungkin?? Masa iya udh hamilin anak org malah ditinggal.

  380. Ditunggu approvalnya kak. Seru banget imajinasiku jadi melanglang buana ?. Konfliknya makin seru dan ada selipan humornya yang bikin makin ga sabar bacanya tapi juga takut kalau udah sampai akhir cerita ? :anakayamdot :anakayamnangis

  381. Paramita Aditung menulis:

    Kak verifikasinya jangan lama” yaa… udah gak sabar nih baca ceritanyaa
    Email : [email protected]

  382. Ka verifikasi aku dong

  383. Devi Irawati menulis:

    Pengen baca kelanjutannya , kak tolong verifikasi ??

  384. Nurul Faidah menulis:

    Kak verifikasi aku doooonggg…..
    ???????

  385. Aku suka banget sama ceritanyaa udah baca di wattpad dr awal publish. Trus pindah ke sini baca ampe abis ?? mau baca lagi lupa pasword lama. Jadi bikin baru dan harus nunggu lagi ??

  386. Makasi Ka Saira dan Akiraa akhirnya aku di acc jugaa ?? OTW BACA AMPE AMBIS ??

  387. Rizky Sofi ni menulis:

    Aduhhhh kasihan :PATAHHATI jangaaann

  388. Rizky Sofi ni menulis:

    Uhhh kak, aku harus sabar menunggu untuk menjadi vitamins, hehe

  389. Lely Damayanti menulis:

    Terjawab sudah kecantikan Aiko diturunkan dri klrga yangzyi….
    Kaisar :RAKUSS :PEDIHH :SEMANGATLEMBUR :TERHARUBIRU :gulung2
    Aku kira bakalan Aiko yg kena tp trnyata tetap Kaisar :kabuuuur!

  390. OMG tega :PATAHHATI apa bener tabib Zhang yang racuni kaisar

  391. mustika lisa amalia menulis:

    aiko beneran keturunan bangsawan beneran ya????

  392. mustika lisa amalia menulis:

    astaga,, kepengen banget baca lanjutan ceritanya…
    tapi sayang masih belum di verifikasi,, semoga cepat di jadi in salah satu member vitamins, amin.

  393. Cemcem ae dah nih bapak mertua :bantingkursi

  394. Rini Anggraini menulis:

    Syukur aiko bukan anak tabib zhou :ngakakberat

    Kaisar ga mungkin mati skrg, kalo mati skrg ni cerita pasti the end :ngetawain

  395. Thanks god akhirnya bisa di approved juga jadi subscribe dan bisa baca lagi nih cerita. Terakhir baca di Wattpad udah chapter 10, seneng akhirnya bisa baca lagi

  396. Kaisarrrrrrr astaga

  397. Aisyah Siti Nur menulis:

    Ka confirm aku ka. Please…… Kepo banget sama ni cerita

  398. Otakku langsung ngitung umur tabib zhou begitu dia ngira Aiko anaknya :gakterima :gakterima :gakterima
    Hadegggg bagian terakhir bikin penasaran :huhuhu

    1. Wkwkwkwk..tabib zhou siganteng pleboi ?

  399. Lah kog kaisar doang yg keracunan :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi

  400. Kak Verifikasi dong ?? ?????kan gak sabar sama next nya.
    Jadi penasaran deh….

    Semoga makin sukses ya kak, untuk semua karya nya…..

    Semangat kakak, and jangan lupa congfrim aku yaaaa……

    Syukur deh kalo udah bisa gabung di project kakak sairaAkira…… ???

  401. Siti Zulaikah menulis:

    part ini bikin degdegan :bantingkursi :bantingkursi

  402. Ngebayangin perlakuan kaisar ke aiko bikin senyum2 gaje ?

  403. So sweet omaigatt??

  404. Asyik akhirnya jd vitamin juga setelah gelisah menunggu 11 hari akhirnya bisa jumpa kaisar lg meskipun kmrn dah beli bukunya tapi te2p pgn baca yg di sini…?

  405. Airaqyoung1215 menulis:

    :huhuhu :huhuhu :huhuhu

  406. :huhuhu :huhuhu :bantingkursi :bantingkursi

  407. jessicaclarab menulis:

    ???

  408. Kaikou Nezumi menulis:

    Kaisarrrrrrrrr semoga ada penawarnya, ngakak waktu Zhou mikir Menebar benih dimana mana

  409. kang mas tydaaacc

  410. suka bangett ceriita inii…..

  411. pengenn lanjut bacanyaa seru pls confrm ka [email protected]

  412. Bikin jantungan…..

  413. Yaaa ampunn aku g bisa berhenti bacanya…

  414. penasaran bgt,,tp tetap setia menanti confirm?

  415. Nursakinah menulis:

    Aduh kak ceritanya masih kebayang di kepala,ga sabar buat ke part selanjutnya,,,di verifikasi dong kak udah ga sabar banget

  416. Shefin Ashembi Prettysia menulis:

    tolong jadiin vitamins dung, lagi jatuh cinta sama shen king nih :huhuhu

  417. Verifikasi kak suka sama crita ini knpa baru nemu skrng sih :’)

  418. Seru juga ternyata baca ulang :kisskiss

  419. Dhian Sarahwati menulis:

    Deg2an…semoga tabib Zhou dtg d waktu yg tepat

  420. Karina aristy menulis:

    Terus aiko gmn? Dia makan juga kan

  421. Aduh aku tegang neh membayangkan sang kaisar :huhuhu

  422. Oh tidak ternyata Kaisar yg terkena racunnya.
    Prediksi meleset semua…
    Jangan sampai Aiko disalahkan atas kejadian ini.

    Tabib zhou mana??? :lovely

  423. Love this story

  424. 😉😁

  425. Lusy Fitriyani menulis:

    Kenapa dengan kaisar shen? Apa diracun : :bantingkursi :bantingkursi :bantingkursi

  426. Lusy Fitriyani menulis:

    :panikshow :panikshow :panikshow

  427. gapernah bosan baca terus jsjzjs

  428. Ivena Almira menulis:

    :lovely :lovely

  429. Kiki Miski menulis:

    Kira-kira siapa pengkhianatnya yah :lovely

  430. Diah Wardani menulis:

    :sebarcinta

  431. Mamita Fatih menulis:

    :panikshow

  432. Putri Ratnasari menulis:

    Ohh tidakk kaisaarr :kumenangismelepasmu :kumenangismelepasmu :kumenangismelepasmu

  433. Omg :grrr :grrr

  434. lagian shen king aya2 wae, ngajak tuh ke pasar, ini ke medan perang

  435. dewantilaraswaty menulis:

    :berikamiadegankiss! :berikamiadegankiss! :berikamiadegankiss! :berikamiadegankiss! :berikamiadegankiss!

  436. Wiwit Ginting Munthe menulis:

    Masalalu

  437. Wiwit Ginting Munthe menulis:

    Oh god